TUTORIAL PERTEMUAN 2

KELOMPOK A4

KELOMPOK A4

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 14

Siti Kamidah03 is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Siti Kamidah03's Personal Meeting Room

Join Zoom Meeting
https://us04web.zoom.us/j/6029866985?pwd=O_R9p1lOGA-UwRPJyviCVI4Cl_EW6M.1

Meeting ID: 602 986 6985
Passcode: FAHMIL

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A4

by Elika Puspitasari -

Assalamu'alaikum adik2 mahasiswa,

Silahkan mengupload hasil resume masing2 dalam forum diskusi ini dan sekretaris disilahkan juga upload hasil reporting siang ini nggeh. Terima kasih.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A4

by 2010101043 SAFIRA NURUL AINI -

Lanjutan LO 

18. Macam dan penanganan kelainan letak janin dalam rahim pada kehamilan


Note : bisa langsung di replay di bawah ya temen - temen 

In reply to 2010101043 SAFIRA NURUL AINI

Re: KELOMPOK A4

by 2010101051 SUKANTI NINGSIH -

Nama: Sukanti Ningsih 

NIM : 2010101051 


Frank breech adalah sungsang dengan posisi bokong bayi mendekati jalan lahir. Kondisi tungkai bayi sejajar dengan badan dan kaki terletak dekat kepala.

Complete breech adalah sungsang dengan posisi bokong dan kedua kaki bayi menghadap ke jalan lahir dengan lutut tertekuk (seperti posisi memeluk lutut).

Footling breech adalah sungsang dengan posisi salah satu kaki bayi terletak di bawah bokong. Saat proses persalinan, kaki inilah yang lebih dulu keluar sebelum tubuh bayi.

Link sumber : https://www.alodokter.com/sulit-dipastikan-berikut-beberapa-faktor-penyebab-bayi-sungsang

In reply to 2010101043 SAFIRA NURUL AINI

Re: KELOMPOK A4

by 2010101050 SEKAR SUKMANING TYAS -

Assalamu'allaikum saya Sekar Sukmaning Tyas 2010101050 izin menjawab 

Kelainan letak dapat berupa letak lintang Klasifikasi letak lintang menurut (Mochtar, 2012) dapat dibagi menjadi 2 macam, yang dibagi berdasarkan :

 (a) Letak kepala

 (1) Kepala anak bisa di sebelah kiri ibu.

 (2) Kepala anak bisa di sebelah kanan ibu. 

(b) Letak Punggung

 (1) Jika punggung terletak di sebelah depan ibu, disebut dorso – anterior.

 (2) Jika punggung terletak di sebelah belakang ibu, disebut dorso-posterior.

 (3) Jika punggung terletak di sebelah atas ibu, disebut dorsosuperior.

 (4) Jika punggung terletak di sebelah bawah ibu, disebut dorsoinferior.

 Penanganan 

 Pada pemeriksaan antenatal ditemukan letak lintang, sebaiknya diusahakan mengubah menjadi presentasi kepala dengan versi luar. Sebelum melakukan versi luar harus dilakukan pemeriksaan teliti ada tidaknya panggul sempit, tumor dalam panggul atau plasenta previa, sebab dapat membahayakan janin dan meskipun versi luar berhasil, janin mungkin akan memutar kembali. Untuk mencegah janin memutar kembali ibu dianjurkan menggunakan korset, dan dilakukan pemeriksaan antenatal ulangan untuk menilai untuk menilai letak janin

 letak sungsang Ada tiga macam presentasi bokong : 

bokong sempurna (complete breech), 

bokong murni (frank breech), 

 bokong kaki (footling breech). 

