FORUM TEORI : PROSES ADAPTASI PADA BAYI DAN BALITA

FORUM DISKUSI KELAS B

FORUM DISKUSI KELAS B

by Andri Nur Sholihah -
Number of replies: 57

Assalaamu'alaikum...

Pakabar smua?

smoga selalu sehat dan bahagia ya..

masih di momen syawal, sy ucapkan selamat Idul Fitri ya..mohon maaf lahir batin.

utk yang sudah selesai puasa syawalnya barokallah ya..

utk yang belum dan telah berniat menyelesaikan 6hr sunahnya, smoga dimudahkan puasanya..😘

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by Andri Nur Sholihah -

Baik, di malam akhir pekan ini kita akan belajar tentang Proses Adaptasi Bayi dan Anak..

Materi telah di upload di depan ya, bisa langsung disimak..

selanjutnya sesi tanya jawab bs langsung disampaikan di forum.

Bu andri harapkan smuanya aktif di forum ya.

karena di jam 19.30 nanti akan sgera dishare kasus utk bs didiskusikan di masing2 kelompok kecil. 

smangat belajar smuanya...💪

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106065 SRITIAWATI PUTRI -

Assalamu'alaikum ibu izin bertanya di dalam ppt disebutkan bahwa faktor yg mempengaruhi proses adaptasi pada bayi dan balita dipengaruhi oleh salah satunya yaitu intelegensi. Apakah yg dimaksud dengan intelegensi tersebut?

In reply to 1910106065 SRITIAWATI PUTRI

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106051 ANISA NUR LATIFAH -

Assalamuallaikum saya Anisa Nur Latifah izin menjawab Intelegensi atau kecerdasan diartikan dalam berbagai dimensi oleh para ahli. Donald Stener, seorang Psikolog menyebut intelegensi sebagai suatu kemampuan untuk menerapkan pegetahuan yang sudah ada untuk memecahkan berbagai masalah. 

In reply to 1910106065 SRITIAWATI PUTRI

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106090 DWI SANTIKA SYAHRAINI -

Assalamualaikum bu saya Dwi santika 1910106090 izin mencoba menjawab pertanyaan mba sritiawati

Menurut David Wechsler, inteligensi adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungannya secara efektif.

Terimakasih..

In reply to 1910106065 SRITIAWATI PUTRI

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106059 YUNI FITRIYA -

Assalamualaikum saya yuni fitriya izin menjawab

Intelegensi atau kecerdasan diartikan dalam berbagai dimensi oleh para ahli. Donald Stener, seorang Psikolog menyebut intelegensi sebagai suatu kemampuan untuk menerapkan pegetahuan yang sudah ada untuk memecahkan berbagai masalah. Tingkat intelegensi dapat diukur dengan kecepatan memecahkan masalah-masalah tersebut.

In reply to 1910106065 SRITIAWATI PUTRI

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106087 NADILA NINDA RAMADHANI -

Assalamualaikim wr wb

Saya Nadila Ninda Ramadhani 1910106087 izin menjawab pertanyaan dari mbak Sritiawati, Intelegensi atau kecerdasan adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah yang dihadapi, dalam hal ini adalah masalah yang menuntut kemampuan fikiran serta dapat diukur secara kuantitatif dan kualitatif.

Terimakasih

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106064 SALSYA NAULIA CHAMID -

Assalamualaikum wr wb. Saya Salsya Naulia Chamid izin bertanya. Dalam ppt disebutkan bahwa intelegensi menjadi salah satu faktor yang memengaruhi proses adaptasi psikologi bayi dan balita, bagaimana bisa? Mohon untuk dijelaskan. Terima kasih

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106071 FATIHA ZALMA IFTINAN RHEINANDY -

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Saya Fatiha Zalma I.R (1910106071), ijin bertanya. 

Jika anak mengalami ledakan emosi, bagaimana cara kita memberikan penanganan pada anak tersebut? 

