Forum Muhasabah

muhasabah

muhasabah

by LAILY FITRIA NUR ISLAM 1610301105 -
Number of replies: 0

1.     Seseorang yang beriman kepada allah dan hari kemudian sebenar-benar iman yang meresap kedalam jiwa. Berdoa kepada Allah agar Allah memantapkan hati kita diatas keimanan, karena Allah adalah Dzat yang maha membolak-balikkan hati. Kemudian teruslah berkumpul dengan orang-orang shaleh. Setiap manusia tidak ada yang sempurna dan pastinya sering malakukan kekhilafan dan dosa, makka dari itu manusia harus senantiasa  bertaubat meminta pengampunan kepada Allah. Karena Allah sebaik baik pengampun dan pemberi rizki kepada hamba hambanya. Imam al-Ghazali dalam kitabnya Raudhatu al-Thalibin menyebutkan bahwa wujud iman seorang mukmin adalah selalu bersyukur atas segala nikmat Allah dan menyandarkan hati kepada Allah, tanpa ada keraguan didalamnya serta ridho atas ketentuan Allah. Semoga Alah selalu meneguhkan, meperkokoh dan mengistiqomahkan hati dan diri kita agar selalu dekat dengan Allah.

2.     Rencana memperbaiki diri

Insyaallah rencana memperbaiki diri dimulai dari isntrospeksi diri, kemudian niat, lalu merencanakan dan melakukan perubahan kearah yang lebih baik, kemudian lebih mendekatkan diri kapada Allah dengan meningkatkan ibadah kepada Allah, bersyuur kapada Allah dan menjauhi hal hal yang di larang.

3.     Mimpi atau cita cita saya

Bismillahirrahmanirrahim.

Mimpi yang ingin saya wujudkan yaitu dapat menyelesaikan Pendidikan dengan baik dan tepat waktu, kemudian bekerja sehingga saya dapat meringankan beban orangtua saya. Saya ngin menjadi seorang fisioterapis yang bermanfaat bagi sesama yang berkah dan sukses dunia akhirat. Yang tentunya semua hal hal yang saya cita citakan tidak akan mudah untuk didapatkan, diperlukan usaha dan kerja keras, serta yang paling penting memohon bantuan dan keridhoan dari orang tua juga Allah SWT.

4.     Yang dirasakan setelah melaksanakan sholat lail

Karena saya sedang haid jadi saya tidah melaksankannya, namun dari pengalaman pengalaman saya yang lalu, setelah melaksanakan sholat lail hati merasa lebih tenang dan damai, pikiran lebih jernih, lebih mudah dalam merefleksikan diri dan merasa lebih dekat dengan Allah. Bagi saya sholat tahajud ini merupakan salah satu bentuk upaya saya dalam memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah.