Forum Muhasabah

Sesi 10__ Shalat Malam dan Muhasabah

Sesi 10__ Shalat Malam dan Muhasabah

by 1710105233 MELA NUR AZIZAH -
Number of replies: 1

Alhamdulilh setelah melakukan shalat malam ini hati saya terasa sejuk dan merasa lebih dekan kepada Allah, mengingatkan kita agar teru selalu bersyukur atas semua yang sudal Allah berikan. Harapan kepada diri saya adalah semoga saya dapat diberikah kesehatan dan belajar untuk melaksanakan shalat malamnya lebih giat lagi serta selalu bersyukur kepada Allah SWT.

In reply to 1710105233 MELA NUR AZIZAH

Re: Sesi 10__ Shalat Malam dan Muhasabah

by 1710105233 MELA NUR AZIZAH -

Tambahan jawaban soal 

 1. Manusia dalam menyikapi sebuah ujian atau cobaan terkadang menganggap bahwa kesulitan yang tiada akhirnya yang mereka rasakan adalah sebuah hukuman dari Tuhan. Sehingga dengan mudah mereka mengasumsikan bahwa Tuhan tidak mendengar doa-doa mereka atau Tuhan mereka sendiri membenci mereka.

"Seberat apa pun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, percayalah bahwa semua itu tak pernah melebihi batas kemampuanmu."

2. Untuk memperbaiki diri perlu adanya niat dan tekad yang kuat. Tanpa adanya niatan untuk kearah yang lebih baik, seseorang tidak akan pernah bisa memperbaiki dirinya. Dan niat tersebut yang akan membuat seseorang istiqomah dalam melakukan perubahan dan memperbaiki dirinya. Selanjutnya :

a. Memulai perubahan dari hal-hal yang kecil akan membuat kita lebih siap dan lebih matang dalam melakukan perubahan dan memperbaiki diri ke skala yang lebih besar.

b. Mendekatkan diri kepada Allah juga merupakan salah satu cara diri menjadi lebih baik menurut Islam. Memperbaiki diri semata-mata hanya untuk mendapat ridha dari-Nya, jadi mulailah untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya melalui shalat, dzikir, dan ibadah yang lainnya. 

3. Harapan yang ingin saya capai adalah selalu ingin membahagiakan orang tua, bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dan bisa menolong sesama dan ingin menjadi wanita yang sukses dan berpendidikan dengan tetap rendah hati.

Yang saya lakukan untuk berusaha menggapai semua harapan saya adalah salah satunya meminta petunjuk dan pertolongan dengan berdo’a kepada Allah setiap diakhir shalat (dzikir), meminta do’a restu kepada orang tua, belajar dan terus berusaha  menjaga tingkah laku dan berbicara supaya tidak menyakiti banyak orang, bila ada rejeki melakukan sedekah.