Terimakasih

In reply to 1910106071 FATIHA ZALMA IFTINAN RHEINANDY

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106080 TRI WAHYUNI -
Assalamualaikum, Saya Tri Wahyuni 1910106080 izin menjawab pertanyaan mba Fatiha

Cara penanganan anak yang lagi emosi

1. Ajari anak tentang perasaan

Anak-anak cenderung akan marah saat mereka tidak mengerti dan tidak mampu menyuarakan perasaannya. Seorang anak yang tidak mengatakan, "Aku sedang marah!" cenderung akan mengekspresikan amarahnya dengan bertindak agresif untuk mendapatkan perhatian.Untuk membantu anak mengatasi rasa marahnya, Anda bisa membantu mereka mengenali kata-kata seperti "marah", "sedih", "bahagia", dan "takut". Dengan begitu, anak akan mengetahui apa yang harus diekspresikan saat sedang marah.Seiring berjalannya waktu, coba ajari anak dengan kata-kata yang lebih ‘dewasa’, seperti "frustrasi", "kecewa", "khawatir", hingga "kesepian".
In reply to 1910106071 FATIHA ZALMA IFTINAN RHEINANDY

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106079 RINANDA EKA PRAMITA -

Saya Rinanda Eka Pramita (1910106079) akan menjawab pertanyaan mba alma.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan pelukan untuk meredam emosi atau tangisan anak.

Pelukan bisa membuat anak merasa aman dan tahu bahwa orangtuanya peduli, walau Anda tidak setuju dengan ulahnya.

Selain pelukan, hal yang dapat dilakukan yaitu dengan mendengarkan dan memahami perasaan anak. Contohnya, Membantu si Anak dengan menunjukkan kepada mereka bahwa Mama mendengarkan dan mencoba memahami apa yang ia alami, dapat membantu menghindari perilaku meledak-ledak saat emosinya semakin membuncah.

Terimakasih

In reply to 1910106071 FATIHA ZALMA IFTINAN RHEINANDY

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106081 SEPTI RAHAYU -

Assalamualaikum wr.wb izin menjawab pertanyaan dari mba alma

Pertama, cari tahu dan pelajari penyebab anak-anak menjadi emosional.Anak-anak cenderung mudah marah biasanya karena mereka lapar, sakit, bosan, kelelahan, atau frustrasi. Mempelajari penyebab ini tentunya mwmbutuhkan observasi selama beberapa minggu, tidak bisa hanya sehari atau dua hari saja. Buat catatan-catatan perilaku keseharian anak, dan kemudian pelajarilah catatan tersebut. Kita bisa mengetahui kapan anak cenderung mudah marah, apa penyebabnya, kapan saja anak bisa menurut, kondisi emosinya saat ia sakit atau kelelahan, dan lain sebagainya. Dari catatan itulah nantinya kita bisa mencari jalan untuk menghindari atau meminimalisir terjadinya tantrum.

Bagaimanapun, menghindari penyebab tantrum itu lebih mudah daripada menghadapi ledakan tantrumnya. Jadi, jangan buru-buru berkonsultasi dan menanyakan “anak saya kenapa”, “saya bingung menghadapinya”, “saya nggak tahu kenapa dia begitu” atau “bagaimana solusinya”, jika kita sendiri belum mencoba untuk mencari tahu dan mengobservasi anak kita sendiri. Yang paling mengerti anak-anak seharusnya adalah ibu dan ayah mereka. Psikolog, konsultan anak, dokter, semua mempelajarinya dari keterangan orang tua si anak. Memberikan solusi hanya sesuai teori. Tapi bagaimana prakteknya di rumah atau di luar rumah, mereka tidak tahu dan pastinya banyak yang tidak akan mencari tahu.

Kedua, perhatikan gejala awal anak tantrum. Biasanya, sebelum anak benar-benar “meledak”, mereka akan menunjukkan tanda-tanda merasa “kesulitan” atau frustrasi. Misal mereka tampak tidak sabar menyelesaikan sesuatu, membuang apa yang ada di tangannya, menarik napas dalam-dalam, ber-“ah-eh” (atau mimbik-mimbik – bahasa Jawa), atau perubahan mimik wajahnya. Bila tanda-tanda semacam ini sudah mulai terlihat, segera berikan pertolongan pertama: alihkan perhatiannya.

Ketiga, pindahkan ke lokasi yang lebih aman. Anak-anak cenderung suka melempar apa yang ada di sekeliling mereka atau berguling-guling di lantai saat mereka tantrum. Maka pindahkan ke tempat di mana ia bebas berguling-guling atau menangis yang tidak ada barang-barang di sekitarnya yang bisa mereka rusak. Atau jika sedang berada di luar rumah, pelukan ibu adalah tempat teraman bagi seorang anak yang tantrum. Biarkan anak menangis dan peluk mereka. Orang di sekitar Anda mungkin terganggu, tapi abaikan perasaan malu dan tidak enak itu. Itu wajar, dan setiap anak wajar mengalami tantrum. Yang tidak wajar adalah menuruti semua keinginan anak.

