Forum Diskusi Mahasiswa 03/01/2022

Sistem bagi hasil dan profit margin pada perbankan syariah

Sistem bagi hasil dan profit margin pada perbankan syariah

by 1910601002 FITRI EMILIYANA -
Number of replies: 4

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi, saya Fitri Emiliyana ijin bertanya.

Kenapa sistem ini dinamakan sistem bagi hasil ? Dan apa perbedaan antara sistem bagi hasil dan bunga? Jelaskan.

Terimakasih 🙏🏻

In reply to 1910601002 FITRI EMILIYANA

Re: Sistem bagi hasil dan profit margin pada perbankan syariah

by 1910601016 AISYAH AYU SIGIT WIJAYA -

Izin menjawab

Mengapa dinamakan sistem bagi hasil karena lembaga ini memperoleh keuntungan dari mengelola dana pihak ketiga atau lainnya , sedangkan perbedaan antara bagi hasil dan bunga ialah bunga sendiri presentase dari keuntungan , dan bagi hasil disini ditentukan menggunakan rasio perbandingan terhadap keuntungan usaha yang dibiayai . 





In reply to 1910601016 AISYAH AYU SIGIT WIJAYA

Re: Sistem bagi hasil dan profit margin pada perbankan syariah

by 1910601002 FITRI EMILIYANA -

Baik mba Ayu, terimakasih atas penjelasannya 🙏🏻

In reply to 1910601002 FITRI EMILIYANA

Re: Sistem bagi hasil dan profit margin pada perbankan syariah

by 1910601004 MUN FARIDA -






Nama : MUN FARIDA

NIM : 1910601004

IJIN MENJAWAB

Bunga adalah balas jasa yang diberikan oleh pihak bank (konvensional) untuk nasabah yang memiliki simpanan dan harus dibayarkan nasabah yang memiliki pinjaman kepada bank. Bunga sering dikaitkan dengan istilah riba. Riba sendiri adalah pengambilan tambahan sebagai syarat yang harus dibayarkan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman diluar biaya pokok. Jika ditelaah, sistem bunga yang ditawarkan oleh Bank Konvensional masuk dalam kategori riba.

Bagi hasil adalah alternatif pembagian keuntungan yang sistemnya berdasarkan dari penetapan akad di awal yang telah disepakati sebelumnya dan akan meningkat seiring dengan keuntungan yang diperoleh perusahaan.


Perbedaan Bunga dan Bagi Hasil
1. Penentuan Besaran
Perbedaan sistem pembagian keuntungan secara bunga dan bagi hasil yang paling mencolok terlihat pada penentuan besaran. Bunga, seperti pengertiannya ditentukan menggunakan bentuk presentase besaran kredit utang. Sedangkan bagi hasil dintentukan menggunakan rasio atau perbadingan terhadap keuntungan usaha yang dibiayai dari kredit tersebut.
2. Acuan Pembagian
Acuan yang dijadikan dasar penghitungan bunga dan bagi hasil juga berbeda. Acuan besarnya bunga dipengaruhi oleh seberapa besar pokok hutang atau kredit yang dikeluarkan. Sedangkan acuan bagi hasil yaitu menggunakan rasio seberapa besar keuntungan yang dibiayai oleh kredit tersebut.
3. Besarnya pendapatan dan jumlah pembayaran
Pada sistem bunga, pendapatan yang diperoleh bersifat statis yang dimana walaupun perusahaan merugi, utang tetap memiliki bunga yang tetap serta jumlah pembayarannya setiap periodenya juga tetap. Sedangkan dalam bagi hasil pendapatan yang diperoleh akan bersifat dinamis menyesuaikan dengan keadaan usaha. Jika usaha yang dilakukan mendapat keutungan besar maka bagi hasil pendapatnnya juga besar, begitu pula sebaliknya. Oleh karenannya bank dengan sistem bagi hasil cenderung hanya akan membiayai usaha dengan keuntungan yang diprediksi besar.
4. Eksistensi
Dalam hal ini biasanya perbedaan muncul penilaian didasari oleh suatu dasar. Penerapan bagi keuntungan dengan sistem menggunakan bunga sangat diragukan bahkan dikecam beberapa kalangan karena dirasa mengaplikasikan sistem riba. Sedangan untuk sistem bagi hasil tidak ada yang meragukan keabsahannya.