FORUM TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA DALAM KESEHATAN - BU SUYANI

FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by Suyani Suyani -
Number of replies: 93

Assalamu'alaikum, salam sehat dan semangat selalu matahari 3..

Silahkan membaca materi yang sudah di upload, kemudian diskusi di forum ini

semnagat !!!


In reply to Suyani Suyani

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Bismillahirrahmanirrahim Radhitu billahi rabba wa bil islamidiina wa bi Muhammadi nabiyyan wa rasuula Rabbi Zidni'ilma warzuqni Fahma Aamiin...

Fuji Padia Ramdani NIM 2010101017 hadir Ibu..🙏😃

In reply to Suyani Suyani

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101038 SRI KINANTI -

Assalamu'alaikum ibu izin bertanya terkait indikasi laser.

Pertanyaan saya bagaimana menghindari indikasi laser ?

Dan jika sudah terjadi indikasi laser bagaimana penanganannya ?

Terimakasih

In reply to 2010101038 SRI KINANTI

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101047 NOFI NURWIDYANINGSIH -

Saya Nofi Nurwidyaningsih izin membantu menjawab 

Meski terlihat aman dan mudah, pasien yang menginginkan terapi laser patut memperhatikan beberapa hal untuk menghindari efek samping.

Pertama, Dewi menyarankan calon pasien untuk tidak menggunakan krim malam yang mengandung bahan pengelupas selama 1-3 hari sebelum dan sesudah terapi.
Kedua, calon pasien juga disarankan untuk tidak terpapar sinar matahari langsung. Namun, saran ini tak cuma berlaku bagi mereka yang bakal menjalani terapi. "Kulit wajib dilindungi dengan pelembap dan tabir surya,"

Anjuran untuk menghindari paparan sinar matahari itu muncul akibat 'hilangnya' tumpukan melanin pada kulit setelah terapi. Sebagai informasi, melanin berfungsi sebagai 'payung' yang melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

Laser CO2merupakan salah satu terapi laser kulit ablatif yang dilakukan untuk memperbaiki penampilan kulit atau menangani lesi kulit atau jaringan parut dengan cara mengangkat lapisan atas kulit. Laser ini biasanya dilakukan untuk mengatasi kondisi berupa skar (jaringan parut), kutil, atau kerutan yang bersifat dalam. Terdapat beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah terapi laser ini, mulai dari kulit terbakar, bengkak, kemerahan, rentan infeksi, hiperpigmentasi (tampak lebih gelap), serta tekstur atau warna kulit yang tidak merata.

Pemulihan setelah laser CO2 ini membutuhkan waktu sampai sekitar 3 minggu lamanya, tergantung dari berapa luas dan berapa dalam area kulit yang dilaser. Oleh karena itu, gunakan obat-obatan yang diberikan oleh dokter yang memberikan terapi laser tersebut. Adapun obat yang dapat diberikan untuk mengatasi tidak meratanya tekstur atau warna akibat laser tersebut tidak bisa sembarangan disarankan, sebagaimana Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terkait hal ini.

Berikut merupakan beberapa anjuran yang dapat Anda lakukan, seperti:

Beristirahat di rumah.

Menghindari paparan sinar matahari tanpa perlindungan.

Menghindari penggunaan kosmetik sekitar 1-2 minggu.

Menjaga gaya hidup yang sehat.


Maaf jika ada yang salah atau kurang.

In reply to Suyani Suyani

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101022 SURTI PARTININGSIH -

Assalamu'alaikum Ibu izin bertanya mengenai penjelasan tentang efek-efek fisiologis dari sinar infra merah yang telah di sebutkan di materi (ppt). Saya masih belum paham mengenai alasan dari point² yg ada pada slide tersebut seperti:

Mengapa sinar Ir bisa berefek pada proses metabolisme, vasolidasi pembuluh darah, dll.

Mohon penjelasannya Ibu 🙏🏼

Terimakasih.

