FORUM DISKUSI TEORI KE-10

FORUM TEORI KE-10 KELAS B

FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by Andri Nur Sholihah -
Number of replies: 68
Assalaamu'alaikum...
In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Saya Syifa Fauziyah 2110101074 izin bertanya bu

bagaimana salah satu cara dalam menanggulangi masyarakat yang selalu menuruti/mengikuti dengan kebudayaan nya seperti Suatu desa yang sering BAB di sungai berbarengan, ditinjau dari segi kesehatan hal tersebut adalah suatu tindakan yang perlu dihindari, nah jadi bagaimana cara menanggulangi dan merespon suatu tradisi seperti itu? Apakah kita sebagai medis harus memberitahu dampak nya terhadap kesehatan ? Terimakasih 

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101099 VIANITADEVI -

Saya Vianitadevi NIM 2110101099 izin menjawab pertanyaan, 

Bidan yang siap mengabdi di kawasan pedesaan mempunyai tantangan yang besar dalam mengubah pola kehidupan masyarakat yang mempunyai dampak negatif tehadap kesehatan masyarakat. Tidak mudah mengubah pola pikir ataupun sosial budaya masyarakat. (palagi masalah proses persalinan yang umum masih banyak menggunakan dukun beranak.) diitambah lagi tantangan konkret yang dihadapi bidan di pedesaan adalah kemiskinan, pendidikan rendah, dan budaya. karena itu, kemampuan mengenali masalah dan mencari solusi bersama masyarakat menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki bidan. untuk itu seorang bidan agar dapat melakukan pendekatanterhadap masyarakat perlu mempelajari sosial budaya masyarakat tersebut, yang meliputi tingkat pengetahuan penduduk, struktur pemerintahan, adat istiadat dan kebiasaan sehari-hari, pandangan norma dan nilai, agama, bahasa,kesenian, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan wilayah tersebut

Sebagai tenaga medis sebaiknya kita juga memberikan edukasi tentang dampak apa saja yang akan terjadi pada ibu hamil dan jainnya apabila masih mempercayai kebudayaan tersebut. 

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Waalaikumussalam ,saya Mariana Ulfa izin menjawab 

 Benar disini bidan ataupun tenaga kesehatan lainnya harus memberikan edukasi terkait dampak yang akan terjadi aoabila hal tersebut dilakukan ,sehingga memyebab akan timbulkan oenyakit.

Terimakasi banyak

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by KHOTIM NUR KHASANAH -

Assalamualaikum wr wb 

Perkenalkan saya Khotim Nur Khasanah dengan nim 2110101080 izin menjawab pertanyaan sodari syifa ibu , apabila ada yang kurang tepat mohon di benerkan 

Terimakasih 


Dampak penyakit yang paling sering terjadi akibat buang air besar sembarangan ke sungai adalah Escherichia coli. Itu merupakan penyakit yang membuat orang terkena diare. Setelah itu bisa menjadi dehidrasi, lalu karena kondisi tubuh turun maka masuklah penyakit-penyakit lain.

Dengan begitu kita sebagai medis atau mungkin orang diluar sana yang sudah paham ataupun sanagt memperhatikan kesehatan dirinya maupun keluarganya wajib memberikan edukasi kepada masyarakat setempat yang masih BAB sembarangan, Untuk menekan angka kematian akibat diare  atau BAB sembarangan ini, semua pihak harus sadar dan bersegera membuat  sanitasi termasuk toilet yang sehat.  Hal ini selaras dengan kegiatan yang dicanangkan pemerintah dalam bentuk Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).


Begitu ibu Semoga membantu menjawab pertanyaan mba syifa 

Terimakasih

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Assalamualaikum saya Mariana Ulfa 2110101111 izin bertanya 


Didalam suatu daerah pastu terdapat perbedaaan kebudayaan misalkan  adanya kepercayaan kepercaan zaman dulu . Sehinggal menyebabkan orang tua terkadang melarang ibu hamil mengkonsumsi  makanan atau buah dan juga dilarang untuk melakukan suatu tindakan yang dianggap kepercayaan zaman dulu.

Nah pertanyaan saya Bagaimana cara bidan mensikapi persepsi masyarakat yang masih  memegang persepsi tersebut.

Teriamkasih

In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101099 VIANITADEVI -

Saya Vianitadevi NIM 2110101099 izin menjawab pertanyaan. 

