Forum Diskusi Teori 11

Forum Diskusi Teori 11 Kelas B

Re: Forum Diskusi Teori 11 Kelas B

by 1910106095 BERLIANA CANTIKA PUTRI -
Number of replies: 0

Assalamualaikum wr wb, Saya Berliana Cantika Putri (1910106095) izin menjawab tentang rencana pertolongan persalinan selama pandemi Covid-19 ini.  Melahirkan di Tengah Pandemi Covid-19

Prinsip utama dalam persiapan melahirkan di kala pandemi ini adalah menerapkan protokol kesehatan supaya tak terjangkit Covid-19. Ibu hamil dan keluarganya wajib menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.


Batasi pula aktivitas di luar rumah dan tetap rutin berolahraga dan menjaga pola makan demi kesehatan ibu dan bayi. Persiapan melahirkan bagi ibu hamil juga mencakup rencana pemeriksaan trimester kehamilan atau tiga bulanan. 

Berikut ini panduan dari Kementerian Kesehatan:


Screening atau penyaringan faktor risiko diperlukan dalam pemeriksaan pertama kehamilan. Karena itu, ibu hamil dianjurkan datang ke dokter untuk diketahui apakah ada faktor risiko yang bisa mengganggu persiapan melahirkan. Sebaiknya buat janji dulu sebelum datang ke rumah sakit agar tak menunggu terlalu lama. Kenakan masker.

Pemeriksaan kehamilan pada trimester kedua bisa ditunda. Pemeriksaan bisa digantikan dengan konsultasi online. Tapi bila ada tanda bahaya, ibu hamil harus menuju rumah sakit segera.

Pemeriksaan kehamilan pada trimester ketiga wajib dilakukan satu bulan sebelum hari perkirakan lahir bayi.

Rutin memantau kondisi sendiri sehingga bisa langsung ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat jika ada tanda risiko bahaya.

Deteksi gerakan janin secara mandiri mulai usia kehamilan 20 minggu. Setelah 28 minggu, pastikan ada minimal 10 gerakan janin per 2 jam.

Ibu hamil tak perlu mengikuti senam kehamilan di rumah sakit. Sebagai ganti, bisa ikut kelas online dan dibarengi dengan rutin olahraga dan makan makanan dengan gizi seimbang.

Pilihan Tempat Melahirkan yang Aman dan Tepercaya

Persiapan melahirkan di tengah pandemi Covid-19 juga mesti memperhatikan tempat persalinan. Pastikan lokasi melahirkan itu aman dan tepercaya, terutama dalam kaitan dengan wabah virus corona. Anda bisa memilih melahirkan di bidan atau rumah sakit. Yang jelas, pastikan lokasinya tidak menjadi rujukan pasien Covid-19. Lebih baik lagi jika fasilitas pelayanan kesehatan itu memiliki gedung sendiri atau ruang terpisah dari gedung perawatan lain untuk penanganan persalinan. Dengan demikian, risiko penularan corona saat persalinan bisa diminimalkan.