Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Konsep Dasar Keperawatan Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
Mata kuliah Konsep Dasar Keperawatan memiliki bebas SKS sebesar 2 SKS teori yang ditempuh selama satu semester pada semester 1
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Selamat Belajar dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Vita Purnamasari
Mata Kuliah Konsep dasar keperawatan mengajarkan tentang teori dan konsep model keperawatan serta dasar- dasar keperawatan untuk memberikan pelayanan yang berbasis patient centered care dan berlandaskan caring Materi yang akan dibahas antara lain:
1. sejarah serta perkembangan keperawatan
2. teori dan konsep model keperawatan
3. falsafah keperawatan
4. aplikasi teori keperawatan dalam pelayanan keperawatan anestesiologi
5. konsep manusia dan sehat sakit
6. keperawatan anestesiologi sebagai profesi
7. konsep caring dalam keperawatan
8. keperawatan professional
9. konsep keperawatan holistic
10. Interprofesional Education dan Interprofessional Collaboration
11. critical thinking (berfikir kritis)
12. system pelayanan kesehatan
13. patient centered care (PCC)
14. konsep teori keperawatan dalam aplikasi pelayanan kesehatan/keperawatan
Setelah mengikuti perkuliahan konsep dasar keperawatan, mahasiswa diharapkan mampu mengetahui, memahami, menguasai teori dan konsep model keperawatan serta mengetahui dan memahami tentang dasar- dasar keperawatan untuk memberikan pelayanan yang berbasis patient cebtered care dan berlandaskan caring.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
S1
S2
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
PP12
Menguasai konsep teoritis dasar yang mendasari ilmu keperawatan anestesi meliputi: anatomi fisiologi, ilmu biomedik dasar, mikrobiologi, parasitologi, patologi, ilmu gizi, farmakologi, instrumentasi anestesi, patient safety dan keselamatan kerja, epidemiologi klinik serta pemenuhan kebutuhan dasar manusia;
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (CP KU)
KU11
KU12
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang kepenataan anestesi serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang keperawatan anestesi;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
KK7
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi kepenataan anestesi sesuai kewenangannya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
Mahasiswa mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika, menguasai konsep teoritis dasar keperawatan dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia , komunikasi efektif, serta pendidikan kesehatan secara logis, kritis dan sesuai dengan standar kompetensi kerja di bidang keperawatan anestesi (S1, S2, S14, S16, PP12, KK5, KK6, KU11, KU12)
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang - Dosen Penanggung Jawab :
Nama : Vita Purnamasari, M.Kep. NIP : 8806241710443 NIDN : 0524068801 Email : vita.purnamasari@unisayogya.ac.id HP : 085743207300 Tim Dosen:
Vita Purnamasari, Ns.,M.Kep - “…Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan taqwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran, dan bertawalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah maha berat siksa-Nya.†(Q.S. Al-Maa-idah : 2) .
ayat ini mengispirasi untuk berbuat baik dan tolong menolong kepada orang yang sedang mengalami kesulitan. ayat ini menginspirasi kita untuk melakukan pelayanan asuhan keperawatan berlandaskan caring.