Forum Diskusi Mahasiswa (03/11/2022)

Sanda Aulia Putri_2010601023

Sanda Aulia Putri_2010601023

by 2010601023 SANDA AULIA PUTRI -
Number of replies: 2

Assalamualaikum wr.wb 

izin bertanya


Terkait ada beberapa hal yang sudah saya baca salah satunya mengenai Arbitrage Pricing Theory (APT) muncul karena kelemahan model CAMP. Apakah ada yang membuat APT tersebut bisa digunakan bagi CAMP tersebut supaya bisa menjadikannya lebih baik? jika ada, seperti apa?

In reply to 2010601023 SANDA AULIA PUTRI

Re: Sanda Aulia Putri_2010601023

by 2010601050 NUR KHADIJAH -

Saya coba menjawab mba, sebenarnya CAMP dan APT ini merupakan 2 model yang digunakan dalam memprediksi atau menentukan saham atau surat berharga yang akan dibeli agar mendapatkan pengembalian yang maksimal , bisa juga memprediksi risiko dan retun saham yang diharapkan (expected return).


Nah, sebenarnya kedua model ini sampai saat ini masih diperdebatkan, ada yang berpendapat bahwa kedua model ini belum bisa di gunakan atau belm bisa memprediksi dengan akurat..ada juga yang bilang bahwa CAMP yang lebih akurat begitupun sebaliknya..


Yang ingin saya sampaikan adalah kedua model ini tidak saling berhubungan, atau bisa dikatakan bahwa mereka berdua memiliki cara yang berbeda dalam memprediksi mengenai resiko dan return yang diharapkan..


Hanya saja, memang ada perbedaan dari antara CAMP dan APT, dmna Dalam model APT, return dari suatu aset dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Chen et al.,(1986) dalam Tandelilin (2010) megidentifikasikan 4 (empat) faktor yang memengaruhi return sekuritas seperti perubahan tingkat inflasi, perubahan produksi industri yang tidak diantisipasi, perubahan premi risk-default yang tidak diantisipasi, dan perubahan struktur tingkat suku bunga yang tidak diantisipasi. Sedangkan CAMP, hanya mengasumsikan bahwa return saham dipengaruhi oleh satu faktor, yaitu premi risiko pasar. 


Dari perbedaan ini bisa kita lihat, bahwa CAMP ini memang masih harus dikuatkan dengan adanya APT..

Sehingga jika di tanya, apakah ada dari APT yang bisa menguatkan CAMP? jawabannya menurut saya belum pasti ada...karena kedua model ini masih diperdebatkan, atau bis juga dikatakan bahwa kedua model ini saling menguatkan