Cara bidan menanggapi presepsi masyarakat tersebut yaitu dengan pelan pelan memberikan edukasi pada ibu hamil. bidan memberikan penjelasan bahwa gizi dari makanan untuk ibu hamil sangat diperlukan. Kepercayaan bahwa ibu hamil dan post partum pentang mengkonsumsi makanan tertentu menyebabkan kondisi ibu post partum kehilangan zat gizi yang berkualitas. Sementara, kegiatan mereka sehari-hari tidak berkurang ditambah lagi dengan pentangan-pantangan terhadap beberapa makanan yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh wanita hamil, tentunya akan berdampak negatif terhadap kesehatan ibu dan janin. Karena kemiskinan masyarakat akan berdampak pada penurunan pengetahuan dan informasi, dengan kondisi ini keluarga khususnya ibu akan mengalami resiko kekurangan gizi, menderita anemia dan melahirkan bayi berat badan lahir rendah. Dan tidak heran jika anemia dan kekurangan gizi pada wanita hamil cukup tinggi terutama di daerah pedesaan

In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101084 LAILA OKTAVIYANA -

Waalaikumsalam wr. wb 

Saya Laila oktaviyana 

NIM 2110101084

Izin menjawab pertanyaan dari mba mariana Ulfa

Terkait bagaimana cara bidan dalam menyikapi persepsi masyarakat yang masih dipegang kala itu, menurut saya sebagai bidan tentunya harus bisa membedakan jika memang suatu kepercayaan tersebut tidak berdampak negatif bagi kesehatan ibu dan anak makan kita sebagai bidan perlu menghargai kepercayaan tersebut, tetapi jika hal tersebut berdampak negatif dan berdampak fatal bagi kesehatan ibu dan anak alangkah baiknya kita sebagai tenaga kesehatan memberikan suatu nasehat atau konseling Terkait hal tersebut. Selain itu juga kita sebagai tenaga kesehatan hendaknya senantiasa tetap mengawasinya. 

Sekian Terima kasih. 

In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101067 MELLYNDA FORTIUS -

waalaikumsalam. saya Mellynda Fortius 2110101067 izin menjawab pertanyaan mba mariana.

menurut saya, pengaruh budaya setempat memang sulit dihilangkan, terutama bagi yg tinggal di pedesaan, berbeda dengan di perkotaan pemikiran nya akn lebih maju. namun bidan bisa memberikan nasihat perlahan, tidak memaksa, kemudian bidan juga mengaitkan dengan seberapa penting buah bagi ibu hamil, dan dampak negatif bagi ibu dan anak jika tidak mengkonsumsi buah. perlahan coba kita sadarkan. dengan bertahap insyaallah bisa mengubah pola pikir masyarakat itu sendiri.

terimakasih, wassalamualaikum

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101113 TIARA MAHARANI -

Waalaikumsalam bu, saya Tiara Maharani 2110101113 ijin bertanya mengenai ppt yg sudah dijelaskan tadi. bahwasanya salah satu penyebab penyakit adalah faktor genetik, yang ingin saya tanyakan contoh penyakit apa yg disebabkan karna faktor genetik dimana didalamnya terdapat mutasi gen, terimakasih bu

In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101012 AQILA HANA AMADEA -

saya aqila hana amadea NIM 2110101012 izin menjawab pertanyaannya

Beberapa penyakit yang disebabkan hanya karena mutasi gen, dikenal dengan penyakit genetik. Beberapa penyakit genetik, antara lain:

Sementara itu, penyakit yang disebabkan oleh faktor gabungan dari mutasi genetik dan lingkungan, antara lain:

terimakasih
In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101084 LAILA OKTAVIYANA -

Waaikumsalam wr.wb 

Saya Laila oktaviyana 

NIM 2110101084

Izin menjawab pertanyaan dari mba Tiara

Contoh penyakit yang disebabkan oleh faktor genetik antara lain:

1.Thalasemia

Penyakit keturunan ini adalah penyakit yang menyerang sel darah merah penderitanya. Kondisi ini membuat hemoglobin dalam sel darah merah penderitanya berkurang, sehingga oksigen sulit diedarkan ke seluruh tubuh. Anak yang lahir dengan thalasemia berat kebanyakan meninggal saat dilahirkan.


2. Hemofilia

merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan gangguan pembekuan  darah. Kondisi ini lebih banyak terjadi pada pria. Pada kondisi normal, faktor-faktor pembekuan darah akan bekerja untuk membuat darah membeku saat terjadi luka atau perdarahan.


