Forum Diskusi Mengelola Informasi Pemasaran

Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI -
Number of replies: 50

Berdasar pada video ilustrasi yang telah kita saksikan bersama-sama, perusahaan tersebut mengalami berbagai tantangan sampai pada akhirnya produk yang diproduksi mampu menarik minat pasar dan memiliki pangsa pasar yang besar sampai saat ini. Salah satu kunci kesuksesaannya perusahaan tersbut adalah mampu mengelola dengan baik informasi yang mereka dapatkan, baik dari dalam maupun dari luar perusahaan. Jika dikaitkan dengan materi perkuliahan kali ini, apa saja yang mampu dikelola oleh perusahaan tersebut sehingga mampu menarik minat pasar? Jelaskan secara lengkap...

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601027 DINA MARIANA -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Dina Mariana

Nim: 2010601027

Prodi: Manajemen

Yang mampu dikelola oleh perusahaan tersebut sehingga mampu menarik minat pasar adalah mereka mengutamakan kualitas produk Langkah pertama agar pelaku bisnis dapat mengendalikan pasar adalah dengan kualitas produk. Produk yang dijual dengan merek terkenal memiliki peluang besar dalam menarik banyak pembeli. 

Berikan harga yang sesuai. Sebelum memutuskan membeli suatu barang, rata-rata pembeli juga akan mempertimbangkan harga. Bahkan, harga dapat menjadi bagian penting bagi setiap konsumen dalam menentukan produk yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Harga yang menarik dapat menarik perhatian calon pembeli terlebih jika mengetahui kualitas produk yang dijual. Selain memberikan harga barang yang sesuai, potongan harga pada waktu tertentu seperti akhir pekan dapat menjadi strategi yang efektif untuk menguasai pasar. Dalam menentukan harga sebaiknya mempertimbangkan dari beberapa faktor, misalnya bisnis makanan mulai dari bahan pokok, hingga beban atau biaya lainnya sampai dengan keuntungan dapat diperhitungkan.


Perluas jaringan distribusi barang juga bisa untuk memaksimalkan pemasaran dan memudahkan konsumen dalam menjangkau lokasi penjualan maka strategi selanjutnya adalah memperluas jaringan distribusi barang (sesuai dengan produk yang dijual). Seperti bisnis makanan ringan, dapat mengajak kerja sama pemilik minimarket, warung, dan tempat-tempat lain yang sering dikunjungi banyak orang. Selain mudah menguasai pasar, pendistribusian tersebut juga memungkinkan penjualan meningkat maksimal. Jalin kerja sama yang baik dengan pihak ketiga atau tempat mendistribusikan barang demi usaha ke depan.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601018 HASANUDDIN ANGGI SAPUTRA -

Nama: Hasanuddin Anggi Saputra

Nim:2010601018

Pada ilustrasi video tentang kesuksesan Pocari Sweat, saya menyimpulkan kemampuan seorang direktur perusahaansaat itu, mampu melihat peluang pasar yang besar berdasar kan pada salah satu pengalaman pribadi karyawan nya yang menjadi kan hal tersebut untuk batu loncatan pembuatan produk Pocari Sweat. Walaupun dalam pembuatan nya mengalami maju mundur namun mereka tetap konsisten untuk tetap berusaha mencari formula yang pas dan juga tetap memiliki manfaat yang besar. Setelah pembuatan produk, Pocari Sweat belum bisa di terima oleh masyarakat Jepang saat itu sehingga direktur mengambil keputusan yang berani untuk membagikan secara gratis Pocari Sweat dalam jumlah yang tak terbatas sepanjang tahun itu walaupun mengalami kerugian yang cukup besar namun pada tahun kedua Pocari Sweat mulai dicari oleh banyak masyarakat setelah tahu manfaat dan khasiatnya. Hal ini juga merupakan salah satu marketing Pocari Sweat untuk membiasakan produk mereka kepada banyak orang sehingga mampu meraih kesuksesan penjualan secara besar-besaran di tahun-tahun berikutnya. Inilah mengapa riset pemasaran begitu penting karena untuk mencari peluang usaha kita harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang di butuhkan saat ini 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601035 ADE ANDREA SOLIKHIN -

Nama : Ade andrea solikhin

NIM : 2020601035

Tanggapan saya setelah melihat vidio ilustrasi tersebut adalah sistem pemasaranya yang sangat baik. walaupun sudah mengalami kegagaalan yang besar namun pemasaran tetap dilakukan dengan konsisten. dengan semangat direktur membuat minuman pocari swet yang berasal dari pengalaman pegawai,mengumpulkan informasi yang akurat, sistem pemasaran yang tepat, sehingga pada tahun ke 2 penjualan meningkat hampir 3 kali lebih besar dari tahun sebelumnya. pemanfaatan informaasi yang akurat sehingga menemukan formula minuman yang sangat baik. informaaasi yang baik juga tentantang pemasaran yang tepat diwaktu yang tepat menjadi salah satu pembelajaran yang sangat baik dimana sebagai pelaku usaha tidak boleh untuk menyerah meskipun gagal berkali kali karena ada masa yang tepat untuk menjadi sukses.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601050 NUR KHADIJAH -

menurut saya perusahaan ini meraih kesuksesan dan mampu menarik minat konsumen adalah karena perusahaan ini mampu membuat keputusan yang tepat, dimana perusahaan otsuka ini menghadapi beberapa masalah di lapangan, namun mereka mereka mampu mencari solusi dan mengambil keputusan yang tepat, serta terus melakukan perbaikan atau inovasi agar tak lekang oleh waktu.

perusahaan ini juga melakukan riset pasar yang terbilng sempurna, dimana mereka mengambil keputusan dengan baik yang ada kaitannya dengan permasalahan dan kesempatan di dunia bisnis.

perusahaan otsuka ini melewati beberapa tahap yang menjadikan produknya di sukai oleh konsumen, yang pertama mereka mencari dan menemukan peluang bisnis yang baik dan tepat sasaran. kedua, meskipun mereka mengalami kerugian yang cukup besar, mereka tetap mecoba bagaimna agar konsumen menyukai dan memahami bagaimna produk yang mereka ciptakan ini bermanfaat bagi konsumen itu sendiri. ketiga, mereka terus melakukan perbaikan atas produk yang mereka ciptakan sehingga cocok untuk di konsumsi oleh konsumen. ke empat, mereka mampu menemukan apa yang di cari-cari oleh konsumen, atau dalam istilahnya Understanding dimana perusahaan mampu mengetahui kebutuhan konsumen. selain itu juga kemampuan memprediksi yang di miliki oleh direktur sangat baik, dimana ia mampu membuat peta bisnisnya sendiri.


itulah apa yang bisa saya pahami dari video tersbut..

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601045 DANISA SABRIL NURANI -

Perusahaan tersebut mampu mengelola informasi pemasaran dengan baik, karena mereka mengerti akan kebutuhan informasi tentang konsumen dan pasar yang mana dalam ilustrasi video tersebut adanya fenomena dehidrasi sehingga dibutuhkan konsumsi air dalam jumlah banyak.

selanjutnya, perusahaan mengembangkan informasi yang didapat dengan menciptakan atau memproduksi suatu minuman yang terinspirasi dari dokter yang meminum cairan infus setelah operasi. Perusahaan tsb mengembangkan minuman itu dengan berkali-kali uji coba hingga rasa minuman itu sesuai. 

Kemudian, untuk memasarkan produk tsb perusahaan mendistribusikan informasi yang didapatkan dari sumber- sumber dalam bentuk yang tepat dan pada saat yang tepat. Dimana dalam kasus tsb, awalnya perusahaan memasarkan produk dengan memberikan produk secara gratis dalam jumlah yang banyak dan pada saat yang tepat ketika para konsumen melakukan banyak aktivitas dan mengeluarkan banyak keringat sehingga ketika meminum produk tsb terasa enak. Oleh karena itu, perusahaan mampu memasarkan produk secara maksimal


 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601030 YOVIE AULIA AHMAD -

 jika melihat dari story perjalanan pocari menempuh kesuksesanya ,saya mengambil point2 penting dianataranya adalah sebuah pengambilan keputusan dari seorang pempimpin yang mana keputusan tersebut sudah sangat di matangkan juga di perhitungkan sehingga bisa dikatakan tidak asalan asalan, kemudian yang menjadiknnya mampu menarik minat pasar adalah teknik marketing yang perusahaan pocari jalankan,

Bahwa dalam marketing perlu untuk mengenalkan sebuah prodak agar bisa dikenalkan kepada masyarakat,

Karena pada awal sebuah perusahaan mengeluarkan prodak itu tidak bisa secara instan bisa disukai,maka dari pocari mereka membagikan produk mereka secara gratis adalah tujuanya untuk mengenalkan juga sekaligus menjemput bola agar semua orang itu mengenal juga mengingat rasa tersebut.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601038 NIKEN SEPTI TRISNAWATI -

Niken Septi Trisnawati nim 2010601038 

Izin menyampaikan jawaban

Mengembangkan dan mempromosikan suatu produk membutuhkan upaya dan kerja sama dalam suatu tim. Tim pemasaran produk harus menjadi jembatan antara penjualan, pemasaran, metode, dan pengembangannya. Sehingga perusahaan tersebut mampu menjadikan produk yang inovatif atau setidaknya satu produk yang bisa memecahkan tantangan bisnis secara umum. 

