FORUM DISKUSI TEORI-11

Diskusi Kelas B

Diskusi Kelas B

by Andri Nur Sholihah -
Number of replies: 115

Assalaamu'alaikum...
untuk perkuliahan pagi ini kita akan membahas tentang Pengaruh sosial budaya terhadap Kesehatan, 

Materi lengkap telah ada dalam halaman depan, silakan dipelajari dan kita diskusi disini.
Diskusi dibuka hanya sampai jam 11.50 ya..,bila ada pertanyaan di luar jam itu boleh dan mahasiswa lain boleh memberikan jawaban setelahnya. di akhir akan ada penutupan.


smangattt belajar...😘


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Assamualaikum ibuk,saya Mariana Ulfa izin bertanya terkait kebudayaan

Sebelumnya nih setia daerah pasti memiliki kebudayaan yang berbeda ,pertanyaan saya bagaimana seorang tenaga kesehatan dapat mengatasi perbedaan kebudayaan tersebut ibuk dan juga bagaimana peran tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan sesuai dengan kebudayaan daerah tersebut

Terimakasih banyak

Wassalamualaikum

In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101083 RISKA ARINANDA -
Assalamualaikum,Sebelumnya saya Riska Arinanda NIM 2110101083 izin memberi tanggapan mengenai mbk Ulfa.


Dalam menjalankan tugasnya, seorang tenaga kesehatan harus bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadanya.Seorang tenaga kesehatan akan di tempatkan di beberapa daerah,dan ia harus mampu beradaptasi dengan budaya setempat agar rencana kesehatan dapat berjalan dengan baik.

Lalu dalam menjalankan perannya, seorang tenaga kesehatan dapat berkolaborasi dengan pemerintah setempat, atau suku setempat.Agar masyarakat bisa lebih tertarik dengan program yang kita buat.


Menurut saya seperti itu.Mohon maaf jika ada kesalahan.Terimakasih

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah -

saya Hanani Uswatun Hasanah (2110101085)

Izin bertanya ibu, mengapa antar sosial  budaya sangat erat hubungannya dengan kesehatan?

terimakasih ibu


In reply to 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101101 SHINTA ELMANORA -

Saya Shinta Elmanora NiM 2110101101 izin menjawab ,

Hubungan antara budaya dan kesehatan sangatlah erat hubungannya, sebagai salah satu contoh suatu masyarakat desa yang sederhana dapat bertahan dengan cara pengobatan tertentu sesuai dengan tradisi

mereka. Kebudayaan atau kultur dapat membentuk kebiasaan dan respons terhadap kesehatan dan penyakit dalam segala masyarakat tanpa memandang tingkatannya. Karena itulah penting bagi tenaga kesehatan untuk tidak hanya mempromosikan kesehatan, tapi juga membuat mereka mengerti tentang proses terjadinya suatu penyakit dan bagaimana meluruskan keyakinan atau budaya yang dianut hubungannya dengan kesehatan.

Terima kasih 

 


In reply to 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Waalaikumussalam saya Mariana Ulfa 2110101111 izin menjawab


Hubungan antara budaya dan kesehatan sangatlah erat hubungannya, sebagai salah satu contoh suatu masyarakat desa yang sederhana dapat bertahan dengan cara pengobatan tertentu sesuai dengan tradisi mereka. Kebudayaan atau kultur dapat membentuk kebiasaan dan respons terhadap kesehatan dan penyakit dalam segala masyarakat tanpa memandang tingkatannya. Karena itulah penting bagi tenaga kesehatan untuk tidak hanya mempromosikan kesehatan, tapi juga membuat mereka mengerti tentang proses terjadinya suatu penyakit dan bagaimana meluruskan keyakinan atau budaya yang dianut hubungannya dengan kesehatan.

Terimakasih banyak 

Semoga dapat membantu

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH -

Assalamu'alaikum bu saya Annisa adzakiyyatul khairiyah nim 2110101094 izin bertanya bu 

Bagaimana cara mengatasi pengaruh kebudayaan terhadap penerapan pelayanan kesehatan di masyarakat? 

Terimakasih bu 

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101071 PUTRI RATNA SARI DEWI -

Assalammualaikum, saya putri ratna sari dewi nim 2110101071 izin menjawab

Langkah pertama adalah dengan menetapkan status budaya keselamatan di rumah sakit). Konsep budaya keselamatan pasien didefinisikan sebagai produk dari nilai – nilai, sikap, persepsi, kompetensi dan pola perilaku individu maupun kelompok yang akan mempengaruhi komitmen dan kemampuan organisasi dalam mengatur manajemen keselamatan. Budaya positif telah dikaitkan dengan peningkatan keselamatan pasien.


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

    Assalamualaikum wr wb. Saya nurul sabillah nim 2110101124 izin menjawab pertanyaan di PPT yang diskusikan !


Apa manfaat petugas kesehatan yang mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat?



Menurut saya, ada beberapa Manfaat Petugas Kesehatan Unsur Budaya Dalam Upaya Perbaikan Kesehatan Masyarakat. Sebagai berikut:


1. Sebagai petugas kesehatan kita dapat mengetahui pola perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat secara Universal maupun pola perilaku manusia pada tiap-tiap masyarakat (suku bangsa)


2.Kita dapat mengetahui kedudukan serta peran yang harus kita lakukan sesuai dengan harapan warga masyarakat dari kedudukan kita sandang misalnya petugas kesehatan.


3.Untuk menambah wawasan kita terhadap tata pergaulan manusia diseluruh dunia yang memiliki kekhususan-kekhususan yang sesuai dengan karakteristik daerahnya sehingga menimbulkan toleransi yang tinggi


4.Dapat mengetahui berbagai masalah dalam masyarakat serta memiliki pilihan terhadap kondisi-kondisi dalam masyarakat baik yang menyenangkan serta mampu mengambil inisiatif untuk memecahkan masalah yang muncul dalam lingkungan masyarakat misalnya masalah yang diderita masyarakat setempat dapat kita berbagi cerita dan melakukan pemecahan masalah.


5.Petugas kesehatan dapat membina masyarakat untuk mengatur pola kebiasaan makan. Pola hidup sehat dan bagaimana mengatur perilaku masyarakat dengan adanya fasilitas puskesmas.


Sekian terima kasih🙏🏻

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Assalamu'alaikum wr wb.

Nama : putri Wafa Norashila Dewi

Nim : 2110101069

Izin menjawab pertanyaan yang ada di ppt Bu

Menurut saya manfaatkan tenaga kesehatan dalam mempelajari unsur unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat adalah:

1. Tenaga kesehatan menjadi media yang tepat dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat. Karena dengan adanya tenaga kesehatan masyarakat bisa belajar secara langsung bagaimana cara menjaga kesehatan yang baik dan benar. Dan tenaga kesehatan bisa mencontohkan secara langsung bagaimana cara agar masyarakat terhindar dari segala gangguan kesehatan.

2. Dengan tenaga kesehatan mempelajari Unsur unsur budaya dalam sebuah daerah untuk perbaikan kesehatan, maka tenaga kesehatan dapat dengan mudah menerapkannya bagaimana tata cara menjaga kesehatan dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang ada di daerah tersebut. Jika masyarakat menerima adanya perkembangan atau perubahan demi upaya perbaikan kesehatan maka tenaga kesehatan dapat menerapkan nya sesuai dengan unsur unsur budaya yang ada di daerah tersebut.

Sekian dan terimakasih kurang dan lebihnya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum wr wb

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Assalamu'alaikum wr wb

Nama : putri Wafa Norashila Dewi

Nim : 2110101069

Izin bertanya Bu,

Jelaskan dan berikan contoh mengenai perubahan yang pengaruh nya kecil dan besar.

Terimakasih

Wassalamu'alaikum wr wb

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101126 DEBI ANGGI SAGITA -

Wa'alaikumussalam warahmatullah wabarokatuh, saya Debi Anggi Sagita Nim 2110101126 izin menjawab , 

Perubahan kecil merupakan perubahan yang tidak menyangkut aspek-aspek penting dalam masyarakat. Contohnya yaitu perubahan pada mode pakaian. Sedangkan perubahan besar merupakan perubahan yang dapat memberi pengaruh luas dalam masyarakat. Contohnya yaitu perubahan masyarakat agraris ke masyarakat industri. 



