Deskripsi Mata Kuliah

Panduan Dasar Asuhan kebidanan Nifas ini berisi dasar-dasar pembelajaran agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk melaksanakan Asuhan Kebidanan pada ibu masa nifas secara holistik dengan pendekatan manajemen kebidanan di dasari konsep, sikap dan keterampilan dengan pokok bahasan : konsep dasar masa nifas, respon orang tua terhadap bayi baru lahir, proses adaptasi, fisiologi dan psikologi masa nifas, kebutuhan dasar masa nifas, melaksanakan asuhan kebidanan pada masa nifas, melaksanakan kunjungan rumah pada ibu masa nifas, deteksi dini komplikasi masa dan pendokumentasiannya yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman.

 Dasar Asuhan Kebidanan Nifas diperuntukkan bagi mahasiswa D3 Kebidanan semester 3 reguler (lulusan SMA). Mata kuliah ini penting dikuasai untuk melaksanakan praktik melaksanakan asuhan pada ibu nifas, juga sangat penting untuk memahami mata kuliah Keterampilan Asuhan Kebidanan Nifas selanjutnya . Pembelajaran 2 sks teori di kelas (14x pertemuan), dan 28 sks praktikum (28 x pertemuan di laboratorium).


DESKRIPSI PEMBELAJARAN

A.    Aktifitas Pembelajaran

Aktivitas pembelajaran dalam modul ini terdiri dari kuliah teori dengan modifikasi small group discussion, tutorial, kuliah pakar, praktikum di laboratorium dan praktikum di klinik, konsultasi pakar serta belajar mandiri.

1.    Kuliah Pakar dan Kuliah Teori

Kuliah diberikan dalam rangka penataan pengetahuan/informasi  yang telah diperoleh oleh mahasiswa. Kuliah pakar akan berhasil guna dan tepat guna apabila dalam suatu saat itu, pertemuan mahasiswa dengan pakar, mahasiswa secara aktif mengungkapkan hal-hal yang ingin dipahami.

2.    Aktivitas Laboratorik (Praktikum)

Aktivitas ini merupakan aktivitas pembelajaran dalam rangka memahami sesuatu informasi secara mantap. Mahasiswa diberi kesempatan untuk melihat secara nyata melalui serangkaian percobaan yang dilakukan di dalam laboratorium.

3.    Pembelajaran mandiri

Aktivitas pembelajaran mandiri merupakan inti dari kegiatan pembelajaran yang didasarkan pada paradigm pembelajaran mahasiswa aktif ( student-center learning-SCL) Dalam hal ini secara bertahap mahasiswa dilatih dan dibiasakan untuk belajar secara mandiri (tidak harus manunggu saat ujian atau atas permintaan dosen).

4.    Diskusi Kelas dan seminar

Diskusi ini dilakukan dengan peserta seluruh mahasiswa dalam kelas. Diskusi ini akan dihadiri oleh dosen pakar. Tujuan aktivitas pembelajaran ini ialah untuk lebih memamantapkan pemahaman semua informasi yang telah ditelaah.

 


(There are no discussion topics yet in this forum)