Kuliah Teori Anatomi SIstem Integumentum Ibu Nurul Kurniati Kelas B

Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by nurul kurniati -
Number of replies: 120
In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, baik ibu

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101081 DEBY AMNASARI -

asslamualikum warahmatullahi wabarakatuh,saya Deby Amnasari (2110101081)izin bertanya pada integumen perubahan lansia menjadi berperilaku seperti anak- usia1- 3 tahun  pada laki-laki dan perempuan apakah itu kelaiianan atau memang itu perubahan yang wajar?

In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Assalamu'alaikum wr wb

Nama : putri Wafa Norashila Dewi

Nim : 2110101069

Izin bertanya Bu, Di kuku terdapat bagian putih atau yang disebut lanula/bulan sabit. Jika ke 20 kuku kita tidak semua memiliki lanula, apakah itu bahaya atau terdapat tanda kita memiliki sebuah penyakit?

Terimakasih bu

Wassalamu'alaikum wr wb

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101099 VIANITADEVI -

Assalamualaikum, saya Vianitadevi NIM 2110101099 izin menjawab pertanyaan ibu

Dalam lunula terdapat matriks kuku yang penting peranannya dalam mengatur pertumbuhan kuku. Tidak tampaknya lunula memang bisa terjadi pada beberapa penyakit, seperti anemiagangguan jantungmalnutrisi, atau beberapa jenis kelainan jaringan ikat. Perawatan kuku yang tidak tepat, infeksi, juga cidera di sekitar kuku juga bisa menyebabkan lunula menjadi rusak dan samar terlihatnya. Namun, tidak tampaknya lunula saja tidak lantas bisa dijadikan patokan dalam menilai status kesehatan seseorang. Tidak sedikit orang sehat yang sejak lahirnya tidak memiliki lunula sama sekali.

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

Saya Nurul sabillah Nim 2110101124 izin menjawab pertanyaan putri wafa.


Sebelum saya menjawab saya akan menjelaskan apa itu laluna. Jadi, Lunula adalah istilah medis untuk bulan sabit keputihan di dasar kuku. Dalam lunula terdapat matriks kuku yang penting peranannya dalam mengatur pertumbuhan kuku. Oleh karena itu, Tidak tampaknya lunula memang bisa terjadi pada beberapa penyakit, seperti anemiagangguan jantungmalnutrisi, atau beberapa jenis kelainan jaringan ikat. Perawatan kuku yang tidak tepat, infeksi, juga cidera di sekitar kuku juga bisa menyebabkan lunula menjadi rusak dan samar terlihatnya. Namun, tidak tampaknya lunula saja tidak lantas bisa dijadikan patokan dalam menilai status kesehatan seseorang. Tidak sedikit orang sehat yang sejak lahirnya tidak memiliki lunula sama sekali.


Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan. Terima kasih

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101082 SITI MAESARAH -

Nama : siti maesarah

Nim : 2110101082

Izin menjawab pertanyaan dari putri wafaa

Bulan sabit pada dasar kuku disebut dengan lunula. Lunula ini sesungguhnya merupakan bagian dari akar kuku. Pada lunula ini terdapat matriks yang penting peranannya dalam pertumbuhan kuku. Jadi, meski kuku Anda dicabut, maka lunula ini tetap akan bertahan, sehingga kuku masih bisa tumbuh kembali.Kondisi lunula memang bisa merupakan indikator dari beberapa kondisi medis tertentu. Tidak adanya lunula di salah satu atau beberapa kuku bisa terjadi pada penderita anemia (hemoglobin darah rendah). Tidak tampaknya lunula pada kondisi ini bisa terjadi akibat bagian sekitarnya yang berwarna lebih pucat. Sehingga lunula menjadi tidak terlihat. Selain anemia, tidak adanya lunula juga bisa terjadi pada penderita malnutrisi.akan tetapi, tentu kondisi lunula saja tidak bisa dijadikan patokan dalam menentukan derajat kesehatan seseorang. Karena pada banyak kasus, ada juga orang yang terlahir tanpa lunula sedikitpun meski kondisi tubuhnya sehat. Di samping itu, bisa juga lunula menjadi rusak, misalnya akibat cidera saat manicure, atau perawatan kuku lainnya. Oleh karenanya, diperlukan konfirmasi dengan hasil pemeriksaan lain, mulai dari wawancara, pemeriksaan fisik, atau pemeriksaan penunjang lain, seperti laboratorium, rontgen, dan sebagainya.

Sekian jawaban dari saya maaf apabila ada kesalahan.

Semoga membantu.


In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101078 SABILLA RATU CETRIN -

Waalaikumsalam Wr Wb

Saya Sabilla Ratu Cetrin, NIM 2110101078 

Izin menjawabpertanyaan mba putri wafa

Dalam lunula terdapat matriks kuku yang penting peranannya dalam mengatur pertumbuhan kuku. Ketika lunula tidak terlihat memang bisa terjadi pada beberapa penyakit, seperti anemia, gangguan jantung, malnutrisi, atau beberapa jenis kelainan jaringan ikat. Perawatan kuku yang tidak tepat, infeksi, dan cidera di sekitar kuku juga bisa menyebabkan lunula menjadi rusak dan terlihat samar. Namun, tidak terlihatnya lunula saja tidak bisa dijadikan patokan dalam menilai status kesehatan seseorang. Tidak sedikit orang sehat yang sejak lahirnya tidak memiliki lunula sama sekali.

In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Assallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu , saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin menjawab pertanyaan dari saudari putri wafa.

Bulan sabit pada dasar kuku disebut dengan lunula. Lunula ini sesungguhnya merupakan bagian dari akar kuku. Pada lunula ini terdapat matriks yang penting peranannya dalam pertumbuhan kuku. Jadi, meski kuku Anda dicabut, maka lunula ini tetap akan bertahan, sehingga kuku masih bisa tumbuh kembali.

Kondisi lunula memang bisa merupakan indikator dari beberapa kondisi medis tertentu. Tidak adanya lunula di salah satu atau beberapa kuku bisa terjadi pada penderita anemia (hemoglobin darah rendah). Tidak tampaknya lunula pada kondisi ini bisa terjadi akibat bagian sekitarnya yang berwarna lebih pucat. Sehingga lunula menjadi tidak terlihat. Selain anemia, tidak adanya lunula juga bisa terjadi pada penderita malnutrisi.

Akan tetapi, tentu kondisi lunula saja tidak bisa dijadikan patokan dalam menentukan derajat kesehatan seseorang. Karena pada banyak kasus, ada juga orang yang terlahir tanpa lunula sedikitpun meski kondisi tubuhnya sehat. Di samping itu, bisa juga lunula menjadi rusak, misalnya akibat cidera saat manicure, atau perawatan kuku lainnya. Oleh karenanya, diperlukan konfirmasi dengan hasil pemeriksaan lain, mulai dari wawancara, pemeriksaan fisik, atau pemeriksaan penunjang lain, seperti laboratorium, rontgen, dan sebagainya.


In reply to 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101103 ALFINA FEBRIYANI -

assalamualaikum wr.wb nama alfina febriyani_2110101101 disini saya akan menjawab pertanyaan putri wafa

Lunula yang tidak tampak atau tidak ada pada kuku tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun jika lunula mengalami perubahan warna dan atau bentuk yang tidak lazim, maka Anda perlu waspada.
Salah satu bentuk lunula tidak sehat adalah Azure Lunula atau biasa disebut Blue nails. Azure lunula adalah jenis lunula yang mengalami perubahan warna menjadi warna biru. Azure lunula menjadi salah satu indikator penyakit Wilson, yaitu sebuah penyakit keturunan yang menyebabkan adanya penumpukan tembaga dalam jaringan-jaringan penting tubuh seperti otak dan hati.

In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

 Waalaikumsalam wr wb. Baik bu.




Saya Nurul sabillah Nim 2110101124 izin bertanya bu. Kenapa perempuan kebanyakkan rontok rambut bahkan hampir setiap hari selalu ada yg rontok sedangkan pada laki² jarang ada yg rontok rambut bu. Apa yang membedakan pertumbuhan rambut laki² dgn perempuan bu.? Dan bagaimana cara mengatasi rontok rambut pd perempuan bu? Terima kasih bu😊🙏🏻

In reply to 2110101124 NURUL SABILLAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101078 SABILLA RATU CETRIN -

Waalaikumsalam Wr Wb

SayaSabilla Ratu Cetrin, NIM 2110101078

Izin menjawab pertanyaan dari mba Nurul

Secara struktur, tidak ada perbedaan besar antara rambut pria dan wanita.

Rambut terbuat dari protein keras yang disebut keratin, dan bertumbuh dari folikel yang tertanam di bawah kulit kepala. Pembuluh darah di kulit kepala memberikan nutrisi untuk folikel, dan memberikan asupan hormon yang dapat mengubah laju pertumbuhan dan struktur rambut pada waktu yang berbeda sepanjang hidup manusia.

 Setelah rambut keluar dari kulit kepala, rambut tidak lagi hidup. Folikel akan terus melepaskan minyak alami untuk melindungi rambut mulai dari akar hingga ke ujung rambut.

 Pada umumnya, laju pertumbuhan rata-rata rambut manusia adalah 15 centimeter per tahun. Karena pola dan siklus pertumbuhan alami rambut berbeda antara satu orang dan lainnya dan tidak terkait langsung dengan gender, rambut wanita tidak selalu tumbuh lebih cepat daripada rambut pria. Laju pertumbuhan rambut paling dipengaruhi oleh pola makan dan faktor biologis dari setiap individu.

