Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

DISKUSI THOHAROTUL QULUB

DISKUSI THOHAROTUL QULUB

by 1710301044 DEIA CHINTA APRILIYANI -
Number of replies: 0

1. 

"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang mengajak kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Merekalah orang-orang beruntung" (QS Ali Imran: 104).

Dalam Tafsir Al Misbah, Prof Quraish Shihab menjelaskan, kata minkum (di antara kamu) dalam ayat di atas dipahami para ulama dengan arti sebagian. Dengan demikian, perintah berdakwah dalam ayat ini tidak tertuju kepada setiap orang.

Karena itu, bagi mereka yang menafsirkan dengan makna tersebut, ayat ini mengandung dua macam perintah. Pertama, segenap kaum Muslimin untuk membentuk dan menyiapkan satu kelompok khusus yang bertugas melaksanakan dakwah.

Perintah kedua, kelompok khusus itu seyogianya bisa melaksanakan dakwah menyeru kepada kebajikan dan mencegah kemungkaran.

Meski demikian, Quraish menjelaskan, ada juga ulama yang memfungsikan kata minkum dalam arti penjelasan. Karena itu, ayat ini merupakan perintah kepada setiap Muslim untuk melaksanakan tugas dakwah masing-masing sesuai kemampuannya.

2. menurut saya dalam mengamalkanny di dunia kerja nnti yaitu kesehatan kita bisa mengedukasi pasein yang mana yg baaik bagi kesehatan pasein dan yang tidak jdi kita mnyeru pada kebaikan  dan mencegah kemungkaran