FORUM DISKUSI MATERI KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Kelas B

Kelas B

by Dhesi Ari Astuti -
Number of replies: 122

Assalamualaikum w.w.

Silakan mahasiswa upload tadarus (upload VN) dan mari kita diskusikan materi komunikasi interpersonal.

Wassalamualaikum w.w.



In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101084 LAILA OKTAVIYANA -


Assalamualaikum ibu izin mengumpulkan Vn tadarus,

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101109 RAHMI MAISARAH -

Waalaikumsalam wr wb ibu

In reply to 2110101109 RAHMI MAISARAH

Re: Kelas B

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

  Assalamualaikum wr wb bu. Saya Nurul sabillah nim 2110101124 izin bertanya.


Mengapa komunikasi intrapersonal berperan penting dalam berbagai konteks komunikasi? Serta berikan contoh komunikasi intrapersonal dilingkungan kampus!

Terima kasih

In reply to 2110101124 NURUL SABILLAH

Re: Kelas B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Waalaikumussalam ,saya Mariana Ulfa izin Menjawab 

Alasan kenapa komunikasi interpersonal memiliki peran penting dikarenakan hubungan interpersonal yang baik dapat membuat atau menjadikan orang lebih terbuka untuk pandai dalam mengungkapkan tentang dirinya,serta pandai dalam memberikan persepsi terhadapa diri sendiri dan orang lain,sehingga komunikasi atara partisipan semakin efektif.


Contoh komunikasi interpersonal dikampus misalkan percakapan antara mahasiswa dan dosen,atau mahasiswa dan mahasiswa


Terimakasih banyak,semoga membantu


In reply to 2110101124 NURUL SABILLAH

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya . Komunikasi intrapersonal sangat penting karena memungkinkan orang untuk menyadari setiap aspek kepribadian mereka sendiri. Dengan introspeksi, orang akan menjadi sadar akan kualitas yang membantu membentuk kepribadian nya yang pada gilirannya membuat nya sadar akan motivasi, aspirasi, dan harapannya kepada dunia. Contohnya di lingkungan kampus yaitu di dalam organisasi pasti ada komunikasi intrapersonal yg dpt digunakan untuk menegaskan kepemimpinan mereka secara efektif. Terimakasih 🙏

In reply to 2110101124 NURUL SABILLAH

Re: Kelas B

by 2110101115 SHOFIYATUL AZIZAH -

Saya Shofiyatul Azizah NIM 2110101115 izin menjawab


Komunikasi intrapersonal merupakan landasan atau pondasi komunikasi interpersonal. Dengan memahami komunikasi intrapersonal, seorang komunikator mampu memformulasikan pesan yang akan disampaikan ke komunikan sehingga akan menghasilkan komunikasi interpersonal yang efektif

 Komunikasi interpersonal juga sangat penting. untuk meningkatkan hubungan baik antar individu, menghindari dan mengatasi konflik pribadi, mengurangi ketidakpastian, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain


contoh komunikasi antar temen kampus,komunikasi mahasiswa dan dosen

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101113 TIARA MAHARANI -

waalaikumsalam bu....

saya Tiara Maharani nim 2110101113 ijin bertanya, berdasarkan materi yg ada di ppt, dalam komunikasi intrapersonal itu melewati 4 tahapan yaitu sensasi, persepsi, memori, dan berfikir. Dengan demikian yg ingin saya tanyakan adalah bagaimana contoh penerapan tahapan2 tersebut ketika kita melakukan konseling? 

terimakasih banyak bu

In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: Kelas B

by 2110101084 LAILA OKTAVIYANA -

Assalamualaikum wr.wb Saya Laila Oktaviyana, NIM 2110101084, izin menjawab pertanyaan dari mba Tiara.

Contoh penerapan tahapan komunikasi intrapersonal ketika melakukan konseling dapat dilakukan dengan cara:

1. tunjukan senyuman.

2. jadilan partner yang pengertian dan penyayang.

3. membangun kebersamaan antar klien.

4. mendengarkan keluh kesah klien

5. jangan mudah mengeluh

sekian terimakasih.

In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Sensasi ketika kita sedang mendengarkan permasalahan yang disampaikan oleh seseorang. Disini terjadi proses penerapan informasi dengan melalui indera pendengaran.

Asosiasi kita dapat mengetahui bahwa sering terjadinya pengalaman yang terjadi terhadap pengalaman yang terhadap suatu peristiwa, maka semakin menguatkan asosiasi dan pada gilirannya akan semakin menguatkan sensasi kita terhadap peristiwa tsb. 

Persepsi ada 3 proses yaitu pertama, perekaman yaitu pencatatan informasi melalui reseptor indera dan sirkuit syaraf internal. Kedua, penyimpanan yang menentukan berapa lama informasi itu berada beserta kita, dalam bentuk apa dan dimana. Ketiga, pemanggilan yang dalam sehari-hari disebut mengingat kembali adalah menggunakan informasi yang disimpan.

Berpikir salah satu fungsi berpikir adalah menetapkan keputusan. Keputusan yang kita ambil sangatlah beraneka ragam adapun tanda tanda umumnya yaitu pertama, keputusan merupakan hasil berpikir, dan merupakan hasil usaha intelektual. Kedua, keputusan merupakan pilihan berbagai alternatif. Ketiga, keputusan selalu melibatkan tindakan nyata, walaupun pelaksanaan nya boleh ditangguhkan atau dilupakan.

Terimakasih 🙏



In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: Kelas B

by 2110101083 RISKA ARINANDA -

Assalamualaikum,saya Riska Arinanda nim 2110101083 izin menjawab.

Komunikasi inrapersonal itu adalh komunikasi antar pribadi jadi dalam lingkup ini adalah misal bidan dengan klien nya.

Penerapannya tentu saja sistematis,sopan dan jelas.Pastikan klien menerima informasi dari kita (Sensasi),kemudian berikan gambaran atau pandangan yang jelas dan mudah untuk di pahami klien(persepsi),Pastikan klien mengingat dan benar-benar paham tentang informasi yang kita berikan.Misal dengan menanyakan kembali kepada klien tentang informasi yang kita beri (memori) yang terakhir adalah berfikir.diharapkan klien dapat berfikir apa yang di lakukan dan apa yang tidak boleh di lakukan setelah menerima informasi.Selain itu pastikan dalam menyampaikan informasi tidak menyinggung klien ataupun membuatnya tidak nyaman.Dan sebgai seorang bidan harus mampu menjawab pertanyaan yang di berikan klien,oleh karena itu penting bagi bidan untuk lebih ekstra dalam berfikir.

In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: Kelas B

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

Assalamualaikum wr wb. Saya NURUL SABILLAH NIM 2110101124 izin menjawab.


Contoh dari 4 tahapan komunikasi intrapersonal:


1. Sensasi    

       Sensasi adalah proses pencerapan informasi (energi/stimulus) yang datang dari luar melalui panca indra. Sebagai contoh: Ketika kita sedang mendengarkan permasalahan yang disampaikan oleh seseorang. Proses pencerapan informasi yang terjadi di sini melalui melalui derau pendengaran.