Attachment Screenshot_2021-12-24-10-09-41-17.jpg
In reply to 2010101022 SURTI PARTININGSIH

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by Suyani Suyani -
infra merah dapat meningkatkan metabolisme, treutama pada jaringan, contoh adanya penumpukan asam laktat pada jaringan akan menyebabkan nyeri, stelah diterapi dnegna infra merah maka asam laktat akan terurai, sehingga metabolisme jaringan meningkat.


vasodilatasi pembuluh darah adalah melebarnya pembuluh darah, sehingga peredaran darah lancar,

In reply to 2010101022 SURTI PARTININGSIH

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101048 SITI KAMIDAH -

Assalamualaikum saya Siti Kamidah 2010101048 izin membantu memjawab pertnyaan mbk surti

1. Menurut hukum bahwa suatu reaksi kimia dapat dipercepat dengan adanya panas atau kenaikan temperatur akibat pemanasan. Prosesmetabolisme terjadi pada lapisan amperficial kulit akan meningkat sehingga pemberian oksigendan nutrisi kepada jaringan lebih diperbaiki bagitu juga pengeluaran sampah” pembakaran.

2. Dilatasi pembuluh darah kapiler dan arteriolase akan terjadi segera setelah penyinaran,sehingga kulit akan segera tampak kemerah”an tetapi tidak merata, berkelompok”  atau seperti bergaris”. Keadaan ini sebenarnya merupakan reaksi tubuh terhadap adanya sinar panas tadi dan dengan reaksi peradangan. Kulit yang mengadakan reaksi dan berwarna kemerah” an ini disebut erythema. Erythema ini disebabkan oleh adanya energi panas yang diterima ujung” syaraf sensoris yang kemudian mempengaruhi mekanisme pangatur panas . Untuk ini mekanisme /asomotor mengadakan reaksi dengan jalan pelebaran pembuluh darah sehingga sejumlah panas dapat diratakan keseluruh jaringan lewat sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang meningkat ini, maka pemberian nutrisi dan oksigen kepada jaringan akan ditingkatkan, dengan demikian kadar seldarah putih dan anti body di dalam jaringan tersebut akan meningkat. Dengan demikian pemeliharaan jaringan menjadi lebih baik dan perlahanan terhadap agen penyebab proses radang juga lebih baik.

3. Pigmentasi Penyinaran yang berulang” dengan sinar infra merah akan dapat menimbulkan pigmentasi pada tempat yang disinari. Hal ini dapat dilihat misalnya pada kulit kaki yang seringmendekat pada api pada musim dingin. Pigmentasi yang terjadi oleh karena sinar infra merah bentuknya berkelompok dan tidak merata. Hal tersebut disebabkan karena adanya perusakan pada sel darah merah ditempat tersebut.

4. pemanasan yang ringan mempunyai pengaruh sedatif terhadap ujung” urat syaraf sensoris, sedang pemanasan yang keras justru dapat menimbulkan iritasi. Iritasi inilebih jelas bila digunakan generator luminous dibandingkan dengan generator non luminous hal tersebut dikarenakan karena adanya kandungn sinar ultraviolet didalam nya.

5. Kenaikan temperature disamping membantu terjadinya relaksai juga akan meningkatkankemampuan otot untuk berkontraksi  yang terjadi akibat penumpukan asam susu asam laktat dan sisa” pembakaran lainnya dapat dihilangkandengan pemberian pemanasan. Hal ini dapat terjadi, mungkin oleh karena pemanasan akan mengaktifkan terjadinya pembuangan sisa”  hasil metabolisme. Sedangkan keadaan spastis akibat kerusakan upper motor neuron apabila diberikan penyinaran hanya akan diperoleh apabila diberikan relaksasi yang bersifat sementara.

6. Penyimaran bisa tterjadi apabila penyinaran yang diberikan menimbulkan kenaikantemperature jaringan yang cukup tinggi dan berlangsung dalam waktu yang lama sehingga diluar toleransi jaringan penderita.