In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101107 FITRIANA ARDIANSAH -

izin bertanya ibu

bagaimana peran petugas kesehatan dalam masyaralat dapat menumbuhkan jiwa positif dalam memberikan pelayanan? apakah ada sanksi bila petugas kesehatan memberikan pelayanan yang tidak sesuai?


terimakasih

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101073 ANJELI SAURI -

Assalamu'alaikum Saya Anjeli Sauri_2110101073 Izin Menjawab Bu

Pentingnya petugas kesehatan memang perlu mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat karena budaya memiliki hubungan yang sangat erat terhadap kesehatan masyarakat. Sebagaimana yang dikatakan Blum bahwa faktor sosial budaya mempengaruhi kesehatan. Dan pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial dan berbudaya dimana kebudayaan dapat mempengaruhi perilaku manusia.

Setiap masyarakat memiliki budaya yang berbeda-beda sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Dari situlah ketika seorang petugas kesehatan ingin melakukan upaya perbaikan kesehatan pada suatu daerah maka ia terlebih dahulu perlu memahami akan budaya yang dianut daerah tersebut. Dengan begitu maka petugas kesehatan tersebut dapat menyelaraskan antara ide dan konsep yang coba ia terapkan dengan budaya yang dianut di daerah tersebut sehingga tidak akan terjadi benturan antara konsep ide kita dan budaya setempat. Kita juga akan mudah berbaur dengan masayarakat setempat karena kita paham akan budaya tersebut sehingga kita mampu menyesuaikan diri dengan baik. Dampak positifnya adalah kita dapat dengan mudah melakukan upaya perbaikan kesehatan jikalau kita menganggap bahwa pola kebiasaan daerah tersebut masih perlu diperbaiki..

Analoginya seperti misalnya kita pertama kali bekerja dalam sebuah perusahaan dan menduduki sebuah jabatan. Kita harus terlebih dahulu memahami bagaimana lingkungan kerja kita dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Setelah itu kita mencoba mengakrabkan diri dengan berbaur dan ramah kepada setiap orang.

Terima Kasih, Maaf jika ada kesalahan Pada jawban saya Bu

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101087 NABILA DELA ALIFA -

assalamualaikum ibu izin bertanya bagaimana cara tenaga kesehatan bisa menyesuaikan diri di masyarakat yang masih hidup dengan budaya yang melekat pada diri masing" masyarakat , terimakasih ibu

In reply to 2110101087 NABILA DELA ALIFA

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101110 CICI LIARA SEPTI -

Assalamu'alaikum, saya Cici Liara Septi NIM 2110101110 izin menjawab pertanyaan mba Nabila Dela Alifa mengenai cara tenaga kesehatan menyesuaikan diri dengan budaya yang telah melekat pada masyarakat nggih bu 🙏

Tenaga kesehatan dapat menyesuaikan diri terhadap budaya masyarakat yaitu dengan cara melakukan pendekatan. Pendekatan dilakukan dengan tujuan dapat mengetahui atau memahami mengenai budaya yanh melekat pada masyarakat tersebut. Selain itu, dengan adanya pendekatan dari tenaga kesehatan dengan masyarakat setempat dapat menimbulkan suatu hubungan yang baik, sehingga dapat memudahkan tenaga kesehatan dalam menjalankan tugasnya. 

Sekian dari saya, mohon maaf apabila terdapat kekeliruan, wassalamu'alaikum 🙏

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Assalamualaikum ibuk saya Mariana Ulfa izin bertanya terkait unsur unsur kebudayaan salah satunya yaitu kesenian

Pertanyaan saya apa kaitan antara kesenia dengan kesehatan ? 

Terimakasih banyak

Wassalamualaikum

In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101126 DEBI ANGGI SAGITA -

Wa'alaikumussalam warahmatullah wabarokatuh, saya Debi Anggi Sagita Nim 2110101126 izin menjawab

Kesenian mempunyai hubungan dengan kesehatan dalam hal pencegahan serta pengobatan penyakit, meskipun dalam prakteknya masih dipengaruhi oleh kepercayaan tradisional yang barbau mistis.

In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101110 CICI LIARA SEPTI -

Assalamu'alaikum, saya Cici Liara Septi NIM 2110101110 izin menjawab pertanyaan dari mba Mariana Ulfa mengenai kaitan antara kesehatan dan kesenian nggih bu 🙏

Kesenian dan kesehatan erat kaitannya dengan kesehatan mental. Kesenian dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan lebih leluasa dalam mengekspresikan perasaan atau emosinya. Sebagai contoh, melukis ialah suatu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meredakan stress, melukis dapat membantu untuk menyalurkan beban beban yang ada di kepala. 

Selain itu, dokter-dokter yang ada dikanada memiliki terobosan yaitu dengan memberikan tiket gratis masuk ke dalam museum seni kepada pasien. Hal ini dilakukan sebagai salah satu 'terapi' kesehatan yang dilakukan oleh pasien, dengan melihat karya seni akan tercipta suatu ketenangan di dalam jiwa dan akan membuat nyaman. Sehingga akan mempersingkat proses penyembuhan pasien. 

Sekian dari saya, mohon maaf apabila terdapat kekeliruan, wassalamu'alaikum 🙏

In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101102 CUT NABILA PUTRI -

Assalamu'alaikum, saya Cut Nabila Putri dengan NIM 2110101102 izin menjawab pertanyaan dari saudari Mariana Ulfa terkait apa kaitan antara kesenian dengan kesehatan. Dalam membuat karya seni diduga bisa menurunkan tingkat detak jantung seseorang yang akan membuatnya jauh lebih tenang, perubahan fisik yang terjadi saat membuat karya seni dapat meregulasi sistem saraf. Dalam seni baik proses menciptakan atau mengamati karya seni orang lain dapat mengembangkan kesadaran diri, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan keterampilan sosial. Seni juga dapat memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan mental, seperti: menenangkan emosi, membantu mengelola rasa sakit, meningkatkan suasana hati, dll.

Terimakasih, mohon koreksiannya apabila masih ada yang salah atau kurang tepat 🙏

In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Assallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu ibu, saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin menjawab pertanyaan saudari mariana ulfa .


Umumnya seseorang menyalurkan beban mentalnya dengan cara melakukan curhat kepada kerabat atau kawannya. Namun hal ini susah dilakukan mengingat masa lockdown membuat orang terisolasi, khususnya dalam urusan komunikasi. Astrid mengatakan dan menyetujui fakta jika komunikasi itu bisa diganti dan diarahkan menjadi berkarya seni.Dalam penjelasannya, Astrid menyebut berkarya seni berarti mengekspresikan emosi dan menuangkan rasa pada diri sendiri yang mana itu dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus dan produktif. Secara gamblangnya, karya seni menjadi medium mengeluarkan uneg-uneg dan beban mental yang dirasakan selama ini.

Koneksi antara seni dan kesehatan mental ternyata lebih kompleks daripada yang kamu kira.Perubahan fisik yang terjadi saat membuat atau melakukan seni ini berakhir membantu meregulasi sistem saraf. Sebagai contoh, saat kamu menggambar, kamu memfokuskan tubuhmu kepada pensil yang kamu pegang dan pikiranmu kepada gerakan tangan. Fokus ini mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik yang ada dalam tubuhmu dan ini semua membuatmu menjadi lebih tenang.


terimakasih ibu, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu ibu.



In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH -

assalamualaikum saya iis wahyuningsih nim 2110101075 izin menjawab pertanyaan mba mariana

menurut saya kebudayaan mempunyai hubungan dengan kesehatan dalam hal pencegahan serta pengobatan penyakit, meskipun dalam prakteknya masih dipengaruhi oleh kepercayaan tradisional yang barbau mistis.

terimakasih

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101076 DEYA DEVI NOVENTA ANGGRAINI -

Assalamu'alaikum wr wb.

Nama : Deya Devi Noventa Anggraini

Nim :  2110101076

Izin menjawab pertanyaan yang ada di ppt Bu

Menurut saya manfaatkan tenaga kesehatan dalam mempelajari unsur unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat adalah:

1. Dapat mengetahui pola prilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat secara universal maupun pola prilaku manusia pada tiap – tiap masyarakat,dengan mengetahui pola prilaku masyarakat artinya kita sudah bisa menerka pola pikir masyarakat setempat yang mana hal ini merupakan satu kunci pertama yang harus diketahu oleh petugas kesehatan, dimana kalau kita sudah mengetahui unsur budaya ataupun pola pikir dan tingkah laku maka dengan mudah kita bisa menanam pengaruh dalam hal ini penyuluhan kesehatan terutama bagi penyuluh gi zi yakni dalam menangani masalah tabu dan mengetahui bagaimana mengayomi atau memberlakukan masyarakat setempat sehingga akan mempermudah proses penyuluhan ataupu sosialisasi terhadap masyarakat.

