Forum: Visi 'Aisyiyah Abad ke 2

Diskusi

Diskusi

by evi wahyuntari -
Number of replies: 20

adik2 sekalian setelah mebaca materi dan mengikuti zoom tentang visi 'Aisyiyah apakah adik2 sepakat dengan visi perempuan berkemajuan?

Bagaimana adik2 mengaktualisasikan visi peremuan berkemajuan dan kehidupan saudara? di tempat kerja, di keluarga dan masyarakat. 

Silakan jawaban diberikan dalam forum ini.


In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301026 MUNA NUR MAHERINI -

Saya setuju, sebagaimana saya kuliah di univ 'Aisyiyah akan mengimplementasikan sesuai ilmu yang didapat, seperti berani mengambil langkah berkemajuan, percaya diri atas segala sesuatu yang dimiliki adalah baik, mengajak perempuan perempuan dilingkungan saya untuk bergerak lebih maju, dan tidak membeda bedakan antara laki laki dan perempuan bahwa semua memiliki kesempatan yang sama.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301039 ATIKA AZHAR FAUZIAH CAHYATI -

Mengaktualisasikan visi perempuan berkemajuan ini dengan sistem gerakan Aisyiyah  untuk mengangkat derajat kaum perempuan serta mendorong kaum perempuan aktif di ruang publik untuk berdakwah. Melalui gerakan pendidikan, membina generasi muda melalui pendidikan dan pengajian. Aisyiyah berkomunikasi dengan efektif melalui media cetak Suara Aisyiyah yang menyampaikan informasi sekaligus menjadi media dakwahnya. Sebagai organisasi nasional yang lahir pada masa penjajahan, ikut aktif dalam kegiatan memajukan bangsa .

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301035 NURUL HIDAYAH -

Saya sangat setuju karena aisyiyah mampu turut serta mencerdaskan bangsa. Di masyarakat kita bisa turut serta membentuk organisasi untuk membangun pendidikan yang nanti akan bermanfaat. Dilingkungan keluarga memberikan contoh yang positif pada kepada adik dan kakak  dengan cara membuktikan bahwa wanita bisa melakukan banyak pekerjaan baik yang bermanfaat dan tidak hanya dirumah. Dilingkungan kerja memberikan kerja yang baik dan prestasi sehingga bisa menjadi tauladan bagi yang lain

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301019 NOVITA WIDAYATI -

saya sepakat dengan visi perempuan berkemajuan , cara mengaktualisasikan yaitu dengan cara menjadi wanita yang memiliki ilmu serta memiliki hhak sebagaimana dalam kehidupan maupun profesinya 

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301031 RIZKI DERMAWAN -

sangat saya setuju dengan gerakan perempuan berkemajuan dimana saat sekarang banyak perempuan perempuan hebat dan menjadi contoh baik bagi masyarakat dan gerakan aisyiyah ini banyak melahirkan perempuan perempuan hebat yang berpikir maju dan kritis

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301036 SILVIA FEBRIANI -

Saya setuju dengan visi perempuan berkemajuan, dan untuk mengaktualisasikannya dalam lingkungan yaitu dengan mengedepankan pikiran yang maju tanpa ada hambatan dalam segala aspek. Dengan perempuan berkemajuan maka akan terjadi harmonisasi relasional antara laki-laki dan perempuan yang bersumbu pada “hablu minallah” (hubungan vertikal dengan Allah) dan “habluminannas” (hubungan horizontal dengan sesama manusia dan lingkungan) sehingga tercipta tatanan kehidupan yang baik dan tidak terjadi kerusakan di dalamnya .

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301030 AFIFATU SHOLIHA -

saya setuju dengan visi Aisyiyah mampu turut serta mencerdaskan bangsa dengan membangun pendidikan yang lebih baik. saya teringat dengan soal kuiz yang mengambil kutipan "agar dapur jangan jadi penghalang menghadapi masyakarat" yang dimana  perempuan boleh memiliki ilmu pengetahuan dan kecerdasan yang setara dengan laki-laki dan tidak melulu harus diberikan stigma bahwa wanita harus selalu di dapur. 