3. Diabetes tipe 1

Penyakit diabetes tipe 1 menyebabkan penderitanya kekurangan hormon insulin. Penyakit ini umumnya bersifat keturunan, dan sering terjadi sejak masa kanak-kanak. Namun, ada juga diabetes tipe 1 yang terjadi pada usia dewasa.

Risiko seorang anak terkena penyakit keturunan ini akan lebih tinggi jika kedua orang tua kandungnya menderita diabetes tipe 1.

4. Penyakit jantungFaktor genetik berperan cukup besar dalam munculnya penyakit jantung. Namun, memang ada beberapa faktor yang dapat makin memperbesar risiko terjadinya penyakit ini, seperti pola makan yang tidak sehat, merokok, memiliki berat badan berlebih, menderita kolesterol tinggi, dan jarang berolahraga.


5. Alkaptonuria

Alkaptonuria adalah kelainan genetik yang diturunkan dari orangtua. Dalam keadaan normal, tubuh akan memecah dua senyawa pembentuk protein (asam amino), yaitu tirosin dan fenilalanin melalui serangkaian reaksi kimia. Namun dalam kondisi alkaptonuria, tubuh tidak dapat memproduksi enzim homogentisate oxidase dalam jumlah cukup.

Sekian Terima kasih

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101073 ANJELI SAURI -

Assalamu'alaikum 

Nama : Anjeli Sauri

NIM : 2110101073

Izin bertanya bu, Penyakit apa yang di sebabkan oleh infeksi parasit dan apa gejala yang di timbulkan?

Terima Kasih

In reply to 2110101073 ANJELI SAURI

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101099 VIANITADEVI -
Saya Vianitadevi NIM 2110101099 izin menjawab pertanyaan.


Cacingan dan toxoplasmosis (toksoplasma) adalah contoh jenis penyakit infeksi parasit yang cukup umum di Indonesia, sementara malaria adalah salah satu yang paling mematikan.


Gejala infeksi parasit tergantung pada jenis parasit yang menyerang dan berkembang di dalam tubuh. Sebagai contoh, trikomoniasis sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun, pada beberapa kasus, dapat muncul gejala berupa iritasi, gatal, dan kemerahan di kulit sekitar kelamin, serta keluar cairan yang tidak normal dari kelamin. gejala lain yang mungkin muncul yaitu diare, dehidrasi, sakit perut, tinja berminyak, nyeri otot dan pembangkakan kelenjar getah bening

In reply to 2110101073 ANJELI SAURI

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101095 RAISA DWI NUR VIKA -

Waalaikumsalam perkenalkan

Nama : Raisa Dwi Nur Vika

NIM : 2110101095

 izin menjawab pertanyaan 

Infeksi parasit adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit, misalnya cacing atau kutu. Infeksi parasit terjadi ketika parasit masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, gigitan serangga, atau kontak langsung dan tidak langsung dengan penderita infeksi parasit

Gejala infeksi parasit tergantung pada jenis parasit yang menyerang dan berkembang di dalam tubuh. Sebagai contoh, trikomoniasis sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun, pada beberapa kasus, dapat muncul gejala berupa iritasi, gatal, dan kemerahan di kulit sekitar kelamin, serta keluar cairan yang tidak normal dari kelamin.

Gejala lain yang mungkin muncul akibat infeksi parasit meliputi:

  • Diare
  • Dehidrasi
  • Sakit perut
  • Tinja berminyak
  • Nyeri otot
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
Mohon di koreksi bila ada kesalahan ibu 🙏

Terima kasih 


In reply to 2110101073 ANJELI SAURI

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah -

waalaikumsalam izin menjwb

Nama : Hanani Uswatun Hasanah

NIM : 2110101085

Infeksi parasit adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit, misalnya cacing atau kutu. Infeksi parasit terjadi ketika parasit masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, gigitan serangga, atau kontak langsung dan tidak langsung dengan penderita infeksi parasit.

Gejala Infeksi Parasit

Gejala infeksi parasit tergantung pada jenis parasit yang menyerang dan berkembang di dalam tubuh. Sebagai contoh, trikomoniasissering kali tidak menimbulkan gejala. Namun, pada beberapa kasus, dapat muncul gejala berupa iritasi, gatal, dan kemerahan di kulit sekitar kelamin, serta keluar cairan yang tidak normal dari kelamin.