Perusahaan tidak bisa mengharapkan pelanggan berbondong-bondong membeli produknya jika mereka tidak tahu apa-apa tentang produk tersebut. 

Maka dari, perlu menyampaikan berita melalui promosi strategis. Rencana promosinya pun mengelaborasi dan menyampaikan pesan produk kepada pelanggan. 

Perusahaan tidak dapat secara langsung mengharapkan Strategi Pemasaran Produk membuahkan hasil yang sempurna. Kemungkinan terburuk atau risiko kegagalan haruslah di pertimbangkan dan lacak.

Dari situ, perusahaan hanya tinggal mengevaluasi kinerja pemasaran produknya. Elemen analisis ini penting agar Strategi Pemasaran Produk  benar-benar berjalan secara efektif.

Setelah perusahaan menerapkan rencana promosi dan produk telah dipasarkan, perusahaan pun perlu me-review untuk mengetahui seberapa sukses strategi yang sudah di rancang sebelumnya

Pada ilustrasi video tentang kesuksesan Pocari Sweat, dapat di simpulkan strateginya. 

Ada beberapa strategi pemasaran yang tepat dijalankan untuk produk Pocari Sweat di tengah-tengah kompetitor yang mulai bermunculan :

1. Iklan di media cetak maupun televisi dengan jalan endors terhadap tokoh terkemuka yang kompeten terhadap produk minuman ini

2. Pembuatan iklan yang lain dari yang lain seperti yang sudah pernah diluncurkan Pocari (Pocari Sweat Goes to Space).

3. Menekankan positioning bahwa Pocari bukan semata-mata minuman untuk orang sakit, tapi minuman yang bisa dipakai kapan saja dan dalam kondisi apa saja.

4. Penambahan varian kemasan bukan pada rasa ataupun ingredient.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601044 SYAZA MUTIA KAMILA -

Syaza Mutia Kamila

2010601044


Hal yang mampu dikelola oleh Perusahaan ini sehingga bisa mendapatkan pangsa pasar yang tepat yaitu Riset yang baik dan pengelolaan data dengan baik,penentuan harga menyesuaikan konsumen dan pemasaran yang tepat.

Pocari Sweat memiliki konsep pemasaran yang terbilang unik dan sangat khas.Otsuka dikenal sebagai brand yang sangat dekat dengan siswa-siswi SMP dan SMA.

Hal ini sangat sejalan dengan konsep iklan dan pemasaran yang dikemas oleh Pocari Sweat baik di negara asalnya (Jepang) maupun di negara-negara lain (contohnya Indonesia. Berikut adalah contoh iklan produk Pocari Sweat yang dibuat dan ditayangkan di Jepang.

Konsep ini didasarkan bahwa siswa/siswi pada sekolah menengah pertama maupun atas secara umum memiliki kegiatan yang serupa. Di masa pertumbuhan menuju dewasa seringkali mereka banyak mencoba hal baru. Seringkali juga hal-hal baru tersebut merupakan kegiatan yang membutuhkan aktivitas fisik yang cukup intens.

Mulai dari kegiatan musik atau tari, olahraga, bela diri, dan segala kegiatan yang melibatkan gerak yang cukup intens. Dengan pemikiran sederhana, ketika kegiatan-kegiatan tersebut selesai dilakukan, mereka akan merasa haus dan kehilangan sebagian kecil atau bahkan besar tenaga mereka. 

Sebagai minuman berisotonik, Pocari Sweat hadir untuk membayar lunas semuanya dan membuat mereka dapat kembali melakukan aktivitasnya kembali dengan semangat.

Pocari Sweat seolah-olah hadir sebagai pelepas dahaga dan lelah bagi mereka yang mengalami kehausan atau bahkan dehidrasi dan membutuhkan minuman yang tidak hanya sekedar air biasa.

Strategi yang sangat brilliant ini berhasil membuat Pocari Sweat menjadi salah satu brand yang begitu melekat bagi siswa-siswi sekolah menengah atas dan pertama.

Konsep yang serupa juga dihadirkan di Indonesia. Hampir seluruh iklan produk Pocari Sweat dibintangi oleh talent yang ditampilkan sebagai siswa/siswi sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas. Konsep ini juga seringkali dikombinasikan dengan trend yang sedang terjadi di Indonesia.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601002 CITRA ONY SAGITA -

Citra Ony Sagita /2010601002Materi kali ini adalah mengelola informasi pemasaran. Informasi merupakan sumber daya yang sangat penting. Mengelola bisnis dengan baik adalah dengan mengelola masa depannya adalah mengelola informasi. Lalu perusahaan Otsuka membuat produk pocari sweat dengan waktu yang lama. Peneliti membuat produk sesuai informasi dan masukan dari direktur dan kepala peneliti. Tidak hanya itu peneliti juga mencari berbagai informasi untuk membuat produk tersebut mencapai kualitas yang terbaik.

Setelah produk jadi pun tim marketing menggunakan sistem informasi pemasaran agar produk tersebut bisa diterima di pasaran. Tim marketing melakukan riset ,

berinteraksi dari orang-orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, mensortir, menganalisis, mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan, secara tepat waktu, dan akurat kepada pengambil keputusan dalam bidang pemasaran.

Sehingga  perusahaan mampu menentukan arah perusahaan dengan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan dan lain sebagainya dari informasi tim marketing. Kemudian perusahaan bisa mengambil langkah selanjutnya untuk strategi berikutnyaDari video tersebut perusahaan membuat strategi promosi dengan membagikan produk secara gratis dalam rangka mengenali target pasar dan mencari pangsa pasar. Hingga konsumen terbiasa meminum produk tersebut dan pastinya produk tersebut akan terus dicari lagi.


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601003 ISTANUROAINI HABIBAH -

 Jika dikaitkan dengan materi perkuliahan kali ini, apa saja yang mampu dikelola oleh perusahaan tersebut sehingga mampu menarik minat pasar? Jelaskan secara lengkap...


Mengelola Informasi Pasar

Otsuka memulai menciptakan segmen pasar baru dengan gebrakan produk baru dan berbeda daripada biasanya. Dimulai dengan riset produk yang di sesuaikan dengan tujuan awal untuk menciptakan cairan infus yang dapat diminum, rendah akan gula, sehat dan menyegarkan. 

Hasil hasil riset yang diciptakan di sesuaikan juga dengan keinginan konsumen. Perusahaan dengan baik memahami keinginan pasar dan konsumen sehingga terciptalah produk pocari sweat. disini perusahaan mempercayai seorang yang dapat dipercaya untuk memberikan hasil nilai dan kepuasan yang tinggi bagi konsumen.

Setelah produk telah siap, berganti marketing perusahaan yang harus memasarkan produk sesuai segmen pasarnya dengan startegi yang baru juga. dalam hal ini perlu adanya pengambilan keputusan dari informasi yang telah dikumpulkan sehingga nantinya para marketing yakin dengan strategiyang akan mereka gunakan. Diawali dengan pembagian pocari sweat dengan gratis untuk menyesuaikan pasar/segmen mana yang cocok dengan produk ini.

