PRAKTIKUM PEMAPARAN IDE BISNIS 2

KELOMPOK 9

KELOMPOK 9

by Elika Puspitasari -
Number of replies: 31

Assalamu'alaikum teman2 mahasiswa,

Silahkan melanjutkan diskusi di forum dengan bahasan yang lebih detail lagi terkait bisnis yang akan disusun dalam proposal kelompok.

Detail bahan diskusi ada di Forum ya, Semangat ***

#Ketua Kelompok tolong dilist nama lengkap anggota beserta NIM nya ya, thank's


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 9

by 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI -

Waalaikumsalam, baik ibu.

izin menyampaikan list anggota kelompok 9 ibu :

  • 2010101010 Nelva Regita Putri Pramesti
  • 2010101013 Syelina Dwi Aryanti
  • 2010101037 Lelianita Ratna Candra Dewi
  • 2010101038 Sri Kinanti
  • 2010101039 Bella Febri Ana
  • 2010101040 Friescha Friecillia Martin
  • 2010101041 Nurul 'Ain Barani


In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 9

by 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI -

Assalamualaikum teman-teman, baik untuk melanjutkan diskusi pemaparan ide bisnis yang kedua ini silahkan bagi teman-teman untuk bisa aktif memberikan pendapatnya terkait :

  • Tentukan NAMA BISNIS KELOMPOK seunik mungkin
  • Tentukan dimana bisnis tersebut akan didirikan
  • Siapakah costumer Anda (calon pembeli/pengguna) demografinya dilihat dari minat, penghasilan, dan kelas ekonomi mereka?
  •  Bagaimana ketersediaan bahan bakunya?
  •  Bagaimana strategi pemasarannya 
  •  Darimana sumber modal (pinjam bank, patungan)?
  •  Siapa karyawannya, bagaimana pembagian pekerjaannya, apa saja kualifikasi karyawan, perkiraan penggajian
  •  Bagaimana target penjualan dan upaya mencapai target
  •  Tentukan harga jual produk eceran, grosir, list harga macam2 jasa
  •   Kira-kira kapan balik modal
  •   Antisipasi kemungkinan terburuk, misal penjualan sepi, terjadi korupsi

In reply to 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101041 NURUL'AIN BARANI -

  • Siapakah costumer Anda (calon pembeli/pengguna) demografinya dilihat dari minat, penghasilan, dan kelas ekonomi mereka?
Untuk kostumernya diliat dari produk yang kami jual adalah masker organik maka target penjualan kami yaitu para remaja hingga dewasa. Karena akhir-akhir ini para remaja banyak yang menggemari produk masker organik ini. Bukan hanya remaja putri, kami juga berncana untuk memproduksi masker organik ini supaya remaja putra hingga dewasa dapat memakainya.
In reply to 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101040 FRIESCHA FRIECILLIA MARTIN -

Assalamualaikum teman-teman, baik untuk melanjutkan diskusi pemaparan ide bisnis yang kedua ini silahkan bagi teman-teman untuk bisa aktif memberikan pendapatnya terkait :

  • Tentukan NAMA BISNIS KELOMPOK seunik mungkin
  • Tentukan dimana bisnis tersebut akan didirikan
  • Siapakah costumer Anda (calon pembeli/pengguna) demografinya dilihat dari minat, penghasilan, dan kelas ekonomi mereka?
  •  Bagaimana ketersediaan bahan bakunya?

--> kami berencana untuk menggunakan bahan alam, yang bisa kami dapat dari hasil pertanian warga/pribadi. Bahan-bahan yang diperlukan tentunya 100% alami, ramah lingkungan, dan mudah dibudidayakan.

  •  Bagaimana strategi pemasarannya 

--> kami menggunakan platform belanja online yang sudah ada dan terkenal, kemudian kami menggunakan Instagram dan Facebook. Selain itu foto produk dan poster kami gunakan sebagai media promosi.

  •  Darimana sumber modal (pinjam bank, patungan)?

--> Modalnya kami dapatkan melalui Iuran per anggota kelompok dengan sesama pemegang saham bisnis.

  •  Siapa karyawannya, bagaimana pembagian pekerjaannya, apa saja kualifikasi karyawan, perkiraan penggajian

--> Karyawannya sementara berasal dari anggota kelompok. untuk pembagian tugasnya 1 orang sebagai bendahara, 1 orang bagian ketersediaan barang, 5 orang bagian produksi dan pemasaran. Untuk kualifikasi karyawan yaitu dapat dari mahasiswa/pelajar aktif. Mengenai gaji setiap karyawan akan dibagi menurut keuntungan yang diperoleh disetiap bulannya. 

  •  Bagaimana target penjualan dan upaya mencapai target

--> target penjualan pertama kami berharap bisa menjual 500 bungkus masker organik. Untuk memenuhi target tersebut kami akan melakukan promosi buy 2 get 1, promosi melalui media sosial, dan memberikan hasil testimoni real.

  •  Tentukan harga jual produk eceran, grosir, list harga macam2 jasa

--> Untuk harga masker organik itu sendiri, yaitu 1 pcs 5.000 rupiah.

  •   Kira-kira kapan balik modal

--> Kami menargetkan dalam jangka waktu 1 bulan akan balik modal jika target penjualan bulan pertama berhasil terjual 500 bks masker organik.

  •   Antisipasi kemungkinan terburuk, misal penjualan sepi, terjadi korupsi
(Untuk teman-teman dapat menambahkan, Terimakasih)

Wassalamu'alaikum

In reply to 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101039 BELLA FEBRI ANA -
strategi pemasarannya ,untuk sasaran utama nya adalah pelajar
In reply to 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101040 FRIESCHA FRIECILLIA MARTIN -

Saran dari Friescha untuk nama bisnis kita nanti "Masker Organik Milenial"

(Boleh temen-temen memberikan pendapat lain!)

In reply to 2010101040 FRIESCHA FRIECILLIA MARTIN

Re: KELOMPOK 9

by 2010101041 NURUL'AIN BARANI -

Disini ada beberapa saran nama bisnis yang di usulkan teman-teman.

1. Masker Organik Anti Jamet📌

2.. MaskerOrganikMengglowUP📌

3. Masker organik milenial 📌

4. Hey Gurl Masker Organik📌

In reply to 2010101041 NURUL'AIN BARANI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI -
saya lebih setuju yang Hey Gurl Mask saja mbak, karna sepertinya nama itu terkesan lebih milenial
In reply to 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101010 nelva regita putri pramesti -

 Antisipasi kemungkinan terburuk, misal penjualan sepi, terjadi korupsi yang akan kami lakukan yaitu menjual dengan harga diskon misal beli 1 gratis 1, dipromosikan lewat live ig,shopee, dll. 

In reply to 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101038 SRI KINANTI -

Menurut saya untuk tempet usahanya jika kurang tempat usaha bisa membuka bisnis secara online yang bisa diiklankan lewat media sosial dan bisa kita membuat poster dengan tema yang kita jualkan didepan rumah kita sehingga banyak yang mengetahui bahwa kita menjual produk yang kita jual dengan cara memesan, dan untuk pembuatan iklannya dengan cara membuat background yang menarik sesuai dengan apa yang ingin kita jualkan dengan cara itu orang bisa melihat apa yang kita jual lewat media sosial, Sehingga mereka tertarik dengan barang yang kita jualkan.Nah untuk barang yang kita jualkan bisa kita letakan diruangan dan jika pesanan tersebut banyak kita harus menyisihkan ruangan rumah kita untuk barang yang kita jualkan.


In reply to 2010101038 SRI KINANTI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI -

berarti selain online kita membuka toko dirumah untuk yang penjualan offlinenya ya mba? bisa juga begitu, ide bagus, jadi bisa lebih menghemat modal. bagaimana yang lain, apakah setuju jika seperti ini?

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 9

by 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI -

untuk lokasinya bagaimana bila jika kita memilih tempat di tengah kota, karena bisnis kita masker organik yang notabene peminatnya ada remaja. jadi lebih strategis dijangkau remaja/pelajar oleh dari daerah manapun. bagaimana mungkin teman-teman ada usulan yang lain?


In reply to 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101040 FRIESCHA FRIECILLIA MARTIN -

Selain memilih tempat ditengah kota kita juga dapat memanfaatkan akun sosial media untuk memberikan informasi mengenai produk yang akan kita pasarkan, contohnya seperti Instagram ataupun Whatsapp. Pada akun tersebut kita dapat memberikan promosi pada tahap awal agar peminatnya juga banyak dan rasa ingin tahu terhadap produk kita semakin tinggi. Karena pada zaman sekarang banyak orang lebih cenderung mendapatkan informasi online shop dari media sosial yang mereka miliki. 

In reply to Elika Puspitasari

Re: KELOMPOK 9

by 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI -

Assalamualaikum teman-teman, baik untuk melanjutkan diskusi pemaparan ide bisnis yang kedua ini silahkan bagi teman-teman untuk bisa aktif memberikan pendapatnya terkait :

  • Tentukan NAMA BISNIS KELOMPOK seunik mungkin

--> untuk nama Bisnis kami sepakat menggunakan nama "Hey Gurl Mask"

  • Tentukan dimana bisnis tersebut akan didirikan
  • Siapakah costumer Anda (calon pembeli/pengguna) demografinya dilihat dari minat, penghasilan, dan kelas ekonomi mereka?

