Diskusi Pengantar Biokimia

Kelas B

Kelas B

by 2110101071 PUTRI RATNA SARI DEWI -
Number of replies: 0

Sifat enzim:

  1. Sebagai Katalisator berfungsi sebagai katalatis meningkatkan kecepatan reaksi kimia tanpa merubah produk yang diharapkan tanpa ikut bereaksi dengan substratnya, dengan demikian energi yang dibutuhkan untuk menguraikan suatu substrat menjadi lebih sedikit.
  2. Enzim memiliki sifat spesifik dan selektif artinya bekerja hanya sesuai substrat sehingga hanya cocok untuk satu macam substrat saja atau sekelompok substrat yang susunan dan fungsinya hampir sama.
  3. Enzim bekerja secara bolak-balik, artinya enzim tidak menentukan arah reaksi tetapi hanya mempercepat laju reaksi sehingga tercapai keseimbangan.  
  4. Seperti protein artinya memiliki sifat seperti sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, seperti suhu, pH, konsentrasi substrat). Jika lingkungannya tidak sesuai, maka enzim akan rusak atau tidak dapat bekerja dengan baik.
  5. Enzim bersifat termolabil yaitu aktivitas enzim yang di pengaruhi oleh suhu. jika suhu rendah ,maka kerja enzim akan lambat.jika semakin tinggi suhu maka kerja enzim akan semakin cepat.
  6. Hanya diperlukan dalam jumlah sedikit enzim tidak diperlukan dalam jumlah yang banyak karena 1 molekul enzim saja bisa bekerja berkali-kali selama enzim tersebut tidak mengalami kerusakan
  7. Enzim bersifat koloid, memiliki permukaan yang besar, dan bersifat hidrofil.
  8. Enzim mampu menurunkan energi aktivasi  yaitu jumlah energi yang harus dimasukkan agar reaksi dimulai. Enzim bekerja dengan mengikat molekul reaktan dan menahannya sedemikian rupa sehingga proses pemutusan ikatan kimia dan pembentukan ikatan berlangsung lebih mudah.