Dalam Marketing Informasi sistem, manajer pemasaran, manajer dari departemen lain dan para mitra saling berhubungan dalam pengumpulan informasi agar perusahaan mendapatkan informasi yang akurat dan dapat memberikan keputusan terbaiknya. 

hingga akhirnya Otsuka menemukan segmen pasar yang cocok sehingga pocari sweat mampu dipasarkan dengan jumlah yang besar.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601021 SRIUTAMI -

izin menjawab bu


nama : Sri Utami

Nim : 2010601021


Segmen pasar yang dibidik Pocari adalah masyarakat umum yang mengatakan bahwa minuman isotonik ini dapat menciptakan tenaga atau semacamnya, sehingga mereka berani mengambil resiko dengan memberi masyarakat jepang minuman pocari sacara gratis walaupun mengalami kerugian yang sangat besar.

mereka juga melakukan di sekolah-sekolah tempat anak berolahraga sambil memberi minuman pocari dan memberi penjelasan kepada siswa tentang manfaat Pocari. ber, jika tidak diberi kesempatan mencoba gratis, mungkin mereka tak akan pernah mencoba mereka selamanya konsumen.

ini termasuk strategi pemasaran perusahaan tersebut agar dapat dikenal oleh masyarakat luas

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601012 KASIL SRI INDRIANI -
Nama : Kasil sri Indriani

Nim : 2010601012


Pada ilustrasi video tentang kesuksesan Pocari Sweat, saya menyimpulkan kemampuan seorang direktur perusahaansaat itu Yang mampu dikelola oleh perusahaan sehingga mampu menarik minat pasar adalah mereka mengutamakan kualitas produk Langkah pertama agar pelaku bisnis dapat mengendalikan pasar adalah dengan kualitas produk. 

Harga yang menarik dapat menarik perhatian calon pembeli terlebih jika mengetahui kualitas produk yang dijual. Selain memberikan harga barang yang sesuai, potongan harga pada waktu tertentu seperti akhir pekan dapat menjadi strategi yang efektif untuk menguasai pasar. Dalam menentukan harga sebaiknya mempertimbangkan dari beberapa faktor, misalnya bisnis makanan mulai dari bahan pokok, hingga beban atau biaya lainnya sampai dengan keuntungan dapat diperhitungkan.


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601004 SARI RENITA -
Sari Renita (2010601004)

 yang mampu di kelola perusahaan diantaranya pemahaman terhadap pasar dan konsumen, direktur perusahaan ini memahami keinginan dan apa yang dibutuhkan konsumen dengan menciptakan produk pocari  sweat, yang awalnya ditolak dikarenakan rasanya tidak enak tetapi mereka tidak menyerah dan tetap memasarkan produk dengan membagikan secara gratis terlebih dahulu agar konsumen terbiasa dengan rasanya, kemudian 1 tahun kemudian saat musim panas datang produk ini menjadi sangat diminati dan laku keras. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601023 SANDA AULIA PUTRI -
Menurut saya mengenai video tersebut yaitu:

1. produk, dalam pemilihan produk air infus ini sangat menarik dijadikan minuman karena jarang sekali mendengarnya dan ini akan menjadi pilihan pertimbangan masyarakat untuk meminiati produk tersebut, produk yang dihasilkan dan ditawarkan tentu berkualitas.

2. prosesnya, dalam hal ini kita ketahui proses air infus mengalami banyak tahapan sampai harus memutar otak, banyak dilakukan penelitian supaya produksi produk ini tidak gagal 

3. pemasaran, awalnya daya tarik untuk konsumen ialah membagikan secara cuma cuma minuman pocari sweat ini untuk bahan percobaan lama kelamaan minuman ini menjadi populer hingga tahun berikutnya pada saat musim panas membuahkan hasil minuman ini laris secara drastis dan selalu kehabisan stok. dalam strategi pemasaran ini sangat baik karena mereka mempunyai fikiran tidak apa tidak untung sekarang yang penting masa depan hal itu menjadi kenyataan pada tahun berikutnya minuman ini melonjak habis sangat cepat sehingga mereka mendapatkan keuntungan yang sangat besar. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601008 WAHYU NUR HIDAYAT -

Yang saya lihat dari vidio tersebut adalah sebuah kerja keras dan semangat daripada sebuah perusahaan yang tetep teguh pada pendiriannya.atas dasar keyakinanlah mereka mampu membuat pasar yang awalnya menurun menjadi naik dengan grafik yang signifikan,kemudian sebuah keputusan dari seorang pemimpin merupakan sebuah keputusan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan dimana kemajuan dan kemunduran perusahaan tergantung kepada pemimpin perusahaan tersebut.

Karena pocari yang awalnya tidak disukai oleh para konsumen dan tidak laku di pasaran,tetapi berkat strategi marketing perusahaan yang bagus pocari mampu mengatasi hal tersebut,sehingga produk mereka dipasaran menjadi laku dan dicari. Selain itu perusahaan pocari mampu mengelola dengan baik informasi yang mereka dapatkan sehingga kemajuan dari perusahaan pocari tersebut bisa stabil dan bahkan memiliki grafik naik di pasaran maka dari situlah perusahaan pocari tetap dapat bersaing di pasar konsumen. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601043 UMI HIDAYATUN -

Yang mampu dikelola perusahaan tersebut sehingga bisa menghasilkan produk dan mampu menarik pasar adalah. 

Pentingnya informasi bagi perusahaan. Pemahaman pasar dan konsumen menjadi bagian yang penting dalam pembuatan produk.

Proses pemasaran tersebut dimulai dengan pemahaman penuh tentang pasar dan kebutuhan serta keinginan konsumen. Oleh karena itu perusahaan otsuka membutuhkan informasi yang  dapat dipercaya untuk menghasilkan nilai dan kepuasan yang tinggi bagi pelanggan. 

Pembuatan dan pemasaran produk tersebut juga tepat sasaran, contohnya produk pocari sweat tersebut dipasarkan kepada orang yang berolahraga, sehingga produk tersebut sesuai dengan tujuan pembuatan produk tersebut.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601041 NANDA KISTI SETYOWATI -

menurut saya perusahaan ini bisa mencapai kesuksesan dan mampu menarik minat konsumen karena perusahaan ini melakukan cara pemasaran yang tidak biasa contohnya Pocari Sweat yang membagikan lebih dari 30 juta kaleng.Pocari Sweat gratis yang dibagikan tidak terbatas mencapai Rp400 Miliar .Pada tahun 1980,penjualan Pocari Sweat menembus angka 900 milyar rupiah dan Pada tahun 1981, penjualan naik drastis hampir 3 kali lipat menjadi 2,6 trilyun rupiah ketika Jepang mengalami musim panas yang sangat panjang. kerjakeras Harima dan Takaichi serta keyakinan Akihiko Otsuka akhirnya menuai hasil yang maksimal. Saat ini Pocari Sweat sudah dijual di16 negara, termasuk Indonesia . 


Promosi juga dilakukan melalui kegiatan sampling di berbagai target pasar potensial seperti pusat olahraga dan spa. Selain itu, sampling juga dilakukan di sekolah-sekolah sambil memberi penjelasan kepada siswa tentang manfaat Pocari. karena jika konsumen tidak diberi kesempatan mencoba gratis, mungkin mereka tak akan pernah mencoba selamanya . 

kesuksesan perusaahaan ini dimulai dari mereka yang mengetahui kebutuhan konsumen dan pengembangan, mendistribusikan,menghargai, serta menetapkan harga yang sesuai dari produk atau jasa untuk mencapai kepuasan pelanggan dan memperoleh keuntungan. Strategi pemasaran meliputi pengidentifikasian konsumen sasaran, menentukan peran periklanan dan bauran promosi, menunjukkan tujuan dan besarnya anggaran promosi, memilih strategi kreatif, menentukan media, serta melaksanakan program tersebut dan mengukur efektifitasnya. Dalam kegiatan strategi pemasaran ini tidak luput dari kegiatan komunikasi yang merupakan faktor penting bagi suatu tujuan bisnis organisasi.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601047 MEISYA EGIDHEA PUTRI -

Meisya Egidhea Putri (2010601047)


Izin menjawab,

Strategi awal pemasaran perusahaan tersebut memberikan sampel secara gratis di berbagai target pasar, seperti anak-anak yang sedang berolahraga, orang-orang yang sedang berada di jalan, dsb. Selain membagikan sampel gratis tim marketing juga memberikan penjelasan kepada orang-orang tentang manfaat pocari sweat sebagai minuman kesehatan yang dapat memulihkan tenaga dan dapat mencegah dehidrasi.