Gejala lain yang mungkin muncul akibat infeksi parasit meliputi:

DiareDehidrasiSakit perutTinja berminyakNyeri ototPembengkakan kelenjar getah bening
In reply to 2110101073 ANJELI SAURI

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101073 ANJELI SAURI -

Baik terimakasih atas penjelasannya mba Vianitadevi, Raisa Dwi, Hanani Uswatun, Mariana ulfa

In reply to 2110101073 ANJELI SAURI

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101111 MARIANA ULFA -
waalaikumussalam saya Mariana Ulfa 2110101111 izin menjawab 

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit adapah cacing kremi ,

Anak-anak juga rentan mengalami infeksi cacing kremi. Parasit ini berukuran kecil dan menyerang usus besar manusia. Di dalam tubuh manusia, cacing kremi bisa berkembang biak, kemudian menimbulkan gejala seperti nyeri, gatal, hingga muncul ruam pada anus. Penularan parasit ini bisa terjadi akibat kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi atau menggunakan barang yang terkontaminasi.


Terimakasih banyak

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101083 RISKA ARINANDA -

Assalamualaikum ibu,saya Riska Arinanda NIM 2110101083 izin bertanya 

Di masyarakat masih ada yang menerapkan pantangan" bagi ibu hamil.Seperti tidak boleh olahraga,tidak boleh makan ikan,dsb.Pantangan" tersebut ada yang sebagian berbanding terbalik terhadap dunia kesehatan.Lalu bagaimana ya bu,cara kita menghadapi masyarakat yang menerapkan budaya jaman dulu di zaman sekarang?


Terimakasih bu

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH -

Assalamu'alaikum bu 

Izin bertanya bu saya Annisa adzakiyyatul khairiyah nim 2110101094 izin bertanya bu 

Faktor genetika berhubungan dengan sifat                  keturunan (hereditas) yang diwariskan kepada anak cucu, serta variasi yang mungkin timbul di dalamnya,pertanyaan saya apakah down syndrom jg termasuk sifat keturunan? 

Terimakasih


In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101098 RENITA PRAMESTI ARDITA PUTRI -

Assalamualaikum, saya Renita Pramesti izin menjawab pertanyaan mbak Annisa

Sindrom down itu adalah kondisi saat seseorang, yang sejak lahir mengalami keterbelakangan perkembangan fisik dan juga mental. Penyebabnya adalah adanya abnormalitas pada perkembangan kromosom dalam tubuh mereka.

Tubuh kita terdiri dari sel-sel yang mengandung gen. Gen dikelompokkan dalam struktur seperti benang yang disebut kromosom. Kromosom berisi instruksi genetik terperinci untuk berbagai hal, antara lain bagaimana sel-sel bayi berkembang, jenis kelamin, dan warna mata.

Pada kondisi normal, satu sel mengandung 46 kromosom yang terdiri dari 23 dari ibu dan 23 dari ayah. Pada orang dengan sindrom Down, terjadi kondisi yang disebut trisomi 21 karena terdapat tambahan pada kromosom 21. Tambahan ini menyebabkan karakteristik sindrom Down. Dalam kebanyakan kasus, sindrom Down tidak diturunkan dan trisomi tersebut merupakan hasil dari perubahan genetik satu kali pada sperma atau sel telur.

Sebagian besar kasus sindrome Down bersifat sporadic atau terjadi karena kebetulan. Secara umum, sindrom Down bukan penyakit turunan dan peluang saudara perempuan untuk hamil anak dengan sindrom Down tidak besar.

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101120 EVA NOVITA -

Saya Eva Novita izin menjawab pertanyaan dari saudari annisa 

menurut saya Down syndrome pada umumnya bukanlah penyakit keturunan, namun adanya kelainan genetik ketika bayi yang dikandung memiliki tambahan kromosom 21 merupakan penyebab Down syndrome atau sindrom down.

Terimakasih

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

waalaikumussalam saya ,Mariana Ulfa izin menjawab

Down syndrome pada umumnya bukanlah penyakit keturunan Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, adanya kelainan genetik ketika bayi yang dikandung memiliki tambahan kromosom 21 merupakan penyebab down syndrome atau sindrom down.


Terimakasih banyak .

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101086 ANNISA LIA QURANI -

Assalamualaikum ibu

Annisa lia nim 2110101086 izin menjawab pertanyaan dari anisa adzakiatul 

Perlu diperhatikan bahwa Down syndrome pada umumnya bukanlah penyakit keturunan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, adanya kelainan genetik ketika bayi yang dikandung memiliki tambahan kromosom 21 merupakan penyebab Down syndrome atau sindrom Down.

