DISKUSI TUTORIAL PERTEMUAN 2 KELAS B

Kelompok B4

Re: Kelompok B4

by 1910106084 AZAMITA ISNAYANTI -
Number of replies: 0
Saya azamita isnayanti 1910106084, Izin menjawab Lo no 1

  • Penyebab ketuban pecah berwarna keruh karena adanya suatu infeksi selama kehamilan. 
  • Melewati hari perkiraan lahir (post-term pregnancy) Ketika kehamilan telah melewati HPL dan berusia di atas 40 minggu, ada kemungkinan air ketuban keruh. Warnanya bisa menjadi kehijauan atau kecokelatan. Idealnya, air ketuban berwarna bening atau kekuningan. Hal ini terjadi karena bayi telah membuang mekonium atau kotoran yang dihasilkan bayi dalam rahim. Mekonium ini membuat warna air ketuban menjadi keruh.
  • Infeksi bakteri pada kantung dan air ketuban. Penyebab air ketuban keruh juga dapat dikarenakan kantung cairan dan kantung ketuban mengalami infeksi atau biasa dikenal dengan kondisi chorioamnionitis. Kondisi infeksi bakteri yang biasanya berasal dari vagina dan saluran kemih ini dapat menyebabkan kelahiran prematur dan sepsis pada ibu dan janin. Selain menyebabkan ketuban berwarna keruh, chorioamnionitis juga menyebabkan demam, rahim menjadi lunak dan air ketuban berbau busuk.
  • Anemia hemolitik pada bayi.                          Penyebab air ketuban keruh lainnya adalah karena kondisi bilirubin bayi yang berlebih akibat anemia hemolitik. Selain itu, adanya darah ibu atau janin dalam air ketuban juga bisa menyebabkan cairan ketuban berwarna keruh.