2. Presepsi

   komunikasi persepsi bisa diartikan sebagai tahapan tiap individu atau kelompok dalam mengenali serta memahami lingkungannya lewat bantuan pancaindra.  Contoh persepsi adalah perasaan bangga yang ada dalam diri seseorang yang ia peroleh dari hasil penafsiran akan dirinya dan lingkungannya. Contoh lain persepsi adalah rasa rendah diri yang melekat pada diri seseorang yang juga ia dapatkan dari hasil penafsiran atas diri dan lingkungannya.


3. Memori

  Memori adalah ruang penyimpanan dalam komunikasi intrapersonal. Dalam ruang penyimpanan ini berbagai kenyataan dan kejadian, sikap, penilaian sebelumnya dan kepercayaan disimpan. Contohnya Memori melibatkan kemampuan untuk menyimpan informasi dan memanggilnya kembali.


4. Berfikir

   Dalam berpikir melibatkan semua proses yang telah disebutkan di atas yaitu sensasi, persepsi, dan memori. Misalnya dalam mengerjakan suatu soal matematika, pertama kita akan menangkap tulisan dan gambar (sensasi), kita membaca dan mencoba memahami apa yang diminta (persepsi), pada saat membongkar memori untuk memahami apa yang disebut dengan garis lurus, segi empat dan kemungkinan soal yang sama pada masa lalu (memori). Secara garis besar ada dua macam berpikir yakni berpikir autistik dan berpikir realistik. Dengan berpikir autistik (melamun) orang melarikan diri dari kenyataan, dan melihat hidup sebagai gambar-gambar fantasi. Sedangkan berpikir realistik ialah berpikir dalam rangka menyesuaikan diri dengan dunia nyata.


Terima kasih mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan.

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Assalamu'alaikum wr wb.

Nama : putri Wafa Norashila Dewi

Nim : 2110101069

Izin bertanya Bu

Mengapa daerah buta hanya di ketahui oleh orang lain Bu?

Terimakasih bu

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Kelas B

by 2110101099 VIANITADEVI -

Saya Vianitadevi NIM 2110101099 izin menjawab pertanyaan mb Putri

Daerah buta hanya bisa di lihat oleh orang laij karena, blind area ini bukanlah area produktif karena menjadi tidak tahu tentang dirimu sendiri. Area buta ini juga mencakup masalah yang disembunyikan orang lain darimu karena ia kesulitan untuk mengungkapkannya. Sehingga di sebut daerah buta / blind area oleh teori Johari Window

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Karena daerah buta merupakan bagian daerah yang menyangkut informasi tentang diri kita yang selama ini kita pilih untuk kita abaikan atau kita tolak. Mengurangi daerah buta ini akan membuat meluasnya wilayah daerah terbuka yang meningkat kan self-awarennes sekaligus juga meningkatkan kualitas komunikasi intrapersonal. Terimakasih 🙏

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Kelas B

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

Assalamualaikum wr wb. Saya NURUL SABILLAH 2110101124 izin menjawab.


Karena Blind self atau wilayah buta merupakan kondisi dimana orang lain dapat memahami sifat, perasaan, pikiran, dan motivasi seseorang, tetapi orang tersebut tidak dapat memahami dirinya sendiri.

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Kelas B

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Blind self  atau wilayah buta merupakan kondisi dimana orang lain dapat memahami sifat, perasaan, pikiran, dan motivasi seseorang, tetapi orang tersebut tidak dapat memahami dirinya sendiri.

Wilayah buta sering terjadi dalam interaksi dan dapat menimbulkan kesalahpahaman atau permasalahan lainnya. Dalam diri Anda terdapat daerah yang disebut daerah buta (blind). Self adalah segala hal tentang diri Anda yang diketahui orang lain namun tidak diketahui oleh diri Anda sendiri.

Seseorang yang berada dalam blind self cenderung tidak dapat menciptakan komunikasi efektif, sehingga timbul berbagai permasalahan. Contohnya, orang yang bersikap sok asik ketika bertemu dengan orang baru, padahal dirinya sendiri merupakan seorang yang pendiam. Ia tidak dapat menilai dirinya sendiri sebagaimana sifat, perilaku, dan pikiran yang ia miliki, tetapi orang lain dapat menilainya.


In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Assalamu'alaikum wr wb

Nama : putri Wafa Norashila Dewi

Nim : 2110101069

Izin bertanya Bu

Bagaimana cara untuk memberikan penghargaan ungkapan kasih sayang?

Terimakasih bu

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Kelas B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Waalaikumussalam,saya Mariana Ulfa izin menjawab


Menurut saya untuk mengungkapkan kasih sayang bisa dengan mengucapkan terimakasih,memberikan hadiah ,saling membantu.

Terimakasih semoga membantu

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Kelas B

by 2110101084 LAILA OKTAVIYANA -

waalaikumsalam wr.wb.

saya Laila oktaviyana

NIM 2110101084 

izin menjawab pertanyaan dari mba putri

menurut saya salah satu cara untuk memberikan kasih sayang adalah salah satunya dengan pujian, Semua orang suka menerima dukungan positif. Memuji atas kebaikan tertentu pasti akan membuat dia tahu bahwa kita menghargainya. 

terima kasih.

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Kelas B

by 2110101068 IRNA RARA JUNIKA -

Saya IRNA RARA JUNIKA Nim 2110101068 izin menjawab pertanyaan mba putri wafa

Menurut saya memberikan penghargaan bahagia itu seperti, memberikan senyuman ketika bertemu, menyapa atau menegur bila bertemu, dan menghormati ketika dia punya pendapat

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Kelas B

by 2110101083 RISKA ARINANDA -

Assalamualaikum saya riska arinanda nim 2110101083 izin menjawab

Menurut saya cara mengungkapkan rasa kasih sayang cukup dengan mau mengerti kondisi seseorang,dengarkan keluh kesanya tanpa memotong pembicaraannya,berikan pengertian lebih dan berikan rasa nyaman 

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Hal yg pertama dpt dilakukan adalah ungkapkan kasih sayang dengan kata-kata. Kedua, adalah quality time. Sebab, terkadang kita hanya merasa dicintai ketika orang yang disayang benar-benar ada disamping. Kemudian, physical touch, yaitu mengungkapkan kasih sayang dengan cara seperti memeluk atau memijat. Lalu, act of service. Hal ini biasanya dilakukan oleh seseorang kepada orangtua ataupun pasangan dan merupakan hal terjitu untuk mengungkapkan kasih sayang dalam kehidupan. Terimakasih  

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101102 CUT NABILA PUTRI -

Assalamu'alaikum ibu, saya Cut Nabila Putri dengan NIM 2110101102 izin bertanya di dalam ppt bagian strategi mengembangkan disebutkan salah satunya ialah ungkapkan kasih sayang secara eksplisit. Yang saya tanyakan ialah ungkapan kasih sayang secara eksplisit dalam melakukan komunikasi itu yang bagaimana ya ibu? Terimakasih 🙏

In reply to 2110101102 CUT NABILA PUTRI

Re: Kelas B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Waalaikumussalam saya Mariana Ulfa izin menjawab 


Mengungkapkan kasih sayang secara Eksplisit maksudnya adalah mengunggapkan kasih sayang dengan tegas dan berterus terang atau benar .

