Assallamualaikum warrahmastullahi wabarakatu ibu, saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin menjawab pertanyaan dari ppt ibu.
Tenaga kesmas juga dapat berperan dibidang kuratif dan rehabilitatif kalau yang bersangkutan mau dan mampu belajar dan meningkatkan kemampuannya dibidang tersebut. Manfaat petugas kesehatan mempelajari unsur-unsur budaya dalam perbaikan kesehatan masyarakat adalah Pertama,
di dalam semua religi atau agama, ada kepercayaan tertentu yang berkaitan dengan kesehatan, gizi, dll.
Misal : orang yang beragama Islam : tidak makan babi, sehingga dalam 2 rangka memperbaiki status gizi, seorang petugas kesehatan dapat menganjurkan makanan lain yang bergizi yang tidak bertentangan dengan agamanya. Kedua,
dengan mempelajari organisasi masyarakat
, maka petugas kesehatan akan mengetahui organisasi apa saja yang ada di masyarakat, kelompok mana yang berkuasa, kelompok mana yang menjadi panutan, dan tokoh mana yang disegani.
Sehingga dapat dijadikan strategi pendekatan yang lebih tepat
dalam upaya mengubah perilaku kesehatan masyarakat. Ketiga, petugas kesehatan juga perlu mengetahui pengetahuan masyarakat tentang kesehatan.
Dengan mengetahui pengetahuan masyarakat maka petugas kesehatan akan mengetahui mana yang perlu ditingkatkan, diubah dan pengetahuan mana yang perlu dilestarikan dalam memperbaiki status kesehatan.
Keempat, petugas kesehatan juga perlu
mempelajari bahasa lokal agar lebih mudah berkomunikasi
, menambah rasa kedekatan, rasa kepemilikan bersama dan rasa persaudaraan.
Kelima, selain itu perlu juga mempelajari tentang kesenian dimasyarakat setempat. Karena petugas kesehatan dapat
memanfaatkan kesenian yang ada dimasyarakat untuk menyampaikan pesan kesehatan.
Keenam, sistem mata pencaharian juga perlu dipelajari karena
sistem mata pencaharian ada kaitannya dengan pola penyakit yang diderita oleh masyarakat tersebut
.Ketujuh, teknologi dan peralatan masyarakat setempat.
Masyarakat akan lebih mudah menerima pesan yang disampaikan
termakasih ibu , wasssallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu ibu.