Forun: Spirit A-Ma'un

Refleksi Spirit al ma'un

Refleksi Spirit al ma'un

by evi wahyuntari -
Number of replies: 21

adik2 sekalian setlah menyimak vidio, memperlajari materi di elarningtentang pembahasan surat Al Maun ,  spirit apa yang  adik2 perolehdan  yang akan menjadi arah ketika saudara bertindak di ruang kerja?


Tulisan refleksi singkat adik2 dalam forum ini sekaligus anda presesni.


In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301026 MUNA NUR MAHERINI -

gagasan dalam pembaharuan yang tetap sesuai dengan akidah tidak hanya saat berada di ruang kerja tetapi dimanapun berada, mengimplementasikan semuanya yang sesuai dengan ajaran islam 

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301036 SILVIA FEBRIANI -

Spirit dari Al Maun dalam ruang kerja yaitu mengajarkan umatnya untuk berbagi dan berderma demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera terbebas dari keterpurukan masalah ekonomi ataupun masalah sosial lainnya sebagaimana yang telah diajarkan oleh semua Rasul yang wajib diimani.

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301022 DIFFA HANINDA -

Spirit almaun yang saya maknai disini adalah, seperti apa yang diajarkan oleh kh ahmad dahlan untuk terus tolong menolong dalam hal kebaikan dan taqwa. Sehingga dalam hal pekerjaan kiranya, kita perlu untuk melaksanakan pekerjaan tanpa memandang status dan posisi, terus beramar ma'ruf nahi munkar, dan siap menolong siapapun

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301019 NOVITA WIDAYATI -

Surat Al Maun merupakan salah satu surat dalam Al Quran yang sangat ditekankan pemahaman dan penerapannya bagi kader Muhammadiyah. Selain merupakan surat yang awalnya diajarkan oleh KH Ahmad Dahlan, kandungan surat ini sarat akan konsep pemberdayaan dan kepedulian sosial. Diantara konsep-konsepnya adalah:

Konsep KEADILAN

Keadilan dalam Islam ada 2 pemahaman populer:

1. Meletakkan sesuatu pada tempatnya

2. Perlakuan Setara (tidak ada pembedaan agama, ras dalam pelayanan sosial)

Konsep IHSAN

Ihsan adalah kebaikan yang memenuhi kebutuhan, membantu sesuai kebutuhannya. Contoh: dulu ada pejabat memberikan bantuan seragam SD ke anak papua, setelah 6 bulan dipakai semua terkena penyakit kulit. Hal tersebut terjadi karena selama 6 bulan pakaiannya tidak dicuci. Mereka belum mengenal cuci baju.

Menegakkan sholat, berarti tidak hanya menegakkan rukun sholat tapi juga MENEGAKKAN BUAH dari sholat. Dalam keyakinan Muhammadiyah, menegakkan sholat, memuja Allah itu buahnya adalah menebarkan kedamaian (salam) bagi seluruh alam.


In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301021 FARRA DHIA WIYASIH -

spirit al-maun yang saya dapatkan dalam bertindak dalam ruang kerja yaitu konsep pemberdayaan dan keperdulian sosial terhadap anak yatim, fakir dan miskin, kita bisa menyisihkan sebagian harta untuk di zakatkan ke anak yatim, fakir dan miskin melalui lembaga-lembaga yang ada.

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301025 WINANDIKA ANDRIAYANI -

Spirit almaun yang dimaksud disini adalah,seperti apa yang diajarkan oleh KH Ahmad Dahlan untuk terus tolong menolong dalam hal kebaikan dan taqwa. Sehingga dalam hal pekerjaan itu mudah dan dalam ekonomi juga mudah yang telah diajarkan oleh Rosul itu sendiri.Dan menyisihkan sebagian harta untuk di zakatkan ke anak yatim, fakir dan miskin melalui lembaga-lembaga yang telah ada tersebut.

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301030 AFIFATU SHOLIHA -
spirit almaun yang saya dapatkan adalah dalam memenuhi kebutuhan hidup kita harus bekerja yang dimana dalam islam diwajibkan untuk mencari pekerjaan yang halal. pada saat kita sudah bekerja apalagi pekerjaan kita melayani masyarakat kita tidak boleh membeda bedakan antara si A dan si B kita harus profesional dalam bekerja melayani masyarakat. 
pada saat kita bekerja akan tetapi sudah waktunya untuk shalat maka segerakanlah untuk menunaikan ibadah shalat.
dan pada saat kita mendapat gaji maka 5% dari gaji kita harus kita sisihkan untuk disedekahkan kepada fakir miskin atau anak yatim. 
In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301038 DWI NUR AZIZAH -

spirit apa yang telah dapat saudara peroleh yang akan menjadi arah ketika saudara bertindak di ruang kerja?


Setidaknya ada 4 hal yang dapat dilakukan sebagai praksis dari surat al-Maun tersebut:   

1. Pemberdayaan masyarakat yang berorientasi kesejahteraan (Welfare Oriented Organization)  

2. Pemberdayaan masyarakat yang berorientasi kemandirian dan kelestarian  (sustainable and self help organization)  

3. Pemberdayaan masyarakat yang berorientasi advokasi dan perubahan sosial  (advocacy and Social Change Orientation) Pemberdayaan masyarakat yang berorientasi advokasi kebijakan publik dan gerakan sosial (public policy advocacy and social movement), termasuk gerakan dakwah nirkekerasan dan penyebaran kedamaian (sustainable peace).  

4. Pengkhidmatan dengan pemberdayaan ini merupakan dakwah untuk ”menghidupkan” (ma yuhyikum).


- Amalan al-Maun yang pertama tidak menghardik anak yatim

- Amalan al-Maun yang kedua yaitu mendirikan shalat dan tidak riya’. Shalat sebagai pilar dalam agama, jika dalam melaksanakan shalat diliputi dengan riya’ maka shalatnya tidak sah, dan pilar tersebut akan roboh.