Terimakasih semoga membantu

In reply to 2110101102 CUT NABILA PUTRI

Re: Kelas B

by 2110101099 VIANITADEVI -

Saya Vianitadevi NIM 2110101099 izin menjawab pertanyaan, 

Ungkapan kasih sayang secara eksplisit yaitu, ungkapan secara gamblang, tegas, dan terus menerus. 

Terima Kasih

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH -

assalamualaikum wr wb, saya iis wahyuningsih nim 2110101075 izin bertanya ibu, bagaimana cara membuat klient/pasien respect terhadap apa yang kita sampaikan? terimakasih

In reply to 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH

Re: Kelas B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Waalaikumussalam saya Mariana Ulfa izin menjawab 

Menurut saya agar klien dapat memberikan respek atau menghargai pemberi informasi yaitu dengan menyakinkan si klien bahwa informasi yang disampaikan sangatlah berguna ,dan bagus. Dan juga bisa dengan menampilkan audio ataupun  vidio agar klien tidak merasa jenuh.dan pastinya menyampaikan informasi dengan mimik yang bersahabat.


Terimakasih semoga membantu

In reply to 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH

Re: Kelas B

by 2110101067 MELLYNDA FORTIUS -

waalaikumsalam. saya Mellynda Fortius nim 2110101067. izin menjawab pertanyaan iis.

dengan cara:

1. Tunjukkan antusiasme dengan nada dan kecepatan bicara yang tepat

2. Bicara dengan sikap rileks

3. Jadilah pendengar yang baik

4. Bertanya dengan tepat

5. Bicara dengan efektif


In reply to 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH

Re: Kelas B

by 2110101110 CICI LIARA SEPTI -

assalamu'alaikum saya Cici Liara Septi NIM 2110101110 izin menjawab pertanyaan mba iis bu 🙏🏼

cara membuat pasien dapat respect dengan apa yang kita sampaikan ialah dengan memberikan penyampaian dengan 

  • menunjukkan antusiasme kita terhadap topik yang kita sampaikan, yaitu dengan mengatur nada dan kecepatan penyampaian, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
  • berbicara dengan rileks, menyampaikan dengan rileks dan tidak kaku namun tidak seenaknya
  • menjadi pendengar yang baik, ketika klien meminta bercerita dan menanyakan pendapat, dengarkan dengan baik sehingga klient akan merasa dihormati dan klient akan balik menghormati
sekian dari saya, terima kasih, mohon maaf apabila terdapat kekeliruan, mohon untuk pengoreksiannya 🙏🏼
In reply to 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Agar pasien meyakinkan kita yaitu yang pertama, tunjukkan antusiasme dengan nada dan kecepatan berbicara yang tepat. Kedua, bicara dengan sikap rileks. Ketiga, jadilah pendengar yang baik. Keempat, bertanya dengan cepat. Kelima, bicara dengan efektif. Keenam, berdiri sejajar. Dan kita juga harus menghargai pasien ketika ia memberikan pendapat nya sendiri. Terimakasih 🙏

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101109 RAHMI MAISARAH -

Assalamu'alaikum wr wb ibu saya

Rahmi Maisarah2110101109 izin bertanya

kepribadian apa saja yang harus dimiliki agar memiliki kemampuan interpersonal skill yang baik 

Terima kasih ibu

In reply to 2110101109 RAHMI MAISARAH

Re: Kelas B

by 2110101081 DEBY AMNASARI -

Saya DEBY AMNASARI (2110101081)izin menjawab

1.Senyum yang tulus

Setiap orang akan saling terhubung dan menyedot energi orang lain di sekitarnya. Senyuman yang merupakan upaya untuk menebarkan energi positif ke sekitar kita. Senyum yang tulus adalah pada saat hati, pikiran, keinginan mata, dan gerak bibir seirama. lakukan yang terbaik dengan senyuman tulus agar menjadi orang yang bersahabat dengan rekan kerja, lingkungan masyarakat, dan siapapun.

2.Jadilah pendengar yang baik

Setiap orang ingin mendengar tapi seringkali tidak menyadari dirinya untuk mendengarnya. tunjukkan respons positif dengan ekspresi wajah yang antusias terhadap pembicaraan orang lain pada saat mendengarkannya bicara. Dengan mendengar, bisa mendapat informasi lebih banyak, mengenal lebih banyak karakter, dan mendapat respek lebih tinggi karena kesediaan Anda untuk mendengarkan.

3.Biasakan untuk mengapresiasi

Memuji seseorang di atas prestasi dalam hidupnya, mengucapkan terima kasih, menyemangati dengan kata-kata yang baik, adalah bagian dari bentuk mengapresiasi seseorang. Pada saat orang lain mengetahui bahwa dirinya dihargai, maka ia akan berusaha memberikan yang terbaik.

4.Memberi Perhatian 

Setiap orang akan merasa sangat bahagia jika diberi perhatian atas momen penting dalam hidupnya. Baik acara suka maupun duka. Dengan menunjukan simpati pada saat bahagia, dan empati pada saat sulit.

5.Berkomunikasi dengan jelas

Komunikasi efektif adalah pada saat apa yang Bintang orang katakan didekati oleh lawan bicara. Untuk itu sebagai komunikator yang harus pandai memilih kata dan cara menyampaikannya dengan baik agar dapat dijangkau dengan jelas oleh orang lain.

6.Tunjuk sikap humoris

Dengan menunjukkan sikap humoris, kamu telah meruntuhkan sekat komunikasi dengan orang lain. Jangan takut untuk menjadi lucu jika bisa mencairkan suasana. Gunakan rasa humor untuk membangun komunikasi yang efektif dan sehat dengan siapa saja.

7.melihat dari jendela lain

Pada saat kita berkomunikasi dengan orang lain, biasakan untuk melihat sebuah permasalahan dari jendela yang berbeda.

8.Menjadi mediator yang adil

Untuk bisa diterima oleh siapapun, jangan pernah memposisikan diri sebagai sumber konflik. Sebaliknya jadilah mediator untuk menangani konflik-konflik yang muncul ke permukaan. Dengan menjadi mediator yang adil, akan menimbulkan iklim kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih sehat dalam lingkungan kerja dan organisasi.

In reply to 2110101109 RAHMI MAISARAH

Re: Kelas B

by 2110101100 SILMI FUJI LESTARI -
Assalamu'alaikum ibu? Sya silmi fuji lestari NIM 2110101100 ,izin menjawab pertanyaan mb rahmi.. kepribadian yang harus dimiliki agar memiliki kemampuan interpersonal skill yang baik :

 1.Menyimak. Meskipun kesannya tidak memperdulikan, mendengarkan atau mendengarkan secara aktif sebenarnya bukan keterampilan yang mudah untuk dilakukan

 2. Berkomunikasi secara

 3. Empati. 

4.Pemecahan masalah

 5.Kepemimpinan.

