RANCANGAN TUGAS MATA KULIAH
Mata Kuliah
|
:
|
Etikolegal dalam praktik
kebidanan
|
Bobot Nilai
|
:
|
5%
|
Nama Dosen
|
:
|
Dita Kristiana, S.ST., MH.
|
Tugas ke-
|
:
|
1
|
|
|
|
|
|
|
1. Judul Tugas: tanggung jawab dan tanggung gugat bidan dalam praktik
kebidanan
2. Sub CPMK: mampu
menerapkan etik pelayanan
3.
Tujuan Tugas: mampu menganalisis tanggung jawab dan tangggung gugat dalam praktik
kebidanan
4. Uraian Tugas
a. Obyek garapan:
mahasiswa mencari kasus masalah etik dalam
pelayanan kebidanan/mal praktik/human
eror
b. Yang harus
dikerjakan dan batasan-batasan: kasus dapat diambil berita terkini dari media masa (koran, televisi, internet). Lengkapi dengan jurnal dan buku sebagai kajian
teori dengan mencantumkan minimal
5 daftar pustaka yang jelas.
a. Metode/Cara
Pengerjaan Tugas, acuan yang digunakan: satu kelas dibagi menjadi 4 kelompok, mencari kasus masalah
etik dalam pelayanan kebidanan/malpraktik/human
eror dari media masa (internet, berita
televisi tanggal dan jam, Koran media masa apa contoh
Replubika, terbit tanggal berapa, kolom berapa?) diupload ke lensa.unisayogya.ac.is, dilengkapi dibahas dengan buku atau artikel jurnal dengan referensi minimal 5 sumber
pustaka, hasilnyadupload di lensa.unisayogya.ac.id
dipresentasikan pada pertemuan seminar dan di HKIkan
d.
Deskripsi luaran tugas yang dihasilkan: Hasil studi tersaji dalam bentuk power point untuk diseminarkan dan karya ilmiah dengan
ketentuan diketik dengan kertas kuarto, spasi 1,5, huruf Times New Roman, Font 12, diupload di lensa.unisayogya.ac.id. Sistematika penulisan karya
ilmiah meliputi :
1.
Judul
Berisi tentang komponen obyek, subyek, tempat dan
waktu.
2.
Bab I Kasus
Berisi tentang masalah, etik pada pelayanan
kebidanan.
3.
Bab II Tinjauan Pustaka
Tulislah pustaka
(teori/konsep/pendapat/hasil penelitian) baik dari buku referensi, jurnal maupun tinjauan dari sudut pandang agama Islam (dilengkapi Al
Quran dan Hadist serta pendapat Ulama) terhadap permasalahan yang dibahas.
4.
Bab III Pembahasan
Pembahasan dilakukan berdasarkan tinjauan teori dari jurnal dan buku ditambahkan tentang tinjauan Islam sesuai kasus. Sumber pustaka (nama penulis dan tahun terbit) dituliskan dalam
pembahasan.
Daftar pustaka
Minimal menggunakan satu referensi bahasa Inggris
5. Bahan Tugas
1.
Buku Etika profesi dan hukum kesehatan
2.
Buku paket panduan bidan delima
3.
Perudang undangan.
4.
Handout dalam bentuk power point
6. Kriteria dan
Bobot Penilaian: Bobot tugas 5 % dari total nilai
a.
Penilaian Hard Skills
GRADING SCHEME
SKOR
|
DESKRIPSI
|
80 - 100
|
Hasil jawaban
menggunakan metode yang tepat, analisis yang sistematis,
benar dan bahasa baik
|
70 - <80
|
Hasil jawaban
menggunakan metode yang tepat, analisis yang sistematis dan benar
|
55 - <70
|
Hasil jawaban
menggunakan metode yang tepat dan
analisis yang tidak sistematis
|
40 - <55
|
Hasil jawaban
menggunakan metode yang kurang tepat, analisis yang tidak sistematis
|
… < 40
|
Tidak menjawab
|
b.
Penilaian Softskills
KRITERIA Penilaian sikap tanggungjawab
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Kurang
|
cukup
|
Baik
|
Sangat Baik
|
1
|
Melaksanakan tugas dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang
dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Meminta maaf atas kesalahan yang
dilakukan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor Rata2
|
|
Keterangan
Sangat Baik (SB)
|
Skor 80-100
|
=
|
selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan.
|
Baik (B)
|
Skor 70-79
|
=
|
sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukannya.
|
Cukup (C)
|
Skor 55-69
|
=
|
kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukannya.
|
Kurang
|
Skor < 55
|
=
|
tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukannya
|
KRITERIA : Belajar Mandiri
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Kurang
|
cukup
|
Baik
|
Sangat
Baik
|
1
|
Mengatur waktu dan tempat belajar dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Menemukan materi pembelajaran yang sesuai dengan
topik bahasan
|
|
|
|
|
3
|
Mengevaluasi pemahaman terhadap materi yang
dipelajari
|
|
|
|
|
4
|
Menunjukan motivasi belajar yang konsisten
|
|
|
|
|
5
|
Merefleksikan hasil belajar dengan baik
|
|
|
|
|
Jumlah skor Rata-rata
|
|
Keterangan
Sangat Baik (SB)
|
Skor 80-100
|
=
|
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
|
Baik (B)
|
Skor 70-79
|
=
|
sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya.
|
Cukup (C)
|
Skor 55-69
|
=
|
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
|
Kurang
|
Skor < 55
|
=
|
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukannya
|
7. Jadwal
Pelaksanaan
Minggu ke 4