- Meletakkan dan mengerjakan sesuatu pada tempatnya

- Perlakuan Setara (tidak ada pembedaan agama, ras dalam pelayanan sosial)

- Ihsan adalah kebaikan yang memenuhi kebutuhan, membantu sesuai kebutuhannya.

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301023 NUR FATHIAH -

Spirit dari Al Maun yang saya maknai dalam ruang kerja yaitu mengajarkan umatnya untuk berbagi, untuk terus tolong menolong terwujudnya masyarakat yang sejahtera terbebas dari masalah ekonomi ataupun masalah sosial lainnya sebagaimana yang telah diajarkan oleh semua Rasul yang wajib diimani, terus beramar ma’ruf nahi munkar. 

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301033 FITRI NUR ANNISA -

semangat al maun yang dapat diterapkan dalam ruang kerja yaitu saling tolong menolong, tidak menghardik anak yatim agar terciptabya masyarakat yang sejahtera.

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301024 NAUFALIANA NUR FITRI -

Dalam spirit Surat Al Maun, kita harus memperhatikan orang-orang yang terbelakang, tertindas, dan masih di bawah garis kemiskinan.  Amalan al-Maun yang pertama tidak menghardik anak yatim dan amalan al-Maun yang kedua yaitu mendirikan shalat dan tidak melakukan riya’ karena shalat adalah sebagai pilar dalam agama, jika dalam melaksanakan shalat diliputi dengan riya’ maka shalatnya tidak sah, dan pilar tersebut akan roboh serta amalan yang ketiga ialah tidak mebeda bedakan suku ras budaya. Misalnya dalam dunia kerja, jika salah satu rekan kita masih diejek atau dihina oleh orang lain, kita harus mendampingi dan mendampingi orang yang diejek atau dihina tersebut karena dia ditindas.

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301031 RIZKI DERMAWAN -

spirit surah al maun menggambarkan betapa Islam memperhatikan keadilan sosial, pemberdayaan dan kesejahteraan umat melalui berbagai ibadah ritual yang berimplikasi pada empati-kedermawanan sosial hal ini bisa kita terapkan berbaigai aspek kehidupan  salah satunya dalam bekerja

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301029 KINANTI SALSABILA AMANATILLAH -

Spirit yang akan menjadi arah ketika bertindak di tempat kerja : Inti dari surat Al-Maun, aanjuran untuk memuliakan anak yatim, menjaga sholat, belajar ikhlas, dan anjuran untuk berbuat baik. 

Jadi saat besok kita sudah terjun di dunia pekerjaan sebaiknya kita tidak boleh lupa untuk menyisihkan sedikit rizeki yang kita dapat untuk orang-orang yang membutuhkan (fakir miskin), dan saat bekerja sesibuk apapun itu kita harus mengutamakan ibadah (sholat) agar tetap dalam lindungan Allah SWT, bekerja dengan jujur dan ikhlas, dan juga senantiasa berbuat baik, saling menolong satu sama lain.

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301039 ATIKA AZHAR FAUZIAH CAHYATI -

Dengan spirit Surat Al Maun, Muhammadiyah menganjurkan agar umat Islam memperhatikan orang-orang yang terbelakang, tertindas, dan masih di bawah garis kemiskinan. Karena, bisa saja orang yang disebut sebagai penduata agama adalah juatru orang yang hanya melakukan shalat tapi abai terhadap anak yatim.

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301035 NURUL HIDAYAH -

spirit Al-maun dimana dapat ajaran nilai sosial kemanusiaan seperti, tidak membedakan kasta, dan menyayangi anak yatim, dan mengajak kaum muslim untuk gemar bersedekah, juga manyatuni fakir miskin. 

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301034 NUR INTAN KUSUMAWATI -

sprit al-maun yang dapat saya peroleh adalah membangun kerjasama antar sesama,dan juga kita di anjuran untuk memuliakan anak yatim, selalu belajar ikhlas, dan mengerjakan sholat dan selalu berbuat baik kepada sesama.

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301032 FATMA ROSTIKASARI -

Spirit dari surah Al-ma'un merupakan salah satu surah yang ditekankan baik di kemuhammadiyah maupun didalam kehidupan kita , dimana kita harus selalu menyisihkan sebagian rezeki yang kita peroleh untuk membantu anak yatim dan orang-orang sekitar kita yang sedang dalam kesusahan, terutama saat keadaan sekarang dimana banyak orang yang banyak mengalami kesulittan dalam menyambung kehidupannya .

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301037 RIFKA PRILLIA MUHAROMI -

spirit yang saya dapatkan jika saya berada di tempat kerja adalah yang pertama tidak akan menelantarkan anak yatim bahkan sampai dengan menghardiknya, menyisihkan 2.5% dari penghasilan kita untuk disedekahkan kepada fakir miskin dan anak yatim atau orang-orang yang lebih membutuhkan dengan hal itu maka akan memberikan keberkahan terhadap rizky yang kita dapatkan dan memberikan kebahagiaa terhadap yang membutuhkan

In reply to 1710301037 RIFKA PRILLIA MUHAROMI

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by evi wahyuntari -

terimakasih adik2 atas tanggapan dan juga responya terhadap spirit al ma'un

bak mb eka, bgm tanggapanya?

In reply to evi wahyuntari

Re: Refleksi Spirit al ma'un

by 1710301020 EKA MAULINA -

Spirit Al Maun yang saya dapat disini yaitu senantiasa berbuat kebajikan dan berderma kepada sesama. Dan menyantuni anak yatim, kaum fakir serta orang lain ysng membutuhkan