In reply to 2110101109 RAHMI MAISARAH

Re: Kelas B

by 2110101115 SHOFIYATUL AZIZAH -

assalamualaikum saya SHOFIYATUL AZIZIZAH NIM 2110101115 Izin menajawab

 kita bisa membiasakan diri seperti,senyum yang tulus,menjadi pendengar yang baik,membiasakan diri untuk mengapresiasi orang lain atas prestasinya,memberikan perhatian,berkomunikasi dengan jelas,menunjukan sikap humoris,berusaha menjadi mediator yang adil

In reply to 2110101109 RAHMI MAISARAH

Re: Kelas B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Waalaikumussalam saya Mariana Ulfa izin menjawab


Memiliki senyum yang tulus,berbicara lancar,mempunyai rasa empati yang baik.

Terimakasih banyak semoga membantu

In reply to 2110101109 RAHMI MAISARAH

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

1. Menyimak. Walaupun kesannya remeh, menyimak atau mendengarkan secara aktif sebenarnya bukan keterampilan yang mudah untuk dilakukan.

2. Berkomunikasi secara efektif.

3. Empati. 

4. Problem solving.

5. Leadership.

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101073 ANJELI SAURI -

Assalamu'alaikum Saya Anjeli Sauri_2110101073 Izin bertanya bu,

Apakah Daerah Buta (blind area) itu termasuk kebiasaan buruk yang biasa kita lakukan atau seperti apa bu? 

Terima Kasih

In reply to 2110101073 ANJELI SAURI

Re: Kelas B

by 2110101071 PUTRI RATNA SARI DEWI -

Assalammualaikum saya putri ratna sari dewi nim 2110101071 izin menjawab.

Blind self  atau wilayah buta merupakan kondisi dimana orang lain dapat memahami sifat, perasaan, pikiran, dan motivasi seseorang, tetapi orang tersebut tidak dapat memahami dirinya sendiri.

Wilayah buta sering terjadi dalam interaksi dan dapat menimbulkan kesalahpahaman atau permasalahan lainnya. Dalam diri Anda terdapat daerah yang disebut daerah buta (blind). Self adalah segala hal tentang diri Anda yang diketahui orang lain namun tidak diketahui oleh diri Anda sendiri.

Seseorang yang berada dalam blind self cenderung tidak dapat menciptakan komunikasi efektif, sehingga timbul berbagai permasalahan. Contohnya, orang yang bersikap sok asik ketika bertemu dengan orang baru, padahal dirinya sendiri merupakan seorang yang pendiam. Ia tidak dapat menilai dirinya sendiri sebagaimana sifat, perilaku, dan pikiran yang ia miliki, tetapi orang lain dapat menilainya.


In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101081 DEBY AMNASARI -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,saya Deby Amnasari (2110101081)izin bertanya setiap orang yang memiliki kepribadian masing-masing" bagaimana cara agar seseorang dapat mengubah sikap serta perilakunya melalui komunikasi ?serta memberikan langkah -langkahnya terimakasih 🙏.
In reply to 2110101081 DEBY AMNASARI

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Dengan cara : Tindakan komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara baik secara verbal (dalam bentuk kata-kata baik lisan dan atau tulisan) ataupun non verbal(tidak dalam bentuk kata-kata misalnya dalam gestur, sikap, tingkah laku, gambar-gambar dan bentuk-bentuk lainnya yang mengandung arti). Tindakan komunikasi dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Berbicara secara tatap muka, berbicara melalui telepon, menulis surat kepada seseorang, sekelompok orang atau organisasi adalah contoh-contoh dari tindakan komunikasi langsung. Sementara yang termasuk komunikasi tidak langsung adalah tindakan komunikasi yang dilakukan tidak secara perorangan, tetapi melalui medium atau alat perantara tertentu.Pada dasarnya manusia telah melakukan tindakan komunikasi sejak ia lahir ke dunia. terimakasih

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bu

Saya Adinda Helminiya Putri dengan NIM 2110101121 izin bertanya

Setiap orang tentunya memiliki kepribadian yang berbeda, lalu bagaimana kepribadian yang seharusnya agar mempunyai kemampuan interpersonal skill yang baik?

In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Kelas B

by 2110101071 PUTRI RATNA SARI DEWI -

Assalammualaikum saya putri ratna sari dewi nim 2110101071 izin menjawab.

Untuk mengasah kemampuan interpersonal skill,  kita bisa membiasakan diri melakukan hal-hal sebagai berikut :

Senyum yang tulus

Setiap orang akan saling terhubung dan menyedot energi orang lain di sekitarnya. Senyuman yang tulus merupakan upaya untuk menebarkan energi positif ke sekitar kita. Senyum yang tulus adalah pada saat hati, pikiran, tatapan mata, dan gerak bibir seirama. Lakukan yang terbaik dengan senyuman tulus  agar menjadi orang yang bersahabat dengan rekan kerja, lingkungan masyarakat, dan siapapun.

Jadilah pendengar yang baik

Setiap orang ingin didengar tapi seringkali tak menyediakan dirinya untuk mendengar. Tunjukkan respon positif dengan ekspresi wajah yang antusias terhadap pembicaraan orang lain pada saat mendengarkannya bicara. Dengan mendengar, kamu bisa mendapat informasi lebih banyak, mengenal lebih banyak karakter, dan mendapat respek lebih tinggi karena kesediaan untuk mendengarkan.

Biasakan untuk mengapresiasi

Memuji seseorang atas prestasi dalam hidupnya, mengucapkan terima kasih, menyemangati dengan kata-kata yang baik, adalah bagian dari bentuk mengapresiasi seseorang. Pada saat orang lain mengetahui bahwa dirinya dihargai, maka ia akan berusaha memberikan yang terbaik.

Memberi perhatian 

Setiap orang akan merasa sangat bahagia jika diberi perhatian atas moment penting dalam hidupnya. Baik peristiwa suka maupun duka. Dengan menunjukan simpati pada saat bahagia, dan empati pada saat sulit.

Berkomunikasi dengan jelas

Komunikasi efektif adalah pada saat apa yang Stars people katakan dipahami oleh lawan bicara. Untuk itu sebagai komunikator yang baik harus pandai memilih kata dan cara menyampaikannya agar dapat dipahami dengan jelas oleh orang lain.

Tunjukan sikap humoris

Dengan menunjukkan sikap humoris, kamu telah meruntuhkan sekat komunikasi dengan orang lain. Jangan takut untuk menjadi lucu jika bisa mencairkan suasana. Gunakan rasa humor untuk membangun komunikasi efektif dan sehat dengan siapapun.

Melihat dari jendela lain

Pada saat kita berkomunikasi dengan orang lain, biasakan untuk melihat sebuah permasalahan dari jendela yang berbeda. 

Jadilah mediator yang adil

Untuk bisa diterima oleh siapapun, jangan pernah memposisikan diri sebagai sumber konflik. Sebaliknya jadilah mediator untuk menangani konflik-konflik yang muncul ke permukaan. Dengan menjadi mediator yang adil, akan menimbulkan iklim kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih sehat dalam lingkungan kerja dan organisasi.


