Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

Q.S. Luqman (31) : 13-14

Q.S. Luqman (31) : 13-14

by 1710301182 JENY MILENIA -
Number of replies: 0

18. Tadarus Ix : Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Pendidikan Q.S. Luqman (31) : 13-14

Artinya ayat 13-14:  "Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar"."Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu". (Q.S. Luqman 13-14)

1. Jelaskan makna ayat-ayat yang terkandung dari surah yang anda baca!

makna dari QS Luqman 13-14 yakni, sebagai umat manusia kita haruslah  mentauhidkan Allah SWT dan senantiasa menjauhi perbuatan menyekutukan Allah. Selain itu, kita sebagai umat manusia juga diminta untuk senantiasa memenuhi hak-hak kedua orangtua kita yang telah susah payah merawat kita dari janin hingga saat ini. 

2. Bagaimana saudara mengamalkan ayat-ayat tersebut di dunia kerja, di rumah dan di masyarakat?

mematuhi, dan memuliakan kedua orangtua baik ibu bapak kita sendiri, mupun terhadap orang yang lebih tua dari kita (orang lain). tidaklupa juga kita harus  mendoakan kebaikan atas kedua orangtua kita yang telah merawat kita sedari kecil dan Mensyukuri segala ketentuan yang diberikan Allah SWT kepada orangtua kita, baik fisik orangtua kita, baik harta orangtua kita, baik cara berpikir orangtua kita, jika kita sudah bekerja, harulah kita menyisihkan sebagian rezeki kita kepada kedua orangtua kita sebagai sedikit bentuk berbakti kepada orangtua.