Saat ini pocari sweat menjadi pelopor minuman isotonik yang populer di Indonesia salah satunya. Pocari Sweat menetapkan strategi komunikasi pemasaran yang bersifat edukatif, mengandalkan transfer product knowledge pada konsumen. Hal inilah yang masih memegang kunci dalam komunikasi pemasaran dari Pocari Sweat, yang juga memiliki keunggulan dibanding para pesaing karena kegiatan ini telah lebih dulu dilakukan Pocari Sweat dengan posisinya sebagai pelopor.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601052 INTAN YUNITA ALDAYANTI PUTRI -

Dalam dunia bisnis yang semakin bersaing dan dinamis seperti sekarang ini, selain diperlukan strategi pemasaran yang jitu dan manajamen yang baik, masih ada beberapa faktor penting lainnya seperti produk yang menarik pelanggan. Kreativitas dan inovasi mempunyai peranan yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Seringnya banyak kesuksesan yang didapat oleh pebisnis diawali dengan kreativitasnya menemukan inovasi pengembangan produk bisnisnya. Daya kreativitas tersebut selayaknya dilandasi dengan cara berpikir yang maju, ide baru, dan berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada. Jika pebisnis mampu memaksimalkan kreativitas untuk melahirkan sebuah inovasi, maka bisnis yang dikelola akan mampu pula tampil berbeda dibandingkan dengan bisnis serupa lainnya.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601007 IRMA PUSPITA ANGNESSIANTI -

Nama: Irma Puspita Angnessianti 

NIM: 2010601007


Tanggapan saya Pada video tersebut, proses awal mula pocari sweet menjadi minuman yang sangat diminati konsumen sampai sekarang sangat melalui banyak proses yang mereka lewati tetapi mereka sangat yakin menetapkan rasa yang mereka buat setelah melalaui lebih dari 1000 jenis minuman uji coba, meskipun awalnya konsumen menolak minuman tersebut hingga akhirnya diterima oleh banyak masyarakat hingga sampai saat ini, Perusahaan tersebut mampu mengelola kualitas dari produk tersebut hingga Presdir Otsuka Pharmaceutical mengambil resiko keputusan yang besar, meskipun awalnya kerugian yang di capai sangat besar tetapi ia ingin menciptakan pasar baru yang belum pernah ada karena ia mementingkan sosialisasi produk secara tepat sehingga melalui keputusan tersebut Pocari Sweet menjadi minuman yang banyak di minati oleh konsumen hingga saat ini


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601037 AOLA AUFIYATU ANNAJAH -
Izin menjawab bu,

Perusahaan tidak berhenti melakukan berbagai usaha agar konsumen bisa mencobanya dan datang pada sasaran yang tepat. Salah satu prinsipnya adalah jika mereka tidak membeli maka mereka tidak bisa merasakan manfaat selamanya. Oleh karena itu kepala direktur mencoba untuk membagikan minumannya secara gratis sepanjang tahun. hal ini memang terkesan merugikan tapi sebenarnya cara seperti ini meluaskan pengenalan orang terhadap produk otsuka. Secara tidak langsung mereka melakukan penawaran secara personal approach, atau pendekatan diri secara langsung. beberapa hal yang dilakukan perusahaan yang sangat berpengaruh adalah :

  • Personal approach atau pendekatan diri secara langsung kepada pelanggan atau sasaran pelanggan yang dibagikan produk secara gratis dengan menjelaskan keunggulan produk
  • Membagikan atau mengedarkan produk pada lokasi yang tepat 
  • Pembuatan iklan sesuai dengan bagaimana produk itu bisa berfungsi dengan baik sebagaimana tujuan awal pembuatan produk
  • Membagikan sampling secara meluas
In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601049 OLINDA PARAMITA -

tanggapan saya setelah melihat ilustrasi video tersebut, 

Keberhasilan dari usaha pocari sweat mampu menguasai strategi  pemasaran yang baik,serta melakukan pengembangan  secara terus menerus sesuai dengan kebutuhan pasar adalah langkah yang tepat dalam  mempertahankan suatu produk di pasaran agar tetap dipakai konsumen.

paling utama pocari sweat memasuki segment untuk orang-orang yang membutuhkan cairan pengganti ion tubuh. orang yang berolahraga adalah salah satu segment pasar dari pocari sweat. 

Pocari Sweat menggunakan jalur distribusi ke pedagang-pedagang eceran, toko maupun mall sehingga jalur  untuk disalurkan kepada konsumen dapat berjalan dengan baik.

disini dapat dilihat bagaimana Pocari Sweat memulai usaha tersebut yang didahului dengan meneliti dan mengembangkannya. kemudian dijual secara langsung kemasyarakat yang digantikan  diatribusi ketoko-toko yang membuat penghasilan mengalami peningkatan. dari para penliti yang menemukan resep Pocari Sweat kemudian untuk para pemasar yang memasarkan produk sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas serta para pemasok seperti toko-toko dan mall. tidak lupa untuk para penyedia bahan dasar dalam pembuatannya.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601020 MUTIA DWICAHYANI -

Assalamu'alaikum ibu saya Mutia Dwicahyani (2010601020) izin menanggapi,


Yang mampu dikelola oleh perusahaan tersebut sehingga mampu menarik minat pasar adalah perusahaan mengutamakan kualitas produk. Dengan segala informasi yang ada mereka dapat mengelola informasi tersebut, walaupun dalam proses pembuatannya mengalami maju mundur perusahaan tetap konsisten. Kemudian perusahaan tetap memasarkan produk mereka melalui strategi promosi yang edukatif kepada konsumen. Promosi juga dilakukan dengan memasarkan produk secara gratis kepada konsumen sampai akhir tahun. Perusahaan tetap mengambil jalan tetap membagikan produk tersebut secara gratis dan sempat mengalami kerugian cukup besar, perusahaan akhirnya dapat bangkit karena masyarakat mulai tahu terhadap khasiat yang ada jika meminum produk tersebut. Akhirnya produk tersebut banyak dicari dan diminati masyarakat sampai sekarang.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601025 BETA MEITY NURISA -
Tanggapan saya mengenai video ilustrasi tadi adalah dimana sebuah perusahaan dengan kerja sama yang hebat akhirnya mampu mencapai tujuan awal, kemampuan seorang direktur dan staff lainnya dalam mengahadapi pro kontra terhadap produk yang dipasarkan. 


Penyampaian informasi produk dengan berbagai cara yang akhirnya produk tersebut dapat di terima oleh pasar dan juga memenangkan pasar, kemampuan tersebut sangat penting dimiliki bagi seorang manajer pemasaran, agar informasi yang ingin disampaikan kepada pasar dapat tersampaikan dengan baik dan benar dan dapat diterima sesuai dgn tujuan perusahaan. 

Bukan hanya penyampaian informasi, namun juga pendistribusian produk harus gencar dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan target target awal yang ingin di capai, seperti dalam video tersebut pendistribusian produk Pocari Sweat ke orang orang yg sedang melakukan aktivitas yg menghasilkan keringat dengan mudah diterima oleh masyarakat, sementara pendistribusian produk ke orang orang yg sedang berada dalam ruangan AC tidak merasakan khasiat dari produk tersebut, maka strategi pendistribusian produk juga harus di kuasai oleh seorang manajer pemasaran. 

Meskipun pada awalnya perusahaan mengalami kerugian senilai ratusan miliar, namun pada akhirnya perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan 3x lipat dari kerugian tersebut pada 2 tahun setelahnya yaitu tepat pada saat musim panas, maka dari itu manajer pemasaran harus pula memahami celah pasar agar produk bisa diterima pasar dengan baik dan menghasilkan keuntungan perusahaan agar produk bisa terus dikembangkan oleh perusahaan. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601055 OKTAFANI ANNISA PUTRI -

Segmen pasar yang ingin dibidik Pocari adalah masyarakat umum yang beranggapan bahwa minuman isotonik ini dapat memulihkan tenaga. Promosi juga dilakukan melalui kegiatan sampling di berbagai target pasar potensial seperti sport center dan spa. Selain itu, sampling juga dilakukan di sekolah-sekolah sembari memberi penjelasan kepada siswa tentang manfaat Pocari. Mereka berprinsip, jika konsumen tidak diberi kesempatan mencoba gratis, mungkin mereka tak akan pernah mencoba selamanya. Promosi lain yang dilakukan Pocari adalah melalui kegiatan periklanan yang lumayan gencar, seperti melalui endorser Mia Audina, pemain bulu tangkis Indonesia yang kini telah pindah ke Belanda. Persepsi masyarakat yang terkadang masih kabur terhadap produk Pocari Sweat sebagai minuman kesehatan (health drink) dapat diubah dengan jalan melakukan promosi yang edukatif kepada konsumen.