In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Kelas B

by 2110101120 EVA NOVITA -

Waalaikumussalam saya eva novita izin menjawab pertanyaan dari saudari adinda

Untuk mengasah kemampuan interpersonal skill,  kita bisa membiasakan diri melakukan hal-hal sebagai berikut :

Senyum yang tulus

Setiap orang akan saling terhubung dan menyedot energi orang lain di sekitarnya. Senyuman yang tulus merupakan upaya untuk menebarkan energi positif ke sekitar kita. Senyum yang tulus adalah pada saat hati, pikiran, tatapan mata, dan gerak bibir seirama. Lakukan yang terbaik dengan senyuman tulus  agar menjadi orang yang bersahabat dengan rekan kerja, lingkungan masyarakat, dan siapapun.

Jadilah pendengar yang baik

Setiap orang ingin didengar tapi seringkali tak menyediakan dirinya untuk mendengar. Tunjukkan respon positif dengan ekspresi wajah yang antusias terhadap pembicaraan orang lain pada saat mendengarkannya bicara. Dengan mendengar, kamu bisa mendapat informasi lebih banyak, mengenal lebih banyak karakter, dan mendapat respek lebih tinggi karena kesediaan untuk mendengarkan.

Biasakan untuk mengapresiasi

Memuji seseorang atas prestasi dalam hidupnya, mengucapkan terima kasih, menyemangati dengan kata-kata yang baik, adalah bagian dari bentuk mengapresiasi seseorang. Pada saat orang lain mengetahui bahwa dirinya dihargai, maka ia akan berusaha memberikan yang terbaik.

Memberi perhatian 

Setiap orang akan merasa sangat bahagia jika diberi perhatian atas moment penting dalam hidupnya. Baik peristiwa suka maupun duka. Dengan menunjukan simpati pada saat bahagia, dan empati pada saat sulit.

Berkomunikasi dengan jelas

Komunikasi efektif adalah pada saat apa yang Stars people katakan dipahami oleh lawan bicara. Untuk itu sebagai komunikator yang baik harus pandai memilih kata dan cara menyampaikannya agar dapat dipahami dengan jelas oleh orang lain.

Tunjukan sikap humoris

Dengan menunjukkan sikap humoris, kamu telah meruntuhkan sekat komunikasi dengan orang lain. Jangan takut untuk menjadi lucu jika bisa mencairkan suasana. Gunakan rasa humor untuk membangun komunikasi efektif dan sehat dengan siapapun.

Melihat dari jendela lain

Pada saat kita berkomunikasi dengan orang lain, biasakan untuk melihat sebuah permasalahan dari jendela yang berbeda.

Jadilah mediator yang adil

Untuk bisa diterima oleh siapapun, jangan pernah memposisikan diri sebagai sumber konflik. Sebaliknya jadilah mediator untuk menangani konflik-konflik yang muncul ke permukaan. Dengan menjadi mediator yang adil, akan menimbulkan iklim kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih sehat dalam lingkungan kerja dan organisasi.


In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Kelas B

by 2110101095 RAISA DWI NUR VIKA -
Waalaikumsalam wr.wb. perkenalkan saya Raisa Dwi Nur Vika NIM 2110101095 Izin menjawab pertanyaan 

Untuk mengasah kemampuan interpersonal skill,  kita bisa membiasakan diri melakukan hal-hal sebagai berikut :

Senyum yang tulus

Setiap orang akan saling terhubung dan menyedot energi orang lain di sekitarnya. Senyuman yang tulus merupakan upaya untuk menebarkan energi positif ke sekitar kita. Senyum yang tulus adalah pada saat hati, pikiran, tatapan mata, dan gerak bibir seirama. Lakukan yang terbaik dengan senyuman tulus  agar menjadi orang yang bersahabat dengan rekan kerja, lingkungan masyarakat, dan siapapun.

Jadilah pendengar yang baik

Setiap orang ingin didengar tapi seringkali tak menyediakan dirinya untuk mendengar. Tunjukkan respon positif dengan ekspresi wajah yang antusias terhadap pembicaraan orang lain pada saat mendengarkannya bicara. Dengan mendengar, kamu bisa mendapat informasi lebih banyak, mengenal lebih banyak karakter, dan mendapat respek lebih tinggi karena kesediaan untuk mendengarkan.

Biasakan untuk mengapresiasi

Memuji seseorang atas prestasi dalam hidupnya, mengucapkan terima kasih, menyemangati dengan kata-kata yang baik, adalah bagian dari bentuk mengapresiasi seseorang. Pada saat orang lain mengetahui bahwa dirinya dihargai, maka ia akan berusaha memberikan yang terbaik.

Memberi perhatian 

Setiap orang akan merasa sangat bahagia jika diberi perhatian atas moment penting dalam hidupnya. Baik peristiwa suka maupun duka. Dengan menunjukan simpati pada saat bahagia, dan empati pada saat sulit.

Berkomunikasi dengan jelas

Komunikasi efektif adalah pada saat apa yang Stars people katakan dipahami oleh lawan bicara. Untuk itu sebagai komunikator yang baik harus pandai memilih kata dan cara menyampaikannya agar dapat dipahami dengan jelas oleh orang lain.

Tunjukan sikap humoris

Dengan menunjukkan sikap humoris, kamu telah meruntuhkan sekat komunikasi dengan orang lain. Jangan takut untuk menjadi lucu jika bisa mencairkan suasana. Gunakan rasa humor untuk membangun komunikasi efektif dan sehat dengan siapapun.

Melihat dari jendela lain

Pada saat kita berkomunikasi dengan orang lain, biasakan untuk melihat sebuah permasalahan dari jendela yang berbeda.

Jadilah mediator yang adil

Untuk bisa diterima oleh siapapun, jangan pernah memposisikan diri sebagai sumber konflik. Sebaliknya jadilah mediator untuk menangani konflik-konflik yang muncul ke permukaan. Dengan menjadi mediator yang adil, akan menimbulkan iklim kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih sehat dalam lingkungan kerja dan organisasi.


In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Kelas B

by KHOTIM NUR KHASANAH -

Assalamualaikum wr wb 

Perkenalkan nama saya Khotim Nur Khasanah NIM 2110101080

Izin menjawab pertanyaan dari sodari Adinda 

Apabila masih terdapat kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf 🙏


memiliki kemampuan  interpersonal skill yang baik dengan yaitu , Dapat membangun dan mengembangkan hubungan yang harmonis dengan orang lain, Mampu berempati dengan orang lain, kemudian Mampu menjaga persahabatan Memahami norma sosial, mampu beradaptasi Solutif Senang berkelompok Menyukai kegiatan kelompok Komunikasi baik dengan orang lain 

Semoga jawaban saya dapat membantu🙏

Terimakasih


In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Kelas B

by 2110101105 SHIVANI NURRAHMAH PURNADY -

Izin menjawab pertanyaan dari mb adinda,

Saya Shivani Nurrahmah Purnady dengan NIM 2110101105

Untuk mengasah kemampuan interpersonal skill,  kita bisa membiasakan diri melakukan hal-hal sebagai berikut :

Senyum yang tulus

Setiap orang akan saling terhubung dan menyedot energi orang lain di sekitarnya. Senyuman yang tulus merupakan upaya untuk menebarkan energi positif ke sekitar kita. Senyum yang tulus adalah pada saat hati, pikiran, tatapan mata, dan gerak bibir seirama. Lakukan yang terbaik dengan senyuman tulus  agar menjadi orang yang bersahabat dengan rekan kerja, lingkungan masyarakat, dan siapapun.

