Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

kelompok 9

kelompok 9

by 1910104049 RIKA MARTIANI -
Number of replies: 5

Assalamualaikum wr.wb 
saya Rika Martiani ijin mendiskusikan QS Al Isra ayat 82

"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian"

menurut saya dalam ayat ini al quran adalah sebagai sumber daripada ilmu ilmu pngetahuan terkait dengan petunjuk hidup manusia. 
salah satu cntohnya yaitu dalam masalah kesehatan, dimana al quran menjadi sumber dari pada masalah masalah keehatan, seperti kita diwajibkan  untuk berpuasa ramadhan, dimna menurut banyak penelitian puasa ramadhan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

In reply to 1910104049 RIKA MARTIANI

Re: kelompok 9

by 1910104044 SUTI HARTATI -

Assalamualaikum saya suti hartati ijin mendiskusikan bahwa surat An Nahl ayat 69,yang makna yang trkandung di dalamnya adalah bahwa mengkonsumsi buah buahan baik untuk kesehatan,dan madu bisa di gunakan senagai pengobatan,hal ini sangat relevan kita sebagai nakes dslam memberikan edukasi kepada masyarakat,bahwa hal tersebut berasal dari sumber yang bisa di percaya yaitu dari Al Quran

In reply to 1910104049 RIKA MARTIANI

Re: kelompok 9

by 1910104050 YUNITA SARI -

assalamualaikum wr wb

saya setuju dengan pendapa mba rika terkait kajian alquran diatas, yaitu al-quran merupakan penawar bagi orang-orang yang beriman. terutama obat penawar hati karena itu al-quran diturunkan sebagai rahmat.

selain itu didalam al-quran juga dijelaskan terkait penyakit dan obatnya, sehingga kita sebagai tenaga kesehatan dapat menerapkan ke kehidupan sehari-hari

terimakasih


In reply to 1910104049 RIKA MARTIANI

Re: kelompok 9

by 1910104060 SISCA LINDA SARI -

assalamualaikum wr wb

Pendapat saya terkait kajian alquran diatas, yaitu al-quran merupakan penawar bagi orang-orang yang beriman. terutama obat penawar hati karena itu al-quran diturunkan sebagai rahmat Allah. Selain itu didalam al-quran juga dijelaskan terkait penyakit dan obatnya pula, sehingga kita sebagai tenaga kesehatan dapat menerapkan ke kehidupan sehari-hari untuk memberikan pelayanan kenyaman dan obat agar pasien kita sembuh dan melewati penyakit yang dideritanya,

terimakasih


In reply to 1910104049 RIKA MARTIANI

Re: kelompok 9

by 1910104056 HIMA ATHIATHUS SA'ADAH -

Assalamualaikum saya Hima Athiatus Sa'adah, ijin mendiskusikan bahwa surat Fussilat ayat 44,yang makna yang trkandung di dalamnya adalah 

Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. ... Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh". Hal ini “Al-Qur`ān bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan membenarkan para rasul adalah hidayah dari kesesatan dan penyembuh bagi apa yang ada di dalam dada berupa kebodohan dan dampaknya. Dan orang-orang yang tidak beriman kepada al-Quran, telinga mereka tuli sehingga tidak mendengarnya dan tidak merenungkannya, sedangkan hati mereka juga buta terhadap al-Quran sehingga tidak mengambil petunjuk darinya.


In reply to 1910104049 RIKA MARTIANI

Re: kelompok 9

by 1910104061 MARTINA -

Assalamu’alaikum wr.wb

Apabila saya bekerja sebagai tenaga Kesehatan di Rumah Sakit saya akan mengamalkan ayat-ayat tersebut kepada pasien ditempat saya bekerja. Dan apabila dirumah saya akan mengamalkan pada keluarga sepeti orang tua, kakak, adik dan saudara-saudara saya, jika berada ditengah lingkungan masyarakat saya akan mengamalkannya kepada teman-teman, kerabat dekat, tetangga dan sesepuh-sesepuh masyarakat dengan cara saling mengingatkan.

Terimakasih