2. Dapat mengetahui kedudukan serta peran yang harus kita lakukan sebagai petugas kesehatan sesuai dengan harapan warga masyarakat dari kedudukan yang kita sandang, artinya dengan mempelajari ilmu budaya atapun unsur – unsur budaya maka secara langsung ataupun tidak langsung  akan tertanam dalam pikiran kita peran kita sebagai petugas kesehatan, betapa dibutuhkan keberadaan kita dalam menangani kesehatan masyarakat, sehingga penyuluhan atau perbaikan kesehatan yang dilakukan sesui dengan harapan masyarakat.

3. Dengan mempelajari unsur – unsur budaya maka akan memperluas wawasan kita ,mengenai budaya suatu masyarakat. Budaya merupakan satu pegangan, satu pedoman  dan aturan yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat,sehingga kalau kita sudah mengetahui aturan ataupun budaya dan menghormati budaya masyarakat maka masyarakat pun akan menerima saran dari kita dengan penuh rasa hormat pula dan  akan menunjang,  membantu serta mempermudah kita melakukan  penyuluha, sebab sudah keseimbangan saling menghormati antara petugas kesehatan dengan masyarakat yang dilandasi dengan pengetahuan petugas kesehatan dengan budaya setempat

4. Dapat mengetahui berbagi macam masalah atau problema dalam masyarakat . Dengan mempelajari budaya seorang petugas kesehatan akan mengetahui maslah yang sedang terjadi di masyarakat, sehingga timbul dalam pikiran petugas kesehatan bagaimana cara unutk menyelesaikan masalah tersebut misalnya masalah gizi masyarakat tanpa melanggar aturan atau budaya masyarakat setempat,yakni dengan melakukan pendekatan secara perlahan – lahan dan mempelajari budaya masyarakat,apakah masalah gizi tersebut timbul karena adat atau budaya seprti pantangan atau tabu, jikalau betul disebabkan oleh tabu, maka petugas kesehatan atau kader  gizi  bisa memberikan penyuluhan atau nasihat  dan gambaran kepada masyarakat bahwa tabu itu menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan.

5. Memiliki kepekaan terhadap kondisi – kondisi dalam masyarakat baik yang menyenangkan serta mampu mengambil inisiatif terhadap pemecahan permasalahan yag muncul dalam lingkungan masyarkatnya. Dengan mempelajari unsur – unsur budaya masyarakat , maka seorang petugas kesehatan akan memiliki kepekaan tersendiri terhadap kondisi masyarakat,kepekaan, sikap tanggap , sikap empati antar sesama manusia ini sangat penting dalam melakukan penyuluhan kesehatan misanya dalam penyuluhan gizi sebab dengan kepekaan tersebut akan merangsang petugas kesehatan unutk segera bertindak melakukan perbaikan atau pemecahan masalah dalam masyarakat tanpa melangggar norma atau budaya masyarakat, yakni dengan didasari pengetahuan mengenai unsur budaya masyarakat.


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101130 SELINA AGUSTIN SISWANDI -

assalamualikum wr wb bu

nama : selina agustin siswandi

nim 2110101130

diskusi : "apa manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat"

menurut saya manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat, adalah dengan begitu petugas kesehatan tersebut dapat menyelaraskan antara ide dan konsep yang coba ia terapkan dengan budaya yang dianut di daerah tersebut sehingga tidak akan terjadi benturan antara konsep ide petugas kesehatan dan budaya setempat. Petugas kesehatan juga akan mudah berbaur dengan masayarakat setempat karena paham akan budaya tersebut sehingga mampu menyesuaikan diri dengan baik. 

terimakasih bu

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101078 SABILLA RATU CETRIN -

Assalamualaikum Wr Wb ibu
Saya Sabilla Ratu Cetrin NIM 2110101078 izin menjawab ibu.
pertanyaan:

Apa Manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat?

Jawaban:

Manfaat mempelajari unsur – unsur budaya bagi petugas kesehatan dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat:

1.      Dapat mengetahui pola prilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat secara universal maupun pola prilaku manusia pada tiap – tiap masyarakat,dengan mengetahui pola prilaku masyarakat artinya kita sudah bisa menerka pola pikir masyarakat setempat yang mana hal ini merupakan satu kunci pertama yang harus diketahu oleh petugas kesehatan, dimana kalau kita sudah mengetahui unsur budaya ataupun pola pikir dan tingkah laku maka dengan mudah kita bisa menanam pengaruh dalam hal ini penyuluhan kesehatan terutama bagi penyuluh gi zi yakni dalam menangani masalah tabu dan mengetahui bagaimana mengayomi atau memberlakukan masyarakat setempat sehingga akan mempermudah proses penyuluhan ataupu sosialisasi terhadap masyarakat.

2.      Dapat mengetahui kedudukan serta peran yang harus kita lakukan sebagai petugas kesehatan sesuai dengan harapan warga masyarakat dari kedudukan yang kita sandang, artinya dengan mempelajari ilmu budaya atapun unsur – unsur budaya maka secara langsung ataupun tidak langsung  akan tertanam dalam pikiran kita peran kita sebagai petugas kesehatan, betapa dibutuhkan keberadaan kita dalam menangani kesehatan masyarakat, sehingga penyuluhan atau perbaikan kesehatan yang dilakukan sesui dengan harapan masyarakat.

3.      Dengan mempelajari unsur – unsur budaya maka akan memperluas wawasan kita ,mengenai budaya suatu masyarakat. Budaya merupakan satu pegangan, satu pedoman  dan aturan yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat,sehingga kalau kita sudah mengetahui aturan ataupun budaya dan menghormati budaya masyarakat maka masyarakat pun akan menerima saran dari kita dengan penuh rasa hormat pula dan  akan menunjang,  membantu serta mempermudah kita melakukan  penyuluha, sebab sudah keseimbangan saling menghormati antara petugas kesehatan dengan masyarakat yang dilandasi dengan pengetahuan petugas kesehatan dengan budaya setempat

4.      Dapat mengetahui berbagi macam masalah atau problema dalam masyarakat . Dengan mempelajari budaya seorang petugas kesehatan akan mengetahui maslah yang sedang terjadi di masyarakat, sehingga timbul dalam pikiran petugas kesehatan bagaimana cara unutk menyelesaikan masalah tersebut misalnya masalah gizi masyarakat tanpa melanggar aturan atau budaya masyarakat setempat,yakni dengan melakukan pendekatan secara perlahan – lahan dan mempelajari budaya masyarakat,apakah masalah gizi tersebut timbul karena adat atau budaya seprti pantangan atau tabu, jikalau betul disebabkan oleh tabu, maka petugas kesehatan atau kader  gizi  bisa memberikan penyuluhan atau nasihat  dan gambaran kepada masyarakat bahwa tabu itu menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan.

5.      Memiliki kepekaan terhadap kondisi – kondisi dalam masyarakat baik yang menyenangkan serta mampu mengambil inisiatif terhadap pemecahan permasalahan yag muncul dalam lingkungan masyarkatnya. Dengan mempelajari unsur – unsur budaya masyarakat , maka seorang petugas kesehatan akan memiliki kepekaan tersendiri terhadap kondisi masyarakat,kepekaan, sikap tanggap , sikap empati antar sesama manusia ini sangat penting dalam melakukan penyuluhan kesehatan misanya dalam penyuluhan gizi sebab dengan kepekaan tersebut akan merangsang petugas kesehatan unutk segera bertindak melakukan perbaikan atau pemecahan masalah dalam masyarakat tanpa melangggar norma atau budaya masyarakat, yakni dengan didasari pengetahuan mengenai unsur budaya masyarakat.

Terima Kasih.
In reply to 2110101078 SABILLA RATU CETRIN

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101078 SABILLA RATU CETRIN -

Assalamualaikum Wr Wb ibu
Saya Sabilla Ratu Cetrin NIM 2110101078 izin menjawab ibu.
pertanyaan:

Apa Manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat?

Jawaban:

Manfaat mempelajari unsur – unsur budaya bagi petugas kesehatan dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat:

Pertama, di dalam semua religi atau agama, ada kepercayaan tertentu yang berkaitan dengan kesehatan, gizi, dll. Misal: orang yang beragama Islam: tidak makan babi, sehingga dalam 2 rangka memperbaiki status gizi, seorang petugas kesehatan dapat menganjurkan makanan lain yang bergizi yang tidak bertentangan dengan agamanya.

