Forum Diskusi

UTS Manajemen pemasaran

UTS Manajemen pemasaran

by 2010601030 YOVIE AULIA AHMAD -
Number of replies: 0

Nama : Yovie aulia ahmad

Nim : 201061030


1. mengapa sebuah perusahaan atau organiasi perlu mempelajari dan memahami lingkungan pemasaranya adalah dikarenakan lingkungan pemasaran ini menjadi bagian terpenting  dan paling pokok bagi aktifitas  penjualan sebuah perusahaan. Hal ini di sebabkan dengan adanya beberapa pelaku dan unsur-unsur yang saling mempengaruhi  satu sama lain.


Adapun dari Unsur-unsur nya adalah berupa kekuatan dan ancaman, baik yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan. Maka apabila semua hal tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, maka bisa membantu perusahaan untuk meraih tujuannya. Dan juga Perusahaan ataupun organisasi harus mengamati tren, dinamika pasar, dan apa pun yang terjadi di dalam serta luar perusahaan, sehingga kondisi internal tidak goyah dan tetap fokus pada goal-nya. Karena Lingkungan pemasaran sifatnya tidak stabil,  maka dari itu dibutuhkan sebuah manajenmen yang handal dan strategi perusahaan yang mampu beradaptasi dengan berbagai macam kondisi.


Seperti contoh : contoh pada bisnis katering.  Pada bisnis katering, ada 3 jenis lingkungan yang berpengaruh secara langsung, yaitu konsumen, perusahaan, serta pesaing. 

1. Konsumen pada usaha katering nmeliputi perorangan serta organisasi. Tak hanya itu, lingkungan konsumen juga termasuk selera, tingkat penghasilan, usia, serta faktor-faktor lainnya. 

2. Lingkungan perusahaan meliputi visi dan misi, kemampuan finansial, kemampuan produksi, serta kekuatan pemasaran dan relasi. 

3. Pesaing mencakup penjual makanan maupun pengusaha katering lain yang ada di sekitar perusahaan katering tersebut.


2. Bagaimana cara menjanjikan nilai superior, bagaimana cara menetapkan harga dengan menarik, dan bagaimana cara mendistribusikannya dengan tepat. Selain itu, pemasaran juga dilakukan untuk mempromosikan secara efektif guna mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan cara tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan yang paling utama.. Dasar pemikiran pemasaran dimulai dari adanya kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands).Selain itu, pemasaran juga dilakukan untuk mempromosikan secara efektif guna mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan cara tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan yang paling utama. Dasar pemikiran pemasaran dimulai dari adanya kebutuhan Uneeds) keinginan (wantsi dan permintaan (demands)

Peran pemasaran saat ini tidak hanya mampu menyampaikan produk dan jasa sampai ke tangan konsumen, tetapi juga bagaimana memberi kepuasan pada pelanggan.Artinya, secara berkelanjutan pemasaran ini selain jasa dan produk yang dibuat sampai ke tangan konsumen, produsen juga harus berperan dalam memberikan kepuasan secara berkelanjutan sehingga keuntungan bisnis atau perusahaan tersebut dapat kembali diperoleh karena terjadinya pembelian yang berulang. Tujuan dari dilakukannya pemasaran di dalam manajemen pemasaran adalah untuk menarik pelanggan baru dengan menciptakan suatu produk yang sesuai dengan bagaimana keinginan konsumen.

Contoh : Crate & Barrel

Penjualnya berjanji untuk mengantarkan furniture ke ruangan pilihan konsumen, merakitnya dan membuka semua kemasan. Crate & Barrel juga menyediakan kartu potongan harga jika Anda membeli produk toko tersebut untuk pernikahan Anda.

3. Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan. Hubungan pelanggan atau dikenal dengan istilah customer relationship merupakan hal fundamental yang setiap perusahaan harus miliki, dikarenakan jika suatu perusahaan tidak memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan maka tidak akan terjadi penjualan dan apabila tidak terjadi penjualan maka bisnis tidak akan berjalan, khusus nya dibidang perusahaan jasa yang sangat dekat hubungannya dengan hubungan pelanggan. 

Jadi pada intinya penting sekali bagi perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Karena dengan hubungan yang baik maka akan menciptakan pembelian yang berulang dan juga pelanggan yang loyal bagi perusahaan. Dengan begitu maka akan mempercepat kesuksesan bagi perusahaan.

contoh : antara produsen dan konsumen memiliki kecocokan hobi dari hal itu saja dapat semakin mempererat hubungan baik antara produsen dan konsumen yang berdampak baik juga terhadap keberlangsungan usaha tersebut kedepan.

4. mengapa perilaku konsumen penting untuk dipelajari, yakni: Konsumen adalah fokus utama perhatian pemasaran. Mempelajari apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen merupakan hal yang sangat penting. Dengan mempelajari dan memahami perilaku konsumen, 

1. pemasar akan lebih mudah dalam menentukan kebijakan yang tepat serta efisien.

2. Disesuaikan dengan perkembangan penjualan atau perdagangan 

Perilaku konsumen juga penting dipelajari, guna mengikuti perkembangan penjualan atau perdagangan saat ini, yang lebih banyak menawarkan produk dibanding jumlah permintaan.

Dalam praktiknya, perilaku konsumen sangat memengaruhi keputusan pembelian, yakni kondisi di mana konsumen memutuskan untuk membeli produk atau tidak.


Saat konsumen memutuskan membeli produk, hal ini akan berdampak pada nilai penjualan perusahaan. Setelah membeli dan mengonsumsinya, perusahaan atau pemasar akan berupaya mencari tahu seberapa besar peluang konsumen untuk melakukan pembelian ulang terhadap produk tersebut.


Dengan mencari tahu dan mempelajari perilaku konsumen, perusahaan atau pemasar bisa mencari serta menemukan bentuk promosi dan kebijakan yang dianggap lebih tepat dan sesuai dengan perilaku konsumennya.