Topic outline

  • Profil Mata Kuliah

     
  • KOMPONEN PENILAIAN

    1.    UTS (30%)

    2.    UAS (30%)

    3.    Tugas Terstruktur (20%)

    4.    Praktikum (20%)

    • DAFTAR RUJUKAN

      Wajib:

      1.       Baid, H. (2006). The process of conducting a physical assessment: a nursing perspective. British Journal of Nursing.15, 710-714

      2.       Cox, C. L., Turner, R., &Blackwood, R. (2008). Physical Assessment for Nurses. United Kongdom, UK: Blackwell Publishing Ltd.

      3.       Dillon, P. M. (2007). Nursing Health Assessment: A Critical Thinking Case Study Approach. Philadelphia: F. A. Davis Company

      4.       Pejmankhah, S. (2014). Evaluate Nurses’ Self-Assessment and Educational NeedsiIn Term of Physical Examination of Patients in Hospitals of Birjand University of Medical Sciences. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141, 597-601. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.05.104

      5.       Secrest, J. A., Norwood, B. R., & Dumont, P. M. (2005). Physical Assessment Skills: A Descriptive Study of What is Taught and What is Practiced. Journal of Professional Nursing, 21, 114-118. doi:10.1016/j.profnurs.2005.01.004

      6.       West, S. L. (2006). Physical assessment: whose role is it anyway?. Nurse Critical Care, 11 (4), 161-167. Retrieved from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16869522

      7.       Rosdahl, CB., Kowalski, M.T. (2011). Textbookof basic nursing. 10th Revised edition edition. Lippincott Williams and Wilkins: English

      8.       Alimul A Aziz (2006), Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia, Salemba Medika: Jakarta

      9.       Potter and Perry (2009). Fundamental of Nursing: Fundamental Keperawatan. Lippincott Co, Philadelphia

      10.   McCloskey, C.J and Bulechek, M.G. (2012), Nursing Intervention  Classification (NIC), IOWA outcomes project, Mosby Inc, St. Louis.

      11.   NANDA-I (2015), Nursing Diagnoses : Definitions and Classification, NANDA International, Philadelphia.


    • PERTEMUAN 3. Pemeriksaan fisik .

      SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

      Mahasiswa mampu menganalisis dan mendemonstrasikan  pemeriksaan fisik (C5, A4, P4)

      BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

      1.       Tujuan pemeriksaan fisik

      2.       Macam pemeriksaan fisik

      3.       Metode pemeriksaan fisik

      4.      Alat yang digunakan untuk pemeriksaan fisik

    • PERTEMUAN 4. Konsep Nyeri.

      SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

      Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mempersepsi konsep nyeri (C4, A4, P4)

      BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

      1.       Konsep nyeri

      2.       Macam-macam nyeri

      3.       Fisiologi Nyeri

      4.       Pengkajian Nyeri

      5.       Skala nyeri

      6.       Manajemen nyeri

      7.       Asuhan Keperawatan pasien dengan nyeri



    • PERTEMUAN 5. Pengkajian Nyeri.

      SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

      Mahasiswa mampu mengevaluasi dan mendemonstrasikan pengkajian nyeri (C4, A4, P4)

      BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

      1.       Pengantar pengkajian nyeri

      2.       Pengkajian nyeri pada berbagai usia

      3.       Tools dalam pengkajian nyeri

      4.       Indikator fisiologis saat terjadi nyeri

      5.       Pertimbangan khusus dalam pengkajian nyeri

      6.       Evidence based dalam pengkajian nyeri

      7.      Demonstrasi

    • PERTEMUAN 6. Kebutuhan Aktivitas dan Latihan.

      SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

      Mahasiswa mampu menganalisis dan mempraktikkan pemenuhan kebutuhan aktivitas dan latihan (C5, A4, P4)

      BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

      1.       Aktivitas fisik, latihan dan kesehatan

      2.       Activity daily living

      3.       Intoleransi aktivitas

      4.       Body mekanik

      5.       Range of Motion


    • PERTEMUAN 7. Kebutuhan Oksigenasi.

      SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

      Mahasiswa mampu menganalisis dan mempraktikkan pemenuhan kebutuhan oksigenasi (C5, A4, P4)

      BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

      1.       Konsep dasar  kebutuhan oksigenasi dan penghitungan oksigen berdasarkn kondisi klien

      2.       Alat bantu pernafasan

      3.       Berbagai masalah pada gangguan oksigenasi

      4.       Penatalaksanaan masalah pada gangguan oksigenasi

      • PERTEMUAN 8. Kebutuhan Cairan dan Elektrolit .

        SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

        Mahasiswa mampu menganalisis dan mempraktikkan pemenuhan kebutuhan pemenuhan cairan dan elektrolit (C5, A4, P4)

        BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

        1.       Konsep kebutuhan cairan dan elektrolit

        2.       Berbagai masalah pada gangguan cairan dan elektrolit

        3.       Perhitungan balance cairan

        4.       Jenis cairan

        5.       Perhitungan tetes infus

        6.       Penatalaksanaan masalah pada gangguan cairan dan elektrolit


      • PERTEMUAN 9. Kebutuhan Istirahat dan Tidur .

        SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

        Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi pemenuhan kebutuhan istirahat dan tidur (C5, A4, P2)

        BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

        1.      Konsep kebutuhan istirahat dan tidur

        2.      Konsep istirahat

        3.      Konsep tidur

        4.      Berbagai masalah pada gangguan pada istirahat dan tidur


      • PERTEMUAN 10. Kebutuhan Nutrisi.

        SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

        Mahasiswa mampu mempersepsi, menganalisis, dan mendemonstrasikan pemenuhan kebutuhan nutrisi (C3, A5, P4)

        BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

        1.       Konsep kebutuhan nutrisi

        2.       Jenis-jenis nutrisi

        3.       Tinjauan Islam tentang pemenuhan kebutuhan nutrisi

        4.       Perhitungan kebutuhan nutrisi

        5.       Berbagai masalah pada gangguan nutrisi


        • PERTEMUAN 11. Kebutuhan Eliminasi Fekal dan Urin.

          SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

          Mahasiswa mampu mempersepsi dan mempraktikkan pemenuhan kebutuhan eliminasi (C4, A3, P4)

          BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

          1.       Konsep kebutuhan eliminasi

          2.       Kebutuhan eliminasi urin

          3.       Kebutuhan eliminasi fekal

          4.       Berbagai masalah pada gangguan eliminasi

          • PERTEMUAN 12. Kebutuhan Aman dan Nyaman .

            SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

            Mahasiswa mampu mengaplikasikan  pemenuhan kebutuhan aman dan nyaman (C5, A5, P4)

            BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

            1.       Konsep kebutuhan aman

            2.       Konsep nyaman

            3.       Berbagai masalah pada gangguan aman nyaman

          • PERTEMUAN 13. Kebutuhan Perawatan Diri (Self-care)

            SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

            Mahasiswa mampu mengevaluasi dan mendemonstrasikan pemenuhan kebutuhan perawatan diri (self-care) (C5, A5, P4)

            BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

            1.       Konsep kebutuhan Kebutuhan Kebersihan dan Perawatan Diri

            2.       Konsep kebersihan diri

            3.       Konsep perawatan diri

            4.       Berbagai masalah pada gangguan konsep kebersihan dan perawatan diri

            • PERTEMUAN 14. Proses Luka dan Penyembuhan Luka

              SUB CP MK (SEBAGAI KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN)

              Mahasiswa mampu mempersepsi proses luka dan melakukan secara mandiri perawatan luka (C5, A5, P6)

              BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN

              1.       Konsep kebutuhan Kebutuhan Kebersihan dan Perawatan Luka

              2.       Konsep kebersihan luka

              3.       Konsep perawatan luka

              4.       Berbagai masalah pada gangguan konsep kebersihan dan perawatan luka


              • UJIAN SEMESTER

              • Pertemuan 14 Konsep Patient Centered-Care