Yang mampu dikelola oleh perusahaan tersebut sehingga mampu menarik minat pasar yaitu

1. Kenali Target Pasar

Sebelum menjual sebuah produk secara profesional, Anda harus menjadi konsumen terlebih dahulu.

Dengan menjadi pemakai produk yang Anda jual, maka Anda dapat mengetahui siapa target pasar Anda dan apa yang mereka inginkan dari produk yang Anda jual tersebut.

Hal ini akan membuat Anda lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang diinginkan pembeli dari bisnis Anda.


2.  Perhatikan Kualitas

Kualitas dalam bisnis adalah hal penting yang perlu ditingkatkan untuk menarik banyak konsumen.

Perhatikan kualitas dari beberapa unsur yang Anda jual dalam bisnis tersebut. Mulai dari kualitas kemasan, kualitas rasa (jika menjual produk makanan), kualitas isi produk, kualitas bahan baku hingga kualitas layanan yang terbaik.

Kualitas yang lebih baik dari pesaing tentu akan membuat bisnis Anda selangkah lebih maju.


3. Promosi

Saat ini, melakukan promosi sangatlah mudah, bahkan dapat dilakukan secara gratis.

Anda dapat menggunakan social media atau media online lainnya untuk memperkenalkan produk dan melakukan promosi pada banyak orang yang lebih spesifik dan menyukai produk Anda.

Saat melakukan promosi, sebaiknya gunakan visual yang berkualitas, serta informasi yang detail untuk menjelaskan tentang produk yang Anda jual.

Lakukan promosi secara berkala, dengan begitu calon konsumen akan lebih mudah terjaring.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601039 MARPI ASTRIA -
Nama : Marpi Astria 

NIM : 2010601039 

 Perusahaan tersebut mampu menarik minat pasar karena perusahaan tersebut dapat mengelola produk, informasi, data, marketing/memasarkan dengan baik. Seperti yang tercantum dalam video pocari sweat pada awalnya disambut sangat buruk oleh konsumen tetapi perusahaan tersebut tidak menyerah dan juga presdir dari perusahaan tersebut mengusulkan agar membagikan pocari sweat secara gratis agar bisa lebih dikenal oleh konsumen dan diterima rasanya oleh konsumen tanpa memandang kerugian yg akan dialami perusahaan tersebut hal itu merupakan keputusan yang sangat berani untuk memasarkan produk. Setelah itu, pocari sweat sudah dikenal dan diterima oleh konsumen dan pada saat tahun kedua yang kondisi cuacanya sedang panas penjualan pocari sweat melonjak tinggi.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by Tenri Indriaty Sukma TENRI INDRIATY SUKMA -

Tanggapan saya mengenai video tersebut bagaimana perusaahan menarik minat pasar. Perjalanan Pocari Sweat dimulai, namun mendapatkan tanggapan negatif dari para pengecer. Para konsumen menolak minuman tersebut karena rasanya yang aneh. Saat itu, Presiden direktur mengambil keputusan dengan membagi-bagikan Pocari Sweat secara gratis dalam jumlah yang tak terbatas ke seluruh Jepang, ingin mensosialisasikan konsep produk secara tepat. Sehingga masyarakat tahu keunggulan Pocari Sweat. 


Pocari Sweat secara besar-besaran mulai di bagikan di Jepang secara gratis. Staff Marketing pergi ke lapangan baseball untuk membagikan kepada anak-anak, ke orang-orang pinggir jalan yang berkeringat dan mendapatkan tanggapan yang positif.

Akhirnya sedikit demi sedikit Pocari Sweat mulai dikenal. Tetapi penjualannya kurang bagus.  Pada tahun 1980, penjualan Pocari Sweat menembus angka 900 milyar rupiah dan Pada tahun 1981, penjualan naik secara drastis hampir 3 kali lipat menjadi 2,6 trilyun rupiah ketika Jepang mengalami musim panas yang sangat panjang. Berkat kerja keras serta keyakinan akhirnya menuai hasil yang maksimal


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601005 GRESSIDA HARIRUL ASFURIN -

Nama : Gressida Harirul Asfurin

NIM : 2010601005

Prodi : Manajemen

Hal yang mampu dikelola oleh perusahaan pencipta Pocari Sweat tersebut sehingga mampu menarik minat pasar yaitu mereka menggunakan teknik mengutamakan kualitas produk, mulai dari segi rasa dan manfaat yang dapat di rasakan oleh para konsumennya. Langkah ini merupakan awal dari agar perusahaan dapat mengendalikan pasar.

perusahaan tersebut dalam menciptakan minuman kesehatan Pocari Sweat mengalami berbagai tantangan sampai pada akhirnya produk yang diproduksi mampu menarik minat pasar dan memiliki pangsa pasar yang besar sampai saat ini. Salah satu kunci kesuksesaannya perusahaan tersbut adalah mampu mengelola dengan baik informasi yang mereka dapatkan, baik dari dalam maupun dari luar perusahaan. perusahaan menerima dengan baik keritik dan tanggapan buruk awal dari konsumen namun tidak memberhentikan kegigihannya dalam terus melakukan penawaran produk dengan strategi pemberian gratis minuman Pocari Sweat tanpa batas dalam kurun waktu satu tahun dan terus berusaha memajang produk minuman ini di totko toko langganan mereka, itu juga termasuk usaha dan pengelolaan dari dari perusahaan untuk tercapainya target pasar produk ini.

Kemudian strategi berikutnya dengan memberikan harga yang terjangkau namun menawarkan minuman yang memiliki banyak manfaat yaitu minuman kesehatan yang ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama saat beraktifitas berat di luar rumah, karena kebutuhan dan juga harga yang terjangkau tersebut maka minat dan permintaan poasar terus melonjak.


kemudian Hal yang mampu dikelola oleh perusahaan pencipta Pocari Sweat sehingga mampu menarik minat pasar selanjutnya yaitu dengan memperluas relasi atau jaringan distributor ke beberapa negara hal ini untuk memksimalkan pemasaran dan memudahkan konsumen dalam menjangkau lokasi penjualan, dan bertujuan untuk meningkatkan keuntungan dengan permintaan pasar yang terus menerus meningkat.



In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601051 RATIKA DELLA INDIANA -

izin menanggapi, berdasar video tersebut Otsuka gencar melakukan pendistribusian baik secara langsung melalui kantor cabang resmi maupun distributor-distributor yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedikitknya keuntungan yang diperoleh tentu saja akan menghambat proses pertumbuhan dan laju usaha yang sedang dikelola. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis yaitu melakukan pemasaran produk.  Pocari yang memiliki kesan menyegarkan dan Sweat artinya keringat. PT Amerta Indah Otsuka sebagai bagian dari strategi pemasaran agar Pocari Sweat semakin dikenal dan diterima masyarakat. PT Amerta Indah Otsuka pun terus melakukan edukasi pasar. Berbagai kegiatan komunikasi pemasaran digelar, mulai dari iklan di TV, media cetak, sponshorship. Pocari Sweat mendadak meningkat tajam. Penjualan Pocari Sweat mengalami pertumbuhan di atas 50% setiap tahun. Pocari Sweat merupakan produk yang sudah melewati uji klinis dan sudah terbukti khasiatnya, sehingga tetap dipercaya oleh konsumen. Pocari Sweat merupakan trust brand, bukan taste brand. Buktinya, Pocari Sweat tetap konsisten menjaga kualitasnya, mempertahankan segmen pasarnya, dan tidak terbujuk untuk mengeluarkan produk dalam berbagai rasa.walaupun banyak pesaing bermunculan dan banyak masalah yang timbul di pasar, Pocari Sweat saat ini masih menjadi pemimpin pasar minuman isotonik. Beberapa upaya yang dilakukan adalah dengan Peningkatan penggunaan produk dan menemukan penggunaan-penggunaan baru dengan berbasis pada pengelolaan loyalitas pelanggan. Peningkatan frekuensi penggunaan dapat dilakukan dengan mengubah pencitraan penggunaan Pocari Sweat yang hanya pada kondisi tertentu yang dipersepsikan konsumen (saat perjalanan jauh, olahraga, lelah dan dehidrasi) kepada pemakaian yang lebih sering dengan melakukan repositioning Terkait dengan hal tersebut, maka penting bagi perusahaan untuk tetap menguatkan posisi Pocari sweat sebagai minuman pengganti ion tubuh. PT Amerta Indah Otsuka tetap harus memfokuskan target pasarnya untuk kemudian mengembangkan asosiasi-asosiasi yang membangun atau mengembangkan berbagai ,kekuatan dari atribut merek, memberikan suatu point pembeda dan memberikan sesuatu untuk direspon oleh pasar target tersebut.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601015 YULTONIK -

Yultonik 2010601015

Pada awal munculnya Pocari Sweat, persepri masyarakat terhadap Pocari masih kabur sebagai minuman kesehatan (Healt Drink).