 Asupan vitamin yang baik, seperti vitamin A, B, C, dan E dapat mempercepat laju pertumbuhan rambut. Walaupun hormon memainkan peran dalam mempertahankan keawetan rambut, hormon tidak benar-benar memfasilitasi pertumbuhan. Pada wanita, hormon estrogen menyebabkan wanita akan lebih jarang mengalami kerontokan, sedangkan androgen pada pria memiliki kontribusi langsung terhadap kebotakan rambut kepala dan peningkatan pertumbuhan rambut di tubuh.

In reply to 2110101124 NURUL SABILLAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101087 NABILA DELA ALIFA -

Assalamualaikum ibu saya Nabila Dela Alifa izin menjawab

 Rambut rontok atau alopecia dialami oleh 70% pria dan 40% wanita selama masa hidupnya. Jenis dari kerontokan rambut pada pria dan wanita yang paling umum terjadi adalah androgenetic alopecia.

Kasus androgenetic alopecia pada pria biasanya akan menyebabkan garis rambut semakin mundur. Keadaan ini dapat menyebabkan kebotakan sebagian atau total.

Sedangkan pada wanita, kerontokan rambut biasanya baru terjadi setelah memasuki masa menopause. Ini karena di saat tersebut, wanita akan mengalami penurunan hormon secara drastis.

rambut rontok lebih sering terjadi pada pria. Namun hal ini tidak serta-merta membuat wanita ‘kebal’ terhadap keluhan rambut rontok. Karena pada dasarnya, rambut rontok tidak hanya disebabkan oleh faktor hormonal, tapi juga oleh stres, penyakit, konsumsi obat-obatan, riwayat trauma, hingga gangguan nutrisi.


In reply to 2110101124 NURUL SABILLAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101087 NABILA DELA ALIFA -

Assalamualaikum ibu saya Nabila Dela Alifa izin menjawab

 Rambut rontok atau alopecia dialami oleh 70% pria dan 40% wanita selama masa hidupnya. Jenis dari kerontokan rambut pada pria dan wanita yang paling umum terjadi adalah androgenetic alopecia.

Kasus androgenetic alopecia pada pria biasanya akan menyebabkan garis rambut semakin mundur. Keadaan ini dapat menyebabkan kebotakan sebagian atau total.

Sedangkan pada wanita, kerontokan rambut biasanya baru terjadi setelah memasuki masa menopause. Ini karena di saat tersebut, wanita akan mengalami penurunan hormon secara drastis.

rambut rontok lebih sering terjadi pada pria. Namun hal ini tidak serta-merta membuat wanita ‘kebal’ terhadap keluhan rambut rontok. Karena pada dasarnya, rambut rontok tidak hanya disebabkan oleh faktor hormonal, tapi juga oleh stres, penyakit, konsumsi obat-obatan, riwayat trauma, hingga gangguan nutrisi.


In reply to 2110101124 NURUL SABILLAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Assallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu, saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin menjawab pertanyaan dari saudari nurul sabilla.

Penyebab rambut rontok berlebihan pada wanita lebih sering disebabkan faktor genetik dan masalah hormonal. Istilah ilmiahnya alopecia androgen. Terjadi penyusutan folikel rambut oleh hormon yang disebut dihydrotestosterone (DHT). Hormon ini dimiliki wanita, tetapi lebih banyak dijumpai pada pria.

ambut rontok berlebihan (lebih dari 100 helai per hari) secara medis disebut sebagai telogen effluvium. Kerontokan ini terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala sehingga tidak menyebabkan kebotakan pada satu area saja (pitak).

Akibatnya, rambut tampak tipis secara keseluruhan. Kondisi ini bisa terjadi setelah tubuh mengalami stres atau tertekan, baik secara fisik maupun emosional.

Secara umum, rambut rontok berlebihan dan pertumbuhan rambut yang lambat, bisa disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

  • Stres secara emosional, misalnya kehilangan pekerjaan, sedang menjalani proses perceraian, keluarga sakit parah, dan sebagainya
  • Stres fisik yang intensif, seperti melahirkan atau beban pekerjaan yang tinggi
  • Adanya perubahan hormonal, seperti yang terjadi pada wanita hamil atau setelah melahirkan dan saat menyusui
  • Kekurangan gizi, seperti protein dan zat besi, misalnya pada penderita gangguan makan
  • Menderita penyakit tertentu, seperti infeksi berat, alopecia areata, penyakit kelenjar tiroid, infeksi jamur di kepalapenyakit autoimun, dan sifilis
  • Efek samping obat-obatan, seperti pemakaian pil KB, vitamin A dosis tinggi, obat antidepresan, dan obat hormonal
  • Mengalami demam tinggi, anemia parah, atau baru sembuh dari sakit
  • Berat badan turun 9 kg atau lebih
  • Baru sembuh dari sakit.
  • Menjalani pengobatan tertentu, seperti kemoterapi atau terapi radiasi.
  • Penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras, seperti cat rambutbleaching rambut, atau kebiasaan menggunakan pemanas rambut.

Rambut rontok berlebihan atau telogen effluvium bisa terjadi pada pria maupun wanita dari segala usia. Namun, wanita lebih sering mengalami hal ini, terutama jika ada perubahan hormonal.

Rambut rontok berlebihan biasanya mulai terjadi antara 1–2 bulan setelah stres atau kondisi medis tertentu menimpa Anda.

Mengatasi Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Dalam beberapa kasus, rambut rontok berlebihan tidak membutuhkan pengobatan khusus. Rambut Anda bisa tumbuh dan tebal kembali dalam beberapa bulan, terutama jika akar masalah atau penyebab rambut rontok berlebihan sudah teratasi.


In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH -

Assalamu'alaikum bu saya Annisa adzakiyyatul khairiyah nim 2110101094 izin bertanya bu 


Bu saya mempunyai saudara perempuan yang warna rambut nya memutih seperti beruban padahal dia masih SMA kelas 2.pertanyaan saya apakah penyebabnya karena memiliki kelainan pigmen rambut atau ada faktor lain ? 


Terimakasih bu

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Assalamu'alaikum wr wb

Nama : putri Wafa Norashila Dewi

Nim : 2110101069

Izin menjawab

Penyebab uban tumbuh di usia muda adalah karena adanya pola makan yang buruk serta kekurangan asupan gizi. Antara lain kekurangan hormon tiroid, Vitamin B12 dan Vitamin D, zinc, selenium, zat besi, tembaga dapat membuat rambut beruban sebelum waktunya.

Terimakasih dan mohon maaf jika salah

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101067 MELLYNDA FORTIUS -

waalaikumsalam. saya Mellynda Fortius 2110101067, izin menjawab pertanyaan annisa.

Vitamin B-12 adalah vitamin yang bermanfaat untuk pembentukan protein, sel darah dan jaringan. Kekurangan vitamin B-12 adalah salah satu penyebab paling umum dari rambut beruban sebelum waktunya. Ini karena vitamin B-12 dapat melindungi rambut Anda agar tidak beruban.

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

Saya nurul sabillah nim 2110101124 izin menjawab.


Penyebab Adanya uban di usia muda juga bisa disebabkan karena pola makan yang buruk serta kekurangan asupan gizi. Antara lain kekurangan hormon tiroid, Vitamin B12 dan Vitamin D, zinc, selenium, zat besi, tembaga dapat membuat rambut beruban sebelum waktunya.

Ada beberapa penyebab muncul uban di usia muda, di antaranya faktor genetik, berganti-ganti sampo, hingga tingkat stres yang tak terkendali. Selain itu, kurangnya asupan gizi juga dianggap menjadi faktor umum tumbuhnya uban di usia muda.


Terima kasih.

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Uban atau rambut berwarna putih itu sering dikaitkan dengan orang lansia. Padahal, penyebab uban bukan hanya proses penuaan. Ada beragam hal yg juga dpt menyebabkan munculnya uban di kepala. Folikel atau tempat tumbuhnya rambut memiliki sel pigmen atau zat pemberi warna yg disebut melamin. Kadar melamin di dalam tubuh seseorang dpt berubah seiring waktu. Ada dua jenis melqmin yg menentukan warna rambut, yaitu eumelanin dan pheomelamin. Rambut akan berwarna lebih gelap jika eumelanin lebih dominan daripada pheomelamin. Sementara itu, jumlah melanin yg sedikit membuat rambut tumbuh menjadi berwarna abu-abu, perak, dan akhirnya putih. Penyebab tumbuhnya uban yaitu :

- usia 

- genetik 

- kondisi kesehatan

- kebiasaan merokok

- pengobatan


In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101088 SHALIHATI AL IZZATI -

Waalaikumsalam, saya Shalihati Al Izzati 2110101088 izin menjawab pertanyaan dari Annisa.

Ada beberapa faktor penyebab rambut memutih di usia remaja, yaitu genetika, efek bahan kimia pada produk rambut, kekurangan vitamin b12, stress, gangguan kelenjar, dan pola makan yg buruk serta kurangnya asupan gizi.

