Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

Kajian Al-Qur'an

Kajian Al-Qur'an

by 1710801020 IMA ERWINDA -
Number of replies: 0

1. Makna ayat-ayat yang terkandung dari surah Al Mukminun ayat 1-11 adalah bagaimana menjadi penghuni surga firdaus. Surga yang digambarkan Surga Firdaus adalah surga yang paling utama dan paling tinggi diantara surga yang ada dimana di atasn terdapat ‘Arsy Ar-Rahman, dan mengalir sungai surga. 

Orang-orang yang dijamin masuk surga firdaus adalah pertama, orang yang beriman dimana khusyu dalam sholat dimana berdiri di hadapan Allah dalam keadaan tunduk, merendahkan diri dan tenang. Kedua, menjauhkan diri dari hal yang tidak berguna dengan menjauhkan diri dari kesyirikan, perkataan dan perbuatan yang tidak berguna. Ketiga, menunaikan zakat yaitu zakat maal sebagai bentuk tidak hanya mementingkan ibadah saja namun juga berbuat baik pada sesama dengan menolong yang susah lewat zakat. Keempat, menjaga kemaluan dari zina dimana kita menjaga diri hal-hal yang mengantarkan pada zina. Kelima, menjaga amanah dan janji dimana ketika diberi amanah, tidak khianat dan ketika berjanji maka menepatinya. Keenam, menjaga sholat dimana kita merutinkan shalat pada waktunya.

2. Saya mengamalkan ayat-ayat tersebut di dunia kerja, di rumah dan di masyarakat dengan

- Saat di rumah, saya berusaha selalu melaksanakan sholat walau masih belajar untuk sholat tepat waktu. Selain itu saya mengkondisikan untuk khusyu agar setelah sholat bisa lebih tenang. 

Di masyarakat, saya berusaha tidak percaya kesyirikan yang biasa dipercayai masyarakat desa. Saya hanya memohon pada Allah untuk dilindungi dari kejahatan jin dan syetan yang menjaili manusia. Dan hanya percaya pada kuasa Allah atas rezeki, jodoh, maupun kematian dengan tidak membaca zodiak ataupun ramalan. 

Di tempat kerja, saya berusaha mengemban amanah yang dipercayai dengan baik. Karena saya yakin amanah ini akan membawa hal baik pada saya nantinya. Dan ketika berjanji saya selalu mengucapkan "insyaallah" agar saya diberi keridoan untuk menepati janji.