Segmen pasar yang ingin dibidik Pocari adalah masyarakat umum yang beranggapan bahwa minuman isotonik ini dapat memulihkan tenaga. AIO memiliki tim-tim khusus yang disiapkan untuk melakukan presentasi. Para salesman Pocari adalah marketer yang sekaligus berfungsi untuk memberikan edukasi dan penjelasan. Kemudian PT AIO melakukan promosi yang edukatif kepada konsumen. Dan membentuk armada detailer dan sampling program. Promosi yang dilakukan melalui kegiatan sampling dilakukan di berbagai target pasar potensial. Mereka berprinsip, jika konsumen tidak diberi kesempatan mencoba gratis, mungkin mereka tak akan pernah mencoba selamanya.

Hingga saat ini Pocari hadir sebagai health drink yang dikaitkan dengan dunia olah raga dan dapat menarik minat masyarakat. Sehingga produk ini mendapat sambutan cukup bagus, karena Pocari memang dibutuhkan untuk mengisi penyerapan cairan tubuh. Sehingga bila olahragawan minum Pocari sehabis olah raga tidak akan terjadi dehidrasi.


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601017 SINDI LUPITA SARI -
Yang mampu dikelola untuk menarik minat pasar yaitu produk yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat dan bisa diterima tentunya oleh masyarakat.Tim pemasaran juga dibutuhkan dalam pengelolaan minat pasar karena tim pemasaran memang dibentuk untuk membantu memasarkan produk dan juga promosi prusaan tentunya membutuhkan promosi penjualan untuk mengenalkan produk kepada masyarakat.
In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601048 YOGA INSAN WICAKSANA -
menurut saya dri video perusahaan pocari tersebut mampu mengelola informasi dengan baik karena mereka mengerti akan kebutuhan informasi tentang konsumen. selanjutnya perusahaan tersebut mampu mengembangkan informasi yang di dapat dengan menciptakan atau memproduksi suatu minuman yang berkali-kali di coba hingga rasa minuman dan khasiat minuman sesuai. dan cara memasarkan produk tsb perusahaan mendistribusikan informasi yang didapatkan dari sumber- sumber dalam bentuk yang tepat dan pada saat yang tepat. Dimana dalam kasus tsb, awalnya perusahaan memasarkan produk dengan memberikan produk secara gratis dalam jumlah yang banyak dan pada saat yang tepat ketika para konsumen melakukan banyak aktivitas dan mengeluarkan banyak keringat sehingga ketika meminum produk tsb terasa enak. Oleh karena itu, perusahaan mampu memasarkan produk secara maksimal
In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601056 ANAFIAH RUMUAR -

Nama : Anafiah Rumuar

Nim : 2010601056 


Proses pemasaran dimulai dengan pemahaman yang penuh tentang pasar dan kebutuhan serta keinginan konsumen. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan informasi yang dapat dipercaya untuk menghasilkan nilai dan kepuasan yang tinggi bagi pelanggan. Yang harus dikelolah oleh Perusahaan sehingga mampu menarik minat pasar adalah mengembangkan Strategi Pemasaran Produk yaitu memastikan memiliki produk yang kuat atau berkualitas. Sebelum menyusun strategi, perlu memastikan produk tersebut dibuat dengan mempertimbangkan target pelanggan dan apakah produk tersebut selaras dengan kebutuhan konsumen. Seperti halnya pocari sweat yang terus melakukan riset mengembangkan produk nya agar di minati para konsumen. Dan juga pocari sweat melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen merupakan strategi bisnis yang dilakukan oleh pebisnis.  



In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601057 ELIS SUJIMAH -

Izin menjawab,

Menurut saya yang mampu dikelola oleh perusahaan otsuka sehingga mampu menarik minat pasar adalah salah satunya mereka mampu menciptakan produk minuman kesehatan dengan kualitas yang baik dan tepat dengan apa yang mereka inginkan. Selain itu perusahaan tersebut juga mampu menilai informasi yang mereka dapat dengan baik. Lalu mereka bisa mengembangkan informasi yang mereka dapat dengan cara melakukan riset pemasaran. Mereka juga mampu mendistribusikan produk mereka di waktu yang tepaat, yaitu saat musim panas. Teknik pemasaran yang mereka gunakan juga sangat tepat, dengan melakukan pembagian secara gratis di tempat tempat yang sesuai dengan tujuan dari dibuatnya produk pocari sweat ini.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601013 MELAN -

Nama:Melan

NIM:2010601013

Dari video perkembangan kesuksesan minuman pocari sweat dapat saya simpulkan bahwa perusahaan mengalami maju mundur meskipun demikian mereka tetap konsisten dalam pembuatan minuman sehat itu. Dalam  pembuatan minuman  tersebut membutuhkan waktu  yang  sangat  lama  untuk  menciptakan rasa yang  enak dan  tidak  sakit ditenggorokan saat  diminum.dalam pembuatan minuman pocari sweat sudah  berapa kali  mengalami kegagalan pada bagian rasa.tetapi sang peneliti tetap  semangat melakukan percobaan berulang  kali untuk  hasil  yang  memuaskan.minuman pocari  sweat memang belum bisa diterima negara jepang meskipun demikian  produk pocari sweat akan  tetap  disebarluaskan.hal ini  merupakan upaya strategi pemasaran karena untuk meningkatkan minat  pasar  maka  perusahaan juga harus  bisa  menciptakan produk yang berbeda .

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601006 WULANDARI -
Wulandari/2010601006

 Izin menanggapi

Persepsi masyarakat yang masih kabur terhadap produk Pocari Sweat sebagai kesehatan dapat diubah dengan jalan melakukan promosi yang edukatif kepada konsumen. Hal ini sudah dijalankan Pocari Sweat yang sudah membentuk armada detailer dan program sampling. 

Ada beberapa strategi pemasaran yang tepat dijalankan untuk produk Pocari Sweat di tengah-tengah pesaing yang mulai bermunculan : 

1. Iklan di media cetak maupun televisi dengan jalan endors terhadap tokoh terkemuka yang kompeten terhadap produk minuman ini 

2. Pembuatan iklan lain yang pernah diluncurkan Pocari (Pocari Sweat Goes to Space). 

3. Menekankan positioning bahwa Pocari bukan semata-mata minuman untuk orang sakit, tapi minuman yang bisa dipakai kapan saja dan dalam kondisi apa 

saja. 

4. Penambahan varian kemasan bukan pada rasa ataupun bahan, dengan peluncuran kemasan sachet isi 15 gram yang harga ritelnya hanya Rp. 1.500,-. 

Dengan demikian, hal ini dapat diperluas Pocari ke segmen-segmen konsumen yang lebih rendah. 

Yang jelas kini di pasar Pocari bak pemain yang bermain sendiri, karena para pesaing di pasar minuman isotonik relatif diam dan pasarnya belum signifikan. Pocari hadir sebagai minuman kesehatan yang menyenangkan dengan dunia olah raga. Produk ini mendapat sambutan yang baik, karena Pocari dibutuhkan untuk mengisi cairan tubuh. Sehingga bila olahragawan minum Pocari sehabis olah raga tidak akan terjadi dehidrasi. 

 Melihat perkembangan pasar Pocari Sweat mulai dari awal peluncurannya di Indonesia pada tahun 1990 hingga sekarang, Pocari Sweat beberapa tahun terakhir ini cukup sukses meraup pangsa pasar yang ada. Bahkan pertumbuhan Pocari Sweat sendiri selama tahun 2006-2007 melampaui rata-rata industrinya dengan daya sebesar 31,6%. Dengan kondisi tersebut, Prayogo Sales & Marketing Director AIO mengklaim Pocari saat ini berada di posisi pemimpin pasar dengan pangsa pasar sekitar 50%.