Maaf jika ada kesalahan, terimakasih 🙏🏻

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Saya Mariana Ulfa izin menjawab 


Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut ubanan diusia muda yaitu karna pola makan yang kurang baik serta akibat dari kekurangan gizi baik vitamin maupun zat besi 

Terimakasih mohon dikoreksi

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101068 IRNA RARA JUNIKA -
Waalaikumsalam,saya IRNA RARA JUNIKA NIM 2110101068 izin menjawab pertanyaan mba Annisa


Uban pada remaja terjadi karena penggunaan beberapa produk pewarna rambut terdapat bahan kimia yang justru menjadi penyebab berkurangnya kadar melanin. Zat melanin sendiri merupakan pigmen yang bisa membantu untuk memberi warna pada rambut

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101110 CICI LIARA SEPTI -

permisi bu, saya Cici Liara Septi NIM 2110101110 izin menjawab pertanyaan mba annisa mengenai rambut putih (uban) di usia muda. uban/rambut yang memutih ini biasanya di sebabkan oleh:

  • kekurangan vitamin tertentu, kurangnya vitamin B6, B12, biotin, vitamin D, atau vitamin E dapat memicu timbulnya uban lebih dini.
  • genetik/faktor keturunan, Penelitian di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology pada tahun 2013 menyebutkan, uban yang muncul lebih dini dapat berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan di keluarga. Selain itu, ras dan etnis tertentu juga bisa berperan. Studi yang sama pada ras Kaukasian menemukan, kemunculan uban dapat dimulai dari usia 20 tahun. Sementara, pada ras Asia dimulai di usia 25 tahun, dan ras Afrika-America di usia 30 tahun.
  • pada kondisi medis tertentu, gangguan fungsi tiroid juga bisa menyebabkan rambut beruban di usia muda.

    Selain itu, kondisi vitiligo dapat menjadi penyebab rambut putih di usia muda karena kematian sel pigmen melanin yang berperan dalam pewarnaan rambut.

  • stress, penelitian yang dimuat di jurnal Nature Medicine menyebut bahwa sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut dapat berkurang ketika Anda sedang stres. Meski begitu, penelitian lain mengemukakan bahwa stres dapat menjadi salah satu faktor, hanya saja persentasenya kecil.

  • kebiasaan merokok, merokok bisa menyebabkan uban di usia muda, terutama pada pria. perokok berisiko 2,5 kali lebih tinggi untuk ubanan sebelum usia 30 tahun dibandingkan mereka yang tidak merokok.

  • dampak dari penggunaan produk penataan rambut, beberapa produk bisa saja mengandung bahan kimia berbahaya yang berisiko mengurangi produksi melanin. Hidrogen peroksida yang banyak terdapat pada produk pewarnaan rambut, misalnya, merupakan salah satu bahan kimia yang dapat memicu timbulnya uban lebih dini bila digunakan secara berlebihan.

  • penyakit autoimun, Pada kasus alopesia dan vitiligo, sistem imun dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

  • neurofibromatosis, Neurofibromatosis merupakan kondisi bawaan sejak lahir. Kondisi ini menyebabkan tunor tumbuh di sepanjang saraf dan perkembangan tulang serta kulit yang tidak normal.

  • paparan radikal bebas, apabila Anda mengalami stres oksidatif, tubuh akan kehilangan keseimbangan untuk menjalankan fungsinya. Salah satu kondisi yang bisa terjadi akibat hal ini adalah munculnya tanda-tanda penuaan yang lebih cepat. Misalnya, rambut beruban di usia muda.

  • polusi, Apabila kadar antioksidan pada tubuh cenderung rendah, radikal bebas dapat dengan leluasa menyebabkan banyak gangguan pada fungsi tubuh. Hal ini bisa memicu proses penuaan yang lebih cepat, sehingga lebih berisiko mengalami penuaan dini.

  • hormon, Akibat perubahan hormon, tekstur rambut bisa berkurang. Begitu juga dengan warna alami rambut yang bisa semakin tampak putih seiring berjalannya waktu.

sekian dari saya bu, mohon maaf bila terjadi kekeliruan, mohon dikoreksi bu. terima kasih bu

In reply to 2110101094 ANNISA ADZAKIYYATUL KHAIRIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Assallamualaikum warrahhmatullahi wabarakatu , saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin menjawab pertanyaan dari saudari annisa.

Adanya uban di usia muda juga bisa disebabkan karena pola makan yang buruk serta kekurangan asupan gizi. Antara lain kekurangan hormon tiroid, Vitamin B12 dan Vitamin D, zinc, selenium, zat besi, tembaga dapat membuat rambut beruban sebelum waktunya.

uban yang muncul lebih dini dapat berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan di keluarga. Selain itu, ras dan etnis tertentu juga bisa berperan.

Studi yang sama pada ras Kaukasian menemukan, kemunculan uban dapat dimulai dari usia 20 tahun. Sementara, pada ras Asia dimulai di usia 25 tahun, dan ras Afrika-America di usia 30 tahun.

Selain itu, kondisi vitiligo dapat menjadi penyebab rambut putih di usia muda karena kematian sel pigmen melanin yang berperan dalam pewarnaan rambut.

Banyak yang menganggap stres merupakan salah satu pemicu munculnya uban di usia muda.

Faktanya, penelitian yang dimuat di jurnal Nature Medicine menyebut bahwa sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut dapat berkurang ketika Anda sedang stres.

Meski begitu, penelitian lain mengemukakan bahwa stres dapat menjadi salah satu faktor, hanya saja persentasenya kecil. Jadi, uban lebih sering disebabkan oleh faktor lainnya.



In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin bertanya Bu, 

Apakah perubahan yang terjadi pada lansia pada sistem integumen nya ? Dan mengapa kulit menua kulit lebih rapuh masalah didalam nya itu apa Bu ? Terimakasih 🙏

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Waalaikumussalam saya Mariana Ulfa,2110101111 izin menjawab 

Pada lansia sistem integumen akan mengalami perubahan dan penurunan misalnya seperti kulit mengeriput,rambut ubanan,kulit kepala dan juga rambut menipis,kuku menjadi keras . 

Seorang lansia kulitnya mengalami perubahan karna adanya penurunan 


Terimakasih mohon dikoreksi

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

Saya nurul sabillah nim 21101011124 izin menjawab.


Seiring dengan pertambahan usiakulit akan mengalami berbagai perubahan. Kondisi ini terjadi karena beberapa faktor, termasuk perubahan dalam tubuh, gaya hidup, dan pola makan. Saat itu, kulit menjadi kering, tidak elastis, dan semakin menipis. Selain itu juga, Perubahan sel dan ekstrasel pada lansia mengakibatkan penurunan tampilan dan fungsi fisik. lansia menjadi lebih pendek akibat adanya pengurangan lebar bahu dan pelebaran lingkar dada dan perut, dan diameter pelvis. Kulit menjadi tipis dan keriput, masa tubuh berkurang dan masa lemak bertambah

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Assalamu'alaikum wr wb

Nama: putri Wafa Norashila Dewi

Nim : 2110101069

Izin menjawab

Perubahan integumen yang terjadi pada lansia antara lain Penuaan kulit.

Kulit manusia akan menjadi lebih keriput akibat berkurangnya produksi kolagen. Kolagen adalah salah satu protein yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit. Kelenjar keringat di kulit juga dapat berkurang, menyebabkan seorang lansia lebih rentan mengalami kulit kering.

Dan kulit lansia lebih rapuh karena Jumlah sel fibroblas yang berkurang sehingga kulit lansia tampak rapuh dan lebih mudah terluka/memar. Pada lansia warna kulitnya berbeda karena suplai darah ke tubuh juga berbeda. Kemudian ada flek juga di area kulit.

Terimakasih dan mohon maaf jika ada yang salah

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101067 MELLYNDA FORTIUS -

waalaikumsalam. saya Mellynda Fortius 2110101067. izin menjawab pertanyaan syifa.

- perubahan integumen pada lansia meliputi : Kulit mengerut atau keriput akibat kehilangan jaringan lemak, Permukaan kulit cenderung kusam, kasar, dan bersisi, Timbul bercak pigmentasi, Kulit kepala dan rambut menipis dan berwarna kelabu, Berkurangnya elestisitas akibat menurunnya cairan.


- seiring umur, kulit dan pembuluh darah menjadi lebih rapuh dan tidak elastis. dikarenakan Jumlah sel fibroblas yang berkurang sehingga kulit lansia tampak rapuh dan lebih mudah terluka/memar. Pada lansia warna kulitnya berbeda karena suplai darah ke tubuh juga berbeda. Kemudian ada flek juga di area kulit

dan menyebabkan menyebabkan pembuluh darah vena mudah pecah karena benturan ringan

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101108 JULITA MUTIARA -

IZIN MENJAWAB 

Perubahan pada sistem integumen lansia : permukaan kulit cenderung kusam , kulit kepala dan rambut menipis dan berwarna kelabu ,dan timbul bercak pigmentasi 

kulit pada kulit menua lebih rapuh karena proses  penuaan turut memengaruhi jaringan penyokong yang menjaga kekuatan serta kelenturan kulit. Produksi minyak alami yang menjaga kelembapan kulit juga semakin berkurang. Semua perubahan ini membuat kulit menjadi kering, kasar, dan rapuh.

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101115 SHOFIYATUL AZIZAH -
assalamualaikum,saya Shofiyatul Azizah NIM 2110101115 izin menjawab



Perubahannya yaitu : Kulit mengerut atau kerutan akibat kehilangan lemak, Permukaan kulit kusam, kasar, dan bersisi, Timbul bercak pigmentasi, Kulit kepala dan rambut menipis dan berwarna abu-abu, Berkurangnya elestisitas akibat menurunnya cairan

Karena Proses penuaan turut memengaruhi jaringan penyokong yang menjaga kekuatan serta kelenturan kulit. Produksi minyak alami yang menjaga kelembapan kulit juga semakin berkurang. Semua perubahan ini membuat kulit menjadi kering, kasar, dan rapuh.

In reply to 2110101074 SYIFA FAUZIYAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Assallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu , saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin menjawab pertanyaan dari saudari syifa fauziah.

Sistem Integumen Perubahan pada sistem integumen, meliputi : Kulit mengerut atau keriput akibat kehilangan jaringan lemak, Permukaan kulit cenderung kusam, kasar, dan bersisi, Timbul bercak pigmentasi, Kulit kepala dan rambut menipis dan berwarna kelabu, Berkurangnya elestisitas.

