Diskusi Zat Gizi Karbohidrat

NAMA : AFIKA SELMA.S.

NAMA : AFIKA SELMA.S.

by 2110101022 AFIKA SELMA.S. -
Number of replies: 0

  1. Sifat Mereduksi : monosakarida dan beberapa disakarida mempunyai sifat dapat mereduksi, terutama dalam suasana basa. Sifat sebagai reduktor ini dapat digunakan untuk keperluan identifikasi karbohidratmaupun analisis kuantitatif. Sifat mereduksi ini disebabkan oleh adanya gugus aldehida atau keton bebas dalam molekul karbohidrat.
  2. Furfural adalah senyawa organik siklik dengan lima atom karbon sebagai penyusun utama kerangkanya.
  3. pembentukan osazon terjadi karena gugus aldehid ataupun keton dari karbohidrat berikatan dengan phenilhidrazine. Reaksi antar senyawa tersebut merupakan reaksi oksidasi reduksi, dimana atom C nomor satu dan dua dari aldosa atau ketosa mengalami reaksi.
  4. Ester merupakan suatu senyawa organik dengan sifat-sifat tertentu yang terbentuk melalui penggantian atom hidrogen pada gugus karboksil dengan suatu gugus organik (dilambangkan dengan R’). 
  5. Isomerisasi adalah proses penataan ulang suatu molekul menjadi molekul baru dengan rumus empiris tetap.
  6. Glikosida adalah senyawa bahan alam yang terdiri atas gabungan dua bagian senyawa, yaitu gula dan bukan gula.
  7. Rumus Fischer Karbohidrat : garis horizontal menunjukkan ikatan yang terdapat dimuka bidang kertas dan garis vertikal menunjukkan ikatan yang terdapat di sebelah belakang bidang kertas.
  8. Aktivitas optik adalah kemampuan zat tertentu untuk memutar bidang cahaya terpolarisasi bidang pada saaat cahaya melalui kristal , zat cair atau larutan.
  9. Konfigurasi elektron dalam ilmu Kimia merupakan susunan penyebaran elektron pada kulit atau orbital dari sebuah atom.
  10. Rumus Haworth : KImiawan karbohidrat Inggris WN.Howarth memperkenalkan cara proyeksi yang dikenal dengan proyeksi Howarth.Sudut valensi antara atom karbon bukan 180 derajat tetapi 109,5 derajat.Oleh karena itu, gugus aldehida pada karbon pertama menjadi sangat dekat dengan gugus hidroksil pada atom karbon nomor lima jika rantai dipuntir.