Penanganan 

 Saat kehamilan  Mengubah Posisi Sungsang Dengan Bersujud Cara termudah dan teraman untuk mengubah posisi janin sungsang adalah dengan bersujud (knee chest position) secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari, misalnya pagi dan sore, masing-masing selama 10 menit. Biasanya bayi akan berputar dan posisinya kembali normal, yaitu kepala berada di bagian bawah Rahim 

Persalinan diselesaikan dengan : 

a. Pertolongan persalinan pervaginam

 b. Pertolongan persalinan dengan sektio sesarea

Terima Kasih

In reply to 2010101043 SAFIRA NURUL AINI

Re: KELOMPOK A4

by 2010101047 NOFI NURWIDYANINGSIH -

NOFI NURWIDYANINGSIH 2010101047

LETAK SUNGSANG

 janin terletak memanjang dengan kepala di fundus uteri dan bokong berada di bagian bawah kavum uteri. 

Penanganan : 

Inversi ( Cara mengubah posisi bayi sungsang ini dilakukan dengan menempatkan tubuh ibu sedemikian rupa agar pinggul lebih tinggi).

External version ( Dokter akan memanipulasi janin dengan melalui bagian luar perut Anda).

Terapi hipnosis. (metode sugesti alam bawah sadar).

Terapi akupuntur. (lakukan dengan metode moksibusi atau ramuan tertentu dan kombinasikannya dengan metode lain seperti External Cephalic Version (EVC).)

Terapi suara. 

Breech tilt ( Posisi ini dilakukan dengan membaringkan tubuh telentang di atas papan keras yang cukup lebar dan kuat.)

Duduk menekuk lutut ke dada.

Posisi nungging.

LETAK LINTANG

janin melintang di dalam rahim dengan kepala pada sisi yang satu dan bokong berada pada sisi yang lain.

Penanganan :

Teknik external cephalic version (ECV) 

2. melakukan posisi condong ke depan inversi. 

3. Berbaring dengan posisi panggul miring. 

4. Berenang.

5. Memperdengarkan musik pada janin.

In reply to 2010101043 SAFIRA NURUL AINI

Re: KELOMPOK A4

by 2010101040 FRIESCHA FRIECILLIA MARTIN -

Nama : Friescha Friecillia Martin
NIM : 2010101040
18. Macam-Macam Dan Penanganan Kelainan Letak Janin Dalam Rahim Pada Kehamilan

Penatalaksanaan kasus malpresentasi disesuaikan dengan jenis malpresentasi yang dialami. Pada beberapa kasus malpresentasi tanpa kontraindikasi, janin bisa dilahirkan melalui persalinan per vaginam baik dengan didahului atau tanpa didahului external cephalic version (ECV). Namun, beberapa kasus malpresentasi membutuhkan tindakan sectio caesarea. External Cephalic Version (ECV) disarankan untuk dilakukan pada usia kehamilan 36-37 minggu dengan malpresentasi bokong atau malpresentasi transverse. Prosedur ini bertujuan untuk memanipulasi presentasi janin dengan memberikan tekanan eksternal pada abdomen ibu agar presentasi janin dapat berubah menjadi presentasi kepala dan janin bisa dilahirkan melalui persalinan per vaginam. Tingkat kesuksesan ECV mencapai 40-77%. Komplikasi yang bisa terjadi selama proses ECV adalah gangguan denyut jantung janin (bradikardi), abrupsio plasenta, dan perdarahan. Bila ECV gagal, akan diperlukan sectio caesarea segera.

Beberapa latihan yang dapat mengubah posisi bayi ke anterior (normal):

1) Pelvic Tilt

Mengatasi posisi janin miring bisa dengan gerakan pelvic tilt. Gerakan ini merupakan usaha untuk memiringkan posisi panggul. Awali dengan berbaring di atas lantai dengan kedua lutut ditekuk dan kaki menapak rata di lantai. Angkat pinggul dan panggul, dengan punggung tetap menempel pada lantai. Anda bisa menahan posisi ini dengan meletakkan bantal secukupnya di bagian pinggang bawah atau bokong. Lakukan selama 10-20 menit sebanyak 3 kali sehari.

2) Inversi

Gravitasi dapat membantu untuk mengubah posisi bayi. Anda dapat mencoba posisi sujud agar bayi masuk panggul, dan menahannya selama 10-15 menit. Senderkan kepala ke bantal agar posisi lebih nyaman.Anda juga bisa mencoba posisi merangkak, lalu dengan perlahan mengayun badan Anda ke depan dan ke belakang sebagai gerakan agar bayi turun ke panggul. Atau, Anda juga dapat menahan posisi tangan tetap diam, lalu putar pinggul Anda secara perlahan.