Perubahan anatomik pada kulit manusia ketika memasuki fase lanjut usia (lansia) antara lain :

  • Kulit kering.
    Kekeringan ini terjadi karena menurunnya hormon androgen, menurunnya fungsi kelenjar sebasea, berkurangnya jumlah dan fungsi kelenjar keringat dan berkurangnya kadar air dalam epidermis.

  • Permukaan kulit kasar dan bersisik.
    Hal ini disebabkan kelainan proses keratinisasi serta perubahan ukuran dan bentuk sel epidermis, stratum korneum mudah lepas dan sel-sel mati ini cenderungan melekat menjadi satu pada permukaan kulit, dan faktor kekeringan kulit karena berkurangnya lemak permukaan kulit.

  • Kulit kendor/menggelantung dengan kerutan dan garis kulit lebih jelas.

    Hal ini disebabkan oleh:

    • Penurunan jumlah fibroblast yang menyebabkan penurunan jumlah serat elastin, lebih sklerotik dan menebal sehingga jaringan kolagen menjadi kendor dan serabut elastin kehilangan daya kenyalnya, kulit menjadi tidak dapat tegang dan kurang lentur.

    • Tulang dan otot menjadi atrofi, jaringan lemak subkutan berkurang, lapisan kulit tipis serta kehilangan daya kenyalnya sehingga membentuk kerutan dan garis-garis kulit.

    • Kontraksi otot mimik tidak diikuti oleh kontraksi kulit yang sesuai sehingga mengakibatkan alur-alur keriput di daerah wajah.

  • Gangguan pigmentasi pada kulit.
    Disebabkan perubahan distribusi pigmen melanin dan proliferasi melanosit, serta fungsi melanosit menurun sehingga penumpukan melanin tidak teratur dalam sel basal epidermis. Disamping itu epidermal turn over menurun sehingga lapisan sel kulit mempunyai banyak waktu untuk menyerap melanin yang mengakibatkan terjadinya bercak pigmentasi pada kulit.

    Lentigo senilis (lentigo solaris), kelainan kulit berupa makula hiperpigmentasi pada daerah terpapar sinar matahari seperti muka, punggung tangan, lengan atas, lengan bawah dan lain-lain.warna kecokelatan sampai cokelat tua, berbatas tegas, bentuk bulat lonjong, ukuran mili sampai lebih dari 1 cm. terutama timbul pada golongan kaukasia dan mongoloid, antara dekade keempat dan keenam. Kadang-kadang lesi menyerupai tahi lalat.

  • Terjadi Proliferasi yang sifatnya jinak.

    1. Acrochordon (fibroma molle, skin tag).
      Berupa papul multiple yang lunak, filiformis, seperti kantong soliter, atau bertangkai. Berukuran 1–5 mm, dapat >1cm, berwarna seperti kulit normal sampai cokelat muda. Biasanya ditemukan didaerah aksila, leher, muka/pelupuk mata, dada bagian atas, tubuh dan ekstermitas. Lebih sering ditemukan pada orang tua yang gemuk dan wanita lebih banyak dari pada pria.

    2. Cherry angioma (Ruby spot, cherry spot, hemangiona senilis).
      Lesi berupa pungta yang timbul di atas kulit, membentuk kubah, berwarna merah terang, perabaan lunak, dengan ukuran 1 sampai 3 atau 4 mm, biasanya multiple. Terutama terdapat di lengan, dada, dan badan.

    3. Keratosis seboroik.
      Lesi berbentuk bulat lonjong, berbatas tegas, sedikit meninggi diatas permukaan kulit dengan permukaan dapat tidak rata/verukosa, dapat licin dengan keratik plug. Berwarna cokelat atau hitam. Ukuran 2 mm akan tetapi dapat sampai 2 atau 3 cm. Permukaan lesi kadang halus seperti beludru. Lesi terlihat seakan-akan menempel pada permukaan kulit. Lesi terutama ditemukan pada daerah berminyak seperti misalnya wajah, kulit kepala, leher, dada/dibawah buah dada, punggung dan jarang ditemukan pada ekstremitas.

    4. Hiperplasia kelenjar sebasea.
      Lesi berupa papul atau modul multiple, lunak, berwarna kuning, kadang- kdang dengan umbilikasi, berukuran 2-3 mm, Terutama terdapat di dahi hidung dan pipi.


In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101067 MELLYNDA FORTIUS -

assalamualaikum bu. saya Mellynda Fortius nim 2110101067.

izin bertanya, seseorang yang kuku nya berubah jadi hitam itu kenapa ya? serta jika dibiarkan berbahaya atau tidak, jika berbahaya apa dampaknya? atau bisa sembuh sendiri dengan kurun waktu tertentu?

In reply to 2110101067 MELLYNDA FORTIUS

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101099 VIANITADEVI -

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ibu, saya Vianitadevi NIM 2110101099 izin menjawab pertanyaan

Kuku hitam dapat disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri yang menyerang kuku jari tangan, kuku jari kaki, atau kulit di bawah permukaan kuku. Ada beberapa kondisi yang dapat membuat seseorang lebih berisiko mengalami kuku hitam akibat infeksi, di antaranya:

  • Diabetes
  • Kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol
  • Daya tahan tubuh lemah, misalnya karena kurang gizi atau infeksi HIV/AIDS
  • Perubahan warna kuku akibat infeksi jamur dan bakteri tidak hanya berwarna hitam, tetapi bisa juga berwarna putih pucat, kekuningan, atau kehijauan. Selain itu, infeksi kuku juga dapat membuat kuku menjadi rapuh dan terlepas dengan sendirinya.

Jika tidak diobati dengan tepat, kuku hitam akibat infeksi bisa menimbulkan berbagai komplikasi, seperti selulitis, paronikia, atau infeksi tulang (osteomielitis). Oleh karena itu, infeksi kuku perlu ditangani dengan tepat oleh dokter.

Terima kasih 
In reply to 2110101067 MELLYNDA FORTIUS

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

Saya nurul sabillah nim 2110101124. Izin menjawab.


Kuku hitam dapat disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri yang menyerang kuku jari tangan, kuku jari kaki, atau kulit di bawah permukaan kuku. Ada beberapa kondisi yang dapat membuat seseorang lebih berisiko mengalami kuku hitam akibat infeksi, di antaranya:

  • Diabetes
  • Kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol
  • Daya tahan tubuh lemah, misalnya karena kurang gizi atau infeksi HIV/AIDS
  • Perubahan warna kuku akibat infeksi jamur dan bakteri tidak hanya berwarna hitam, tetapi bisa juga berwarna putih pucat, kekuningan, atau kehijauan. Selain itu, infeksi kuku juga dapat membuat kuku menjadi rapuh dan terlepas dengan sendirinya.

Jika tidak diobati dengan tepat, kuku hitam akibat infeksi bisa menimbulkan berbagai komplikasi, seperti selulitis, paronikia, atau infeksi tulang (osteomielitis). Oleh karena itu, infeksi kuku perlu ditangani dengan tepat oleh dokter.


In reply to 2110101067 MELLYNDA FORTIUS

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Assalamu'alaikum wr wb

Nama : putri Wafa Norashila Dewi

Nim : 2110191069

Izin menjawab 

Kuku hitam dapat disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri yang menyerang kuku jari tangan, kuku jari kaki, atau kulit di bawah permukaan kuku. Ada beberapa kondisi yang dapat membuat seseorang lebih berisiko mengalami kuku hitam akibat infeksi, di antaranya: Diabetes. Kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Kuku hitam ada yang dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi ada pula yang tidak kunjung pudar atau menghilang. 

Terimakasih dan mohon maaf jika ada yang salah

In reply to 2110101067 MELLYNDA FORTIUS

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Saya Mariana Ulfa izin menjawab 


Kuku hitam ini bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, infeksi jamur,DM,dan minum alkohol. 

Iya ,apabila kuku hitam tidak segera diobati maka akan muncul beberapa komplikasi misalnya seperti paronikia ,selulitis.

Terimakasih mohon dikoreksi

In reply to 2110101067 MELLYNDA FORTIUS

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Kuku hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi bakteri hingga penyakit tertentu. Meski terlihat ringan, kondisi ini sebaiknya tidak dianggap sepele. Pada dasarnya, warna kuku jari maupun kuku kaki yg sehat berwarna putih bening. Namun, untuk beberapa kondisi, kuku dpt berubah warna menjadi hitam. Kuku hitam ada yg dpt sembuh dgn sendirinya, tetapi ada pula yg tidak kunjung pudar atau menghilang. Beberapa penyebab kuku hitam yaitu : 

- infeksi 

- cedera pada kuku 

- melanoma 

- efek samping obat-obatan

Cara penanganannya jika kuku akibat cedera yaitu:

- kompres dingin padq hari dan kuku yg menghitam selama 15 menit, lalu posisikan kuku yg hitam lebih tinggi dari dada.

- bila terjadi perdarahan, gunakan kain bersih untuk menekan kuku agar perdarahan berhenti.

- bersihkan kuku dengan air hangat, kemudian oleskan salep antiseptik dan balut dengan kassa atau kapas steril.

- konsumsi obat pereda nyeri seperti Paracetamol, untuk meredakan rasa nyeri yg muncul. Mungkin seperti itu mbak terimakasih 🙏





In reply to 2110101067 MELLYNDA FORTIUS

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101115 SHOFIYATUL AZIZAH -
assalamualaikum,saya Shofiyatul Azizah NIM 2110101115 izin menjawab


 Kuku hitam dapat disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri yang menyerang kuku jari tangan, kuku jari kaki, atau kulit di bawah permukaan kuku.