Kedua, dengan mempelajari organisasi masyarakat, maka petugas kesehatan akan mengetahui organisasi apa saja yang ada di masyarakat, kelompok mana yang berkuasa, kelompok mana yang menjadi panutan, dan tokoh mana yang disegani. Sehingga dapat dijadikan strategi pendekatan yang lebih tepat dalam upaya mengubah perilaku kesehatan masyarakat.

Ketiga, petugas kesehatan juga perlu mengetahui pengetahuan masyarakat tentang kesehatan. Dengan mengetahui pengetahuan masyarakat maka petugas kesehatan akan mengetahui mana yang perlu ditingkatkan, diubah dan pengetahuan mana yang perlu dilestarikan dalam memperbaiki status kesehatan.

Keempat, petugas kesehatan juga perlu mempelajari bahasa lokal agar lebih mudah berkomunikasi, menambah rasa kedekatan, rasa kepemilikan bersama dan rasa persaudaraan.

Kelima, selain itu perlu juga mempelajari tentang kesenian dimasyarakat setempat. Karena petugas kesehatan dapat memanfaatkan kesenian yang ada dimasyarakat untuk menyampaikan pesan kesehatan.

Keenam, sistem mata pencaharian juga perlu dipelajari karena sistem mata pencaharian ada kaitannya dengan pola penyakit yang diderita oleh masyarakat tersebut.

Ketujuh, teknologi dan peralatan masyarakat setempat. Masyarakat akan lebih mudah menerima pesan yang disampaikan petugas jika petugas menggunakan teknologi dan peralatan yang dikenal masyarakat.

Terima Kasih.

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH -

Assllamuallaikum wr,wb saya iis wahyuningsih nim 2110101075 Izin bertanya ibu

Dalam ppt tersebut saya membaca suatu penjelasan bentuk perubahan sosial budaya yang terjadi secara lambat dan cepat. Berikan contoh bukti nyata terkait hal tersebut

Sekian dan terimakasih, waalaikumsalam wr wb🙏🏻


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101081 DEBY AMNASARI -

Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh, saya deby amansari (2110101081) izin bertanya bagaiamana peran kita sebagai tenaga kesehatan dalam merubah pola fikir dalam lingkungan  masayakat tentang pentingnya,bersosial , budaya serta berperilaku ,dan berikan contoh penerapannya

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101115 SHOFIYATUL AZIZAH -
Assalamualaikum ibu saya shofiyatul azizah nim 2110101115

izin bertanya.Apakah kebudayaan dalam masyarakat ada sisi negatifnya dalam bidang kesehatan?

In reply to 2110101115 SHOFIYATUL AZIZAH

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah 2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Perubahan sosial di masyarakat menyebabkan berbaagi dampak dalam kehidupan di masyarakat, salah satunya dampak negatif kesehatan, di antaranya: Disorganisasi sosial. Melemahnya nilai dan norma dalam suatu masyarakat akibat terjadinya perubahan kesehatan seperti tradisi kesehatan sekarang yang semakin mempercayai tentang budaya tradisi kesehatan. Misalnya: masyarakat menjadi lebih bersikap individualis. Terimakasih 

In reply to 2110101115 SHOFIYATUL AZIZAH

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah 2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Perubahan sosial di masyarakat menyebabkan berbaagi dampak dalam kehidupan di masyarakat, salah satunya dampak negatif kesehatan, di antaranya: Disorganisasi sosial. Melemahnya nilai dan norma dalam suatu masyarakat akibat terjadinya perubahan kesehatan seperti tradisi kesehatan sekarang yang semakin mempercayai tentang budaya tradisi kesehatan. Misalnya: masyarakat menjadi lebih bersikap individualis. Terimakasih 

In reply to 2110101115 SHOFIYATUL AZIZAH

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu ibu, saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin menjawab pertanyaan dari saudari sofiyatul azizah.


Di bidang kesehatan, apabila rumah sakit pemerintah cenderung kurang memperhatikan kualitas dan mutu, maka bisa ditinggalkan masyarakat.Akhirnya, masyarakat bisa lebih banyak memilih cara pengobatan alternatif dan berobat ke luar negeri dan tenaga medis bisa memilih bekerja di luar negeri.Selain itu, ada ketergantungan bidang kesehatan pada negara maju.Kesehatan juga bisa dipengaruhi oleh industri yang dibuka tanpa memikirkan dampak pencemaran pada lingkungan sekitarnya.


terimakasih ibu, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatu ibu.

In reply to 2110101115 SHOFIYATUL AZIZAH

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH -

assalamualaikum saya iis wahyuningsih nim 2110101075 izin menjawab pertanyaan

Di bidang kesehatan, apabila rumah sakit pemerintah cenderung kurang memperhatikan kualitas dan mutu, maka bisa ditinggalkan masyarakat.

Akhirnya, masyarakat bisa lebih banyak memilih cara pengobatan alternatif dan berobat ke luar negeri dan tenaga medis bisa memilih bekerja di luar negeri.

terimakasih, mohon dikoreksi waalaikumsalam wr wb


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101113 TIARA MAHARANI -

assalamualaikum ibu, saya Tiara Maharani nim 2110101113 ijin bertanya...

apa contoh dari permasalahan sosial budaya terhadap kesehatan? dan bagaimana cara menanggulanginya?

terimakasih

In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah 2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Di tengah pandemi virus corona ini, masalah sosial nampaknya semakin mencuat naik dan mendapatkan perhatian publik. Sebagian besar, permasalahan ini terjadi karena kurangnya kemampuan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang memberikan dampak ke banyak hal. Di sini, redaksi Ajaib akan membahas ragam contoh masalah sosial yang terjadi di tahun 2020.

Mungkin dapat kita sepakati, Indonesia sekarang ini memiliki cukup banyak permasalahan yang perlu segera diatasi. Permasalahan ini juga tidak lepas kaitannya dengan hubungan sosial di dalam masyarakat Indonesia. Melihat kepadatan penduduk di Indonesia, masalah ini seperti tidak ada habisnya dari individu ke individu lain atau dari kelompok ke kelompok lain.

Benar, permasalahan sosial yang dialami di Indonesia memang memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Mulai dari yang kecil seperti lingkungan keluarga, hingga ke permasalahan yang cukup besar yang menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan). Terimakasih 

In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101084 LAILA OKTAVIYANA -

Assalamualaikum wr.wb 

Saya Laila Oktaviyana

NIM 2110101084 izin menjawab pertanyaan nya. 

Salah satu contoh masalah sosial budaya yaitu tingginya penyakit menular. 

Tingginya penyakit menular sedang menjadi perhatian banyak orang, bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Merebaknya Covid-19 di Indonesia bahkan melahirkan banyak masalah sosial baru yang tidak kalah urgensinya untuk segera dibereskan.permasalahan sosial yang dialami di Indonesia memang memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Mulai dari yang kecil seperti lingkungan keluarga, hingga ke permasalahan yang cukup besar yang menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan) Cara menanggulanginya yaitu dengan cara Pemerintah harus aktif memberikan berbagai pengetahuan dan penyuluhan mengenai virus ini kepada masyarakat. Sebagai masyarakat, juga harus bisa memenuhi protokol kesehatan agar virus tidak mendapatkan inang baru untuk terus menyebar.

Sekian Terima kasih🙏

In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

assallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu ibu, saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 Izin menjawab pertanyaan dari saudari tiara maharani.

Pengetahuan dan pemahaman masyarakat terkait upaya kesehatan dan anak yang akan diuraikan dalam hal ini adalah meliputi perawatan kehamilan, pertolongan persalinan dan perawatan bayi. Berdasarkan hasil wawancara mendalam dengan informan ibu yang memiki kasus kematian bayi diketahui bahwa karakteristik informan jika ditinjau dari latar belakang usia cenderung masih berusia muda (usia kurang lebih 16 sampai dengan 25 tahun) dengan pendidikan tamat SMP dan SMA. Bahkan untuk kehamilan di luar nikah masih berada di bangku SMP atau SMA. Selanjutnya jika ditinjau dari usia menikah dan pertama kali hamil, terbanyak berada pada kelompok usia 16 sampai dengan 18 tahun. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa beberapa kasus kematian bayi tidak terlepas dari persoalan masih terbatasnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan dan pertolongan persalinan dengan tenaga kesehatan. Masyarakat cenderung belum mempunyai pengetahuan serta pemahaman tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan yang sesuai dengan standar kesehatan (minimal dilakukan sebanyak empat kali selama kehamilan). Walaupun sudah ada yang melakukan pemeriksaan kehamilan dengan tenaga kesehatan, namun pemeriksaan kehamilan dilakukan setelah usia kehamilan 4 atau 5 bulan, sehingga target untuk pemeriksaan kehamilan yang sesuai standar tersebut cenderung tidak tercapai. Adapun alasan untuk tidak dilakukan pemeriksaan kehamilan pada awal kehamilan terutama bagi pasangan muda antara lain adalah karena faktor malu untuk melakukan pemeriksaan kehamilan pada awal kehamilan karena kehamilannya belum pasti dan takut terlalu berharap. Sedangkan mereka yang sudah lama menikah juga Permasalahan sosial budaya dilatar belakangi alasan malu karena sudah sering hamil dan sudah memiliki anak banyak.


