General
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mahasiswa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, sahabat serta pengikutnya hingga akhir zaman...
Selamat datang di mata kuliah Asuhan Kebidanan Balita dan Anak Pra Sekolah Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang menempuh semester VI.
Mata kuliah Asuhan Kebidanan Balita dan Anak Pra Sekolah memiliki bebas SKS sebesar 3 SKS.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik, sukses untuk semuanya.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Herlin Fitriana Kurniawati, S.SiT., M.Kes
Mata kuliah Asuhan Kebidanan Balita dan Anak Pra Sekolah merupakan salah satu mata kuliah yang harus ditempuh dalam pendidikan Prodi Sarjana dan Profesi Bidan di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditempuh mahasiswa di semester VI dengan beban 3 SKS, dengan rincian 1 SKS Teori, Praktikum 1,5 SKS, Praktikum klinik 0,5 SKS. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang Asuhan Kebidanan Balita dan Anak Pra Sekolah dengan segala permasalahannya dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam didalamnya.
Untuk mencapai kompetensi pada akhir pembelajaran, maka ada beberapa proses pembelajaran yang akan ditempuh, antara lain kuliah teori, tutorial dan praktikum, perkuliahan di kelas, pembelajaran mandiri, dan diskusi kelompok dengan prinsip pembelajaran aktif baik.
1. Upaya promosi dan prevensi anak balita dan pra sekolah (BK 113)
2. Pertumbuhan dan Perkembangan Balita dan Anak (BK 114)
3. Penyakit penyakit pada Anak (BK 115)
4. Permasalahan Cedera pada Anak dan Tindakan PPPK (BK 116)
5. Masalah Psikologis dan Anak dengan Kebutuhan Kesehatan Khusus (BK 117)
6. Dokumentasi asuhan kebidanan pada anak (BK 118)
1. CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
a. Menguasai konsep teoritis ilmu obstetri dan ginekologi, serta ilmu kesehatan anak secara umum (PP2).
b. Menguasai konsep teoritis ekologi manusia secara umum dan konsep teoritis psikologi perkembangan dan ilmu perilaku secara mendalam terkait asuhan kebidanan sepanjang siklur reproduksi perempuan dan proses adaptasi menjadi orangtua (PP5)
3. CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
a. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
b. Mampu mengaplikasikan keilmuan kebidanan dalam menganalisis masalah dan memberikan petunjuk dalam memilih alternatif pemecahan masalah pada lingkup praktik kebidanan meliputi asuhan pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, bayi, anak balita, anak prasekolah, Asuhan Neonatus dan Bayi (remaja, perempuan usia subur dan perimenopause) serta pelayanan KB (KK1).
4. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
a. Mampu mengidentifikasi masalah, alternatif pemecahan serta mengambil keputusan secara tepat permasalahan pada balita dan anak pra sekolah sesuai dengan keahliannya. (S9, PP2, KU5, KK1)
b. Mampu memberikan asuhan kebidanan balita dan anak pra sekolah dengan tepat, bertanggung jawab sesuai dengan keahliannya. (S9, PP2, PP5, KK1)
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan penugasan yang harus dikumpulkan sesuai dengan waktu yang sudah disepakati dalam RPS.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti aktivitas partisipati meliputi : praktikum skill, Case based learning, praktikum klinik.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan dan ketepatan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan
- Hasil UTS dan UAS.
Basis Evaluasi dan Komponen Evaluasi
Basis Evaluasi
Komponen Evaluasi
Deskripsi dalam Bahasa Indonesia
Deskripsi dalam Bahasa Inggris
Bobot (%)
1.
Aktivitas Partisipatif
1. Praktikum skill
3. Praktikum klinik
1. Case based learning pada pembelajaran teori dan praktikum dengan instrumen penilaian rubrik.
2. Praktikum skill di laboratorium dengan instrumen penilaian ceklist ketrampilan
3. Praktik di klinik dengan instrumen penilaian ceklist ketrampilan
1. Case based learning learning theory and practicum with instruments in the rubric.
2. Practice skills in the laboratory with a skills checklist assessment instrument
3. Practice in the clinic with a skill checklist assessment instrument
50
10
15
Sub total
75
2.
Hasil proyek
-
-
-
-
3.
