PRAKTIKUM ANATOMI SISTEM REPRODUKSI

B5 ANATOMI REPRODUKSI

B5 ANATOMI REPRODUKSI

by nuli nuryanti zulala -
Number of replies: 38

DISKUSI DISINI YA

In reply to nuli nuryanti zulala

Re: B5 ANATOMI REPRODUKSI

by Andri Nur Sholihah -
Terimakasih bu Nuli sdh membuka forum ini..

Assalaamu'alaikum..
Apakabar smua?
setelah kemaren mengalami kendala, alhamdulillah pagi ini kita bsa bersua dalam forum dsini.
baik, untuk memulai praktikum pagi ini silakan mba ANI KHOERIYATUL MARDIYAH untuk memimpin tilawah dengan mengirimkan VN QS Alfatihah QS Al 'Ashr dan dlanjutkan dan doa sebelum belajar. Untuk yang lain silakan mengikuti dan dan tingglkan jejak di forum ini...
In reply to Andri Nur Sholihah

Re: B5 ANATOMI REPRODUKSI

by Andri Nur Sholihah -

Mb ANI KHOERIYATUL MARDIYAH masih ditunggu mengirimkankan VN nya ya..

untuk yang lain bisa langsung menyimak vdeo yang ada di halaman depan, bila ada yg didiskusikan boleh dilempar ke forum ini ya...Kita bahas bersama

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: B5 ANATOMI REPRODUKSI

by 2110101125 SARI ISMI HARSIH -

Assalamualaikum ibu, saya Sari Ismi Harsih NIM 2110101125 izin bertanya, apakah seseorang yang pernah mengalami kanker serviks bisa dapat mudah terkena lagi? terimakasih ibu

In reply to 2110101125 SARI ISMI HARSIH

Re: B5 ANATOMI REPRODUKSI

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

Saya Nurul Sabillah Izin menjawab pertanyaan dari sari ismi harsih. Menurut sayaย โ€œKanker serviks menjadi salah satu masalah kesehatan yang mengancam nyawa bagi sebagian besar wanita. Data dari WHO menunjukkan, jenis kanker ini menduduki posisi keempat sebagai penyakit yang paling rentan terjadi pada wanita di seluruh dunia. Lalu, bisakah kanker serviks disembuhkan atau kambuh lagi?"

Kanker bukan sembuh, tapi terkontrol. 30 persen kanker dapat terkontrol jika ditemukan dan diobati dengan dini. Hingga saat ini agak sulit untuk mengatakan sembuh. Daritadi selalu saya tegaskan tetap kontrol karena hal itu (kanker kambuh) bisa selalu terjadi,"
ย Sel kanker memang pada dasarnya tidak dapat hilang. Setelah seseorang sudah menjalani berbagai pengobatan, sel kanker akan 'bersembunyi' sampai pada titik tertentu yang menyebabkan ia akan muncul kembali.ย Salah satu faktor utama pemicu kemunculan sel kanker adalah pola hidup yang tidak dijaga dengan baik. Memaksakan tubuh tetap beraktivitas ketika lelah hingga makan tidak teratur.

Sampai pada suatu saat keadaan tubuh kita memburuk, pola makannya ngaco, hidupnya ngaco, dan segala macam nanti lingkungan dia berubah ke keadaan yang mensupport sel kanker ini untuk tumbuh lagi. Makanya itu bisa terjadi, sehingga apa yang bisa menghambat kanker hidup kembali adalah pola hidup sehat,"

ย Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan๐Ÿ™๐Ÿป

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: B5 ANATOMI REPRODUKSI

by 2110101012 AQILA HANA AMADEA -

assalamualaikum saya Aqila hana amadea NIM 2110101012 izin bertanya,

Apakah aman jika kita menggunakan sabun pembersih kewanitaan untuk menjaga kebersihan area kewanitaan, keharuman, dan menghilangkan keputihan? adakah bahaya yg dapat ditimbulkan?

terimakasih

In reply to 2110101012 AQILA HANA AMADEA

Re: B5 ANATOMI REPRODUKSI

by 2110101124 NURUL SABILLAH -
Saya Nurul sabillah Nim 2110101124 izin menjawab pertanyaan dari Aqila hana amadea.ย 

ย Menjaga kebersihanย organ intimย wanita perlu dilakukan agar terhindar dari kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Tapi, untuk membersihkannya, Anda tak perlu menggunakan sabun pembersih antiseptikย khusus organ intim, apalagi jika berlebihan. Cukup dengan air bersih.

Dampak terlalu sering pakai sabun pembersih kewanitaan yang pertama yakni dapat menyebabkan infeksi vagina. Vagina memiliki bakteri baik yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi. Produk sabun kewanitaan yang berpewangi atau berwarna bisa mengubah keasaman vagina sehingga kadar bakteri baiknya berkurang.

Mohon maaf jika ada kekurangan

In reply to Andri Nur Sholihah

Re: B5 ANATOMI REPRODUKSI

by 2110101035 ANI KHOERIYATUL MARDIYAH -

Assalamualaikum ibu,saya Ani khoeriyatul mardiyah Nim 2110101035 izin bertanyaย Apakah aman jika kita menggunakan sabun pembersih kewanitaan untuk menjaga kebersihan area kewanitaan, keharuman, dan menghilangkan keputihan? selain itu dibalik manfaatnya, adakah bahaya yg dapat ditimbulkan?


In reply to nuli nuryanti zulala

Re: B5 ANATOMI REPRODUKSI

by 2110101124 NURUL SABILLAH -
In reply to 2110101124 NURUL SABILLAH

Re: B5 ANATOMI REPRODUKSI

by 2110101124 NURUL SABILLAH -

Assalamualaikum saya Nurul sabillah Nim 2110101124 izin bertanya.ย Pada saat seorang perempuan sedang menstruasi apa yang sebenarnya yang terjadi dalam sistem reproduksinya? Dan mengapa menstruasi kadang tidak lancar?

Terima kasih๐Ÿ™๐Ÿป

In reply to 2110101124 NURUL SABILLAH

Re: B5 ANATOMI REPRODUKSI

by 2110101125 SARI ISMI HARSIH -

saya akan menjawab pertanyaan nurul sabillah

menstruasi terjadi selama 3โ€“7 hari. Pada fase ini, lapisan dinding rahim dan sel telur akan meluruh menjadi darah menstruasi. Banyaknya darah yang keluar selama masa menstruasi ini bisa berkisar antara 30-40 ml.

Selama tiga hari pertama, darah menstruasi yang keluar akan lebih banyak. Pada masa ini, wanita biasanya akan merasakan nyeri atau kram di bagian panggul, perut, dan punggung. Kondisi ini biasanya dipicu oleh kontraksi rahim yang terjadi karena adanya peningkatan hormonย prostaglandinย selama menstruasi.


Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar atau tidak teratur, antara lain:

ย menapause, Menjelangย menopauseย umumnya menstruasi bisa menjadi tidak lancar. Hal ini karena produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur. kehamilan, alat kontrasepsi, pola hidup.