Cara menanggulanginya adalah dengan car memahami bahwa pendidikan adalah penting karena merupakan lunci terbentuknya generasi muda yang baik dan berdedikasi yang bagus sehingga terbentuknya generasi gemilng bagi negara indonesia.

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by KHOTIM NUR KHASANAH -
saya Khotim Nur Khasanah , Nim 2110101080, izin menyampaikan pendapat mengenai manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur- unsur budaya dalam perbaikan masyarakat


Menurut Koentjaraningrat mendefinisikan kebudayaan adalah seluruh perilaku dan hasil perilaku manusia yang teratur oleh tata kelakuan yang harus di dapatkannya dengan belajar dan semuannya tersusun dalam kehidupan masyarakat. Jadi secara sederhanannya kebudayaan dapat diartikan sebagai hasil cipta, karsa dan rasa. Tenaga kesehatan masyarakat "Kesmas" merupakan bagian dari sumber daya manusiayang sangat penting perannya dalam pembangunan kesehatan dalam Sistem Kesehatan (nasional ) SKN. petugas kesehatan memang perlu mempelajari unsur- unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat karena budaya memiliki hubungan yang sangat erat terhadap kesehatan masyarakat,  sebagaiman yang dikatakan Blum bahwa faktor sosial budaya mempengaruhi kesehatanan ,dan pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial dan berbudaya dimana kebudayaan dapat mempengaruhi perilaku manusia. Banyaknya budaya yang dimiliki indonesia ini, dari sinilah ketika menjadi seorang petugas kesehatan ingin melakukan upaya perbaikan kesehatan pada suatu daerah maka ia terlebih dahulu perlu memahami akan budaya yang dianut daerah tersebut. Dengan begitu makapetugas kesehatan tersebut dapat menyelaraskan antara ide dan konsep yang coba petugas terapkan dengan budaya yang dianut di daerah tersebut sehingga tidak akan terjadi benturan antara konsep ide kita dan budaya setempat. Dampak positifnya adalah kita dapat dengan mudah melakukan upaya perbaikan kesehatan jikalau kita menganggap bahwa pola kebiasaan daerah tersebut masih perlu diperba


Demikian yang dapat saya sampaikan 

terima kasih 


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101105 SHIVANI NURRAHMAH PURNADY -

Nama : Shivani Nurramah Purnady

NIM : 2110101105

Menurut saya
Manfaat Bagi Petugas Kesehatan Mempelajari Kebudayaan
a.    Di dalam semua religi atau agama, ada kepercayaan tertentu yang berkaitan dengan kesehatan, gizi, dll. Misal : orang yang beragama Islam : tidak makan babi, sehingga dalam 2 rangka memperbaiki status gizi, seorang petugas kesehatan dapat menganjurkan makanan lain yang bergizi yang tidak bertentangan dengan agamanya. 
b.    Dengan mempelajari organisasi masyarakat, maka petugas kesehatan akan mengetahui organisasi apa saja yang ada di masyarakat, kelompok mana yang berkuasa, kelompok  mana yang menjadi panutan, dan tokoh mana yang disegani. Sehingga dapat dijadikan strategi pendekatan yang lebih tepat dalam upaya mengubah perilaku kesehatan masyarakat.
c.    Petugas kesehatan juga perlu mengetahui pengetahuan masyarakat tentang kesehatan. Dengan  mengetahui pengetahuan masyarakat maka petugas kesehatan akan mengetahui mana yang perlu ditingkatkan, diubah dan pengetahuan mana yang perlu dilestarikan dalam memperbaiki status kesehatan.
d.     Petugas kesehatan juga perlu mempelajari bahasa lokal agar lebih mudah berkomunikasi, menambah rasa kedekatan, rasa kepemilikan bersama dan rasa persaudaraan. 
e.    Selain itu perlu juga mempelajari tentang kesenian dimasyarakat setempat. Karena petugas kesehatan dapat memanfaatkan kesenian yang ada dimasyarakat  untuk menyampaikan pesan kesehatan.
f.     Sistem mata pencaharian juga perlu dipelajari karena sistem mata pencaharian  ada kaitannya dengan pola penyakit yang diderita oleh masyarakat tersebut.
g.    Teknologi dan peralatan masyarakat setempat  . Masyarakat akan lebih mudah menerima pesan yang disampaikan petugas jika petugas menggunakan teknologi dan peralatan yang dikenal masyarakat.


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Assallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu ibu, saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin bertanya ibu.

Mengapa faktor sosial budaya dapat mempengaruhi kesehatan?

terimakasih ibu, wassallamualaikum warrahmatuullahi wabarakatu.

In reply to 2110101090 AZIZAH PUSPASARI

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah 2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Budaya dan kesehatan sangat erat hubungannya adapun masalah kesehatan yang sering terjadi sekarang ini salah satunya karena budaya masyarakat itu sendiri. Kebudayaan atau kultur dapat membentuk kebiasaan dan respons terhadap kesehatan dan penyakit dalam segala masyarakat tanpa memandang tingkatannya. 

Faktor-faktor seperti kemiskinan, kekurangan pangan, ketimpangan sosial dan diskriminasi, kondisi masa kanak-kanak yang tidak sehat, serta rendahnya status pekerjaan merupakan penentu penting dari terjadinya penyakit, kematian, dan ketidakseimbangan kesehatan antar maupun di dalam sebuah negara. Terimakasih 

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101123 HELISA LAYYINATUSSHYFA -
Nama : Helisa Layayinatusshyfa

NIM : 2110101123

Assalamualakum Abu saya izin menjawab pertanyaan yang ada di PPT

Apa Manfaat Petugas Kesehatan Mempelajari Unsur-Unsur Budaya Dalam Upaya Perbaikan Kesehatan Masyarakat?

Jawaban :

  • Pertama, di dalam semua religi atau agama, ada kepercayaan tertentu yang berkaitan dengan kesehatan, gizi, dll. Misal : orang yang beragama Islam : tidak makan babi, sehingga dalam 2 rangka memperbaiki status gizi, seorang petugas kesehatan dapat menganjurkan makanan lain yang bergizi yang tidak bertentangan dengan agamanya. 
  • Kedua, dengan mempelajari organisasi masyarakat, maka petugas kesehatan akan mengetahui organisasi apa saja yang ada di masyarakat, kelompok mana yang berkuasa, kelompok mana yang menjadi panutan, dan tokoh mana yang disegani. Sehingga dapat dijadikan strategi pendekatan yang lebih tepat dalam upaya mengubah perilaku kesehatan masyarakat.
  • Ketiga, petugas kesehatan juga perlu mengetahui pengetahuan masyarakat tentang kesehatan. Dengan mengetahui pengetahuan masyarakat maka petugas kesehatan akan mengetahui mana yang perlu ditingkatkan, diubah dan pengetahuan mana yang perlu dilestarikan dalam memperbaiki status kesehatan.
  • Keempat, petugas kesehatan juga perlu mempelajari bahasa lokal agar lebih mudah berkomunikasi, menambah rasa kedekatan, rasa kepemilikan bersama dan rasa persaudaraan.
  • Kelima, selain itu perlu juga mempelajari tentang kesenian dimasyarakat setempat. Karena petugas kesehatan dapat memanfaatkan kesenian yang ada dimasyarakat untuk menyampaikan pesan kesehatan.
  • Keenam, sistem mata pencaharian juga perlu dipelajari karena sistem mata pencaharian ada kaitannya dengan pola penyakit yang diderita oleh masyarakat tersebut.
  • Ketujuh, teknologi dan peralatan masyarakat setempat. Masyarakat akan lebih mudah menerima pesan yang disampaikan petugas jika petugas menggunakan teknologi dan peralatan yang dikenal masyarakat.

Terimakasih ibu🙏🏻

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101079 AFRI BUDI SETYAENI -

Assalamualaikum wr wb 

Saya afri budi setyaeni dengan nim 2110101079, izin menjawab pertanyaan dari ppt yg ibu berikan. Apa manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur unsur budaya dalam upaya kesehatan masyarakat ? 