Ada beberapa kondisi yang dapat membuat seseorang lebih berisiko mengalami kuku hitam akibat infeksi, di antaranya: Diabetes. 

Kuku hitam ada yang dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi ada pula yang tidak kunjung pudar atau menghilang

In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101113 TIARA MAHARANI -

assalamualaikum ibu, saya Tiara Maharani nim 2110101113 ijin bertanya…

system integument ini kan terdiri dari kulit bu, lalu bagaimana cara kita untuk mendiagnosis kelainan kulit yang ada pada tubuh seseorang ibu? terimakasih


In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101120 EVA NOVITA -

waalaikumussalam saya eva novita izin menjawab

untuk mendiagnosis infeksi kulit, dokter biasanya melakukan pemeriksaan fisik dengan melihat penampakan gejala atau kelainan pada kulit. Bila diperlukan, dokter juga melakukan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosis, seperti tes darah atau kultur.

Tes kultur dilakukan dengan mengambil sampel dari permukaan kulit, isi benjolan, rambut, atau kuku. Tujuan dari prosedur ini untuk mengidentifikasi mikroorganisme seperti bakteri, jamur, virus, atau parasit penyebab infeksi.

terimakasih


In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah -

saya Hanani Uswatun Hasanah NIM 2110101085 izin menjwb

Untuk mendiagnosis infeksi kulit, dokter biasanya melakukan pemeriksaan fisik dengan melihat penampakan gejala atau kelainan pada kulit. Bila diperlukan, dokter juga melakukan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosis, seperti tes darah atau kultur.

Tes kultur dilakukan dengan mengambil sampel dari permukaan kulit, isi benjolan, rambut, atau kuku. Tujuan dari prosedur ini untuk mengidentifikasi mikroorganisme seperti bakteri, jamur, virus, atau parasit penyebab infeksi.

Kurang lebihnya mohon maaf 

trimakasi

In reply to 2110101113 TIARA MAHARANI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101078 SABILLA RATU CETRIN -

Assalamualaikum Wr wb

Saya Sabilla Ratu Cetrin, NIM 2110101078

Izin menjawab pertanyaan dari mba Tiara Maharani

Penyakit kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal, meliputi faktor kebersihan diri, paparan dari zat berbahaya di lingkungan, infeksi, sampai masalah pada imunitas seperti alergi.

Adapun beberapa ciri-ciri penyakit kulit yang umumnya menandakan bahwa kulit sedang bermasalah.

1. Benjolan, bisa berisi nanah, bisa juga muncul akibat penumpukan kulit berlebih seperti kutil.

2. Lenting, benjolan kecil berisi air atau nanah. Gejala ini muncul pada penyakit cacar air.

3. Ruam, bercak merah yang dapat disertai gatal maupun tidak.

4. Kulit bersisik, diakibatkan oleh keadaan kulit yang sangat kering.

5. Gatal, biasanya disertai ruam, tapi ada juga yang timbul tanpa ruam.

6. Perubahan warna kulit, berupa kemerahan parah atau kehilangan pigmen yang membuat kulit terlihat belang.

  -Cara mendiagnosis Biasanya dengan memeriksa tanda dan gejala/ciri-ciri yang terdapat di tubuh seseorang

In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101099 VIANITADEVI -

Assalamualaikum Warhmatullahi Wabarakatuh,

Ibu saya Vianitadevi NIM 2110101099 izin bertanya. Mengapa kulit di bagian tangan tiba- tiba terasa panas seperti terbakar? apakah hal tersebut karena faktor lapisan yang ada di kulit atau faktor lainnya ibu?

Terima kasih

In reply to 2110101099 VIANITADEVI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

Saya nurul sabillah izin menjwb.


Rasa terbakar merupakan salah satu bentuk sensasi rasa nyeri. Rasa nyeri itu sendiri merupakan sensasi rasa tidak nyaman yang tidak menyenangkan yang muncul karena rangsangan yang kuat atau akibat adanya kerusakan jaringan. Nyeri selain seperti rasa terbakar dapat muncul juga seperti rasa kesemutan, seperti dicubit, seperti ditekan, seperti diikat, seperti tersetrum, dan lain sebagainya.

Rasa terbakar pada jari-jari tangan tersebut dapat disebabkan karena:

  • Carpal tunnel syndrome.Merupakan kelainan yang disebabkan karena saraf median pada pergelangan tangan terjepit. Terjepitnya saraf dapat terjadi karena pembengkakan jaringan sekitar, bisa karena suatu cedera ataupun karena pergerakan tangan yang berulang mengangkat berat ataupun aktivitas dengan gerakan yang sama berulang kali jangka panjang. Gejala yang dapat timbul adalah rasa baal, terbakar terutama pada ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah, dirasakan terutama malam hari. Keadaan ini lebih sering ditemukan pada perempuan > laki-laki, terutama pada usia 30-60 tahun.
  • Neuropatiperifer
  • Vaskulitis
  • Defisiensi vitamin B12
  • Tumor yang menekan saraf

In reply to 2110101099 VIANITADEVI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Assalamu'alaikum wr wb.

Nama : putri wafa Norashila Dewi

Nim : 2110101069

Izin menjawab

Penyebab kulit tangan terasa seperti terbakar:

1.Gangguan pada syaraf di lengan, bahu

2.Gerakan repetitif dan lama, misal: mengetik lama dan berulang ulang

3.Penyakit diabetes lama

4.Pengguna alkohol

5. Amyloidosis

6.Cedera di bahu sebelumnya

7.Carpal tunnel syndrome

8.Ganglion, kista di pergelangan tangan

9.Penyakit GBS

10.Multiple sklerosis

11.Defisiensi vitamin B

Terimakasih dan mohon maaf jika ada yang salah

In reply to 2110101099 VIANITADEVI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Penyebab tangan terasa panas bisa jadi itu merupakan indikasi masalah medis, seperti :

1. Palmar erythema umumnya gejala lain yg menyertai adalah warna kemerahan di tangan hingga ke jari-jari. Penyebabnya ada yg menyebut karena faktor keturunan. Apabila palmar erythema terjadi karena masalah medis, biasanya sensasi tangan terasa panas akan mereda dgn sendirinya setelah penyakit itu teratasi.

2. Fibromyalgia. Biasanya penderita nya akan merasa sensasi terbakar di tangan dan kaki. Tak hanya itu muncul gejala lain sprti tubuh terasa lesu dan nyeri.

3. Tekanan darah tinggi dpt menyebabkan tangan atau telapak tangan panas. Sebab, aliran darah ini dpt menyebabkan beberapa bagian tubuh terasa hangat, tak terkecuali. 

Jika tangan terasa panas hanya terasa sebentar, maka tak ada yg perlu dikhawatirkan. Bisa jadi itu terjadi karena penyesuaian suhu tubuh dengan sekitar. Namun apabila tangan terasa panas tidak kunjung mereda hingga berhari-hari bahkan sensasinya semakin mengganggu, segera konsultasikan ke dokter. Terimakasih 🙏

In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101083 RISKA ARINANDA -

Assalamualaikum ibu,

saya Riska Arinanda NIM 2110101083 izin untuk bertanya

Saya pernah lihat di sosial media,orang tersebut memiliki kulit yang sangat elastis.Jadi kulitnya bisa di tarik sampai benar benar tertarik.Tidak seperti kulit biasanya.setelah di tarik,kulit tersebut bisa kembali ke bentuk dan posisi semula.Apakah kondisi kulit tersebut berbahaya? atau menandakan ada gangguan tertentu bu? Karena bisa di lihat orang tersebut biasa saja

terimakasih bu

In reply to 2110101083 RISKA ARINANDA

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101078 SABILLA RATU CETRIN -

Waalaikumsalam Wr Wb

Saya Sabilla Ratu Cetrin, NIM 2110101078

Izin menjawab pertanyaan dari mba Riska 

   Kulit yang sehat umumnya bisa meregang lalu kembali mengerut ke posisi semula. Kulit yang elastis juga menandakan bahwa tubuh Seseorang terhidrasi dengan baik

   Namun, beberapa orang ada yang memiliki kulit sangat elastis. Bila diregangkan atau ditarik, kulitnya akan sulit untuk kembali semula. Kondisi itu disebut dengan kulit hiperelastis, atau ada juga yang menyebut hiperelastik. Orang dengan kondisi ini juga tidak merasakan nyeri atau sakit ketika kulitnya ditarik.

Terimakasih 

In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by KHOTIM NUR KHASANAH -

Asalamuallaikum ibu

saya khotim nur khasanah

nim 2110101080

izin bertanya ibu,

ibu saya pernah melihat di tv ada anak kecil yang  tidak memiliki pori-pori kulit, dan disetiap bbrp menit ia membasahi kulitnya. Mengapa ia harus membasahi kulitnya ibu? terimakasih
In reply to KHOTIM NUR KHASANAH

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101083 RISKA ARINANDA -

Assalamualaikum ibu,saya iska Arinanda Izin untuk menjawab

kenapa orang tesebut haus membasahi tubuhnya,,

Agar suhu di dalam tubuh tetap stabil,mengingat suhu tersebut tidak bisa keluar melalui poi-pori di kulit.Maka suhu tubuh harus stabil.Apalagi di saat cuaca panas,ini berbahaya bagi penderita tersebut.Karna jika suhu dalam tubuh panas,itu dapat membahayakan organ vital di dalam tubuh.

Mungkin ini yang bisa saya sampaikan,saya pernah mendengar cerita dari kakak kelaas saya dulu yang kebetulan beliau juga menderita kelainan tesebut.Dan beliau akhirnya meninggal karna suhu tubuhnya sulit untuk di imbangi.