3) Musik

Bayi di dalam kandungan sudah sensitif terhadap suara dan musik. Mungkin Anda memerhatikan ada suara atau musik yang membuat gerak bayi lebih aktif. Arahkan sumber musik (misalnya speaker kecil atau headphone) ke bagian bawah perut Anda, dengan harapan bayi akan berputar mengikuti sumber suara. 

4) Suhu

Bayi juga sensitif terhadap suhu. Anda dapat mencoba meletakkan kompres dingin di perut bagian atas sambil meletakkan kompres hangat di perut bagian bawah. Pastikan kompres tidak terlalu panas, agar kulit perut Anda tidak terluka.

5) Modifikasi Posisi
• Saat duduk, arahkan pinggul ke depan dan bukan ke belakang. Sangga punggung Anda dengan bantal agar posisi tetap nyaman. Pastikan posisi pinggul lebih tinggi daripada lutut.
• Duduk di excercise ball. Saat ini excercise ball banyak dijual, pilih yang ukurannya sesuai dengan tinggi badan Anda, agar Anda tetap dapat duduk dengan nyaman, dengan kaki menapak lantai. Pastikan pinggul lebih tinggi dari lutut. Sambil duduk, Anda juga dapat mencoba memutar pinggul secara perlahan. Anda dapat melakukan ini sambil bekerja atau bersantai menonton televisi. Selain duduk, Anda juga dapat bersandar memeluk bola dengan kedua lutut di lantai. Letakkan kepala di atas bola dengan nyaman. Putar pinggul Anda secara perlahan.
• Saat mengendarai mobil, letakkan dudukan bantal agar posisi pinggul bisa lebih tinggi.
• Jika Anda masih bekerja, usahakan untuk beristirahat sebentar secara rutin. Gunakan waktu untuk berjalan dan bergerak.
6) Breech tilt

Berbaringlah di atas papan keras yang cukup lebar dan kuat, misalnya papan setrika. Papan tersebut bisa disangga ke sofa atau kursi rumah yang kokoh dan tidak mudah bergeser. Sangga papan tersebut di sofa yang tingginya sekitar 30,5 cm sampai 45,7 cm. Kemudian berbaring di papan tersebut dengan posisi kepala Ibu ada di bawah, dan kaki ibu ada di papan bagian atas.Mulailah dengan berbaring di atas papan dengan badan lururs, setelah posisi aman, tekuk kaki dari lurus jadi menekuk. Kaki ditekuk dengan telapak kaki menginjak papan.

7) Duduk dengan menekuk lutut ke dada

Saat duduk di tempat yang datar, tekuk posisi lutut menempel ke arah dada, dan paha menempel di perut. Jangan terlalu memaksakan lutut hingga benar-benar menempel di dada, tekuk semampu yang Anda bisa saja.

8) Open knee chest (menungging)

Selain posisi duduk dan berbaring, open knee chest atau menungging sering dilakukan untuk mengatasi bayi sungsang. Mulailah dengan posisi dada mengarah ke lantai, lutut harus menempel dengan lantai. Selanjutnya gerakkan bahu dan tangan ke depan, lutut diam di tempat. Sebaiknya selipkan bantal tipis di bawah dada. Suami atau pendamping Anda di belakang membantu menopang berat badan dengan kain yang kuat. Usahakan posisi lutut kanan dan kiri berjauhan, tidak menempel. Tahan posisi ini selama kurang lebih 15-30 menit. FRIESCHA

In reply to 2010101043 SAFIRA NURUL AINI

Re: KELOMPOK A4

by 2010101043 SAFIRA NURUL AINI -

Assalamu'alaikum Ibu, saya Safira Nurul Aini (2010101043) izin menambahkan jawaban dari teman - teman 
sungsang

sungsang

sungsang

sumber : Susilaningrum, Rekawati, Nursalam, and Sri Utami. 2013. “Buku Asuhan Keperawatan Bayi Dan Anak Untuk Perawat Dan Bidan.”