Jawab: Secara sederhana kebudayaan dapat diartikan sebagai hasil dari cipta, karsa, danrasa.Koentjaraningrat mendefinisikan kebudayaan adalah seluruh kelakuan dan hasilkelakuanmanusia yang teratur oleh tata kelakuan yang harus didapatkannya denganbelajar dansemuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat. Asalkan sesuatu yang dilakukanmanusiamemerlukan belajar maka hal itu bisa dikategorikan sebagai budaya. Menurut Herskovits,Budaya sebagai hasil karya manusia sebagai bagian dari lingkungannya culture is the human!made part of the environment". Artinya segala sesuatu yangmerupakan hasil dari perbuatanmanusia, baik hasil itu abstrak maupun nyata, asalkanmerupakan proses untuk terlibat dalamlingkungannya, baik lingkungan fisik maupunsosial, maka bisa disebut budaya.Koentjaraningrat membagi budaya menjadi unsur & yakni sistem religi dan upacara keagamaan, sistemdan organisasikemasyarakatan, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem matapencaharianhidup dan sistem teknologi dan peralatan. Ketujuh unsur itulah yang membentukbudayasecara keseluruhan.'enaga kesehatan masyarakat kesmas merupakan bagian dari sumber dayamanusiayang sangat penting perannya dalam pembangunan kesehatan. 

Terimakasih, wassalamualaikum wr wb

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101095 RAISA DWI NUR VIKA -

Assalammualaikum wr. Wb ibu perkenalkan saya nama saya Raisa Dwi Nur Vika NIM 2110101095 Izin bertanya,

Apakah dampak positif  dari perubahan suatu kebudayaan bagi ilmu kesehatan? 

Terima kasih ibu 

In reply to 2110101095 RAISA DWI NUR VIKA

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah 2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

dampak positif:

1.menyehatkan masyarakat

2, masyarakat lebih tahu tentang hidup sehat dan tidak sehat.

3.masyarrakat bisa menjadi pribadi yang lebih peduli lingkungan hidup sehat,

dampak negatif:

1,kalau masyarakat tidak di ajarkan kesehatan masyarakat akan kesulitan hidup dgn pola hidup bersih dan sehat

2, penyakit merajalela

3,lingkungan menjadi kotor karena ulah masyarakat yg tidak tau kesehatan. 

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101088 SHALIHATI AL IZZATI -

Assalamualaikum Ibu, saya Shalihati Al Izzati (2110101088) izin menjawab terkait pertanyaan yang didiskusikan.

Apa Manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat?

Yaitu agar petugas kesehatan dapat lebih mudah untuk melakukan upaya perbaikan kesehatan masyarakat di suatu daerah, Dapat mengetahui berbagai macam problema dalam masyarakat serta memiliki kepekaan terhadap kondisi-kondisi dalam masyarakat baik yang menyenangkan serta mampu mengambil inisiatif terhadap pemecahan permasalahan yang muncul dalam lingkungan masyarakat, Untuk memperluas wawasan kita terhadap tata pergaulan umat manusia diseluruh dunia yang mempunyai kekhususan-kekhususan yang sesuai dengan karakteristik daerahnya sehingga menimbulkan toleransi yang tinggi, Sebagai petugas kesehatan kita dapat mengetahui pola prilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat, Kita dapat mengetahui kedudukan serta peran yang harus kita lakukan.

Terimakasih🙏🏻

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101116 ROHMAH IDA FITRIA -
Assalamualaikum ibu, saya Rohmah Ida Fitria nim 2110101116 izin bertanya, bagaimana cara memadukan kesehatan modern dengan nuansa budaya? 

Terima kasih, ibu.. 

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101012 AQILA HANA AMADEA -

assalamualikum wr wb bu

nama : aqila hana amadea

nim 2110101012

diskusi : apa manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat? 

Jawaban : 

  1. Sebagai petugas kesehatan kita dapat mengetahui pola prilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat secara Universal maupun pola prilaku manusia pada tiap-tiap masyarakat (suku bangsa)
  2. Kita dapat mengetahui kedudukan serta peran yang harus kita lakukan sesuai dengan harapan warga masyarakat dari kedudukan yang kita sandang misalnya petugaskesehatan.
  3. Untuk memperluas wawasan kita terhadap tata pergaulan umat manusia diseluruh dunia yang mempunyai kekhususan-kekhususan yang sesuai dengan karakteristik daerahnya sehingga menimbulkan toleransi yang tinggi
  4. Dapat mengetahui berbagai macam problema dalam masyarakat serta memiliki kepekaan terhadap kondisi-kondisi dalam masyarakat baik yang menyenangkan serta mampu mengambil inisiatif terhadap pemecahan permasalahan yang muncul dalam lingkungan masyarakatnya misalnya masalah kesehatan byang diderita masyarakatv setempat dapat kita berbagi cerita dan melakukan pemecahan masalah.
  5. Petugas kesehatan dapat membina masyarakat untuk mengatur pola kebiasaan makan. Pola hidup sehat dan bagaimana mengatur perilaku masyarakat dengan adanya fasilitas puskesmas.

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH -


Assalamu'alaikum wr wb. saya iis wahyuningsih nim 2110101075  Izin menjawab pertanyaan yang ada di ppt Bu

Menurut saya manfaatkan tenaga kesehatan dalam mempelajari unsur unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat adalah:

1. Dapat mengetahui pola prilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat secara universal maupun pola prilaku manusia pada tiap – tiap masyarakat,dengan mengetahui pola prilaku masyarakat artinya kita sudah bisa menerka pola pikir masyarakat setempat yang mana hal ini merupakan satu kunci pertama yang harus diketahu oleh petugas kesehatan

2. Dapat mengetahui kedudukan serta peran yang harus kita lakukan sebagai petugas kesehatan sesuai dengan harapan warga masyarakat dari kedudukan yang kita sandang, artinya dengan mempelajari ilmu budaya atapun unsur – unsur budaya maka secara langsung ataupun tidak langsung  akan tertanam dalam pikiran kita peran kita sebagai petugas kesehatan, betapa dibutuhkan keberadaan kita dalam menangani kesehatan masyarakat, sehingga penyuluhan atau perbaikan kesehatan yang dilakukan sesui dengan harapan masyarakat.

3. Dengan mempelajari unsur – unsur budaya maka akan memperluas wawasan kita ,mengenai budaya suatu masyarakat. Budaya merupakan satu pegangan, satu pedoman  dan aturan yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat,sehingga kalau kita sudah mengetahui aturan ataupun budaya dan menghormati budaya masyarakat 

4. Dapat mengetahui berbagi macam masalah atau problema dalam masyarakat . Dengan mempelajari budaya seorang petugas kesehatan akan mengetahui maslah yang sedang terjadi di masyarakat, sehingga timbul dalam pikiran petugas kesehatan bagaimana cara unutk menyelesaikan masalah tersebut misalnya masalah gizi masyarakat tanpa melanggar aturan atau budaya masyarakat setempat,yakni dengan melakukan pendekatan secara perlahan – lahan dan mempelajari budaya masyarakat

5. Memiliki kepekaan terhadap kondisi – kondisi dalam masyarakat baik yang menyenangkan serta mampu mengambil inisiatif terhadap pemecahan permasalahan yag muncul dalam lingkungan masyarkatnya. Dengan mempelajari unsur – unsur budaya masyarakat , maka seorang petugas kesehatan akan memiliki kepekaan tersendiri terhadap kondisi masyarakat,kepekaan, sikap tanggap , sikap empati antar sesama manusia ini sangat penting dalam melakukan penyuluhan kesehatan misanya dalam penyuluhan gizi sebab dengan kepekaan tersebut akan merangsang petugas kesehatan unutk segera bertindak melakukan perbaikan atau pemecahan masalah dalam masyarakat tanpa melangggar norma atau budaya masyarakat, yakni dengan didasari pengetahuan mengenai unsur budaya masyarakat


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101108 JULITA MUTIARA -

assalamualaikum wr.wb perkenalkan saya julita mutiara nim 2110101108 izin bertanya 

Bagaimana solusi peranan pengobatan tradisional dalam pelayanan kesehatan?

sekian terima kasih 

In reply to 2110101108 JULITA MUTIARA

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah 2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

WHO juga telah mengakui pengobatan tradisional dapat mengobati berbagai jenis penyakit infeksi, penyakit akut, dan penyakit kronis. 

Pengobatan tradisional adalah metode pengobatan yang digunakan dalam berbagai masyarakat sejak jaman dahulu yang diturunkan dan dikembangkan secara bertahap dari generasi kegenarasi berdasarkan tingkat pemahaman manusia terhadap pengetahuan dari masa ke masa. 