Keempat, jangan menyerah dan menuruti apa yang diinginkan anak. Ketika kita menyerah pada kemarahan anak dalam hitungan 2 menit atau 10 kali pukulan (jika anak marah sambil memukul), atau saat kita merasa malu pada orang lain di sekitar kita, maka anak-anak akan belajar dan menjadikan itu sebagai senjata canggih mereka di kemudian hari. Mereka akan belajar bahwa jika mereka menangis dengan gigih sedikit lagi, Anda akan luluh dan memberikan apa yang mereka mau. Maka, cobalah untuk tenang dan abaikan kemarahannya. Jika orang tua nampak ingin marah dan mulai tersulut emosi, segeralah pergi dan hindari anak untuk sesaat sambil menenangkan diri.




In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106070 GHINA KAMILA MAITSA -

Assalamualaikum, saya Ghina kamila 1910106070 izin bertanya,

Apa saja efek/dampak dari pengalaman periode babyhood atau masa kanak kanak yang kurang baik?

Terima kasih

In reply to 1910106070 GHINA KAMILA MAITSA

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106071 FATIHA ZALMA IFTINAN RHEINANDY -
Waalaikumsalam Wr. Wb

Saya Fatiha Zalma, ijin menjawab pertanyaan dari mbak Ghina. 

Dampak nya adalah : 

  1. Pemikiran-pemikiran negatif
  2. Menjadi pasif
  3. Menguburkan sosok diri yang sebenarnya
  4. Ekspresi pasif-agresif
  5. Terganggunya kesehatan fisik
  6. Meningkatkan risiko penyakit tertentu
In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106075 RAHIMATUR RAHMAH -

Assalamu'alaikum saya Rahimatur Rahmah, izin bertanya di ppt dijelaskan bahwa keadaan dikeluarga mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perilaku sosial dan kepribadian dari anak, dalam keadaan keluarga yang kurang harmonis bagaimana cara Bidan memberitahukan kepada keluarga bahwa hal tersebut dapat mempengaruhi dari pertumbuhan anak dikedepannya?

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106074 PURWANINGSIH -

Assalamu'alaikum saya Purwaningsih izin bertanya Bu, dilihat dari keadaan saat ini banyak orang tua yang sibuk akan pekerjaan nya, hampir sepenuhnya fokus terhadap kerjanya sehingga pola asuh yang diberikan orang tua tidak sampai kepada anak, jika itu terjadi pada anak balita dan anak tersebut belum bisa menceritakan apa yang menjadi keinginanya (seperti waktu bermain bersama orang tua), bagaimana cara kita mengetahui kegelisahan mereka? Dan bagaimana kita sebagai seorang bidan dalam menanggapi kasus tersebut?

Terima kasih 🙏

In reply to 1910106074 PURWANINGSIH

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106091 EFI NUR HAYATI -

Assalamualaikum wr wb..

Saya Efi Nur Hayati/1910106091 izin menjawab pertanyaan dari mbak purwaningsih.

Sebagai seorang bidan dalam menanggapi kasus tersebut ;

1. Menyarankan ibu untuk meluangkan waktu liburnya untuk quality time bersama anak dan keluarga.

2. Menyarankan untuk memberikan pengertian kecil seperti berpamitan saat berangkat bekerja.

3. Menyarankan ibu untuk tetap aktif memantau kegiatan anak dirumah seperti menemani belajar, membantu membuat tugas

4. Menyarankan ibu untuk memberikan hadiah-hadiah kecil untuk anak sebagai bentuk pengertian anak bahwa ibu tetap menyayanginya walaupun ditengah kesibukan.

Terimakasih,

Wassalamualaikum wr wb.


