Weekly outline

  • SALAM PEMBUKA

    RaisaAssalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama. Selamat datang di mata kuliah Kebutuhan biopsikososial dasar manusia, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan.

    Mata kuliah Kebutuhan biopsikososial dasar manusia, memiliki beban SKS sebesar:  3 sks (1 sks TEORI, 2 sks PRAKTIKUM), dengan Kode Mata  Kuliah : KAN 2006

    Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  • PERTEMUAN 1. Konsep Tumbuh Kembang (Konsepsi sampai Menjelang Ajal)

    SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

    Mahasiswa mampu menganalisis, menilai dan mempersepsikan  konsep, tumbuh kembang (konsepsi sampai menjelang ajal)

     (C4, A3)

    BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

    1. Pengantar tumbuh kembang manusia 

    2. Teori perkembangan manusia

    3. Psikopatologi perkembangan

    4. Perkembangan  manusia menjelang kematian/ajal

    5. Perkembangan  manusia berdasar Al Qur’an

    METODE PEMBELAJARAN

    Pembelajaran konstektual.

    Tatap muka teori: 100 mnt


    • PERTEMUAN 2. Manusia sebagai Makhluk Holistik

      SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

      Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kebutuhan manusia sebagai makhluk holistik (C5, A4, P4)

      BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

      1. Pengantar kebutuhan dasar manusia

      2. Manusia sebagai makhluk holistik

      3. Hierarki Maslow

      4. Teori dan aplikasi penerapan kebutuhan dasar manusia sebagai makhluk holistik

      METODE PEMBELAJARAN

      Pembelajaran kolaboratif.

      Tatap muka teori: 100 mnt

      Praktikum: 2 x 170 menit




      • PERTEMUAN 3. Konsep Diri dan Kepribadian Manusia

        SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

        Mahasiswa mampu menganalisis konsep diri dan kepribadian manusia (C5, A4, P6)

        BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

        1. Perkembangan  teori konsep diri

        2. Gender dan konsep diri

        3. Keterlibatan keluarga dalam pemenuhan konsep diri

        4. Achievement, Ability, and Creativity related to self-concept

        5. Self-control

        6. Konsep keperibadian manusia

        METODE PEMBELAJARAN

        Pembelajaran kolaboratif.

        Tatap muka teori: 100 mnt

        Praktikum: 2 x 170


        • PERTEMUAN 4. Kerjasama dalam Kelompok: Kemampuan Pemecahan Masalah

          SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

          Mahasiswa mampu menganalsis materi tentang kerjasama dalam kelompok serta bagaimana cara pemecahan masalahnya (C6, A5, P5)

          BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

          1. Pengantar Kerjasama/Kolaborasi tim

          1. Perkembangan Kerjasama tim interprofesi

          2. Interprofessional Team: Key Concept and Issues

          3. Pengantar Teori Problem Solving

          4. Metode Problem Solving

          5. Tinjauan Islam dalam pemecahan permasalahan

          METODE PEMBELAJARAN

          Pembelajaran kolaboratif.

          Tatap muka teori: 100 mnt

          Praktikum: 2 x 170



          • PERTEMUAN 5. Aplikasi Kerjasama dalam Kelompok: Kemampuan Pemecahan Masalah

            SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

            Mahasiswa mampu mengaplikasikan kerjasama dalam kelompok serta bagaimana cara pemecahan masalahnya (C6, A5, P4)

            BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

            Presentasi Kasus
            METODE PEMBELAJARAN

            Pembelajaran kolaboratif.

            Tatap muka teori: 100 mnt

            • PERTEMUAN 6. Konsep Altruisme dan Determinasi Diri

              SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

              Mahasiswa mampu mempersepsi dan mengaplikasikan konsep determinasi diri altruisme (C3, A5, P4)

              BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

              1. Pengantar teori konsep altruisme

              2. Empati

              • Perkembangan  teori altruisme

              • Aplikasi teori altruisme

              • Pengembangan altruisme dalam keperawatan anestesiologi

              • Tinjauan Islam tentang altruisme

              • The Six-Mini Theories of Self Determination 

              • Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik

              • Refleksi determinasi diri

              METODE PEMBELAJARAN

              Pembelajaran kolaboratif.

              Tatap muka teori: 100 mnt

              Praktikum: 2 x 170

              • PERTEMUAN 7. Konsep Psiko-Neuro-Imunologi (PNI)

                SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

                Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep Psiko-Neuro-Imunologi (PNI) (C5, A4, P4)

                BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

                1. Konsep psiko-neuro-imunologi (PNI)

                2. Hubungan aspek biologis dan psikologis manusia

                3. Aplikasi konsep PNI: hubungan stress psikis dengan imunologi pasien pra bedah/ pasca bedah

                METODE PEMBELAJARAN

                Pembelajaran kolaboratif.

                Tatap muka teori: 100 mnt

                Praktikum: 2 x 170


                • UJIAN SEMESTER