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101099 VIANITADEVI -

Assalamaualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, izin menjawab pertanyaan ibu

Nama: Vianitadevi

NIM: 21110101099

Kelas: B3

Apa manfaat petugas kesehatan yang mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat?

Pertama, di dalam semua religi atau agama, ada kepercayaan tertentu yang berkaitan dengankesehatan, gizi, dll.
Misal : orang yang beragama Islam : tidak makan babi, sehingga dalam 2rangka memperbaiki status gizi, seorang petugas kesehatan dapat menganjurkan makanan lainyang bergizi yang tidak bertentangan dengan agamanya. 

Kedua,dengan mempelajari organisasi masyarakat, maka petugas kesehatan akan mengetahuiorganisasi apa saja yang ada di masyarakat, kelompok mana yang berkuasa, kelompok manayang menjadi panutan, dan tokoh mana yang disegani. Sehingga dapat dijadikan strategipendekatan yang lebih tepat dalam upaya mengubah perilaku kesehatan masyarakat.

Ketiga, petugas kesehatan juga perlu mengetahui pengetahuan masyarakat tentang kesehatan. Dengan mengetahui pengetahuan masyarakat maka petugas kesehatan akan mengetahuimana yang perlu ditingkatkan, diubah dan pengetahuan mana yang perlu dilestarikan dalammemperbaiki status kesehatan.

Keempat, petugas kesehatan juga perlu mempelajari bahasa lokal agar lebih mudahberkomunikasi, menambah rasa kedekatan, rasa kepemilikan bersama dan rasa persaudaraan.
 
Kelima, selain itu perlu juga mempelajari tentang kesenian dimasyarakat setempat. Karenapetugas kesehatan dapat  memanfaatkan kesenian yang ada dimasyarakat untukmenyampaikan pesan kesehatan.

Keenam, sistem mata pencaharian juga perlu dipelajari karena sistem mata pencaharian adakaitannya dengan pola penyakit yang diderita oleh masyarakat tersebut
.

Ketujuh, teknologi dan peralatan masyarakat setempat. Masyarakat akan lebih mudahmenerima pesan yang disampaikan petugas jika petugas menggunakan teknologi danperalatan yang dikenal masyaraka. 

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101104 LYLA ALEYDA LASAWEDI -

assalamualaikum wr.wb saya Lyla aleyda lasawedi Nim 2110101104 izin bertanya pengaruh budaya dalam kesehatan salah satunya bisa dengan mempelajari kesenian dimasyarakat setempat, lalu apa contoh kegiatan yang bisa kita lakukan dengan mempelajari kesenian tersebut dan membawa dampak perubahan kesehatan bagi masyarakat ?

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah 2110101074 izin bertanya

Apakah budaya bisa mempengaruhi respon seseorang dalam menangani sakit? dan bagaimana perubahan sosial di dalam kesehatan di zaman modern ini mohon dijelaskan terimakasih 🙏

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101089 EVI NOFIANDARI -

Assalamualaikum wr wb..

Saya evi Nofiandari (2110101089) 

Izin menjawab pertanyaan, manfaat tenaga kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya.

Petugas kesehatan perlu mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat karena budaya memiliki hubungan yang sangat erat terhadap kesehatan masyarakat. Diketahui bahwa faktor sosial budaya mempengaruhi kesehatan. Dan pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial dan berbudaya dimana kebudayaan dapat mempengaruhi perilaku manusia. ketika seorang petugas kesehatan ingin melakukan upaya perbaikan kesehatan pada suatu daerah maka ia terlebih dahulu perlu memahami akan budaya yang dianut daerah tersebut. Dengan begitu petugas kesehatan tersebut dapat menyelaraskan antara ide dan konsep yang coba ia terapkan dengan budaya yang dianut di daerah tersebut sehingga tidak akan terjadi benturan antara konsep ide yg sudah dibuat dan budaya setempat. Tenaga kesehatan juga akan mudah berbaur dengan masayarakat setempat karena sudah paham akan budaya tersebut sehingga tenaga kesehatan mampu menyesuaikan diri dengan baik.

Terimakasih

Wassalamu'alaikum wr wb.


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101081 DEBY AMNASARI -

Assalamualikum warahamatulahi wabarakatuh , saya deby amnasari(2110101081)izin menjawab pertanyaan di ppt

Apa manafaat petugas kesehatan memepelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat?

. Manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam perbaikan kesehatan masyarakat adalah Pertama, 


-pertama di dalam semua religi atau agama, ada kepercayaan tertentu yang berkaitan dengan kesehatan, gizi, dll. 
Misal : orang yang beragama Islam : tidak makan babi, sehingga dalam 2 rangka memperbaiki status gizi, seorang petugas kesehatan dapat menganjurkan makanan lain yang bergizi yang tidak bertentangan dengan agamanya. 
-Kedua, 
dengan mempelajari organisasi masyarakat
, maka petugas kesehatan akan mengetahui organisasi apa saja yang ada di masyarakat, kelompok mana yang berkuasa, kelompok mana yang menjadi panutan, dan tokoh mana yang disegani. 
Sehingga dapat dijadikan strategi pendekatan yang lebih tepat
 dalam upaya mengubah perilaku kesehatan masyarakat. 

Ketiga, petugas kesehatan juga perlu mengetahui 
pengetahuan masyarakat tentang kesehatan. 
Dengan mengetahui pengetahuan masyarakat maka petugas kesehatan akan mengetahui mana yang perlu ditingkatkan, diubah dan pengetahuan mana yang perlu dilestarikan dalam memperbaiki status kesehatan.

-Keempat, petugas kesehatan juga perlu 
mempelajari bahasa lokal agar lebih mudah berkomunikasi
, menambah rasa kedekatan, rasa kepemilikan bersama dan rasa persaudaraan.
 
-Kelima, selain itu perlu juga mempelajari tentang kesenian dimasyarakat setempat. Karena petugas kesehatan dapat
 memanfaatkan kesenian yang ada dimasyarakat untuk menyampaikan pesan kesehatan. 
-Keenam, sistem mata pencaharian juga perlu dipelajari karena 
sistem mata pencaharian ada kaitannya dengan pola penyakit yang diderita oleh masyarakat tersebut

-Ketujuh, teknologi dan peralatan masyarakat setempat. 
Masyarakat akan lebih mudah menerima pesan yang disampaikan petugas jika petugas menggunakan teknologi dan peralatan yang dikenal masyarakat


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101067 MELLYNDA FORTIUS -

Assalamualaikum wr wb 

Saya mellynda fortius dengan nim 2110101067 izin menjawab pertanyaan dari ppt ibu. 

Soal : Apa manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur unsur budaya dalam upaya kesehatan masyarakat ? 

Jawab : 

1. Sebagai petugas kesehatan kita dapat mengetahui pola prilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat secara Universal maupun pola prilaku manusia pada tiap-tiap masyarakat (suku bangsa)


2. Kita dapat mengetahui kedudukan serta peran yang harus kita lakukan sesuai dengan harapan warga masyarakat dari kedudukan yang kita sandang misalnya petugaskesehatan.


3. Untuk memperluas wawasan kita terhadap tata pergaulan umat manusia diseluruh dunia yang mempunyai kekhususan-kekhususan yang sesuai dengan karakteristik daerahnya sehingga menimbulkan toleransi yang tinggi


4. Dapat mengetahui berbagai macam problema dalam masyarakat serta memiliki kepekaan terhadap kondisi-kondisi dalam masyarakat baik yang menyenangkan serta mampu mengambil inisiatif terhadap pemecahan permasalahan yang muncul dalam lingkungan masyarakatnya misalnya masalah kesehatan byang diderita masyarakatv setempat dapat kita berbagi cerita dan melakukan pemecahan masalah.


5. Petugas kesehatan dapat membina masyarakat untuk mengatur pola kebiasaan makan. Pola hidup sehat dan bagaimana mengatur perilaku masyarakat dengan adanya fasilitas puskesmas.


Terimakasih, wassalamualaikum wr wb

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya Adinda Helminiya Putri dengan Nim 2110101121 izin bertanya, Seiring berjalannya waktu baik teknologi maupun pertumbuhan terutama sekarang bahkan banyak anak kecil atau remaja yang tidak menghargai perbedaan budaya yang ada, yang menjadi pertanyaan saya adalah jika tenaga kesehatan mendapatkan seorang pasien yang tidak bisa menghargai perbedaan budaya baik dari ras, jenis kelamin, latar belakang etnis, bahasa asli yang digunakan, dan keyakinan atau budaya sehingga dia membuat keributan dengan pasien lain dengan sifat seperti itu. Asuhan apakah yang akan diberikan kepada tenaga kesehatan untuk pasien tersebut? 

terima kasih🙏🏻

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101097 NINDRA ARLINDAWATI -

Assalamualaikum ibu saya Nindra Arlindawati NIM 2110101097 izin menjawab pertanyaan yang ada di PPT 


Apa manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat?