Mngkin hanyanitu yang dapat saya bantu, terimakssih🙏🏼


In reply to Suyani Suyani

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101020 INTAN CHOIRIL MEITA AMANDA -

Assalamualaikum Ibu, saya Intan Choiril Meita Amanda (2010101020), ijin bertanya di ppt ada pembahasan mengenai tunnel didalam tunnel bagian atasnya dipasang lampu-lampu bentuk semisirkulair dengan kekuatan 60 watt. Biasanya digunakan untuk terapi secara general, pertanyaan saya terapi secara general itu maksudnya apa dan contohnya seperti apa nggih Ibu?

Terimakasih 😊🙏🏻

In reply to 2010101020 INTAN CHOIRIL MEITA AMANDA

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101015 TIKA ELIYANTI -

Assalamualaikum saya Tika Eliyanti nim 2010101015 izin bantu menjawab.

Definisi General adalah sesuatu yg bersifat umum dan menyeluruh. Jadi maksud dari tunnel didalam tunnel bagian atasnya dipasang lampu-lampu bentuk semisirkulair dengan kekuatan 60 watt. Biasanya digunakan untuk terapi secara general / secara menyeluruh. 

Terima kasih mohon maaf apabila kurang tepat. 😊🙏

In reply to 2010101020 INTAN CHOIRIL MEITA AMANDA

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101040 FRIESCHA FRIECILLIA MARTIN -

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya Friescha Friecillia Martin (2010101040) Izin menjawab nggih mba,

Terapi general (Terapi secara umum) adalah metode yang umum digunakan untuk menangani berbagai gangguan mental dan masalah emosional. Metode ini diberikan oleh seorang terapis profesional yang ahli di bidang kesehatan mental, seperti psikolog atau psikiater. Melalui terapi ini, terapis akan mengidentifikasi serta mengubah perasaan, emosi dan suasana hati, pikiran, serta perilaku Anda yang mengganggu dan membuat Anda tertekan. Terapis juga akan membantu Anda mempelajari cara mengendalikan hidup serta menghadapi situasi yang menantang dengan cara yang lebih sehat dan efektif.

Sekian Jawaban dari saya

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam menjawab

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

In reply to 2010101020 INTAN CHOIRIL MEITA AMANDA

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by Suyani Suyani -

terapi secara general disini maksudnya secara umum, tidak spesifik untuk therapi penyakit tertentu, misal untuk detoksifikasi mengurangi kadar logam dalam tubuh, atau untuk mengurangi kalori dalam rangka penurunan BB

In reply to Suyani Suyani

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101055 Mandala Rahayu -

Assalamualaikum wr wb

Nama Mandala Rahayu 

Nim 2010101055

Izin bertanya 

Apakah resiko dan manfaat pengobatan dengan sinar laser?

In reply to 2010101055 Mandala Rahayu

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101053 LYLAND WILUJENG -

Waalaikumsalam wr wb

saya Lyland Wilujeng 2010101053 izin menjawab pertanyaan dari mba Mandala Rahayu, pertanyaan nya apakah resiko dan manfaat pengobatan dengan sinar laser, menurut jawaban saya pengobatan yang menggunakan sinar laser mampu mengurangi risiko infeksi pada luka dan rasa tidak nyaman setelah operasi. Selain itu, waktu pemulihan menggunakan terapi ini cenderung lebih cepat dari operasi biasa.

Akan tetapi, seperti halnya prosedur medis lain, operasi sinar laser juga memiliki risiko. Beberapa risiko ini termasuk nyeri, infeksi, perdarahan, muncul jaringan parut, dan perubahan warna kulit. Selain itu, terapi menggunakan sinar laser cenderung lebih mahal dan harus dilakukan berulang kali. Dan untuk manfaat nya sendiri sinar laser telah lama dimanfaatkan sebagai terapi pengobatan berbagai penyakit, seperti kerontokan rambut, batu ginjal, gangguan penglihatan, hingga kanker. Terapi pengobatan ini menggunakan sinar cahaya yang kuat untuk memotong, membakar, atau menghancurkan jaringan abnormal di tubuh.