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101076 DEYA DEVI NOVENTA ANGGRAINI -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarajatuh. Saya deya devi noventa anggraini nim 2110101076 izin menjawab pertanyaan bu

Gejala infeksi parasit

Gejala infeksi parasit tergantung pada jenis parasit yang menyerang dan berkembang di dalam tubuh. Sebagai contoh, trikomoniasis sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun, pada beberapa kasus, dapat muncul gejala berupa iritasi, gatal, dan kemerahan di kulit sekitar kelamin, serta keluar cairan yang tidak normal dari kelamin.

Gejala lain yang mungkin muncul akibat infeksi parasit meliputi:

  • Diare
  • Dehidrasi
  • Sakit perut
  • Tinja berminyak
  • Nyeri otot
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101077 PUTRI ANGGRAINI -

Assalamualaikum ibu saya Putri Anggraini Nim 2110101077 izin menjawab pertanyaan mba enjeli Sauri 

Penyebab penyakit parasit

Infeksi parasit terjadi ketika parasit masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut atau kulit. Di dalam tubuh, parasit akan berkembang dan menginfeksi organ tubuh tertentu.

protozoa

protozoa merupakan jenis parasit yang umumnya hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Protozoa yang dapat menginfeksi manusia dapat dibagi ke dalam 4 jenis, yaitu:

  • Amoeba, yang menyebabkan penyakit amebiasis
  • Siliofora, yang menjadi penyebab balantidiasis
  • Flagellata, yang mengakibatkan penyakit giardiasis
  • Sporozoa, yang menjadi penyebab kriptosporidiosis, malaria, dan toksoplasmosis


Cacing

Cacing adalah parasit yang umumnya dapat dilihat dengan mata telanjang. Sama seperti protozoa, cacing dapat hidup di dalam atau di luar tubuh manusia.

Ada tiga jenis cacing yang bisa menjadi parasit di dalam tubuh manusia, yaitu:

  • Acanthocephala atau cacing kepala duri
  • Platyhelminths atau cacing pipih, termasuk di antaranya cacing isap (trematoda) dan cacing pita penyebab taeniasis
  • Nematoda, seperti cacing gelang yang menyebabkan penyakit ascariasiscacing kremi, dan cacing tambang

Cacing dewasa umumnya hidup di saluran pencernaan, darah, sistem getah bening, atau jaringan di bawah kulit. Namun, cacing tidak dapat memperbanyak diri di dalam tubuh manusia. Selain bentuk cacing dewasa, bentuk larva dari cacing juga dapat menginfeksi berbagai jaringan tubuh.

Ektoparasit

Ektoparasit adalah jenis parasit yang hidup di kulit manusia dan mendapat makanan dengan mengisap darah manusia. Beberapa contoh ektoparasit adalah:

  • Pediculus humanus capitus, yaitu kutu rambut yang menyebabkan kulit kepala terasa gatal
  • Pthirus pubis, yaitu kutu kemaluan yang membuat kulit kemaluan terasa gatal, mengalami iritasi, dan terkadang menimbulkan demam
  • Sarcoptes scabiei, yaitu tungau penyebab penyakit skabies atau kudis
  • Terimakasih 🙏

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101076 DEYA DEVI NOVENTA ANGGRAINI -

Assalamualakium warahmatullahi wabarakatuh, saya deya devi noventa anggraini nim 2110101076 izin menjawab pertanyaan

Down syndrome terjadi bukan karena adanya keturunan akan tetapi karena adanya kelainan genetik yang menyebabkan komponen DNA terbentuk secara tidak normal. Hal ini menyebabkan pertumbuhan dan fungsi organ tubuh janin menjadi tidak normal.

Terimakasih, wasssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by 2110101126 DEBI ANGGI SAGITA -

Wa'alaikumussalam ibu

In reply to 2110101126 DEBI ANGGI SAGITA

Re: FORUM TEORI KE-10 KELAS B

by Ismarwati Dr. SKM.,SST.,MPH -

 

Salam sehat…., السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

 

Do’a pembula Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

 

"Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

 

DILANJUTKAN MEMBACA AYAT-AYAT AL QUR’AN

 

Setelah memepelajari materi  

Silakan menganalisis dengan mencari sumber secara langsung atau tidak langsung menggunakan referensi jurnal terkait 

 

  اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam