Forum Muhasabah

Muhasabah_1610301026

Muhasabah_1610301026

by RESTU NUGRAHEMI 1610301026 -
Number of replies: 0

1. Sebagai seorang hamba saya meyakini bahwa semua yang terjadi dalam kehidupan saya merupakan takdir yang telah diatur oleh Allah, tuhan yang menuliskan takdir kehidupan semua manusia didunia. Ketika saya melakukan perbuatan khilaf dan dosa saya berusaha untuk segera memperbaiki diri dan memohon ampun kepada Allah. Memiliki kesadaran terhadap dosa dan kesempatan untuk bertaubat sangatlah saya syukuri. Meskipun memiliki berjuta dosa, saya berusaha istiqomah untuk memperbaiki diri dan segera melakukan muhasabah saat melakukan kesalahan. Kesabaran merupakan kunci menjalani kehidupan didunia ini, sabar ialah sebaik-baik jalan keluar dalam menghadapi permasalahan hidup. Dan yang tak kalah penting ialah memanjatkan doa kepada illahi robbi agar hidup senantiasa mendapat keberkahan dan keridhaan dari-Nya.

2. Rencana untuk memperbaiki diri :

- Muhasabah diri mengenali hal-hal kurang baik dalam diri dan berusaha memperbaikinya

- Bergaul dengan orang-orang baik, memilih siapa yg hendak dijadikan kawan

- Melakukan kegiatan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah

- Menjauhi hal-hal yang dapat menjerumuskan diri kepada kemungkaran

3. Daftar mimpi dan cara mencapai :

- Istiqomah dijalan Allah dengan berusaha selalu melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

- Menyelesaikan study tepat waktu dengan cara rajin, tekun dalam menjalani masa pendidikan. Berdoa memohon kemudahan kepada Allah agar meringankan langkah.

- Membuka klinik mandiri dengan berusaha menyisihkan uang untuk biaya pendiriannya. Bersedekah agar diberikan kemudahan dalam mencapai tujuan.