In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101076 DEYA DEVI NOVENTA ANGGRAINI -

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Saya Deya Devi Noventa Anggraini Nim 2110101076 izin menjawab pertanyaan dari mellynda fortius

 Kuku hitam dapat disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri yang menyerang kuku jari tangan, kuku jari kaki, atau kulit di bawah permukaan kuku. Ada beberapa kondisi yang dapat membuat seseorang lebih berisiko mengalami kuku hitam akibat infeksi, di antaranya:


Diabetes

Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol

Daya tahan tubuh lemah, misalnya karena kurang gizi atau infeksi HIV/AIDS

Perubahan warna kuku akibat infeksi jamur dan bakteri tidak hanya berwarna hitam, tetapi bisa juga berwarna putih, tahan, atau kehijauan. Selain itu, infeksi kuku juga dapat membuat kuku menjadi rapuh dan terlepas dengan sendirinya.

Jika tidak diobati dengan tepat, kuku hitam akibat infeksi dapat menimbulkan berbagai komplikasi, seperti selulitis, paronikia, atau infeksi tulang (osteomielitis). Oleh karena itu, infeksi kuku perlu ditangani dengan tepat oleh dokter.

In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101077 PUTRI ANGGRAINI -

Assalamualaikum saya Putri Anggraini Nim 2110101077 izin menjawab pertanyaan saudari vianitadevi 

Karena

  • Gangguan pada syaraf di lengan, bahu
  • Gerakan repetitif dan lama, misal: mengetik lama dan berulang ulang
  • Penyakit diabetes lama
  • Pengguna alkohol
  • Amyloidosis
  • Cedera di bahu sebelumnya
  • Carpal tunnel syndrome
  • Ganglion, kista di pergelangan tangan
  • Penyakit GBS
  • Multiple sklerosis
  • Defisiensi vitamin B
Terimakasih
In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya Adinda Helminiya Putri dengan Nim 2110101121 izin bertanya Bu,

Apakah selama kehamilan boleh melakukan facial? dan jika boleh apakah itu memiliki efek samping atau akibat?

Terimakasih

In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101069 PUTRI WAFA NORASHILA DEWI -

Assalamu'alaikum wr wb

Nama : putri Wafa Norashila Dewi

Nim : 2110101069

Izin menjawab

Di bolehkan karena facial termasuk salah satu cara perawatan kulit saat hamil yang aman ibu lakukan. Akan tetapi, ibu hamil perlu memastikan untuk memberitahu terapis atau petugas klinik kecantikan bahwa Anda sedang mengandung.

Terimakasih dan mohon maaf jika ada yang salah

In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101071 PUTRI RATNA SARI DEWI -

Assalammualaikum. Saya putri ratna sari dewi nim 2110101071. Izin menjawab

Ibu hamil boleh melakukan facial, akan tetapi sebelumnya sudah mengkonfirmasi atau konsultasi terlebih dahulu terhadap dokter kecantikan bahwa sedang hamil.

Terima kasih

In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Saya Mariana Ulfa izin menjawab 

Iya boleh,pada ibu hamil facial boleh dilakukan pastinya dengan perawatan yang aman serta ibu hamil perlu memperhatikan untuk memberitahu kepada petugas klinik.

Terimakasih mohon dikoreksi

In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101120 EVA NOVITA -
waalaikumussalam saya eva novita izin menjawab

facial termasuk salah satu cara perawatan kulit saat hamil yang aman ibu lakukan.Akan tetapi, ibu hamil perlu memastikan untuk memberitahu terapis atau petugas klinik kecantikan bahwa Anda sedang mengandung.

terimakasih


In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101097 NINDRA ARLINDAWATI -

Assalamualaikum saya Nindra Arlindawati NIM 2110101097 izin menjawab pertanyaan mbk Adinda

Tidak perlu khawatir, facial termasuk salah satu cara perawatan kulit saat hamil yang aman ibu lakukan. Akan tetapi, ibu hamil perlu memastikan untuk memberitahu terapis atau petugas klinik kecantikan bahwa Anda sedang mengandung. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan mereka agar tidak menggunakan bahan kimia keras yang mungkin berisiko bagi janin. Selain itu, memberi tahu terapis juga bertujuan agar ia lebih waspada karena kulit lebih sensitif saat sedang ibu hamil.

Terimakasih


In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH -

assalamualaikum saya iis wahyuningsih nim 2110101075 izin menjawab pertanyaan.

ibu hamil boleh melakukan facial, tetapi harus memperhatikan beragam hal yang terkait dengan perawatan yang ingin dilakukan supaya terhindar dari jenis perawatan yang buruk dan menganggu kesehatan janin yang berada di dalam rahim. dan jangan lupa untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu

In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101035 ANI KHOERIYATUL MARDIYAH -

Waalaikumsalam ,saya Ani khoeriyatul mardiyah Nim 2110101035 izin menjawab pertanyaan Adinda 

Ibu hamil boleh melakukan facial.karena facial merupakan perawatan kecantikan dan itu sangat penting untuk kuliit.akan tetapi perlu konsultasi terlebih dahulu terhadap dokter kecantikannya kalo dirinya sedang hamil.

Karena ada beberapa facial yang tidak di perbolehkan buat ibu hamil yaitu yang mengandung bahan kimia

Contoh facial yg tidak boleh di lakukan buat ibu hamil: Hydra ting facial,derep cleansing facial 

In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101074 SYIFA FAUZIYAH -

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, saya Syifa Fauziyah_2110101074 izin menjawab pertanyaan nya.

Sebenarnya, facial aman dilakukan oleh ibu hamil. Terlebih saat hamil, para ibu mungkin mengalami sejumlah masalah kulit, seperti kulit kusam hingga jerawat . Meski demikian, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis facial aman untuk ibu hamil. Ibu hamil beh facial wajah apabila perawatan yg dilakukan tidak menggunakan bahan kimia keras atau terapi panas yg beresiko membahayakan janin. Sedangkan, facial wajah yg menggunakan kombinasi zat atau kandungan bahan aktif tertentu, maka ini yg dilarang untuk dilakukan. Mohon dikoreksi jika ada salahnya terimakasih 🙏

In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101123 HELISA LAYYINATUSSHYFA -

Assalamuallaikum saya Helisa Layyinatusshyfa 

NIM: 2110101123

Izin menjawab pertanyaan dari adinda 

Ibu hamil boleh facial kok. Tapi hindari treatment facial yang menggunakan gelombang elektromagnetik atau laser di wajah karena dapat berpengaruh ke janin di perut ibu

Dalam situs WHO dijelaskan, radiasi dalam gelombang elektromagnetik dapat menimbulkan sejumlah pengaruh. Seperti merusak jaringan tubuh dan mengubah bentuk sel yang kemudian dapat memicu kanker atau penyakit lain.

Saat facial, sebaiknya hanya melakukan perawatan sederhana seperti membersihkan wajah, menghilangkan komedo, scrubbing atau brightening dengan bahan kimia yang aman. Misalnya yang tidak mengandung a-DHA, hydroquionin dan BHA.

Bahan-bahan itu mengandung asam yang beresiko menyebabkan iritasi kulit atau bahkan over iritasi. Sebenarnya dampaknya tidak langsung ke janin. Tapi jika terjadi iritasi kulit, kemudian diberi obat, obat inilah yang dikhawatirkan terserap sampai ke janin.

In reply to 2110101121 ADINDA HELMINIYA PUTRI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101126 DEBI ANGGI SAGITA -

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh, saya Debi Anggi Sagita Nim 2110101126 izin menjawab 

 Ibu hamil boleh facial wajah apabila perawatan yang dilakukan tidak menggunakan bahan kimia keras atau terapi panas yang berisiko membahayakan janin.


In reply to 2110101126 DEBI ANGGI SAGITA

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by nurul kurniati -

Terima kasih untuk diskusi luar biasanya ya... ahamdulillah sudah di jawab semua pertanyaannya..

In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101111 MARIANA ULFA -

Assalamualaikum ibu saya Mariana Ulfa izin bertanya Bu 

Sebagian orang ada yang mengalami alergi terhadap perubahan cuaca,nah misalkan cuaca dingin maka kulit akan timbul kemerahan bintik bintik begitu Bu,nah itu cara penanganan dan mengurangi kemerahan tersebut bagaimana ya Bu?

Terimakasih banyak

In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101092 DINANDA DWI SETYORINI -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bu izin menjawab pertanyaan dari Mariana 

Nama Dinanda Dwi Setyorini_2110101092

solusinya, ada beberapa cara mengurangi alergi dingin yang dapat dilakukan sebagai langkah berikut : 

 1. Minum obat antihistamin

Minum obat antihistamin sebelum terkena paparan suhu dingin adalah salah satu cara mengatasi alergi dingin. Meski tidak ada obat khusus untuk mengatasi alergi dingin, antihistamin merupakan salah satu obat yang diresepkan oleh dokter untuk meredakan gatal atau biduran akibat alergi.

2. Menggunakan obat omalizumab

Obat omalizumab biasanya diresepkan untuk mengobati asma. Namun, obat ini juga bisa diberikan jika orang yang mengalami alergi dingin tidak dapat diobati dengan antihistamin dan jenis obat lainnya.

3. Memberi suntikan epinefrin

Jika Anda mengalami alergi dingin yang cenderung mudah kambuh, maka suntikan epinefrin bisa menjadi pilihan sebagai cara menghilangkan alergi dingin.

4. Pastikan tubuh tetap dalam keadaan hangat

Kenakan pakaian tebal untuk melindungi tubuh selama memasuki cuaca dingin. Pastikan Anda selalu menggunakan jaket, topi, sarung tangan, dan syal saat harus bepergian keluar rumah.