Terima kasih

In reply to 2010101055 Mandala Rahayu

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101070 AISYA NOVIA RAHMI -

Waalaikumsalam, Saya Aisya Novia Rahmi NIM 2010101070.

Izin menjawab

Beberapa risiko ini termasuk nyeri, infeksi, perdarahan, muncul jaringan parut, dan perubahan warna kulit. Selain itu, terapi ini cenderung lebih mahal dan harus dilakukan berulang kali.

Sinar laser sudah lama dimanfaatkan sebagai terapi untuk  berbagai penyakit, seperti kerontokan rambut, batu ginjal, gangguan penglihatan, hingga kanker.

Terima kasih

In reply to Suyani Suyani

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101043 SAFIRA NURUL AINI -

Assalamu'alaikum ibu saya Safira Nurul Aini 2010101043 izin bertanya, berdasarkan pemaparan materi yang sudah disampaikan pada point jenis stressor pada bagian Light : Infra red, Ultra violet, Laser

Pertanyaan saya adalah, jika ketiga hal ini dikaitkan dengan kelimuan kebidanan maka fungsi, penerapan dan manfaat dari Infra red, Ultra violet, Laser ini apa saja nggih bu ? jika dikaitkan dengan penyakit dalam ilmu bidan maka penyakit apa saja yang dapat di terapi atau dikenakan sebagai pengobatan dari ketiga jenis stressor Light tersebut ??? 

Terimakasih, mohon maaf jika ada kekeliruan dalam bertanya maupun memahami materi 😊🙏🏻

In reply to 2010101043 SAFIRA NURUL AINI

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by Suyani Suyani -

jenis stressor itu banyak, ada suhu, listrik, sinar dan mekanik

nah pada pertemuan ini membahas tentang sinar

sinar ada 3

1. ultra violet : untuk therapi sinar pada bayi yang mengalami hiperbilirubinemia

2. sinar infra merah : untuk diagnostik atau memeriksa seseorang menderita kanker atau tidak, dan juga bisa untuk terapi kanker

3. laser : laser digunakan dalam tindakan operasi, 

In reply to Suyani Suyani

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101050 SEKAR SUKMANING TYAS -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarrokatu Ibu, Saya Sekar Sukmaning Tyas dengan Nim 2010101050 izin bertanya Bu. 


 Apakah ada pengguna khusus sinar dan cahaya dalam bidang kebidanan itu sendiri? dan biasanya digunakan dalam menangani kasus apa nggih Bu?


Terima Kasih Ibu, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarrokatu 😊🙏🏻

In reply to 2010101050 SEKAR SUKMANING TYAS

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Waalaikumussalam Mba Sekar. Fuji izin menjawab nggih Mba, menurut Fuji yang paling sendiri dalam penggunaan cahaya dalam kebidanan misalnya untuk pencahayaan ketika menjahit luka Perinium dan luka lainnya.


In reply to 2010101050 SEKAR SUKMANING TYAS

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -
Penggunaan sinar infrared juga dapat digunakan untuk terapi dalam kesehatan
In reply to Suyani Suyani

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101045 MEYSHA PUTRI PADBI -

Assalamu'alaikum,,

Saya Meysha Putri Padbi ijin bertanya..

Jika kita sering melakukan terapi laser apa dampak positif dan negatif dari sinar laser tersebut..?


Terima Kasih 🙏😊

In reply to 2010101045 MEYSHA PUTRI PADBI

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -

Izin menjawab nggih Mba Meysha, Untuk efek, indikasi dan kontraindikasi laser sendiri itu ada di slide ke 26-32 pada materi nggih...

Sedangkan untuk yang lainnya adalah terapi laser dapat digunakan dalam beberapa metode pengobatan terapi dan lainnya. Untuk negatifnya atau beberapa resiko yang dapat dialami adalah sepeti munculnya kerusakan jaringan parut dan jaringan kulit.