Kognitif/ Pengetahuan
Tugas
Menganalisis tentang permasalahan gizi pada balita dan anak pra sekolah berdasarkan EBM, perspektif agama, etika dan moral
Analyzing the problem of nutritional problems in toddlers and pre-school children based on EBM, religious, ethical and moral perspectives
5
Ujian Tengah Semester
Soal pilihan ganda (A-E) (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) (questions uploaded at lensa.unisayogya.ac.id)
10
Ujian Akhir Semester
Soal pilihan ganda (A-E) (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) (questions uploaded at lensa.unisayogya.ac.id)
10
Sub total
25
Total
100
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
MODEL ASSESMEN
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
MODEL ASSESMEN
NO
HURUF
SKOR
BOBOT
KUALITATIF
1
A
80-100
4.00
Pujian (sangat baik)
2
A-
77-79
3.75
Lebih dari baik
3
AB
75-76
3.50
4
B+
73-74
3.25
5
B
70-72
3.00
Baik
6
B-
66-69
2.75
Lebih dari cukup
7
BC
63-65
2.5
8
C+
59-62
2.25
9
C
55-58
2.00
Cukup
10
C-
51-54
1.75
Hampir cukup
11
CD
48-50
1.50
12
D
41-47
1.00
Kurang
13
E
≤40
0.00
Sangat kurang
1. Herlin Fitriana Kurniawati, S.SiT., M.Kes
2. Dewi Rokhanawati, S.SiT., M.PH
3. Nidatul Khofiyah, S.Keb., Bd., M.PH
4. Yekti Satriyandari, S.ST., M.Kes
5. Intan Mutiara Putri, S.ST., M.Keb
6. Rosmita Nuzuliana, S.SiT., M.Keb
7. Belian Anugrah Estri, S.ST., MMR
8. Sholaikhah Sulistyaningtyas, S.ST., M.Keb
9. Dwi Ernawati, S.ST., M.Keb.
A. Utama
1. Aziz Alimul Hidayat.2009. Asuhan neonatus, Bayi, dan Balita: Buku Praktikum Mahasiswa Kebidanan.
2. Bernstein, D dan Shelov, S. (2016). Ilmu Kesehatan Anak Edisi 3. Jakarta : EGC.
3. Desidel, Zuchroh Hasan, Rully Hevriani, Yan Sartika. 2014. Buku Ajar Asuhan Neonatus, Bayi dan Balita. Jakarta: Penerbit EGC.
4. Karen J. Marcdante, Robert M. Kliegman. (2013). Nelson : Ilmu Kesehatan Anak Esensial (Edisi 6). Penerbit Elsevier.
5. Katrina Beluska-Turkan et.all. Nutritional Gaps and Supplementation in the First 1000 Days.
6. Kemenkes RI. (2016). Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah.
7. Kemenkes RI.(2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan lntervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.
8. Marcdante, K. J., Kliegman, R., Jenson, H. B., Behrman, R. E., & Indonesia, I. D. A. (2014). Nelson ilmu kesehatan anak esensial. https://books.google.co.id/books?id=aBHXrQEACAAJ
9. Maternity, D., Anjani, A. D., & Evrianasari, N. (2018). Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah. ANDI.
10. World Health Organization. (2016). World Health Statistics - Minitoring Health for the Sustainable Development Goals. World Health Organization.
11. Rusmil, K. (2012). Pedoman Pelaksanaan, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
12. Soetjiningsih, Ranuh, I. N. & Wahab, A. (2014) Tumbuh Kembang Anak Edisi 2, Jakarta : EGC.
B. Tambahan
1. Setiyani, A., Sukesi, Esyuananik. 2016. Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Asuhan-Kebidanan-Neonatus-Bayi-Balita-dan-Apras-Komprehensif.pdf
2. Irinati, B. 2019. Asuhan Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah: Manajemen Asuhan Kebidanan Komprehensif. Jakarta: Salemba Medika.
C. Luaran penelitian penelitian dosen atau PkM dosen:
1. Belian Anugrah Estri. 2019. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi pada Balita di Posyandu Jambu Desa Bogoran Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Intan Husada.
2. Catur Yulina Wati, Nidatul Khofiyah. Effect of Nutrition, Stimulation, and Hygiene on the Growth and Development on Children Under Five Years. The 6th International Conference on Public Health.
3. Catur Yulina Wati, Djauhar Ismail , Ekawaty Lutfia Haksari, Dewi Rokhanawaty. Penerapan Metode Bermain sebagai Stimulasi untuk Meningkatkan Perkembangan Anak. Jurnal Keperawatan Jiwa.
4. Nidatul Khofiyah. 2020. Edukasi Berpengaruh terhadap Pemberian Stimulasi Perkembangan Anak Usia 12-24 Bulan oleh Ibu di Posyandu Desa Tambakrejo Kabupaten Puworejo. Jurnal Ners dan Kebidanan.