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301023 NUR FATHIAH -
Saya sangat setuju, karena dengan mengaktualisasikan visi perempuan berkemajuan ini dengan sistem gerakan Aisyiyah untuk mengangkat derajat kaum perempuan serta mendorong kaum perempuan aktif di ruang publik untuk berdakwah, dengan gerakan pendidikan, kita membina generasi muda melalui pendidikan turut serta mencerdaskan bangsa. Di masyarakat kita bisa turut serta membentuk organisasi untuk membangun pendidikan yang nanti akan bermanfaat.
In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301033 FITRI NUR ANNISA -

Saya tentu saja sangat setuju. Karena aktualisasi perempuan berkemajuan membuktikan bahwa perempuan juga bisa membawa perubahan baik untuk diri sendiri, lingkungan sekitar bahkan bangsa. Saya sendiri, dalam mengaktualisasikan visi ini adalah dengan mulai memberdayakan perempuan untuk membantu dirinya sendiri menemukan bakat dan minat sejak dini

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301021 FARRA DHIA WIYASIH -

saya setuju dengan visi perempuan berkemajuan. dalam mengimplementasikan perempuan berkemajuan di lingkungan pekerjaan adalah dengan mensetarakan kedudukan perempuan dan laki-laki tanpa menbeda-bedakan, di lingkungan keluarga bisa dengan mengajarkan kepada adik untuk membangun nilai moral dan solidaritas, di lingkungan masyarakat adalah dengan turut aktiv dalam program pemberdayaan masyrakat.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301022 DIFFA HANINDA -

Dalam qs alhujurat, disebutkan bahwa Allah menciptakan jin dan manusia tidak lain adalah untuk beribadah kepadaNya. Maka dari itu konsep perempuan berkemajuan yang diusung oleh 'Aisyiyah ini menjadi salah satu contoh bagi kita semua untun terus menjadi manusi yang berdaya. Jangan sampai kita tetap mengaminkan segala bentuk diskriminasi, kemudian marjinalisasi terhadap perempuan yang pada akhirnya merugikan hak hak perempuan. Sampai hari ini permasalahan perempuan memang belum juga tuntas, tapi saya kira perempuan hari ini harus mematahkan pandangan terhadap perempuan yang tidak berdaya dengan karya karya nyata :)

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301029 KINANTI SALSABILA AMANATILLAH -

Saya setuju mengaktualisasikan visi peremuan berkemajuan, Perempuan berkemajuan yang maju dalam segala aspek tanpa mengalami hambatan dan diskriminasi baik secara struktural maupun kultural. Perempuan berkemajuan  yang memiliki derajat dan perlakuan yang sama mulia dengan laki-laki tanpa diskriminasi. Perempuan berkemajuan dalam rangka mengaktualisasikan ketaqwaan, iman, ibadah, , dan kekhalifahan maka berpeluang secara terbuka dan leluasa untuk berperan dalam seluruh ranah kehidupan, termasuk di ruang publik dan dalam kepemimpinan di berbagai struktur kehidupan.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301037 RIFKA PRILLIA MUHAROMI -

Saya sangat setuju karena gerakan Aisyiyah adalah gerakan perempuan yang mampu untuk menghidupkan dan mencerdaskan bangsa dengan berbagai gerakan yang memberikan banyak manfaat untuk banyak wanita seperti membangun pendidikan untuk perempuan, menghidupkan gerakan gerakan untuk memperbaiki ekonomi seperti sarana untuk bekerja dalam bilang kerajinan dan lain lain

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301034 NUR INTAN KUSUMAWATI -

saya setuju pada visi perempuan berkemajuan dikarenakan perempuan bisa menjadi wanita yang memiliki ilmu dan pintar serta memiliki hak dan kewajiban,perempuan juga bisa melakuan sesuatu hal lebih mandiri dan lebih percaya diri.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301032 FATMA ROSTIKASARI -

saya setuju mengenai visi perempuan berkemajuan. Untuk mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari hari, saya sebagai wanita menjadi lebih percaya diri dalam mengambil langkah dan perempuan memiliki hak yang sama denhan laki-laki dalam pendidikan maupun pekerjaan, dan wanita pun sekarang dapat turut andil dalam segala bidang.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301024 NAUFALIANA NUR FITRI -

Saya sepakat dengan visi ‘aisyiyah sebagai perempuan berkemajuan. Dimata Allah laki” dan perempuan setara dan kedua nya berhak untuk menjadi seorang pemimpin baik di kehidupan bermasyarakat atau di tempat kerja, tidak ada diskriminasi antara perempuan dan laki laki.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301020 EKA MAULINA -

Mengaktualisasi visi dan misi perempuan berkemajuan sesuai dengan bidang yang digeluti. 

Misalkan pemberdayaan kesehatan dan pemahaman tentang ilmu reproduksi pada remaja, dan wanita

Lalu pemberdayaan ekonomi dengan mengadakan balai kerajinan untuk ibu-ibu rumah tangga yang kemudian hasilnya dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dapur

Jika sesuai profesi, maka hal yang dapat saya lakukan adalah mengedukasi dan melakukan tindakan preventif terhadap kesehatan perempuan dan keuarga

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi

by 1710301038 DWI NUR AZIZAH -

Saya sangat setuju kareba 'Aisyiyah mampu turut serta dalam mencerdaskan masyarakat di Indonesia, serta kita juga dapat turut serta membentuk organisasi untuk membangun pendidikan yang bermanfaat