Terima kasih Mba Meysha, mohon maaf jika terdapat kekeliruan

In reply to Suyani Suyani

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI -
Fuji izin bertanya, yang dimaksud dengan efek Placebo itu apa nggih? Terima kasih🙏😊
In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101029 DELVIANITA ANGGRAENI BONGGILI -

Saya Delvianita Angggraeni BonggilI 2010101029 izin menjawab efek placebo adalah efek obat kosong yang dapat berdampak positif dan negatif bagi penggunanya.artinya, orang yang mengalami efek plasebo positif akan mengalami kemajuan pemulihan. Sementara, efek plasebo negatif akan mengalami risiko komplikasi.

In reply to 2010101017 FUJI PADIA RAMDANI

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101036 DWI ARIYANTI -
Placebo juga disebut efek nonspesifik , peningkatan psikologis atau psikofisiologis yang sesuai dengan terapi dengan zat inert atau prosedur simulasi (palsu). plasebo , juga disebut efek nonspesifik , peningkatan psikologis atau psikofisiologis yang sesuai dengan terapi dengan zat inert atau prosedur simulasi (palsu). Tidak ada penjelasan yang menjelaskan mengapa beberapa orang mengalami peningkatan yang diberikan ketika zat inert untuk pengobatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa efeknya mungkin disebabkan oleh harapan orang tersebut tentang pengobatan daripada efek langsung dari pengobatan itu sendiri.

Mohon maaf jika ada keslahan🙏

In reply to Suyani Suyani

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101031 IRMA RAHMAWATI -

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh saya Irma Rahmawati Nim 2010101031 izin bertanya 

SSebutakan contoh dari Luminous dan sebutkan jenis reflektor nya? 


Terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

In reply to 2010101031 IRMA RAHMAWATI

Re: FORUM DISKUSI TEORI PENGGUNAAN SINAR DAN CAHAYA

by 2010101036 DWI ARIYANTI -

Reflektor Hitam

Jenis reflektor ini berbeda dari yang lainnya, alih-alih memantulkan cahaya, reflektor hitam lebih ke menyerap cahaya. Tipe reflektor ini sangat berguna saat Anda memotret produk dari bahan kaca atau mengkilap, dengan begitu efek pantulan produk tersebut bisa dihilangkan atau diminimalisir.

Reflektor Putih

Jenis reflektor ini memantulkan cahaya lebih sedikit dibandingkan warna lainnya, namun penggunaan reflektor ini ideal saat dalam studio jika Anda ingin menyeimbangkan cahaya dari lampu flash eksternal yang digunakan, namun tetap menginginkan cahaya yang lebih halus. Menariknya Anda tak perlu membeli reflektor khusus untuk yang warna putih ini, sebidang kotak stirofoam yang bisa didapat dengan harga murah, sudah sangat mencukupi untuk berfungsi sebagai reflektor.

REFLECTOR SILVER/PERAK

Serupa dengan reflektor berwarna emas, untuk warna perak, cahaya yang dipantulkan juga bersifat keras. Bedanya ketika digunakan di luar ruangan, reflektor berwarna perak akan memantulkan warna biru langit sehingga hasil foto bisa saja tampak kebiruan. Namun ketika digunakan dalam studio, cahaya yang dipantulkan berwarna netral tak seperti reflektor berwarna emas yang warnanya lebih hangat. 

REFLECTOR GOLD/EMAS 

 .Terkadang kita memiliki pandangan tertentu dalam pikiran, tetapi tidak dapat mencapainya dengan cahaya sekitar yang ada. Katakanlah Anda ingin melihat matahari terbenam lebih ke tengah hari. Menggunakan reflektor emas dapat memberi Anda cahaya hangat rendah yang mirip dengan matahari terbenam. Anda bahkan bisa memantulkan cahaya emas ke belakang subjek Anda untuk memberi mereka cahaya rambut keemasan. Sama seperti sisi perak, itu adalah cahaya yang kuat dan terkonsentrasi sehingga memperhatikan intensitas cahaya sumber Anda dan jarak dari reflektor ke subjek Anda.