Terima kasih 😊🙏🏻

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A4

by 2010101043 SAFIRA NURUL AINI -

19. Wewenang bidang dalam menangani ISK dan Hipertensi pada ibu hamil



In reply to 2010101043 SAFIRA NURUL AINI

Re: KELOMPOK A4

by 2010101043 SAFIRA NURUL AINI -

Assalamu'alaikum Ibu, saya Safira Nurul Aini (2010101043) izin menjawab pertanyaan LO ke 19

wewenang

Terima kasih 😊🙏🏻

In reply to 2010101043 SAFIRA NURUL AINI

Re: KELOMPOK A4

by 2010101048 SITI KAMIDAH -

Assalamualaikum saya Siti Kamidah 2010101048 izin menambahkan untuk 

19. Hanya bagian hipertensi :) 

1. Menyampaikan hasil pemeriksaan pada Ibu bahwa ibu masih mengalami hipertensi dalam kehamilan dan keadaanjanin baik menunjukkan bahwa Djj dalam batas normal.


2. Mengingatkan ibu untuk tetap melaksanakan HE (Health education).

a. Menganjurkan ibu untuk istirhat yang cukup dan mengurangi aktivitas

sehari-hari dan menganjurkan tidur siang minimal 1 jam.

b. Menganjurkan kepada ibu tentang diet seimbang dalam kehamilan dengan makan makanan yang tinggi protein, rendah lemak dan diet garam dan juga mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung Karbohidrat seperti: nasi, gandum, jagung dan umbi-umbian, makanan yang tidak perlu dikurangi pada saat hamil seperti banyak makan sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, tahu, tempe dan banyak minum air putih, untuk

kesehatan ibu dan juga janinnya.


c. Hygiene dalam kehamilan seperti mengganti pakaian dalam apabila lembab.


3. Mengingatkan ibu tentang tanda bahaya pada kehamilan dan menganjurkan ibu ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami salah satu tanda bahaya kehamilan.


4. Mengingatkan kembali pada ibu untuk rajin mengkonsumsi obat yang telah

diberikan sesuai jadwal dan aturan minum yang telah dijelaskan


5. Menganjurkan ibu untuk ke fasilitas kesehatan apabila terjadi kelainan pada

kehamilannya.


6. Menganjurkan ibu untuk segera ke fasilitas kesehatan apabila mengalami

pusing, sakit kepala dan penglihatan kabur.

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A4

by 2010101043 SAFIRA NURUL AINI -

20. Wewenang bidan dalam menangani kelainan letak janin dalam rahim pada kehamilan 

(batasan kewenangan, kolaborasi dan rujukan)


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK A4

by 2010101043 SAFIRA NURUL AINI -

Wa'alaikumsalam, baik Ibu 😊🙏🏻

Resume Masing - Masing 

(bisa di replay dibawah ya teman - teman agar memudahkan Ibu Elika untuk melihat resumenya, terima kasih 🙏🏻)

In reply to 2010101043 SAFIRA NURUL AINI

Re: KELOMPOK A4

by 2010101043 SAFIRA NURUL AINI -

Assalamu'alaikum wr. wb.  Ibu, saya Safira Nurul Aini (2010101043) izin menjadi perwakilan teman - teman dalam mengumpulkan resume pribadi dan resume diskusi bersama terkait Learning Objective nggih. Mohon maaf Ibu, dikarenakan seluruh file yang dikumpulkan tidak bisa di compress dan melampaui batas maksimum size file yang seharusnya, mohon izin nggih bu mengumpulkan dalam bentuk Gdrive 😊🙏🏻 


Hasil Resume Kelas Tutorial AsKeb Kehamilan A4 

https://drive.google.com/drive/folders/1EElPuKrRhwOEz_RHxkl6EP3YFy_QRjKu?usp=sharing


Terima kasih Ibu. Wassalamu'alaikum wr. wb. 😊