Jadilah pendengar yang baik

Setiap orang ingin didengar tapi seringkali tak menyediakan dirinya untuk mendengar. Tunjukkan respon positif dengan ekspresi wajah yang antusias terhadap pembicaraan orang lain pada saat mendengarkannya bicara. Dengan mendengar, kamu bisa mendapat informasi lebih banyak, mengenal lebih banyak karakter, dan mendapat respek lebih tinggi karena kesediaan untuk mendengarkan.

Biasakan untuk mengapresiasi

Memuji seseorang atas prestasi dalam hidupnya, mengucapkan terima kasih, menyemangati dengan kata-kata yang baik, adalah bagian dari bentuk mengapresiasi seseorang. Pada saat orang lain mengetahui bahwa dirinya dihargai, maka ia akan berusaha memberikan yang terbaik.

Memberi perhatian 

Setiap orang akan merasa sangat bahagia jika diberi perhatian atas moment penting dalam hidupnya. Baik peristiwa suka maupun duka. Dengan menunjukan simpati pada saat bahagia, dan empati pada saat sulit.

Berkomunikasi dengan jelas

Komunikasi efektif adalah pada saat apa yang Stars people katakan dipahami oleh lawan bicara. Untuk itu sebagai komunikator yang baik harus pandai memilih kata dan cara menyampaikannya agar dapat dipahami dengan jelas oleh orang lain.

Tunjukan sikap humoris

Dengan menunjukkan sikap humoris, kamu telah meruntuhkan sekat komunikasi dengan orang lain. Jangan takut untuk menjadi lucu jika bisa mencairkan suasana. Gunakan rasa humor untuk membangun komunikasi efektif dan sehat dengan siapapun.

Melihat dari jendela lain

Pada saat kita berkomunikasi dengan orang lain, biasakan untuk melihat sebuah permasalahan dari jendela yang berbeda. 

Jadilah mediator yang adil

Untuk bisa diterima oleh siapapun, jangan pernah memposisikan diri sebagai sumber konflik. Sebaliknya jadilah mediator untuk menangani konflik-konflik yang muncul ke permukaan. Dengan menjadi mediator yang adil, akan menimbulkan iklim kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih sehat dalam lingkungan kerja dan organisasi


Terimakasih wassalamualikum wr.wb

In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, lalu bagaimana kepribadian yang seharusnya agar mempunyai kemampuan interpersonal skill yang baik ?

1. Senyum yang tulus. 

2. Jadilah pendengar yang baik. 

3. Biasakan untuk mengapresiasi. 

4. Memberi perhatian. 

5. Tunjukan sikap humoris. 

6. Melihat dari jendela lain. 

7. Jadilah mediator yang adil.

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH -

Assalamu'alaikum bu saya Annisa adzakiyyatul khairiyah nim 2110101094 izin bertanya bu 

Bagaimana cara membentuk kecerdasan emosional yang baik ketika melaksanakan Konseling pada pasien? 

Terimakasih bu


In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Kelas B

by 2110101097 NINDRA ARLINDAWATI -

Assalamualaikum saya Nindra Arlindawati NIM 2110101097 izin menjawab pertanyaan nya

Kecerdasan emosional (EQ) adalah bagaimana Anda mengekspresikan emosi dan mengatasinya dengan cara yang positif. Orang dengan EQ tinggi sering mampu untuk berkomunikasi secara efektif, berempati dengan orang lain, mengatasi kesulitan dan meredakan konflik.

Berikut cara untuk membentuk kecerdasan emosional yg baik :

1. Kurangi emosi negatif

2. Berlatih tetap tenang dan mengatasi stres

3. Berlatih mengekspresikan emosi yang tak mudah

4. Bersikap proaktif, bukan reaktif, saat berhadapan dengan orang yang memicu emosi Anda

5. Kemampuan untuk bangkit dari kesulitan

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya SYIFA FAUZIYAH_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

1. Memberikan contoh yang baik dalam berperilaku. 

2. Membantu anak mengenali emosi. 

3. Membangun empati anak. 

4. Membiasakan anak bekerja sama. 

5. Mengembangkan keterampilan memecahkan masalah. 

6. Mengembangkan rasa percaya diri.

7. Kurangi emosi negatif.

8. Berlatih tetap tenang dan mengatasi stress.

9. Berlatih mengekspresikan emosi yang tidak mudah.

10. Kemampuan untuk bangkit dari kesulitan.

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Kelas B

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

   Saya NURUL SABILLAH izin menjawab.


cara meningkatkan EQ yang dapat Anda lakukan:


1.Kurangi emosi negatif.

2. Berlatih tetap tenang dan mengatasi stres. 

3. Berlatih mengekspresikan emosi yang tak mudah.  

4. Bersikap proaktif, bukan reaktif, saat berhadapan dengan orang yang memicu emosi Anda.  

5.Kemampuan untuk bangkit dari kesulitan.

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Kelas B

by 2110101114 SALSA ALIMA AZ ZAHRA DEWATI KAIS -

Assalamualaikum ibu,saya salsa alima azzahra dengan nim 2110101114 izin membantu memberi jawaban dari pertanyaan saudara Anisa adzakiyatul.

Cara mencerdaskan emosi mungkin bisa di dapat dengan tips-tips berikut ;


CARA-CARA MENCERDASKAN EMOSI

Seperti halnya IQ, dapatkah kecerdasan pikir seseorang ditingkatkan? Jawabnya masih beragam. Ada ahli yang menyatakan; tidak bisa, ada pula yang menyatakan bisa saja. Tentu mereka mempunyai argumentasi yang berbeda pula. Demikian halnya dengan daya emosi, dapatkah kecerdasan emosi itu ditingkatkan?

Peter Salovey, dari Departemen Psikologi Universitas Yale Amerika melalui ranah-ranah yang terkandung dalam emosi memberi petunjuk sebagai berikut: (1) berusaha menyadari diri, pemahaman diri, ketika menghadapi situasi tertentu: siapa, aku, di mana aku, apa peranku, bagaimana keadaanku saat ini, (2) mengelola emosi secara benar, (3) memotivasi diri, dengan cita-cita atau tujuan yang jelas, seseorang akan terdorong untuk berbuat sesuatu untuk mencapainya. Dengan selalu berlatih diri, selalu menetapkan tujuan yang jelas, apa yang menjadi kebutuhannya, emosinya menjadi terarah, sehingga tindakannya pun menjadi terarah, (4) berlatih memahami orang lain, mencoba menjadikan orang lain menjadi diriku, berempati, teposeliro, (5) berusaha selalu menjaga hubungan baik dengan orang lain. Apabila hubungan seseorang dengan orang lain itu baik, maka cenderung orang tersebut dapat mengendalikan emosinya.

semoga dapat mudah dipahami,

Terimakasih banyak ibu.

