Forum Muhasabah

Muhasabah_Eni Pratiwi (1610301024)

Muhasabah_Eni Pratiwi (1610301024)

by ENI PRATIWI 1610301024 -
Number of replies: 0

Nama : Eni Pratiwi (1610301024)

Prodi : Fisioterapi S1

1. Siapakan 5 kalimat reflektif yang maknanya tentang

·         -Keimanan keyakinan kepada Allah

·         -Keinsyafan atau pertaubatan

·         -Kesyukuran

·         -Istiqomah

·         -Sabar

·         -Doa dll

·         -Kalimat boleh kata-kata  mutiara atau puisi reflektif

Jawab :

Iman kepada Allah termasuk rukun iman pertama bahwasannya kita sebagai manusia harus meyakini membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan serta mengamalkan dengan perbuatan bahwa Allah itu ada dengan segala keagungannya. Ketika kita beriman maka kita akan melakukan perintah-perintah Allah baik itu wajib maupun Sunnah, serta meninggalkan larangan yang telah ditetapkan. Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabb-mu dan bertaubat kepadaNya, (jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu, hingga pada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sungguh aku takut, kamu akan ditimpa siksa hari Kiamat. (Hud : 3). Berdoalah hanya kepada Allah niscaya akan Allah kabulkan semua permintaanmu, namun ketika Allah belum mengabulkan doa-doamu maka bersabar lah sesungguhnya sabar itu tidak ada batasnya. Tetap Istiqomah lah di jalan Allah dan selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan, kesehatan jasmani maupun rohani serta tetap bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini jangan iri dan membandingkan hidupmu dengan yang lain karena takdir Allah itu akan indah diwaktu yang tepat.

2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan di lakukan?

Jawab :

Dalam memperbaiki diri saya yang terutama yaitu niat, karena ketika kita hanya berencana dan tidak didasarkan dengan niat tulus ikhlas karena mengharap ridha Allah SWT akan sulit untuk terlaksanakan. Niat saya memperbaiki diri dalam aspek manajemen waktu terutama, baik tepat waktu dalam kuliah, kegiatan terutama tepat waktu dalam mengerjakan sholat wajib. Mencoba menerima kekurangan yang ada dalam diri saya dan bersyukur dengan apa yang saya punya tanpa iri melihat kelebihan orang lain. Selalu berbuat baik kepada semua  makhluk ciptaan Allah, bersikap dewasa dalam menghadapi ujian hidup karena Allah tidak akan memberikan sebuah ujian diluar kemampuan hambanya, serta berusaha melaksanakan segala perintahnya Allah SWT dan menjauhi semua laranganNya.

3. Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai..

    Jawab :

Mimpi saya yaitu dapat membahagiakan kedua orangtua saya kelak, karena kerja keras orangtua saya lah bisa berkuliah di unisa ini. Keinginan untuk lulus tepat waktu pada S1 dengan hasil yang baik kemudian melanjutkan profesi fisioterapi dengan lancar mekipun ditengah pandemi covid19. Semoga setelah saya lulus profesi dapat berkerja di RS dan dapat membuka praktik mandiri. Melihat kesuksesan anaknya kelak pasti orang tua akan bangga karena berhasil telah membiayai anaknya untuk melaksanakan pendidikan. Dibalik kesuksesan ada usaha, doa dan tawakal kepada Allah karena Rasulullah pernah bersabda, “Permudahlah dan jangan mempersulit, dan jadikan suasana yang tenteram, jangan menakut-nakuti” (HR Muslim), dan “Barangsiapa melepaskan kesusahan duniawi seorang Muslim, Allah akan melepaskan kesusahannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan seorang yang mendapat kesusahan, Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat.” (HR Muslim).