Forum Diskusi Mahasiswa 07/12/2021

Pertanyaan tentang materi Kebijakan Deviden

Pertanyaan tentang materi Kebijakan Deviden

by 2010601052 INTAN YUNITA ALDAYANTI PUTRI -
Number of replies: 1

Assalamualaikum wr wb

izin bertanya,

Jika suatu perusahaan menghasilkan laba yg sangat besar, namun dia tidak ingin membagikan dividen kepada pemegang saham secara berturut-turut dan hnya menjadikannya laba ditahan, apakah itu diperbolehkan? dan apakah ada pengaruhnya bagi internal maupun eksternal perusahaan ?


Terimakasih


In reply to 2010601052 INTAN YUNITA ALDAYANTI PUTRI

Re: Pertanyaan tentang materi Kebijakan Deviden

by 2010601040 AINUN LAHASA PUTRI -

Perusahaan akan mengeluarkan dividen berdasarkan keputusan yang diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Sebagai bagian laba yang akan didistribusikan kepada pemegang saham, maka perusahaan akan menentukan kebijakan dividennya melalui pertimbangan dari berbagai faktor yang kemudian disertai dengan dukungan atau persetujuan dari pemegang saham.

Perusahaan mungkin saja menghasilkan laba yang besar dan kemudian tidak membagikan dividen kepada pemegang saham. Namun kebijakan tersebut tentu saja memerlukan persetujuan dari pemegang saham melalui RUPS terlebih dahulu, terdapat beberapa pertimbangan yang dihadapi  perusahaan dalam pengambilan keputusan ini, seperti terdapat ketentuan dalam perjanjian dengan kreditur sehingga perusahaan diwajibkan menahan labanya terlebih dahulu, perusahaan sedang memerlukan pendanaan yang lebih besar dalam rangka pertumbuhan atau ekspansi lebih lanjut, kemudian apabila perusahaan sedang menghadapi potensi kerugian di masa mendatang maka kemungkinan laba akan ditahan (tidak ada pembagian dividen) sangat mungkin untuk menciptakan cadangan kerugian masa depan.

dan kebijakan yang diambil perusahaan dan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tidak hanya berdasarkan keputusan satu pihak saja. Kebijakan pertimbangan semua pihak yang berkepentingan dalam menentukan pembagian laba (dividen) diperlukan untuk menjamin keberlangsungan hidup (sustainability) perusahaan di masa yang akan datang.