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101077 PUTRI ANGGRAINI -

Assalamualaikum ibu saya Putri Anggraini Nim 2110101077 izin menjawab pertanyaan mba Rahmi Maisarah

Menyimak Walaupun kesannya remeh, menyimak atau mendengarkan secara aktif sebenarnya bukan keterampilan yang mudah untuk dilakukan. ... 

Berkomunikasi secara efektif. 

Empati.

Problemsolving. 

Leadership

Terimakasih


In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101095 RAISA DWI NUR VIKA -
Assalammualaikum ibu, perkenalkan saya Raisa Dwi Nur Vika NIM 2110101095 Izin bertanya

Dengan seiring berkembangnnya teknologi apakah berpengaruh pada interpersonal skill itu sendiri dan Apakah terdapat perbedaan pada interpersonal skill dimasa lampau dengan masa kini dan mungkin dengan masa yang akan datang ?

Terima kasih ibu 🙏


In reply to 2110101095 RAISA DWI NUR VIKA

Re: Kelas B

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -
wassallamualikum warrahmatullahi wabarakatu, saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin menjawab pertanyaan dari saudari raisa dwi nurvika.


Interpersonal skill sangat berpengarubh seiring dengan berkembangnya teknologi dikarenakan,interpersonal skill adalah salah satu faktor penting bagi keberhasilan seseorang dalam meniti kehidupannya dan interpersonal skill adalah kemampuan seseorang untuk melakukan komunikasi yang efektif.Karena dibutuhkan dalam berbagai keadaan dan situasi, memiliki kemampuan interpersonal tentulah penting sekali. Dalam dunia kerja, keterampilan interpersonal membuat kita mampu bekerja sama dengan orang lain entah itu rekan kerja, klien, atau atasan.Pada dasarnya kemampuan interpersonal skill menuntut penggunaan komunikasi yang baik dengan orang lain. Komunikasi sendiri merupakan konsep yang rumit karena diperlukan suatu latihan yang teratur dan sistematis sehingga menghasilkan “kesan yang tepat”.Interpersonal skill sangat penting bagi manusia entah itu dari kalangan muda atau tua karena dengan interpersonal skill kita dapat mempunyai pengetahuan untuk membina atau menjalin hubungan (komunikasi) yang baik dengan sesama manusia, contoh kecil saat kita nanti sudah memasuki dunia kerja, dengan interpersonal skill yang kita miliki kita dapat menjadi pribadi yang mudah dikenal karena pandai berbicara dan berinteraksi baik dengan rekan kerja sehingga kita tidak mengecewakan atasan kita. Dengan interpersonal skill pula kita mengerti cara menjadi pimpinan yang baik karena kita sudah memiliki modal dengan jiwa kepemimpinan tersebut sehingga jika kita menjadi pimpinan kelak kita mampu mengatur bawahan kita sehingga kita tidak dianggap sebagai pimpinan yang payah dan tidak pantai mengatur bawahannya.


 akan terdapat perbedaan, Contohnya dulu untuk berkomunikasi jarak jauh kita menggunakan surat dan dan itu hanya sebatas tulisan dengan pengiriman yang membutuhkan waktu yang sangat lama.

Pada saat itu keterampilan menulis yang rapi dan baik sangat diperlukan karena jika tidak, orang yang akan menerima surat kita sulit mengartikan apa hal yang ingin kita sampaikan dan mungkin dapat menyebabkan salah paham.

Lalu berkembang lagi hingga saat ini, kita dapat berkomunikasi jarak jauh dengan suara malahan saling bertatapan muka. Yang kita sebut saat ini VideoCall. Agar terjalin komunkasi yang baik hendaknya kita tampil menarik karena diri kita terllihat oleh orang tersebut.

Selain itu cara memotivasi zaman dahulu dengan sekarang juga berubah, Yang dulunya memotivasi harus dengan melihat atau mendengar langsung seperti ceramah maupun pembelajaran oleh guru.

Namun sekarang orang-orang memotivasi dengan berbagai cara salah satunya lewat media sosial maupun secara online.  Seperti Mengupload pencapaian kita, memposting foto-foto keren maupun memfollow akun media social yang positif.



In reply to 2110101095 RAISA DWI NUR VIKA

Re: Kelas B

by 2110101087 NABILA DELA ALIFA -

Assalamualaikum ibu saya Nabila Dela Alifa izin menjawab pertanyaan dari Raisa kemajuan teknologi yang akan datang dapat lebih cepat untuk seseorang mengambil keputusan dan menyebabkan perkembangan dan kemajuan bagi dunia.

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Assallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu ibu, saya AZIZAH PUSPASARI nim 2110101090 izin bertanya ibu,



 JIka kesehatan mental sebagian besar orang di tentukan oleh kualitas komunikasi atau hubunganya dengan orang lain, bagaimana jika kesehatan mental orang tersebut mengalami gangguan namun memiliki kualitas komunikasi yang baik apakah penyebab utama orang tersebut dapat mengalami gangguan dalam kesehatan mental?

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101084 LAILA OKTAVIYANA -

Assalamualaikum wr.wb 

saya laila oktaviyana

NIM 21101084, izin bertanya

bagaimana cara kita untuk meningkatkan Kemampuan dalam  memahami dan karakteristik orang lain agar dapat bekerjasama dengan baik? 

terima kasih.

In reply to 2110101084 LAILA OKTAVIYANA

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya SYIFA FAUZIYAH_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Kemampuan komunikasi, baik verbal maupun tertulis, yang baik sangat penting untuk menyampaikan dan memahami informasi dengan cepat dan akurat. Mampu berkomunikasi secara efektif adalah keterampilan hidup yang vital. Sebaliknya, keterampilan komunikasi yang buruk dapat berdampak negatif karena dapat menyebabkan tidak tersampaikannya pesan hingga menyebabkan salah paham hingga frustrasi. bagaimana agar komunikasi kita sopan? Yaitu Seorang pemimpin yang baik juga harus mampu menyampaikan tujuannya melalui komunikasi yang efektif. Inilah sebabnya kemampuan komunikasi amat penting bagi kamu yang sedang mendaki tangga karier. Mengembangkan keterampilan komunikasi dapat membantu banyak aspek kehidupan, mulai dari karier profesional, pertemuan sosial, hingga kehidupan keluarga. terimakasih 🙏

In reply to 2110101084 LAILA OKTAVIYANA

Re: Kelas B

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

    Saya Nurul sabillah 2110101124 izin menjawab.


Dengan cara:


1.Tentukan tujuan bersama. 

2.Kenali karakter setiap anggota.

3. Rajin komunikasi dan mengobrol dengan rekan satu tim. 

4. Lakukan aktivitas di luar kantor bersama.  

5.Tentukan aturan dalam tim.  

6. Adakan evaluasi setiap satu atau dua minggu sekali. 

7. Bikin suasana kerja yang senyaman mungkin.

In reply to 2110101084 LAILA OKTAVIYANA

Re: Kelas B

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

         Saya Nurul sabillah 2110101124 izin menjawab.


Dengan cara:


1.Tentukan tujuan bersama. 

2.Kenali karakter setiap anggota.