In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601026 RIANTI -

Assalamu'alaikum wr.wb

Nama : Rianti

Nim    : 2010601026


ijin menjawab : Berdasarkan ilustrasi tersebut dapat dikaitkan bahwa aktivitas pemasaran inilah yang banyak memberikan pengaruh besar dalam perusahaan pocari sweat sebagai minuman spesial yang dapat di minum di setiap kesempatan. Perumusan masalah pocari sweat sebagai minuman isotonik yang  awalnya tidak di minati oleh konsumen, sehingga dapat memberikan kepercayaan kepada konsumen dengan produk tersebut yang memiliki kualistas bagus dan sangat di butuhkan bagi setiap orang,  akan tetapi karena dengan kegigihan pihak perusahaan pocari sweat yang tidak pantang menyerah dalam membuat suatu produk dengan kualitas yang bagus dan beda dari yang lain, akhirnya membuahkan hasil dan sehingga perusahaaan pocari sweat memiliki penghasilan yang terduga, bahkan sudah sampai di eskpor ke berbagai negara.  

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601032 AJENG AMELIA -
Ajeng amelia

2010601032


Tanggapan

Yang menjadikan perusahaan mampu menarik minat pasar karena perusahaan menyadari akan peluang besar di minat pasar.melakukan riset pasar yang sangat baik,presedir perusahaan terbilang sangat berani ketika mengambil keputusan dan mampu mempercayai sepenuhnya produk.


Untuk strategi marketing yang sangat baik,berani mengambil resiko kerugian untuk mengait atau menarik konsumen agar minat dengan produk pocari sweat.

Meskipun banyak rintangan atau kegagalan perusahaan terus melakukan inovasi untuk perbaikan produj agar dapat dikonsumsi oleh konsumen

Menurut saya itu yang membuat produk minuman pocari sweat yang mampu menarik minat pasar.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601054 ADIYAT DIKA TAUDI -

Tanggapan saya mengenai video tersebut adalah..

Pocari Sweat merupakan produk inovatif yang berawal dari pemikiran salah satu pendirinya bahwa cairan infus merupakan cairan pengganti tubuh yang hilang. Hal tersebut menjadi awal atau sejarah terciptanya “pocari sweat”, salah satu pendiri itu berpikir bagaimana cara menciptakan dan mengolah cairan yang layak dipakai. Selain itu, otsuka pharmaceutical menguasai pasar dalam negeri untuk cairan infus. Selanjutnya, mereka berpikir cara mengembangkan cairan tersebut supaya dapat diminum atau layak konsumsi. Tiga tahun berikutnya, seorang peneliti muda menyampaikan konsep rasa yang tidak membosankan dan enak di tenggorokan, dan merupakan minuman kesehatan. Minuman dengan tujuan menambah kadar air dalam tubuh yang baik untuk kesehatan merupakan produk yang inovatif. Dalam pengembangan produk tersebut ditemukan hambatan dan tantangan, pertama beberapa sampel saat mencoba minuman tersebut mengatakan “tidak enak” namun, direktur pimpinan yakin bahwa minuman ini akan menjadi minuman yang populer dan dapat diterima di masyarakat dan pasar ekonomi nasional maupun internasional. Strategi marketing dari perusahaan tersebut yang pertama pengenalan produk pada masyarakat, karyawan marketing menargetkan setiap kedai atau toko memajang pocari sweat minimal satu, sebagai bentuk pengenalan produk pada masyarakat. Konsumen atau masyarakat awalnya kurang menerima rasa dari minuman pocari sweat, namun strategi marketing terus dijalankan, mereka membuka kios di beberapa event supaya konsumen dapat mencoba langsung. Reaksi konsumen sangat buruk terhadap penjualan produk pocari sweat, selanjutnya direktur membuat kebijakan untuk memberikan pocari sweat secara gratis setiap hari ( secara tidak terbatas ), keunggulan pocari sweat tidak dapat dirasakan sekali dua kali tetapi harus rutin, hal tersebut yang melatarbelakangi kebijakan pemberian pocari sweat secara gratis. Mensosialisasi atau mengenalkan produk jauh lebih penting daripada menjual. Operasi pembagian Pocari Sweat secara gratis di tempat yang berpotensi masyarakat mengeluarkan keringat di seluruh kota Jepang menjadi alternatifnya. Pengambilan keputusan untuk pemberian minuman pocari sweat secara gratis sepanjang tahun, merupakan kebijakan high risk, tetapi juga high return. Sampai akhirnya pocari sweat laku di pasar nasional dan internasional dan menjadi produk minuman kesehatan paling laku. Kesimpulannya, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal harus ada hal - hal yang dikorbankan, termasuk biaya dan bersedia menanggung kerugian, untuk mendapatkan keuntungan di masa depan, seperti investasi ( keuntungannya tidak dirasakan saat ini tapi di masa depan ).

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601024 TUBAGUS MAULANA -
Tanggapan saya untuk vidio itu adalah perusahaan otsuka, pocari sweet ini menghadapi beberapa masalah di lapangan, namun mereka mereka mampu mencari solusi dan mengambil keputusan yang tepat,Walaupun dalam pembuatan nya mengalami maju mundur namun mereka tetap konsisten untuk tetap berusaha mencari formula yang pas dan juga tetap memiliki manfaat yang besar,hasil hasil riset yang diciptakan di sesuaikan juga dengan keinginan konsumen. Perusahaan dengan baik memahami keinginan pasar dan konsumen sehingga terciptalah produk pocari sweat. disini perusahaan mempercayai seorang yang dapat dipercaya untuk memberikan hasil nilai dan kepuasan yang tinggi bagi konsumenkonsumen dan informasi yang mereka dapatkan sehingga kemajuan dari perusahaan pocari tersebut bisa stabil dan bahkan memiliki grafik naik di pasaran maka dari situlah perusahaan pocari tetap dapat bersaing di pasar konsumen. 
In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601040 AINUN LAHASA PUTRI -

Hal yang dapat simpulkan dari perusahaan Otsuka tersebut, dengan pantang menyerah sang peneliti berusaha menciptakan cita rasa minuman kesehatan yang pas di lidah dengan arahan presdir. Jatuh bangun yang mereka lewati hal itu karena cara kerja mereka dalam mengelola informasi sangat baik. Setelah banyak pertimbangan pun perusahaan terus mengembangkan jaringan pemasaran agar produk yang mereka hasilkan dapat diakui manfaat dan tujuannya. Tak lupa seorang presdir yang mengambil keputusan dengan berani untuk menanam benih kesuksesan di awal, demi akhir dan pencapaian yang memuaskan. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601036 ALEX SAPUTRA -
saya izin menjawab

Nama:Alex saputra

nim:2010601036

Setelah saya mengamati ilustrasi Vidio dari Perusahaan pocari sweet tersebut yang mampu dikelola oleh perusahaan tersebut adalah  strategi pemasaran yang sangat baik,berani mengambil resiko kerugian untuk mengait atau menarik konsumen agar minat dengan produk pocari sweat.

Meskipun banyak rintangan atau kegagalan perusahaan terus melakukan inovasi untuk perbaikan produk agar dapat dikonsumsi oleh konsumen

Menurut saya itu yang membuat produk minuman pocari sweat yang mampu menarik minat pasar.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601022 SALSABILA NAILUNNUHA -

salsabila nailunnuha

2010601022

bisnis minuman isotonik dengan merk "pocari sweat" dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang pesat. sehingga produsen yang membuat produk ini yaitu PT. Amerta Indah Otsuka mampu merebut pangsa pasar. namun keberhasilan proses ditribusi tidak begitu mudah di lakukan perusahaan ini, mereka harus melakukan penelitian dari rasa, kadar gula sampai mengulang 1000 lebih penelitian, dan mereka tidak pernah menyerah meskipun harus menunggu 3 tahun untuk mendapatkan kualitas produk yang diinginkan.  pertama kali pocari sweat dipasarkan masyarkat menentang dengan rasa yang di berikan namun direktur tetap yakin bahwa minuman ini akan laku keras dikemudian hari karena pocari sweat adalah minuman pertama yang bisa mencegah dehisrasi. direktur membuat keputusan untuk membagikan secara gratis tanpa memikirkan kerugian yang di alami perusahaan namun yakin dengan keuntungan yang  lebih besar akan di  dapatkan di masa mendatang. 


