Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

Diskusi Kajian Al-Qur'an

Diskusi Kajian Al-Qur'an

by 1710901007 FAIZA ADHIMA -
Number of replies: 0

1. Makna ayat yang terkandung dari QS. Luqman 1-6

- ayat 1 = Hanya Allah yang mengetahui maksud dari ayat ini. Huruf-huruf ini digunakan Allah dalam memulai sebagian surat untuk mengisyaratkan adanya mukjizat Al-Qur'an

- ayat 2 = Ayat ini menerangkan bahwa ayat-ayat Al-Qur'an itu disusun dengan rapi dan teliti dan didalamnya mengandung banyak hikmah.

- ayat 3 = Ayat ini menjelaskan bahwa ayat yang tertera pada Al-Quran itu adalah petunjuk dan rahmat bagi orang yang berbuat kebaikan.

- ayat 4 = Pada ayat-ayat ini disebutkan bahwa di antara tanda-tanda orang yang muhsin yaitu selalu mengerjakan shalat lima waktu yang diwajibkan kepadanya pada setiap waktu yang telah ditentukan.

Ia selalu berusaha untuk melaksanakan shalat itu dengan sebaik-baiknya lengkap dengan rukun dan syaratnya dan selalu menunaikan zakat jika telah terpenuhi syarat wajibnya. 

- ayat 5 = Ayat ini menjelaskan bahwa seorang yang beramal saleh akan mendapatkan keberuntungan hidup di dunia dan di akhirat nanti, dan hal itu diperoleh dengan melakukan perbuatan yang baik.

- ayat 6 = Ayat ini menerangkan bahwa di antara manusia ada yang tidak menghiraukan perkataan yang bermanfaat, yang dapat menambah keyakinan manusia kepada agama dan memperbaiki budi pekertinya. Mereka lebih suka mengatakan perkataan-perkataan yang tidak ada manfaatnya.

2. Saya mengamalkan ayat dari surat Luqman ini dengan melaksanakan sholat 5 waktu tepat pada waktunya serta menjadikan panglima pengatur waktu dalam aktifitas sehari-hari. Melakukan zakat ketika sudah sesuai dengan mencapai nisab namun jika belum mencapai maka bisa dilakukan dengan berinfaq semampunya bisa dilakukan dengan harta, kemampuan, kebaikan, memberikan kegembiraan pada orang lain, dll.