Forum Muhasabah

Muhasabah

Muhasabah

by NURUL QOMARIAH 1610301115 -
Number of replies: 0

1. Keyakinan dan kepada Allah dengan cara diyakini dengan hati, diikrarkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan perbuatan seperti mengerjakan perintahnya dan meninggalkan larangan nya. Kita membenarkan dengan hati bahwa Allah ada dengan segala sifat keagungannya dan kesempurnaannya. Jika berbuat salah jangan takut untuk bertaubat, insyaAllah Allah akan meneri tobat kita dengan cara bertobat dengan seiklas-iklasnya dan bersungguh-sungguh meminta ampunan atas perbuatan yang tidak baik. Bermuhasabah diri disepertiga malam minta ampunan merenungkan kesalaha kesalahan yang telah dilakukan dan mengingat banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita, sebagai wujud kesadaran diri kita bahwa telah diberi nikmat maka kita harus beersyukur kepada Allah seperti masih diberikan umur panjang, masih bisa bernafas, diberikan kesehatan untuk mengikuti BAP, karna dengan bersyukur Allah akan menambahkan nikmatnya kepada kita. Setelah kita bersyukur kita juga harus tetap istiqomah. Istiqomah dalam berbagai hal seperti istiqomah dalam menjalankan sholat lima waktu, seperti istiqomah dalam mengikuti kegiatan BAP ini dengan sebaik-baiknya. Didalam istiqomah juga membutuhkan kesabaran, sabar dalam segala hal, tidak semua apa yang kita inginkan dikabulkan, berfikir positif saja bahwa Allah tau mana yang terbaik untuk hambanya. Disela sela bersabar kita jangan lupa dengan tetap berdoa yang merupakan salah satu bentuk ikhtiar atau usaha kita dalam memohon dan meminta sesuatu kepada Allah, seperti berdoa memohon diberikan kelancaran dalam mengikuti BAP.

2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan di lakukan?

     Jawab :

     Yang akan dilakukan untuk memperbaiki diri yaitu:

1)      Lebih bisa merendam emosi, dengan cara setiap akan marah selalu istigfar.

2)      Mengusahakan untuk tidak meninggalkan sholat.

3)      Bias lebih disiplin dengan waktu dan tidak menunda-nunda sholat, dengan cara sholat tepat waktu.

4)      Selalu bersyukur.

5)      Menjadi pribadi yang lebih baik.

6)      Mengusahakan untuk minta maaf dan memaafkan.

3. Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai.

     Jawab :

1)      Mimpi yang ingin dicapai: dilancarkan wisuda dan tepat waktu, dilancarkan profesi, dilancarkan dalam urusan pekerjaan, serta selamat dunia dan akhirat.

2)      Cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai yaitu tidak menunda-nunda sholat. Kalau keinginan kita tidak ingin ditunda maka sholat pun jangan ditunda tunda.

3)      Memikirkan hal yang dimimpikan sambil bersholawat.

4)      Selalu berfikir positif kepada Allah SWT.

5)      Selalu berdoa meminta dan memohon kepada Allah SWT.

4.Peserta melaksanakan sola tlail pada pukul 03.00