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601031 ARDIYAH AZIZAH -

Pembahasan mengenai pentingnya informasi bagi sebuah perusahaan. Pemahaman pasar dan konsumen menjadi bagian yang penting dalam pembuatan produk. Tanggapan saya mengenai ilustrasi dari video tersebut ialah sistem marketing perusahaannya sangat baik karena lebih mengedepankan bagaimana produk tersebut bisa diterima oleh masyarakat. Trik marketing yang digunakan memanglah mengait kerugian terlebih dahulu karena membagikan produk secara gratis. Akan tetapi itu strategi perusahaan untuk memperkenalkan serta memasukkan bagaimana produk bisa dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu perusahaan pocari mampu mengelola dengan baik informasi yang mereka dapatkan, oleh karena itu pentingnya tidak ada miss komunikasi didalam sebuah perusahaan dapat menyelesaikan permasalahan serta membangun perusahaan bersama-sama.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601010 VERAWATI -

Setelah melihat video ilustrasi tersebut tanggapan saya yaitu perusahaan tersebut pada akhirnya meraih kesuksesan walaupun telah mengalami kegagalan besar. Direktur perusahaan tersebut mampu melihat peluang pasar yang tepat berdasarkan pengalaman karyawannya sehingga mampu membuat produk minuman pocari sweat dengan formula yang pas. Selain tentang rasa yg pas minuman tersebut juga memiliki manfaat dan khasiat yang baik bagi konsumen.

Namun setelah pembuatan pocari sweat, produk tersebut belum bisa diterima oleh masyarakat saat itu. Sehingga perusahaan mengambil keputusan untuk membagikan produk tersebut secara gratis walaupun mengalami kerugian yang cukup besar. 

Pada akhirnya, pocari sweat mampu menarik minat konsumen setelah mengetahui khasiat dan manfaat minuman tersebut. Kemudian pada tahun kedua penjualan pocari sweat meningkat 2-3 kali lebih besar dari tahun sebelumnya. 

Hal yg dilakukan oleh perusaahan pocari sweat tersebut merupakan salah satu marketing perusahaan untuk mengenalkan produk mereka kepada banyak orang sehingga dapat diterima oleh konsumen dan mampu meraih kesuksesan penjualan yang besar pada tahun berikutnya.

Jadi, kaitan video tersebut dengan materi perkuliahan kita hari ini yaitu mengelola informasi pemasaran sangat penting. Kita dapat mengetahui tentang bagaimana cara perusahaan mengembangkan dan mengelola informasi tentang elemen elemen pasar yang penting tentang pelanggan, pesaing, produk dan program pemasaran serta bagaimana cara perusahaan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan tentang pemasaran.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601058 NIDA SALSABILA -

 Simpulan saya menurut ilustrasi video di grup wa.

Yang mampu dikelola oleh perusahaan tersebut sehingga mampu menarik minat pasar adalah mereka mengutamakan kualitas produk Langkah pertama agar pelaku bisnis dapat mengendalikan pasar adalah dengan mengedepankan kualitas produk. Produk yang dijual dengan merek sudah terkenal bagus memiliki peluang besar dalam menarik banyak pembeli. 


Berikan harga yang sesuai. Sebelum memutuskan membeli suatu barang, rata-rata pembeli juga akan mempertimbangkan harga. Bahkan, harga dapat menjadi bagian penting bagi setiap konsumen dalam menentukan produk yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Harga yang menarik bisa memikat perhatian calon pembeli terlebih jika sudah mengetahui kualitas produk yang dijual. Selain dengan memberikan harga barang yang sesuai, mempromosikan potongan harga pada waktu tertentu seperti saat weekend dapat menjadi strategi efektif untuk menguasai pasar. Dalam menentukan harga sebaiknya pertimbangkan dari beberapa faktor, misalnya bisnis makanan mulai dari bahan pokok, tenaga, hingga beban atau biaya lainnya sampai dengan keuntungan dapat diperhitungkan.


Perluas jaringan distribusi barang juga bisa Untuk memaksimalkan pemasaran dan memudahkan konsumen dalam menjangkau lokasi penjualan maka strategi selanjutnya adalah memperluas jaringan distribusi barang (sesuai dengan produk yang dijual). Seperti bisnis makanan ringan, dapat mengajak kerja sama pemilik minimarket, warung, dan tempat-tempat lainnya yang sering dikunjungi banyak orang. Selain mudah menguasai pasar, pendistribusian tersebut juga memungkinkan penjualan bertambah maksimal. Jalin kerja sama yang baik dengan pihak ketiga atau tempat mendistribusikan barang demi kelancaran usaha ke depan.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601009 NI LUH SUKERENI -
Tanggapan saya setelah melihat vidio ilustrasi tersebut adalah, sistem pemasaranya yang sangat baik. walaupun sudah mengalami kegagaalan yang besar namun pemasaran tetap dilakukan secara bertakap dan konsisten. dengan beberapa trik dan proses pemasaran oleh direktur membuat minuman pocari swet yang berasal dari pengalaman pegawai, mengumpulkan informasi yang akurat, sistem pemasaran yang tepat, sehingga pada tahun ke 2 penjualan meningkat hampir 3 kali lebih besar dari tahun sebelumnya. pemanfaatan informaasi yang akurat sehingga menemukan formula minuman yang sangat baik. informaaasi yang baik juga tentantang pemasaran yang tepat diwaktu yang tepat menjadi salah satu pembelajaran yang sangat baik dimana sebagai pelaku usaha tidak boleh untuk menyerah meskipun gagal berkali kali karena ada masa yang tepat untuk menjadi sukses.
In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601053 ANDRES DWI ALFIANTO -

Bedasarkan video tersebut, Otsuka Pharmaceutical mengenali peluang usaha dengan mencoba membuat minuman kesehatan, mereka mengembangkan produk baru dengan harapan dapat diterima dan memperoleh pangsa pasar yang luas.

Perencanan dan operasionalisasi usaha minuman kesehatan ini awalnya sangat buruk, pasar dan konsumen hampir tidak menerima rasa yang ditawarkan oleh PT Otsuka, akan tetapi mereka berani mengambil resiko dengan tetap menawarkan produk karena yakin terhadap produk yang mereka tawarkan memiliki keunggulan tersendiri.

PT Otsuka mengelola keuangan mereka yang hampir saja devisit dan mengalami kerugian yang besar dengan mencoba menawarkan kembali produk tersebut melalui beragam cara, alhasil penjualan produk minuman kesehatan Pocari Sweat mampu memutar aset total yang awalnya digunakan sebagai modal operasional perusahaan

Strategi Pemasaran Pocari Sweat dilakukan dengan beragam cara, baik dengan pengenalan pasar, pendistribusian pintu ke pintu, hingga penggelompokan konsumen tertentu, menurut history yang terjadi Pocari Sweat memiliki konsumen atau pangsa pasar untuk orang yang sedang berkeringat sebagai pengganti ion tubuh.

Dampak secara lingkungan global, PT Otsuka tentunya berhasil membawa kesuksesan hingga ke seluruh negara, karena minuman kesehatan ini menyebar secara internasional. tentu dapat dilihat bahwasanya hal ini menjadi pemicu perekonomian negara Jepang.


In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601033 FANISYA DWI ANGRAENI -

tanggapan saya, sistem pemasaran yang sangat baik karena sudah mangalami kegagalan yang besar tanpa memandang kerugian yang dialami perusahaan namun perusahaan terus melakukan inovasi perbaikan pruduk, pada akhirnya perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan 3x lipat dari kerugian tersebut pada tahun ke-2 setelahnya yaitu tepat pada saat musim panas.  perusahaan harus memiliki informasi yang baik, pemasaran yang tepat, agar menjadi pembelajaran yang sangat baik dimana sebagai pelaku usaha tidak boleh untuk menyerah begitu saja karena berkat kerja keras dan keyakinan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Tanggapan video ilustrasi dalam mengelola informasi pemasaran

by 2010601011 ARIK SETYAWAN PAMUNGKAS -

Proses pemasaran dimulai dengan pemahaman yang penuh tentang pasar dan kebutuhan serta keinginan konsumen.

 

Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan informasi yang dapat dipercaya untuk menghasilkan nilai dan kepuasan yang tinggi bagi pelanggan.

 

Yang harus dikelolah oleh Perusahaan sehingga mampu menarik minat pasar adalah mengembangkan Strategi Pemasaran Produk yaitu memastikan memiliki produk yang kuat atau berkualitas.

 

Sebelum menyusun strategi, perlu memastikan produk tersebut dibuat dengan mempertimbangkan target pelanggan dan apakah produk tersebut selaras dengan kebutuhan konsumen.

 

Seperti halnya pocari sweat yang terus melakukan riset mengembangkan produk nya agar di minati para konsumen. Dan juga pocari sweat melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen merupakan strategi bisnis yang dilakukan oleh pebisnis.