5. Hindari pemicu alergi dingin

Cara mengatasi alergi dingin lainnya adalah dengan menghindari pemicunya. Karena reaksi alergi dipicu oleh segala sesuatu yang dingin, maka hindari berada dalam tempat dingin dan minum atau mengonsumsi makanan yang dingin.

Maaf kalo kurang memuaskan, terimakasih 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

Saya nurul sabillah nim 2110101124 izin menjawab.


Salah satu ciri-ciri alergi dingin yang paling jelas adalah munculnya ruam merah dan gatal-gatal pada kulit. Suhu dingin membuat sel darah putih melepaskan histamin ke aliran darah. Pelepasan zat kimia tersebut memicu respons peradangan.

Akibatnya, kulit menjadi penuh dengan bentol merah serta menjadi bengkak dan gatal. Mungkin akan muncul pula perubahan lain pada kulit yang terjadi sebagai bagian dari reaksi alergi. Sebenarnya, cara terbaik untuk mencegah alergi dingin adalah dengan menghindari suhu dingin. Masalahnya, hal tersebut tidak mungkin dilakukan bagi orang-orang yang tinggal di daerah dengan suhu yang dingin.Sebagai solusinya, ada beberapa cara mengatasi alergi dingin yang dapat dilakukan sebagai langkah untuk mengontrolnya yaitu : 

1. Minum obat antihistamin

2. Obat omalizumab

3. Suntikan epinefrin 

4.Pastikan suhu tetap Dlm keadaan hangat

5. Hindari suhu dingin


Mohon di koreksi teirma kasih

In reply to 2110101111 MARIANA ULFA

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

Saya nurul sabillah nim 2110101124 izin menjawab.


Salah satu ciri-ciri alergi dingin yang paling jelas adalah munculnya ruam merah dan gatal-gatal pada kulit. Suhu dingin membuat sel darah putih melepaskan histamin ke aliran darah. Pelepasan zat kimia tersebut memicu respons peradangan.

Akibatnya, kulit menjadi penuh dengan bentol merah serta menjadi bengkak dan gatal. Mungkin akan muncul pula perubahan lain pada kulit yang terjadi sebagai bagian dari reaksi alergi. Sebenarnya, cara terbaik untuk mencegah alergi dingin adalah dengan menghindari suhu dingin. Masalahnya, hal tersebut tidak mungkin dilakukan bagi orang-orang yang tinggal di daerah dengan suhu yang dingin.Sebagai solusinya, ada beberapa cara mengatasi alergi dingin yang dapat dilakukan sebagai langkah untuk mengontrolnya yaitu : 

1. Minum obat antihistamin

2. Obat omalizumab

3. Suntikan epinefrin 

4.Pastikan suhu tetap Dlm keadaan hangat

5. Hindari suhu dingin


Mohon di koreksi teirma kasih

In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah -

Assalamualaikum wr wb

Saya Hanani Uswatun Hasanah dengan NIM 2110101085

izin bertanya ibu didalam sistem integumen khususnya pd kulit manusia terdapat permasalahan dehidrasi kulit, apakah penyebabnya karena kulit kering? dan bagaimana penanganan terhadap masalah diatas

terimakasih ibu

In reply to 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101108 JULITA MUTIARA -

izin menjawab penyebab kulit kering : terpapar debu dan polusi .

cara menangani kulit kering: 

1.Mandi atau kompres air hangat. Cara mengatasi kulit kering bersisik adalah dengan mandi air hangat suam-suam kuku, tapi jangan terlalu lama. 

2.Gunakan sabun pembersih yang tepat. sabun bayi 

3.Keringkan tubuh dengan baik. 

4.Oleskan pelembap yang tepat. 

5.Oleskan tabir surya suncren 

In reply to 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101081 DEBY AMNASARI -

sassamualikum warahmatullahi wabarakatuh,saya Deby Amnasari izin menjawab

Kulit dehidrasi disebabkan oleh beragam faktor. Penyebab paling umum adalah kurang minum air. Akan tetapi, kulit pun bisa mengalami dehidrasi akibat suhu panas atau dingin, kurang tidur, kekurangan kelembapan udara, serta paparan sinar matahari.

Cara mengatasi kulit kering:

1.mengatasi mandi dengan udara yang terlalu panas. 

2. Gunakan sabun berbahan lembut. 

3.Gunakan tabir surya dan pelembab.

4. lakukan perawatan di malam hari. 

Lindungi kulit dari udara dingin. 

6. lakukan eksfoliasi.

7. Nutrisi kulit dari dalam


In reply to 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH -

assalamualaikum saya iis wahyuningsih nim 2110101075 izin menjawab pertanyaan.

kulit kering terjadi karena beberapa faktor seperti kurangnya air minum, cara penaganan nya bisa dengan minum banyak air putih,jangan mengefoliasikan kulit terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit kering, memakai body lotion, memakai produk skincare yg menganduk retinol

In reply to 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101089 EVI NOFIANDARI -

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, saya Evi Nofiandari nim 2110101089 izin menjawab pertanyaan hanani

Dehidrasi kulit atau kulit kering merupakan kondisi saat kulit kekurangan cairan pada llapisan epidermis sehingga menyebabkan hilangnya Natural Moisturizing Fakor (NMF) atau faktor pelembab alami kulit yang mengakibatkan menurunnya tingkat kelembapan. untuk mengatasi dehidrasi kulit bisa dengan minum elektrolit secara rutin, karena cairan elektrolit dapat menggantikan komponen natrium, kalium, dan magnesium dalam tubuh yang hilang melalui keringat, dan dapat membantu menjaga kelembapan kulit.


sekian jawaban dari saya

In reply to 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101123 HELISA LAYYINATUSSHYFA -

Assalamuallaikum saya Helisa Layyinatusshyfa 

NIM: 2110101123

Izin menjawab pertanyaan dari hanani 

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengatasi kulit dehidrasi yang paling utama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Rehidrasi kulit adalah salah satu dari beberapa alasan untuk minum lebih banyak air di pagi hari.

Rata-rata orang tidur selama 7-9 jam setiap malam, yang berarti mereka belum mengisi kembali tingkat cairan tubuhnya untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, inilah saat ketika tubuh kemungkinan besar mengalami dehidrasi parah.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus segera minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Selain pagi, saat siang hingga malam juga penting bagi Anda untuk menjaga asupan cairan yang masuk ke tubuh untuk menghindari dehidrasi.

2. Hindari Konsumsi Alkohol dan Kafein yang Berlebihan

Cara mengatasi kulit dehidrasi yang kedua adalah dengan menghindari konsumsi alkohol dan juga kafein secara berlebihan. Sangat mudah untuk berasumsi bahwa semua cairan baik untuk rehidrasi tubuh Anda dari dalam.

Namun, alkohol secara ilmiah terbukti bertindak sebagai diuretik, yang secara alami akan membuat Anda merasa lebih dehidrasi karena memberi efek samping berupa buang air kecil lebih sering. 

Kafein, di lain sisi, juga merupakan bahan lain yang bila dikonsumsi dalam jumlah banyak akan berdampak negatif bagi tubuh. Minum dalam jumlah sedang tidak apa-apa, tetapi penting untuk menghindari bahaya konsumsi kafein secara eksklusif dan terus-menerus. Pastikan untuk minum satu gelas air putih untuk setiap kopi atau teh yang Anda konsumsi sepanjang hari, dan kulit Anda akan menjadi berbeda dalam waktu singkat.

3. Tingkatkan Asupan Garam dan Elektrolit

Cara mengatasi kulit dehidrasi yang ketiga adalah dengan meningkatkan asupan bahan-bahan ain selain air putih. Jangan hanya mengganti kadar air untuk memperbaiki kulit dehidrasi, karena itu tidak cukup.

Sementara peningkatan asupan air adalah dasar untuk membangun tingkat hidrasi yang lebih baik untuk melindungi kulit dan bagian tubuh lainnya, itu bukan satu-satunya barang yang hilang melalui keringat. Tubuh juga kehilangan garam dan elektrolit sepanjang hari. Maka, penting untuk meningkatkan asupannya sepanjang waktu.

4. Rawat kulit

Cara mengatasi kulit dehidrasi yang ke empat adalah dengan melakukan perawatan rutin. Meskipun penting untuk mendukung kulit Anda dari dalam ke luar, Anda tidak boleh mengabaikan kebutuhan untuk menghidrasi kulit pada tingkat permukaan juga.

Kulit yang sehat membutuhkan waktu 25 hari untuk memperbarui dirinya sendiri, tetapi kulit yang mengalami dehidrasi membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. Salah satu cara terbaik untuk mencegah hal ini menjadi masalah adalah memilih produk yang tepat untuk perawatan kulit Anda.

Menambahkan konsumsi air saja tidak akan berhasil, tambahkan praktik eksfoliasi yang lembut untuk kulit Anda, dan gunakan juga pelembap sepanjang hari.

5. Kunci Kelembapan

Cara mengatasi kulit dehidrasi yang kelima adalah dengan mengunci kelembapan dengan tepat. Mengunci kelembapan akan membantu memperbaiki kulit dehidrasi. Menggunakan bahan yang tepat pada kulit akan membantu, tetapi hasilnya jauh lebih baik ketika Anda mengunci kelembapan.

Menjaga agar penghalang kelembapan tetap utuh sejauh ini adalah cara terbaik untuk mencapainya, dan ada banyak produk yang mengandung bahan-bahan seperti jojoba, yang diketahui baik untuk mengunci kelembapan kulit.

6. Jaga Kelembapannya

Cara mengatasi kulit dehidrasi yang ke enam adalah dengan menjaga kelembapannya. Kulit kering dan kulit dehidrasi adalah dua hal yang berbeda, meskipun tidak menutup kemungkinan untuk mengobati kedua kondisi tersebut secara bersamaan.