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106077 YUSTIA RAHENDRA -
In reply to 1910106077 YUSTIA RAHENDRA

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106077 YUSTIA RAHENDRA -

Assalamualaikum, saya yustia rahendra ijin mengirimkan hasil diskusi kami dan bukti diskusi kami dari kelompok B3 dengan anggota

1. Ghina Kamila Maitsa (1910106070) 

2. Fatiha Zalma Iftinan Rheinandy (1910106071) 

3. Irna Intan Saputri (1910106072)

4. Nurul Yumna Aisyah (1910106073)

5. Purwaningsih (1910106074) 

6. Rahimatur Rahmah (1910106075) 

7. Tika Soviyani (1910106076)

8. Yustia Rahendra (1910106077)

9. Varra Shavira Yuniar (1910106078)

Terima kasih

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106091 EFI NUR HAYATI -

Assalamualaikum wr wb..

Saya Efi Nurhayati perwakilan dari kelompok B5 izin mengumpulkan diskusi melalui whatshapp group kami padam malam hari ini 

Gambar 1

Gambar 2


Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5

Gamabr 6


Terimakasih. 

Wassalamualaikum wr wb

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106064 SALSYA NAULIA CHAMID -

Saya Salsya Naulia Chamid izin bertanya. Masalah-masalah psikologi anak yang sering terjadi diantaranya ledakan emosi, kesulitan bersosialisasi, kesulitan berbicara, kesulitan belajar, kesulitan menulis, kesulitan menghitung (diskalkulia), Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Lalu bagaimana penanganan yang tepat bagi anak yang memiliki masalah psikologi seperti contoh-contoh tersebut?

Terima kasih

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106052 TIARA MUDRIKA -

Assalamualaikum wr wb, saya Tiara Mudrika 1910106052 izin bertanya

Bagaimana contoh perilaku orangtua terhadap kehamilan yang bisa mempengaruhi kehidupan postnatal?


Terimakasih

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106063 ANNISA NUROSIDA -

Waalaikumsalam, baik ibu.


In reply to 1910106063 ANNISA NUROSIDA

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by Andri Nur Sholihah -

Baik, kita masuk sesi diskusi dengan CBL ya..

Case based Learning, per kelompok kecil.

Soal untuk Kelompok B1dan B2 : 

Seorang anak usia 4 tahun masuk sekolah PAUD suka melakukan gerakan yang tidak terkontrol dan menjadi lebih hyperaktif/ tidak mau diam, di rumah hanya ada pembantunya yang setiap saat menemaninya setiap saat tapi dia selalu acuh dengannya. Orang tuanya adalah worker holic yang terlalu fokus pada pekerjaan masing-masing. Dia mengalami keterlambatan dalam bahasa dan berkomunikasi tapi untuk belajar, anak ini sangat mudah menyerap pelajarannya. 
Dari ciri di atas masalah psikologi apa yang kemungkinan dihadapi anak tersebut?
bagaimanakah ciri-cirinya dan untuk menangani masalah apa yang bisa dilakukan oleh orangtuanya?


Soal Kelompok B3, B4, dan B5 :

Seorang anak usia 5 tahun, kemampuan Kosakata yang kurang karena keterbelakangan mental dan kurangnya rangsangan dari orang tua, dan anak ini cenderung pendiam dan takut untuk mengungkapkan keinginanya, perasaannya. 
Dari ciri di atas masalah psikologi apa yang kemungkinan dihadapi anak tersebut?
bagaimanakah ciri-cirinya dan untuk menangani masalah apa yang bisa dilakukan oleh orangtuanya?


In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by Andri Nur Sholihah -
Proses dari diskusi di kelompok kecil boleh dibahas melalui grup Wa ya, kemudian dokumentasi dr diskusi berupa screenshoot grup dikirim ke forum ini. diskusi harus malam ini ya..sampe maks jam 20.40. Selanjutnya hasil diskusi dipost ke forum maks jam 21.00. smangat diskusi... ^_^
In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM DISKUSI KELAS B

by 1910106066 NI PUTU SASMITA PEBRIANA -

Selamat malam , saya Mita Pebriana ijin bertanya.

Bagaimana cara menangani dan memberikan edukasi pada ibu, yang memiliki anak balita yang memiliki kebiasaan jika marah atau tidak suka terhadap sesuatu memukul kepala dan menyakiti dirinya sendiri..

Karena ada salah satu tetangga saya yang memiliki hal sprti di atas. Umurnya 22 bulan. Dan orang tua tidak pernah memukul atau main tangan dengan anak..

Apakah proses adaptasi psikologisnya terganggu? Sehingga tumbuh kembang anak tidak maksimal?


Terima kasih