SALAM PEMBUKA
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama. Selamat datang di mata kuliah Kebutuhan biopsikososial dasar manusia, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan.
Mata kuliah Kebutuhan biopsikososial dasar manusia, memiliki beban SKS sebesar: 3 sks (1 sks TEORI, 2 sks PRAKTIKUM), dengan Kode Mata Kuliah : KAN 2006
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
- Pada MK ini mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang pemenuhan kebutuhan biopsikososial manusia dan aplikasinya dalam asuhan keperawatan anestesiologi, meliputi konsep tumbuh kembang, kebutuhan psikologis maupun sosial manusia berlandaskan nilai-nilai keislaman. Kemampuan untuk mengidentifikasi berbagai kebutuhan seperti pemenuhan mencintai dan dicintai, konsep diri, bersosialisasi serta bekerjasama dalam kelompok untuk pemecahan masalah menjadi pokok yang krusial untuk dikuasai oleh mahasiswa.
Di Mata kuliah ini ,mahasiswa akan mempelajari topik teori maupun praktikum sebagai berikut :
Bahan Kajian Teori:
1. Konsep Tumbuh Kembang (Konsepsi sampai Menjelang Ajal)
2. Manusia sebagai Makhluk Holistik
3. Konsep Diri dan Kepribadian Manusia
4. Kerjasama dalam Kelompok: Kemampuan Pemecahan Masalah
5. Aplikasi Kerjasama dalam Kelompok: Kemampuan Pemecahan Masalah
6. Konsep Altruisme dan Determinasi Diri
7. Konsep Psiko-Neuro-Imunologi (PNI)
Bahan Kajian Praktikum:
1. Perilaku Manusia
2. Analisis Kepribadian Manusia
3. Analisis biopsikologi dan Sensorik-Motorik Manusia
4. Proses Adaptasi Psikologis
5. Tingkat Kesadaran dan Ketidaksadaran Manusia
6. Analisis Persepsi
7. Aplikasi Altruisme
8. Aplikasi Determinasi Diri
9. Pengkajian Spiritual
10. Manajemen Stress
11. Pemecahan Masalah/Konflik
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (CP KU)
KU11
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang kepenataan anestesi serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang keperawatan anestesi;
KU12
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
KK5
Mampu melakukan komunikasi efektif dalam menjalankan peran sebagai penata anestesi;
KK6
Mampu melakukan pendidikan kesehatan yang berhubungan dengan keperawatan anestesi;
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
Mahasiswa mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika, menguasai konsep teoritis dasar keperawatan dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia , komunikasi efektif, serta pendidikan kesehatan secara logis, kritis dan sesuai dengan standar kompetensi kerja di bidang keperawatan anestesi (S1, S2, S14, S16, PP12, KK5, KK6, KU11, KU12)
- Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan.
- Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi, praktikum, tugas, kuis, UTS, dan UAS.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan perkuliaan Teori Praktikum dan Seminar sesuai materi yang disiapkan
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi tugas masing-masing serta mengerjakan kuis yang diberikan oleh dosen dalam proses pembelajaran.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti evaluasi pembelajaran melaui Ujian Tengah Semeser dan Ujian Akhir Semester.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang UTS (10%)
UAS (10%)
Tugas Terstruktur (20%)
Praktikum (60%)
Tim Dosen:
1. Raisa Farida Kafil, S.Kep., Ners., M.Kep*)
2. Vita Purnamasari, M.Kep
3. Dzakiyatul Fahmi M, M.Kep
4. Raden Sugeng Riyadi, S.ST., M.Psi
5. Heri Puspito., S.Kep., Ns., M.KM.
6. Astika Nur Rohmah, M.Biomed
Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
Zanna, M. P (2002). Advance in Social Psychology. Vol. 34. Available from: http://linkis.com/en.bookfi.net/9QyfF
Semin, G., Fiedler, K. (). Applied Social Psychology. Available from: http://linkis.com/en.bookfi.net/9QyfF
Sigelman, C. K., Rider, E. A. (2015). Life-Span Human Development, 8th Edition. Available from URL: https://www.cengage.co.uk/books/9781285454313/
Babu, S. (2014). Psychology for Nurses. New Delhi: Elsevier
Ryan, R. M., Deci. E.l. (2017). Self-Determination Theory. New York: The Guilford Press
Richard, M. (2013). Altruism: The Science and Psychology of Kindness. Great Britain: The Atlantic Book
Drinka, T. J. K., Clark, P.G. (2000). Health Care Teamwork: Interdisciplinary Practice and Teaching. London: Auburn House
Smith, M. U. (2012). Toward a Unified Theory of Problem Solving. New York: Routledge
Biddle, B.J. (2013). Role Theory: Expectation, Idenities, and Behaviours. New York: Academic Press
Cohen, L. J. (2011). The Handy Psychology Answer Book. Detroit: Visible Ink Press
Forgas, J.P (2006). Affect in Social Thinking and Behaviour. New York: Psychology Press
Kozier & Erb’s. (2008) Fundamental of Nursing. 8 th edition.
Potter & Perry. (2009). Fundamental of Nursing. 7 th edition.