Jawaban :

1. Di dalam semua religi atau agama, ada kepercayaan tertentu yang berkaitan dengan kesehatan, gizi, dll. Misal : orang yang beragama Islam : tidak makan babi, sehingga dalam 2 rangka memperbaiki status gizi, seorang petugas kesehatan dapat menganjurkan makanan lain yang bergizi yang tidak bertentangan dengan agamanya.

2. Dengan mempelajari organisasi masyarakat, maka petugas kesehatan akan mengetahui organisasi apa saja yang ada di masyarakat, kelompok mana yang berkuasa, kelompok mana yang menjadi panutan, dan tokoh mana yang disegani. Sehingga dapat dijadikan strategi pendekatan yang lebih tepat dalam upaya mengubah perilaku kesehatan masyarakat.

3. Petugas kesehatan juga perlu mengetahui pengetahuan masyarakat tentang kesehatan. Dengan mengetahui pengetahuan masyarakat maka petugas kesehatan akan mengetahui mana yang perlu ditingkatkan, diubah dan pengetahuan mana yang perlu dilestarikan dalam memperbaiki status kesehatan.

4. Petugas kesehatan juga perlu mempelajari bahasa lokal agar lebih mudah berkomunikasi, menambah rasa kedekatan, rasa kepemilikan bersama dan rasa persaudaraan.

5. Selain itu perlu juga mempelajari tentang kesenian dimasyarakat setempat. Karena petugas kesehatan dapat memanfaatkan kesenian yang ada dimasyarakat untuk menyampaikan pesan kesehatan.


Terimakasih

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101098 RENITA PRAMESTI ARDITA PUTRI -

Assalamualaikum wr wb bu

Saya Renita Pramesti Nim 2110101098 izin bertanya

Apa yang membuat suatu masyarakat itu tetap kukuh terhadap kebudayaannya? Jika dilihat banyaknya kasus yang memakan korban, mengapa masyarakat tetap melakukan budaya tersebut?

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101110 CICI LIARA SEPTI -

Assalamu'alaikum, saya Cici Liara Septi NIM 2110101110 izin memberikan pendapat mengenai pertanyaan dari ppt nggih bu, mengenai apa manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat

Manfaat dari petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam upaya perbaikan kesehatan masyarakat adalah dapat meluruskan stigma yang salah dari masyarakat. Sebagai contoh, tenaga kesehatan yang meluruskan kekeliruan dalam budaya yaitu dengan  memberikan pisang kepada bayi yang baru lahir. Kekeliruan dalam budaya ini mengakibatkan gangguan yang serius kepada pencernaan bayi yang belum siap menerima makanan selain ASI. 

Kasus tersebut adalah contoh manfaat dari tenaga kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya. 

Sekian dari saya ibu, mohon maaf apabila terdapat kekeliruan, wassalamu'alaikum 🙏

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101100 SILMI FUJI LESTARI -

Assalamu'alaikum ibu?

Sya Silmi Fuji Lestari, NIM 2110101100 Izin diskusi terkait Manfaat petugas kesehatan yang mempelajari unsur-unsur budaya dalam perbaikankesehatan masyarakat adalah :

  • Pertama,di dalam semua religi atau agama, ada kepercayaan tertentu yang berkaitan dengankesehatan, gizi, dll.
  • Kedua, dengan mempelajari organisasi masyarakat,maka petugas kesehatan akan mengetahuiorganisasi apa saja yang ada di masyarakat, kelompok mana yang berkuasa,kelompok manayang menjadi panutan, dan tokoh mana yang disegani.
  • Ketiga, petugas kesehatan juga perlu mengetahui pengetahuan masyarakat tentang kesehatan.
  • Keempat, Petugas Kesehatan juga perlu

belajar bahasa lokal agar lebih mudahberkomunikasi

, menambah rasa, rasa kepemilikan bersama dan rasa persaudaraan.

  • Kelima, selain itu perlu juga mempelajari kesenian dimasyarakat setempat. Karenapetugas kesehatan dapat memanfaatkan kesenian yang ada dimasyarakat untukmenyampaikan pesan kesehatan.
  • Keenam, sistem mata pencaharian juga perlu dipelajari karenasistem mata pencaharian adakaitannya dengan pola penyakit yang diderita oleh masyarakat tersebut

  • Ketujuh, teknologi dan peralatan masyarakat setempat. Masyarakat akan lebih mudahmenerima pesan yang disampaikan kepada petugas jika menggunakan teknologi danperalatan yang dikenal masyarakat.
In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Assallamualaikum warrahmastullahi wabarakatu ibu,  saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin menjawab pertanyaan dari ppt ibu.


Tenaga kesmas juga dapat berperan dibidang kuratif dan rehabilitatif kalau yang bersangkutan mau dan mampu belajar dan meningkatkan kemampuannya dibidang tersebut. Manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam perbaikan kesehatan masyarakat adalah Pertama,

di dalam semua religi atau agama, ada kepercayaan tertentu yang berkaitan dengan kesehatan, gizi, dll.

Misal : orang yang beragama Islam : tidak makan babi, sehingga dalam 2 rangka memperbaiki status gizi, seorang petugas kesehatan dapat menganjurkan makanan lain yang bergizi yang tidak bertentangan dengan agamanya. Kedua,

dengan mempelajari organisasi masyarakat

, maka petugas kesehatan akan mengetahui organisasi apa saja yang ada di masyarakat, kelompok mana yang berkuasa, kelompok mana yang menjadi panutan, dan tokoh mana yang disegani.

Sehingga dapat dijadikan strategi pendekatan yang lebih tepat

 dalam upaya mengubah perilaku kesehatan masyarakat. Ketiga, petugas kesehatan juga perlu mengetahui pengetahuan masyarakat tentang kesehatan.

Dengan mengetahui pengetahuan masyarakat maka petugas kesehatan akan mengetahui mana yang perlu ditingkatkan, diubah dan pengetahuan mana yang perlu dilestarikan dalam memperbaiki status kesehatan.

Keempat, petugas kesehatan juga perlu

mempelajari bahasa lokal agar lebih mudah berkomunikasi

, menambah rasa kedekatan, rasa kepemilikan bersama dan rasa persaudaraan.

 

Kelima, selain itu perlu juga mempelajari tentang kesenian dimasyarakat setempat. Karena petugas kesehatan dapat

 memanfaatkan kesenian yang ada dimasyarakat untuk menyampaikan pesan kesehatan.

Keenam, sistem mata pencaharian juga perlu dipelajari karena

sistem mata pencaharian ada kaitannya dengan pola penyakit yang diderita oleh masyarakat tersebut

.Ketujuh, teknologi dan peralatan masyarakat setempat.

Masyarakat akan lebih mudah menerima pesan yang disampaikan


termakasih ibu , wasssallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu ibu.

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: Diskusi Kelas B

by 2110101092 DINANDA DWI SETYORINI -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ibu, izin menjawab pertanyaan yang di PPT diskusi

Nama : Dinanda Dwi Setyorini

Nim : 2110101092

Secara sederhana kebudayaan dapat diartikan sebagai hasil dari cipta, karsa, dan rasa.Koentjaraningrat mendefinisikan kebudayaan adalah seluruh kelakuan dan hasil kelakuanmanusia yang teratur oleh tata kelakuan yang harus didapatkannya dengan belajar dansemuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat. Asalkan sesuatu yang dilakukan manusiamemerlukan belajar maka hal itu bisa dikategorikan sebagai budaya. Menurut Herskovits, Budaya sebagai hasil karya manusia sebagai bagian dari lingkungannya (culture is the human-made part of the environment). Artinya segala sesuatu yang merupakan hasil dari perbuatanmanusia, baik hasil itu abstrak maupun nyata, asalkan merupakan proses untuk terlibat dalamlingkungannya, baik lingkungan fisik maupun sosial, maka bisa disebut budaya. Membagi budaya menjadi 7 unsur : yakni sistem religi dan upacara keagamaan, sistemdan organisasi kemasyarakatan, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem matapencaharian hidup dan sistem teknologi dan peralatan. Ketujuh unsur itulah yang membentukbudaya secara keseluruhan.