3. Rajin komunikasi dan mengobrol dengan rekan satu tim. 

4. Lakukan aktivitas di luar kantor bersama.  

5.Tentukan aturan dalam tim.  

6. Adakan evaluasi setiap satu atau dua minggu sekali. 

7. Bikin suasana kerja yang senyaman mungkin.

In reply to 2110101084 LAILA OKTAVIYANA

Re: Kelas B

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Assallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu ibu , saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin menjawab pertanyaan dari saudari laila oktavianan.


ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami dan karakteristik orang lain diantaranya adalah, 

  1. Terbuka dan open minded. 
  2. Buat batasan. 
  3. Perhatikan penampilan. 
  4. Perhatikan gerak gerik. 
  5. Jangan abaikan obrolan ringan. 
  6. Perhatikan cara mereka berjalan. 
  7. Jangan berasumsi. 
  8. Perhatikan ucapan mereka.                                                                        Dengan memahami karakter setiap orang tentunya akan membuat diri kita berhati-hati dalam bersikap termasuk kepada orang yang dikenal tidak asal begitu saja sok akrab dan sebagainya karena cara penerimaan setiap orang tidaklah selalu sama.
In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101083 RISKA ARINANDA -

Assalamualaikum ibu,Saya Riska Arinanda 2110101083 izin bertanya

Dalam pelaksanaan konseling bakal banyak di temui berbagai macam kepribadian klien.Semisal ada klien mengalami keluhan sering merasa sakit di bagian perut kemudian pusing dan beliau juga mengatakan bahwa kehidupan rumah tangganya sangat berat.Bagaimana cara kita menyikapi hal tersebut?mana yang harus di dahulukan?apakah membiarkan klien mencurahkan isi hatinya atau cukup tau saja?

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101105 SHIVANI NURRAHMAH PURNADY -

Assalamualaikum wr.wb

Saya

Nama : Shivani Nurrahmah Purnady

NIM     : 2110101105

 izin bertanya

Mengenai bagaimana sih cara mengasah kepribadian diri agar mudah berbaur di masyarakat ?

Terimakasih wassalamuaikum wr.wb




In reply to 2110101105 SHIVANI NURRAHMAH PURNADY

Re: Kelas B

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Waalaikumussalam saya Mariana Ulfa izin menjawab 

Cara agar mudah berbaur dimasyarakat adalah dimulai dengan berani menyingkirkan rasa malu ,jangan cemas,percaya diri,tenang,perluas lingkup pergaulan ,perbanyak senyum ,jujur,jangan mudah tersinggung.


Terimakasih banyak  semoga membantu.

In reply to 2110101105 SHIVANI NURRAHMAH PURNADY

Re: Kelas B

by 2110101130 SELINA AGUSTIN SISWANDI -

waalaikumsalam wr wb

saya selina agustin siswandi nim 2110101130 izin menjawab bu

  1. Belajar Menerima Diri Sendiri
  2. Bergaul dengan Niat Baik
  3. Perluas Lingkup Pergaulan Anda
  4. Senyum
  5. Jadilah pendengar yang baik
  6. Belajar Memulai Obrolan
  7. Tolong Teman yang Sedang Kesusahan
  8. Jujur
  9. Punya Rasa Humor
  10. Tidak Egois
mohon koreksinya jika salah, terimakasih bu
In reply to 2110101105 SHIVANI NURRAHMAH PURNADY

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

1. Perluas Lingkup Pergaulan Anda. Dalam kehidupan kita harus bisa memperluas lingkup pergaulan. 

2. Senyum. Cara bergaul yang baik dengan teman sebaya adalah dengan selalu bersikap ramah dan murah senyum. 

3. Belajar Memulai Obrolan. 

4. Jangan Mudah Tersinggung. 

5. Tolong Teman yang Sedang Kesusahan. 

6. Jujur. 

7. Punya Rasa Humor. 

8. Tidak Egois.

In reply to 2110101105 SHIVANI NURRAHMAH PURNADY

Re: Kelas B

by 2110101084 LAILA OKTAVIYANA -

Assalamualaikum wr.wb 

Saya Laila Oktaviyana 

NIM 2110101084

Izin menjawab cara mengasah kepribadian diri agar mudah berbaur di masyarakat 

1. belajar menerima diri sendiri.

2. bergaul dengan baik.

3. perluas lingkup pergaulan anda.

4. senyum.

5. jadilah pendengar yang baik.

6. belajar memulai obrolan

In reply to 2110101105 SHIVANI NURRAHMAH PURNADY

Re: Kelas B

by 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Saya Adinda Helminiya Putri dengan Nim 2110101121 izin menjawab pertanyaan dari mba shivani menurut saya cara yang paling sederhana agar mudah berbaur dimasyarakat adalah dimulai dengan berani menyingkirkan rasa malu atau biasa kita sebut dengan percaya diri, tenang, memperbanyak senyum , jujur, jangan mudah tersinggung, belajar menerima diri sendiri, bergaul dengan niat baik, memperluas lingkup pergaulan anda, menjadi pendengar yang baik, belajar memulai obrolan jangan hanya menunggu lawan bicara, menolong teman yang sedang kesusahan, punya rasa humor, tidak bersifat egois dan juga dapat menjaga rahasia dengan baik

terimakasih dan maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan🙏

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin bertanya Bu.

Mengapa dalam komunikasi perkantoran perlu memperluas daerah terbuka dan mengurangi daerah buta? Terimakasih

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: Kelas B

by 2110101130 SELINA AGUSTIN SISWANDI -

walaikumsalam wr wb

saya selina agustin siswandi

nim 2110101130

izin menjawab pertanyaan dari Syifa Fauziyah_2110101074

Saat bekerja dalam kelompok, yang harus dikembangkan adalah area open atau area terbuka ini agar tim bisa bekerja efektif dan lebih produktif. Melalui open area ini komunikasi dan kerja sama tim bisa berjalan dengan baik, menghindari kebingungan, ketidakjelasan, gangguan dan konflik.

mohon koreksinya jika salah, terimakasih bu

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101130 SELINA AGUSTIN SISWANDI -

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Saya Selina agustin siswandi NIM 2110101130, Saya menanggapi dan bertanya, bu. Mengenai kualitas dari sebuah komunikasi

Apakah kualitas dari sebuah komunikasi diukur dari panjang atau durasi komunikasi? Apakah ada parameter dari kualitas komunikasi?

Pertanyaan kedua saya adalah apakah apabila kita melakukan komunikasi namun tidak ada feedback dari lawan bicara itu masih dikategorikan komunikasi?

terimakasih bu

In reply to Dhesi Ari Astuti

Re: Kelas B

by 2110101076 DEYA DEVI NOVENTA ANGGRAINI -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya deya devi novent anggraini nim 21110101076 izin menjawab pertanyan.

Kualitas komunikasi tidak ditentukan oleh durasi atau intensitas komunikasi yang berlangsung, tetapi apakah masing-masing pihak yang berkomunikasi bisa mencapai kesamaan makna (commoness) atau pengertian bersama (mutual understanding) atau tidak.

Terimakasih wassalamualaiakum warahmatullahi wabarakatuh.