Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

Q.S Al - Mu'minun (23) : 1-11

Q.S Al - Mu'minun (23) : 1-11

by 1710301174 IKE NURHALIMAH -
Number of replies: 0

1. Makna ayat : 

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barang siapa yang mencari di balik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, dan orang-orang yang memelihara salatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

2. Mengamalkan di kehidupan sehari - hari.

1) Religius. Nilai ini berhubungan antara manusia dengan Tuhan-Nya. Salah satu yang menunjukkan nilai religius adalah pelaksanaan salat dengan khusyuk.

(2) Disiplin. Nilai disiplin berhubungan dengan mengerjakan kewajiban dan menjauhi larangan-Nya, dan mengerjakan sesuatu tepat waktu. 

(3) kerja keras. Nilai ini menunjukkan bahwa untuk mencapai suatu hal perlu dilakukan kerja keras, bukan hanya mengandalkan doa tanpa usaha. Perlu dilakukan usaha dan doa untuk mencapai suatu hal. 

(4) Peduli sosial. Tak dapat dipungkiri, kita sebagai manusia tidak akan bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari manusia lain dan lingkungan yang ada. Oleh karena itu, sebagai manusia kita harus memiliki rasa peduli baik terhadap manusia di sekitar kita maupun alam kita. 

(5) Tanggung jawab. Nilai yang menunjukkan bahwa semua perbuatan manusia akan dipertanggung jawabkan, sehingga manusia akan selalu berpikir sebelum bertindak