Diskusi Pengantar Biokimia

kelas B

kelas B

by 2110101095 RAISA DWI NUR VIKA -
Number of replies: 0

sifat sifat enzim

1. Sebagai Biokatalisator

enzim bersifat biokatalisator. Itu berarti, enzim hanya mengubah kecepatan reaksi dengan menurunkan energi aktivasinya atau Enzim bisa mengubah kecepatan reaksi tanpa mengubah struktur dirinya sendiri. Mengubah kecepatan ini berarti bisa memperlambat atau mempercepat reaksinya.

2. enzim bekerja secara spesifik dan selektif

Suatu enzim hanya bekerja pada substrat yang spesifik untuk membentuk produk yang spesifik juga. Dalam hal ini, kita bisa membayangkan enzim sebagai “kunci” yang mempunyai bentuk khusus, sehingga hanya bisa membuka satu “gembok” aja. atau enzim hanya cocok untuk satu atau sekelompok substrat yang fungsi serta susunannya kurang lebih hampir sama.Contohnya, enzim amilase yang hanya bekerja pada substrat berupa amilum (pati).

3. enzim bersifat bolak balik

Reaksi-reaksi yang dikendalikan enzim dapat berbalik. Ini berarti enzim tidak menentukan arah reaksi tetapi hanya mempercepat laju reaksi sehingga tercapai keseimbangan. Enzim dapat menguraikan suatu senyawa menjadi senyawa-senyawa lain, dan juga sebaliknya, menyusun senyawa-senyawa menjadi senyawa tertentu.

4.enzim seperti protein

enzim merupakan protein. Oleh karena itu, enzim memiliki sifat seperti protein, antara lain bekerja pada suhu optimum, umumnya suhu kamar. Enzim akan kehilangan aktivitasnya karena pH yang terlalu asam atau basa kuat, dan pelarut organik. Panas yang terlalu tinggi akan membuat enzim terdenaturasi sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

5.enzim bersifat termolabil

enzim bersifat termolabil artinya aktivitas enzim yang di pengaruhi oleh suhu. jika suhu rendah ,maka kerja enzim akan lambat.jika semakin tinggi suhu maka kerja enzim akan semakin cepat.

6.hanya diperlukan dalam jumlah sedikit

Karena fungsinya sebagai KATALISATOR  maka enzim tidak diperlukan dalam jumlah yang banyak karena 1 molekul enzim saja bisa bekerja berkali-kali selama enzim tersebut tidak mengalami kerusakan

7. merupakan koloid

enzim merupakan koloid artinya enzim tersusun dari beberapa protein yang tergolong koloid

8.enzim mampu menurunkan energi aktivasi

Enzim melakukan tugas kritis untuk menurunkan energi aktivasi reaksi yaitu, jumlah energi yang harus dimasukkan agar reaksi dimulai. Enzim bekerja dengan mengikat molekul reaktan dan menahannya sedemikian rupa sehingga proses pemutusan ikatan kimia dan pembentukan ikatan berlangsung lebih mudah