Izin menjawab bu.
1. Jelaskan terkait Autis dan ADHD
Autis merupakan gangguan ketidak mampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, gangguan berbahasa yang ditunjukan dengan penguasaan yang tertunda, acholalia, mutest, pembalikan kalimat, adanya aktivitas bermain yang repetitive dan sereotype, rute ingatan yang kuat dan keinginan obsesif untuk mempertahankan keteraturan di dalam lingkungan (Davidson & Begley, 2012).
Attention Deficit Hypersctivity Desorder (ADHD) adalah gangguan perilaku yang ditandai gangguan pemusatan perhatian dan gangguan konsentrasi, impulsivitas yaitu bicara semaunya tanpa memikirkan akibat, dan melakukan gerakan yang tidak mempunyai tujuan yang jelas dan disertai dengan hyperaktif, kekurangan ini bisa secara signifikan menganggu upaya akademik anak tersebut
2. Sebutkan dan Jelaskan Perbedaan Antara Autis dan ADHD
ADHD adalah suatu kondisi perkembangan saraf yang membuat anak sulit berkonsentrasi, menaruh perhatian, duduk tenang dan cenderung bersikap impulsif. Ada tiga subtipe dari ADHD yaitu Inattentive, Hyperactive – impulsive, dan kombinasi keduanya. Gejala ADHD bisa membaik seiring dengan pertambahan usia anak dan bisa mendapatkan fokus lebih serta kontrol akan dorongan mereka.
Sementara autisme adalah kondisi perkembangan saraf yang menyebabkan tantangan dalam kemampuan sosial, berkomunikasi dan cara berpikir. Perilaku berulang juga merupakan bagian dari Autism Spectrum Disorder (ASD) yang kerap muncul sebelum anak mencapai usia 3 tahun dan lebih mungkin terjadi lima kali lebih besar pada pria daripada wanita.
3. Jelaskan terkait dengan mekanisme neuromuskuler pada anak dengan Autis
Penyebab Autis ialah multifaktor, yang dimaksud multifaktor adalah terjadi karena kombinasi berbagai faktor termasuk faktor genetik yang dipicu oleh faktor lingkungan. Kimia otak yang paling jelas dijumpai abnormal kadarnya pada anak dengan Autis adalah serotonin 5-Hydroxytryptamine(5-HT) yaitu sebagai neurotransmiter yang bekerja sebagai sumber pengantar sinyal di sel-sel saraf.Anak Autis dijumpai 30% - 50% mempunyai kadar serotonin tinggi dalam darah. Perkembangan norepinefrine (NE), dopamin (DA), dan 5-HT juga mengalami gangguan (Griadhi, Ratep, & Westa, n.d.).
4. Jelaskan Treatment Fisioterapi dan Medis pada anak dengan Autis atau ADHD
Metode intervensi fisioterapi pada penanganan kasus Autis dengan gangguan Sensori dan Atensi mengunakan metode Play Exercise dengan Perceptual Motor Activity visual and hand coordination. Metode tersebut digunakan untuk pengembangan sensomotorik dan singkronisasi antara hand and eyes.
Pada kondisi ADHD dapat diberikan modalitas fisioterapi berupa Neuro Senso Motor Reflek Development And Syncronization Dan Play Therapy. Neuro Senso Motor Reflex Developmental & Synchronization(NSMRD&S) adalah salah satu metode yang bertujuan untuk meringankan dan menghilangkan stres dan kompensasi disfungsional dan non produktif didalam struktur tubuh, mengaktifkan motor program yang alami dan genetik dan seluruh metabolisme perkembangan gerak, mengaktifkan (brain-body) integration mechanisme yang mempengaruhi perkembangan gerak, mengoptimalkan motor dan sensor motor integration, menghilangkan stres pada saat belajar, mendukung ketrampilan motorik dan kognitifyang alami dan khusus, mengungkap kemampuan untuk membuat perubahan-perubahan postif dalam struktur, postur dan gerak tubuh, dan sistem-sistem koordinasi yang beragam.