--> sasaran customer kami raitu remaja/pelajar. karena masker organik ini peminatnya paling banyak yaitu para pelajar/remaja. selain itu harganya yang terjangakau bagi mereka.

  •  Bagaimana ketersediaan bahan bakunya?

--> kami berencana untuk menggunakan bahan alam, yang bisa kami dapat dari hasil pertanian warga/pribadi. Bahan-bahan yang diperlukan tentunya 100% alami, ramah lingkungan, dan mudah dibudidayakan.

  •  Bagaimana strategi pemasarannya 

--> kami menggunakan platform belanja online yang sudah ada dan terkenal, kemudian kami menggunakan Instagram dan Facebook. Selain itu foto produk dan poster kami gunakan sebagai media promosi.

  •  Darimana sumber modal (pinjam bank, patungan)?

--> Modalnya kami dapatkan melalui Iuran per anggota kelompok dengan sesama pemegang saham bisnis.

  •  Siapa karyawannya, bagaimana pembagian pekerjaannya, apa saja kualifikasi karyawan, perkiraan penggajian

--> Karyawannya sementara berasal dari anggota kelompok. untuk pembagian tugasnya 1 orang sebagai bendahara, 1 orang bagian ketersediaan barang, 5 orang bagian produksi dan pemasaran. Untuk kualifikasi karyawan yaitu dapat dari mahasiswa/pelajar aktif. Mengenai gaji setiap karyawan akan dibagi menurut keuntungan yang diperoleh disetiap bulannya. 

  •  Bagaimana target penjualan dan upaya mencapai target

--> target penjualan pertama kami berharap bisa menjual 500 bungkus masker organik. Untuk memenuhi target tersebut kami akan melakukan promosi buy 2 get 1, promosi melalui media sosial, dan memberikan hasil testimoni real.

  •  Tentukan harga jual produk eceran, grosir, list harga macam2 jasa

--> Untuk harga masker organik itu sendiri, yaitu 1 pcs 5.000/10 gram rupiah untuk kemasan traveler. Kemudian untuk kemasan besar 1 pcs 25.000/20 gram.

  •   Kira-kira kapan balik modal

--> Kami menargetkan dalam jangka waktu 1 bulan akan balik modal jika target penjualan bulan pertama berhasil terjual 500 bks masker organik.

  •   Antisipasi kemungkinan terburuk, misal penjualan sepi, terjadi korupsi.
(Untuk teman-teman dapat menambahkan, Terimakasih)

Wassalamu'alaikum


In reply to 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101040 FRIESCHA FRIECILLIA MARTIN -

Assalamualaikum teman-teman, baik untuk melanjutkan diskusi pemaparan ide bisnis yang kedua ini silahkan bagi teman-teman untuk bisa aktif memberikan pendapatnya terkait :

  • Tentukan NAMA BISNIS KELOMPOK seunik mungkin

--> untuk nama Bisnis kami sepakat menggunakan nama "Hey Gurl Mask"

  • Tentukan dimana bisnis tersebut akan didirikan

--> untuk pemilihan lokasinya kami memilih tempat di tengah kota, karena bisnis kita masker organik yang notabene peminatnya ada remaja. jadi lebih strategis dijangkau remaja/pelajar oleh dari daerah manapun.

  • Siapakah costumer Anda (calon pembeli/pengguna) demografinya dilihat dari minat, penghasilan, dan kelas ekonomi mereka?

--> sasaran customer kami raitu remaja/pelajar. karena masker organik ini peminatnya paling banyak yaitu para pelajar/remaja. selain itu harganya yang terjangakau bagi mereka.

  •  Bagaimana ketersediaan bahan bakunya?

--> kami berencana untuk menggunakan bahan alam, yang bisa kami dapat dari hasil pertanian warga/pribadi. Bahan-bahan yang diperlukan tentunya 100% alami, ramah lingkungan, dan mudah dibudidayakan.

  •  Bagaimana strategi pemasarannya 

--> kami menggunakan platform belanja online yang sudah ada dan terkenal, kemudian kami menggunakan Instagram dan Facebook. Selain itu foto produk dan poster kami gunakan sebagai media promosi.

  •  Darimana sumber modal (pinjam bank, patungan)?

--> Modalnya kami dapatkan melalui Iuran per anggota kelompok dengan sesama pemegang saham bisnis.

