Forum Muhasabah

Qiyamul Lail dan Muhasabah

Qiyamul Lail dan Muhasabah

by SALSABILA MAJID 1610301104 -
Number of replies: 0

1. Siapkan  5 kalimat reflektif

Iman kepada Allah yakni keyakinan yang pasti bahwa Allah adalah Rabb dan pemilik segala sesuatu, sehingga terwujudlah peribadahan dan ketauhidan kepada Allah swt. Di mana tidak ada tempat bergantung selain Allah dalam rasa harap dan takut, Allah lah satu-satunya tempat untuk berdoa. Namun, setiap manusia tidaklah ada yang sempurna dan selalu bisa berbuat kekhilafan dan dosa, maka dari itulah manusia harus senantiasa bertaubat meminta pengampunan kepada Allah swt. Karena Allah adalah sebaik-baiknya pemberi rezeki kepada seluruh umatnya tanpa terkecuali, maka sudah sepantasnya sebagai umat islam yang beriman hendaknya selalu bersyukur kepada Allah. Semoga Allah swt meneguhkan dan memperkokoh keimanan kita kepada Allah dan memberikan kita istiqomah di atas iman yang benar.

2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan di lakukan?

Insyaallah rencana untuk memperbaiki diri dimulai dengan lebih meningkatkan ibadah kepada Allah dimulai dengan sholat tepat pada waktunya, memperbanyak refleksi diri akan kesalahan-kesalahan dan memohonkan pengampunan dengan bertaubat kepada Allah. Serta banyak-banyak bersyukur dengan semua yang telah Allah berikan kepada kita.

3. Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai..

Bismillahirrahmannirahim.. Mimpi yang ingin saya wujudkan yang pertama adalah dapat menyelesaikan pendidikan saya tepat waktu sehingga dapat segera bekerja dan membantu meringankan beban orangtua. Namun, selain dengan usaha dan kerja keras, hal yang tidak kalah penting juga adalah meminta bantuan dan keridhoan dari Allah swt dengan mendekatkan diri kepada-Nya. Caranya bisa dimulai dengan melaksanakan ibadah wajib sholat tepat pada waktunya ditambah melakukan shalat sunnah, dan diperbanyak membaca Al-Quran. Banyak-banyak beratubat dan memohon ampunan serta bantuan kepada Allah. Melakukan sedekah semampunya, karena dengan sedekah atau membantu meringankan urusan oranglain, niscaya Allah juga akan meringankan dan membantu urusan kita.  

4. Yang dirasakan setelah melakukan shalat lail hati dan pikiran sedikit lebih tenang dan bisa merefleksikan apa-apa saja yang sudah diperbuat diri sendiri. Insyaallah saya akan meneruskan untuk mendirikan shalat lail kedepannya.