Topic outline

  • PROFIL MATA KULIAH

    MATA KULIAH : BIOKIMIA

    SEMESTER        : II

    DOSEN PJ         : NAZULA RAHMA SHAFRIANI, S.Si., M.Biomed.


    cek

    • Salam Pembuka dari Penanggung Jawab Mata Kuliah

      Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


      Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan.
      Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama. Selamat datang di mata kuliah Manajemen Laboratorium Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

      Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa program Sarjana Terapan semester 2. Mata kuliah Biokimia memiliki bebas sks sebesar 2 sks dengan kode mata kuliah TLM2032.

      Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik yaaa....
      Salam hangat dan tetap semangat!


      Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

      Penanggung Jawab Mata Kuliah

      Nazula Rahma Shafriani, S.Si., M.Biomed.

      • Deskripsi Mata Kuliah

        Mata kuliah ini mempelajari fenomena atau proses-proses fisiologis pada makhluk hidup yang melibatkan ribuan reaksi kimia dalam pola teratur atau yang lebih dikenal dengan istilah metabolisme menyebabkan dampak resiko jangka pendek dan jangka panjang pada kesehatan.


        Modul ini diperuntukkan bagi mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis semester 2. Modul ini memberikan pengalaman belajar sebanyak sks dengan rincian: 1 sks Teori (7 X 100 menit) dan 1 sks praktikum (14 X 170 menit).

        • Bahan Kajian

          1. Karbohidrat dan metabolismenya
          2. Lipid dan metabolismenya
          3. Protein, asam amino dan metabolismenya
          4. Vitamin larut dalam air dan metabolismenya
          5. Mineral dan meatbolismenya
          6. Profil enzim
          7. Hormon

          • Capaian Pembelajaran

            Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah:

            1. Mahasiswa mampu menjelaskan biokimia makro dan menerapkan pemeriksaan laboratorium biokimia makro (S8, S9, S11, PP7, KK6)
            2. Mahasiswa mampu menjelaskan biokimia mikro dan menerapkan pemeriksaan laboratorium biokimia mikro (S8, S9, S11, PP7) 

            • Struktur Pelaksanaan

              Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan baik secara synchronous (zoom meeting, google meeting, elearning) maupun secara unsynchronous (Google classroom, elearning)

              • Teori         : 7 x 100 menit
              • Praktikum : 14 x 120 menit

              • Penilaian/Assessment

                Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :

                Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu

                1. Menggunakan referensi yang tersedia.
                2. Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
                3. Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
                4. Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
                5. Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
                6. Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
                Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, diharapkan peserta didik dapat mengatur intensitas belajarnya sendiri.

                Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti

                1. Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
                2. Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
                3. Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
                4. Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
                5. Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
                6. Hasil UTS dan UAS.

                Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.

                NOHURUFSKORBOBOTKUALITATIF
                1.A80-1004.00Pujian (Sangat Baik)
                2.A-77-793.75Lebih dari Baik
                3.AB75-763.50Lebih dari Baik
                4.B+73-743.25Lebih dari Baik
                5.B70-723.00Baik
                6.B-66-692.75Lebih dari Cukup
                7.BC63-652.50Lebih dari Cukup
                8.C+59-622.25Lebih dari Cukup
                9.C55-582.00Cukup
                10.C-51-541.75Hampir Cukup
                11.CD48-501.50Hampir Cukup
                12.D41-471.00Kurang
                13E≤ 40
                0.00Sangat Kurang


                • Bobot Penilaian

                  Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :

                  NO

                  AKTIVITAS

                  NILAI ABSOLUTE

                  1

                  Ujian Blok (Teori)

                  40%

                  2

                  Praktikum

                  40%

                  3

                  Penugasan

                  20%

                   

                  Jumlah

                  100%

                  • Dosen Pengampu

                    Pembelajaran Teori:

                    1. Arif Yusuf Wicaksana, M.Sc.Apt.
                    2. Nazula Rahma Shafriani, S.Si., M.Biomed.
                    3. Farida Noor Irfani, S.Si., M.Biomed
                    4. Dhiah Novalina, S.Si., M.Si.


                    Pembelajaran Praktikum:Arif Yusuf Wicaksana, M.Sc.Apt.

                    1. Nazula Rahma Shafriani, S.Si., M.Biomed.
                    2. Arif Yusuf Wicaksana, M.Sc.Apt.
                    3. Dhiah Novalina, S.Si., M.Si.
                    4. Yeni Rahmawati, S.Si., M.Sc.

                    • Daftar Rujukan/Referensi

                      1.  Almatsier, S. 2004. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 

                      2.  Anna, P., Supriyanti, T. 2006. Dasar-Dasar Biokimia. Penerbit UI Press. Jakarta. 

                      3.  Bintang, M. 2010. Biokimia Teknik Penelitian. Penerbit Erlangga. Jakarta. 

                      4.  Boyer, R.F. 2002. Concepts in Biochemistry. Edisi 2. John Wiley and Sons, Inc. New York. 

                      5.  Campbell, N.A., Reece, J.B., dan Mitchell, L.G. 2002. Biologi (diterjemahkan oleh: Lestari, R.). 

                      Edisi Kelima. Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta. 

                      6.  Daintith, J. 1997 Kamus Lengkap Kimia (Diterjemahkan oleh: Achmadi, S.). Penerbit Erlangga. 

                      Jakarta. 

                      7.  Murray, R.K., Granner, D.K., Rodwell, V.W. 2009. Biokimia Harper (Harper’s Illustrated 

                      Biochemistry) Ed. 27. Penerbit Kedokteran EGC. Jakarta. 

                      • Ayat Inspirasi

                        QS 41 : 53 Quran Surat Fussilat Ayat 53 Terjemah Bahasa Indonesia - Al  Quran Indonesia


                        Artinya: "Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kebesaran) Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur'an itu adalah benar. Tidak cukupkah (bagi kamu) bahwa Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?"

                        • Instrumen Pembelajaran

                        • CP MK: Mahasiswa mampu menjelaskan biokimia makro dan menerapkan pemeriksaan laboratorium biokimia makro (S8, S9, S11, PP7, KK6)

                        • CP MK: Mahasiswa mampu menjelaskan biokimia mikro dan menerapkan pemeriksaan laboratorium biokimia mikro (S8, S9, S11, PP7)

                        • CP MK: Mahasiswa mampu menjelaskan biokimia makro dan menerapkan pemeriksaan laboratorium biokimia makro (S8, S9, S11, PP7, KK6)

                        • Soal Ujian Blok BIOKIMIA-TA 2020/2021-Semester Genap