Diskusi Pengantar Biokimia

Kelas B Sifat Enzim

Kelas B Sifat Enzim

by 2110101085 Hanani Uswatun Hasanah -
Number of replies: 0

Nama : Hanani Uswatun Hasanah

NIM   : 2110101085

Prodi : S1 Kebidanan

 

1. Enzim sebagai katalisator, sebagai protein enzizm memiliki sifat seperti protein, yaitu sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, seperti suhu, pH, konsentrasi substrat. Enzim tidak mempengarui arah reaksi, sehingga dapat bekerja dua arah (bolak-balik).

 

2. Enzim bekerja secara spesifik dan selektif, artinya enzim tertentu hanya dapat mengadakan perubahan pada zat tertentu pula.

 

3. Enzim bersifat bolak-balik, artinya enzim tidak menentukan arah reaksi tetapi hanya mempercepat laju reaksi sehingga tercapai keseimbangan.

 

 4. Enzim seperti protein, artinya enzim memiliki sebagian sifat protein yang dipengaruhi oleh suhu dan pH. Aktivitas anzim dipengaruhi oleh suhu. Jika suhu rendah, kerja enzim akan lambat. Oleh Karena itu enzim berfungsi sebagai katalisator, tetapi tidak ikut bereaksi, maka jumlah yang dipakai sebagai katalis tidak perlu banyak.

 

5. Enzim bersifat termolabil, artinya aktivitas enzim dipengaruhi oleh suhu. Jika suhu rendah, kerja enzim lambat. Semakin tinggi suhu reaksi kimia yang dipengaruhi enzim semakin cepat, tetapi jika suhu terlalu tinggi, enzim akan mengalami denaturasi.

 

6. Hanya diperlukan dalam jumlah sedikit, oleh karena itu enzim berfungsi sebagai katalisator, trtapi tidak ikut bereaksi, maka jumlah yang dipakai sebagai katalis tidak perlu banyak. Satu molekul enzim dapat bekerja berkali-kali, selama molekul tersebut tidak rusak.

 

7. Merupakan koloid, karena enzim tersusun atas komponen protein, maka sifat-sifat enzim tergolong koloid. Enzim memiliki permukaan antar partikel yang sangat besar sehingga bidang aktivitasnya juga besar. 8.Enzim mampu menurunkan energi aktivasi, suatu reaksi kimia dapat terjadi jika molekul yang terlibat memiliki cukup energy internal untuk membawanya ke puncak energi menuju bentuk reaktif yang disebut tahap transis. Energi aktivasi suatu reaksi adalah jumlah energy dalam kalori yang diperlukan untuk membawa semua molekul pada 1 mol senyawa pada suhu tertentu menuju tingkat transisi pada puncak batas energy. Apabila suatu reaksi kimia ditambahkan katalis yaitu enzim, maka energy aktivasi dapat diturunkan dan reaksi akan berjalan dengan lebih cepat.