  •  Siapa karyawannya, bagaimana pembagian pekerjaannya, apa saja kualifikasi karyawan, perkiraan penggajian

--> Karyawannya sementara berasal dari anggota kelompok. untuk pembagian tugasnya 1 orang sebagai bendahara, 1 orang bagian ketersediaan barang, 5 orang bagian produksi dan pemasaran. Untuk kualifikasi karyawan yaitu dapat dari mahasiswa/pelajar aktif. Mengenai gaji setiap karyawan akan dibagi menurut keuntungan yang diperoleh disetiap bulannya. 

  •  Bagaimana target penjualan dan upaya mencapai target

--> target penjualan pertama kami berharap bisa menjual 500 bungkus masker organik. Untuk memenuhi target tersebut kami akan melakukan promosi buy 2 get 1, promosi melalui media sosial, dan memberikan hasil testimoni real.

  •  Tentukan harga jual produk eceran, grosir, list harga macam2 jasa

--> Untuk harga masker organik itu sendiri, yaitu 1 pcs 5.000/10 gram rupiah untuk kemasan traveler. Kemudian untuk kemasan besar 1 pcs 25.000/20 gram.

  •   Kira-kira kapan balik modal

--> Kami menargetkan dalam jangka waktu 1 bulan akan balik modal jika target penjualan bulan pertama berhasil terjual 500 bks masker organik.

  •   Antisipasi kemungkinan terburuk, misal penjualan sepi, terjadi korupsi.

--> Untuk mengantisipasi kerugian seperti sepi peminat, kami akan terus mengembangkan produk dengan mengikuti tren/keinginan pasar. Sedangkan untuk mengantisipasi adanya tindak korupsi pada usaha kami, kami berniat dalam pengelolaan uang dan ketersediaan bahan hingga proses penjualan selalu dilakukan secara tertulis dan direkap setiap minggunya, serta apabila dalam hal tersebut masih ada tindak korupsi maka akan diberi sanksi yang tegas dari pihak yang dirugikan.

(Untuk teman-teman dapat menambahkan, Terimakasih)

Wassalamu'alaikum



In reply to 2010101040 FRIESCHA FRIECILLIA MARTIN

Re: KELOMPOK 9

by 2010101013 SYELINA DWI ARYANTI -

Saya syelina dwi aryanti 2010101013 izin menambahkan persoalan mengenai tempat penjualan  selain secara online ,bisakah kita jangkau berjualan secara offline atau terjun lapangan supaya selain mempercepat penjualan juga dapat menambah pengalaman

In reply to 2010101013 SYELINA DWI ARYANTI

Re: KELOMPOK 9

by 2010101037 LELIANITA RATNA CANDRA DEWI -

boleh, nanti yang tempat penjualan onlinenya kita masukkan di strategi penjualannya. nah untuk tempat penjualan non onlinenyanya, apakah setuju dengan membuka toko di tengah kota? atau mungkin ada usulan yang lain?

In reply to 2010101040 FRIESCHA FRIECILLIA MARTIN

Re: KELOMPOK 9

by 2010101038 SRI KINANTI -

izin menambahkan terkait dengan tempat usaha.

Menurut saya untuk tempet usahanya jika kurang tempat usaha bisa membuka bisnis secara online yang bisa diiklankan lewat media sosial dan bisa kita membuat poster dengan tema yang kita jualkan didepan rumah kita sehingga banyak yang mengetahui bahwa kita menjual produk yang kita jual dengan cara memesan, dan untuk pembuatan iklannya dengan cara membuat background yang menarik sesuai dengan apa yang ingin kita jualkan dengan cara itu orang bisa melihat apa yang kita jual lewat media sosial, Sehingga mereka tertarik dengan barang yang kita jualkan.Nah untuk barang yang kita jualkan bisa kita letakan diruangan dan jika pesanan tersebut banyak kita harus menyisihkan ruangan rumah kita untuk barang yang kita jualkan.

In reply to 2010101040 FRIESCHA FRIECILLIA MARTIN

Re: KELOMPOK 9

by 2010101038 SRI KINANTI -

izin menambah terkait bagaimana mengantisipasi kemungkinan terburuk bila terjadi kerugian seperti penjualan sepi atau adanya korupsi?

Menurut saya bangkit dan memulainya lagi dari nol seperti bagaimana  kita membangun bisnis tersebut seperti semula, mengikuti penjualan tren tren baru dan bisa memberi diskon bagi pelanggan dan bisa juga kita tawarkan dengan harga yang murah untuk beberapa hari seperti membuat poster atau menguploud diskon dari tanggal 1 sampai 10 misalnya.Jika tidak ada modal dan kebanyakan rugi bisa memulai dengan menjual barang sedikit dan tidak banyak menumpuk barang.