Menggunakan pelembap mungkin tidak dapat digunakan sebagai pengganti untuk mempertahankan tingkat hidrasi yang baik secara keseluruhan, terutama karena manfaatnya jauh melampaui kondisi kulit Anda. Namun demikian, perawatan khusus untuk kulit dengan pelembap yang tepat, terutama dalam semalam, dapat menghasilkan keajaiban bagi kondisi kulit Anda.



In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101071 PUTRI RATNA SARI DEWI -

Assalammualaikum, saya putri ratna sari dewi nim 2110101071 izin bertanya.

Mengapa dikulit itu sensitif, pertanyaan saya mengapa saat kulit kita digigit nyamuk dan kita garuk itu bisa luka dan berbekas menjadi warna warna hitam/menjadi kemerahan dan sangat susah untuk menghilangkan bekas-bekas kehitaman dan merah-merah yang ada dikulit?  Terima kasih

In reply to 2110101071 PUTRI RATNA SARI DEWI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah -

Nama : Hanani Uswatun Hasanah

NIM : 2110101085 

izin menjwb pertanyaan diatas

luka akibat digaruk susah hilang karena menggaruk justru akan melepaskan hormon serotonin di otak. Rasa gatal itu pun akan semakin menjadi. Pada akhirnya, terjadilah siklus gatal-garuk yang akan semakin memburuk atau meluas.

selain itu, garukan juga akan menimbulkan trauma pada kulit, yang akan semakin merusak pertahanan kulit. Rusaknya lapisan atas kulit ini akan semakin membuat kulit rentan terhadap infeksi, luka, hingga kehilangan kelembapan.

Daripada digaruk anda bisa menggunakan kompres dingin pada daerah yang gatal. Jangan menggunakan kompres air panas karena akan membuat kulit Anda semakin gatal atau teriritasi. 

Anda juga bisa memberikan bedak atau bedak kocok yang mengandung mentol atau kalamin untuk meredakan rasa gatal dan memberikan sensasi dingin

Cara mengatasi :

Bila sudah terlanjur memiliki bekas gatal yang menghitam di kulit, ada beberapa cara untuk membantu mengatasinya.

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit atau chemical peeling, mikrodermabrasi, ataupun laser.

"Beberapa cara tersebut dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Pemilihan penanganan biasanya akan disesuaikan dengan ukuran dari hiperpigmentasi dan lamanya bekas luka Anda sudah terjadi," kata dr. Adeline.

Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, ditambahkan dr. Adeline, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2 persen yang banyak dijual di pasaran.

"Krim tersebut termasuk dalam dosis yang aman. Meski begitu, penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan diaplikasikan pada malam hari," ujar dr. Adeline.

Kurang lebihny mohon maaf

wassalamualaikum


In reply to 2110101071 PUTRI RATNA SARI DEWI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101087 NABILA DELA ALIFA -

Assalamualaikum ibu saya Nabila Dela Alifa izin menjawab

Sistem kekebalan tubuh manusia merespon alergen tersebut dengan melepaskan histamin. Histamin menyebabkan pembuluh darah di sekitar area bekas gigitan nyamuk meradang sehingga kemudian timbul bentol merah di kulit. Histamin juga mengiritasi ujung-ujung saraf dalam kulit dan menyebabkan rasa gatal.

In reply to 2110101071 PUTRI RATNA SARI DEWI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101035 ANI KHOERIYATUL MARDIYAH -

Waalaikumsalam.saya Ani khoeriyatul mardiyah Nim 2110101035 izin menjawab pertanyaan putri Ratna

Ketika nyamuk betina menggigit .air liurnya akan masuk ke dalam aliran darah. Air liur ini mengandung protein untuk mencegah darah membeku saat sedang mengisap darah.

Protein yang terdapat dalam air liur nyamuk ini terkadang menyebabkan berbagai reaksi pada kulit seperti pembengkakan, kulit kemerahan, dan rasa gatal pada sebagian orang.

Hal ini disebabkan oleh produksi dan pelepasan histamin ke bagian gigitan nyamuk. Histamin bertugas untuk menghilangkan protein dari air liur nyamuk yang dianggap sebagai alergen dari tubuh.

garukan akan menimbulkan trauma pada kulit, yang akan semakin merusak pertahanan kulit. Rusaknya lapisan atas kulit ini akan semakin membuat kulit rentan terhadap infeksi, luka, hingga kehilangan kelembapan.

Kemerahan setelah di gigit nyamuk :

Kondisi ini akan bertahan selama 1–2 hari dan akan menghilang sendirinya sebagai respons tubuh terhadap protein asing dalam air liur nyamuk.




In reply to 2110101071 PUTRI RATNA SARI DEWI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101075 IIS WAHYUNINGSIH -

assalamualaikum saya iis wahyuningsih nim 2110101075 izin menjawab pertanyaan

ada berbagai cara untuk menghilangkan bekas kehitaman atau kemerahan karena gigitan nyamuk seperti: mengoleskan madu,manfaatkan minyak/ krim vitamin E, mengoleskan lidah buaya

In reply to nurul kurniati

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101090 AZIZAH PUSPASARI -

Assallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu, Saya AZIZAH PUSPASARI NIM 2110101090 izin bertanya ibu.

Apakah penyebab seseorang mengeluarkan jumlah kapasitas keringat berlebihan tidak seperti normalnya? dan bagaimana cara mengatasi orang yang mudah mengeluarkan keringat dengan jumlah banyak? 

Terimakasih wassallamualaikum warrahmatullahi wabarakatu .

In reply to 2110101090 AZIZAH PUSPASARI

Re: Forum diskusi lanjutan setelah kuliah zoom

by 2110101123 HELISA LAYYINATUSSHYFA -

Assalamuallaikum saya Helisa Layyinatusshyfa 

NIM: 2110101123

Izin menjawab pertanyaan dari Azizah 


Berbagai Penyakit Penyebab Keringat Berlebih

Saat mengalami hiperhidrosis, kelenjar keringat bekerja terus-menerus sehingga menghasilkan kelebihan keringat yang tidak dibutuhkan tubuh. Penyebab keringat berlebih ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu hiperhidrosis primer dan sekunder. Berikut ini adalah penjelasannya:

Hiperhidrosis primer 

Penyebab hiperhidrosis primer tidak diketahui secara pasti. Kondisi ini biasanya ditandai dengan keringat berlebih di salah satu area tubuh, seperti telapak tangan dan kaki, ketiak, kepala, atau wajah.

Namun, hiperhidrosis primer diduga terjadi karena adanya kelainan pada sistem saraf yang dipengaruhi faktor keturunan atau genetik. Bahkan, sekitar 30–50 persen orang yang mengalami hiperhidrosis primer memiliki riwayat keluarga dengan keringat berlebih.

Hiperhidrosis sekunder

Saat mengalami hiperhidrosis sekunder atau biasa disebut dengan hiperhidrosis umum, keringat berlebih dapat keluar dari salah satu area atau seluruh tubuh penderitanya. Selain itu, penderitanya juga bisa berkeringat saat sedang tidur.

Penyebab hiperhidrosis sekunder adalah kondisi medis tertentu. Kondisi ini biasanya dapat terjadi saat menginjak usia dewasa. Berikut ini adalah beberapa penyakit atau kondisi medis yang dapat memicu hiperhidrosis sekunder:

Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab keringat berlebih. Salah satu jenis obat yang memiliki efek samping ini adalah obat antidepresan, seperti desipramine, nortriptilin, dan protriptilin.

Konsumsi suplemen zinc dan pilocarpine sebagai obat untuk mulut kering juga bisa menyebabkan keringat berlebih.

Beberapa Cara Menangani Keringat Berlebih

Untuk mengurangi keringat berlebih, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

  • Gunakan antiperspirant di area kulit yang berkeringat.
  • Mandi secara rutin setiap hari untuk menghilangkan bakteri pada kulit.
  • Gunakan sepatu dan kaus kaki berbahan alami untuk sirkulasi udara yang lebih lancar pada kaki.

Namun, jika beberapa cara di atas tidak mampu mengatasi keringat berlebih, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ada beberapa pilihan pengobatan untuk mengatasi keringat berlebih, yaitu:

1. Antiperspirant khusus

Dokter akan meresepkan antiperspirant khusus yang mengandung 10–20 persen heksadirat aluminium klorida. Obat ini bertujuan untuk menyumbat saluran keringat dan biasanya digunakan untuk mengobati kasus hiperhidrosis yang ringan.

Namun, jenis antiperspirant ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan merusak pakaian jika mengandung aluminium klorida dengan dosis yang terlalu tinggi.

2. Suntik botox

Jika pemberian antiperspirant topikal tidak mampu untuk menangani keringat berlebih, dokter akan memberikan pertimbangan untuk melakukan suntik botox. Suntik ini bertujuan untuk memblokir saraf yang merangsang kelenjar keringat.

Efek suntik botox untuk menangani keringat berlebih ini biasanya dapat bertahan 6–12 bulan dan harus dilakukan secara berulang.

3. Iontoforesis

Prosedur ini menggunakan perangkat yang dapat mengalirkan arus listrik. Arus listrik ini nantinya akan dikirimkan ke tangan, kaki, atau ketiak guna memblokir kelenjar keringat.

Terapi ini berlangsung selama 10–30 menit dan membutuhkan beberapa sesi terapi. Meski jarang terjadi, iontoforesis memiliki efek samping berupa kulit pecah-pecah dan melepuh.

Selain beberapa cara di atas, keringat berlebih juga dapat diatasi dengan prosedur operasi untuk menghilangkan kelenjar keringat di ketiak dan pemberian obat-obatan.