Forum Muhasabah

Muhasabah

Muhasabah

by ANDANI TRIHARTATI 1610301110 -
Number of replies: 0

Alhamdulillah sehabis sholat saya merasakan hati dan pikiran lebih tenang jernih. 

Assignment

  1. Kata reflektif

  Terus belajar istiqomah dalam melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Begitu baikanya Allah kepada hamba yang taat yang selalu mematuhi segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Semoga setelah terlahirnya manusia dibumi Allah selalu memberikan rahmatNya agar senantiasa kita selalu bisa beribadah dan beriman kepada Allah SWT serta bertaubat dan memperbaiki diri.

2. Rencana untuk memperbaiki diri

Instropeksi diri menurut Islam merupakan suatu perbuatan yang baik. Dan dalam memperbaiki diri, perlu adanya dilakukan instropeksi diri untuk mengenali kesalahan dan keburukan yang sering dilakukan. Selain itu, keutamaan dari intropeksi diri adalah untuk membuat hati lebih lapang, hati yang lapang akan membuat kita semakin mudah dalam memperbaiki diri. Untuk memperbaiki diri perlu adanya niat dan tekad yang kuat. Tanpa adanya niatan untuk kearah yang lebih baik, seseorang tidak akan pernah bisa memperbaiki dirinya. Dan niat tersebut yang akan membuat seseorang istiqomah dalam melakukan perubahan dan memperbaiki dirinya.

3. Daftar mimpi dan cara pencapaiannya

Ingin menjadi pribadi yg lebih baik lagi serta dapat bermanfaat bagi org lain. Setiap impian membutuhkan semangat dan kerja keras agar bisa mencapainya. Dengan melakukan tindakan setiap hari, maka Anda akan secara bertahap menjadi lebih baik dan lebih baik pada apa yang sedang dilakukan.