Forum Muhasabah

Muhasabah

Muhasabah

by VERGIANA DILFA ADE GUSTANOVA 1610301092 -
Number of replies: 1

setelah saya melakukan sholat, perasaan saya jauh menjadi lebih tenang. hati dan pikiran saya terasa menyejukkan. tubuh saya terasa sangat ringan sekali. seolah-olah beban yang selama ini berada di pundak saya terlepas atau hilang. saya ingin terus merasakan hal ini untuk menentramkan jiwa saya. beebrapa hari ini memnag kondisi saya agak berat suasananya dikarenakan satu dua hal yang sebenarnya bukan hal besar tapi sangat berdampak. oleh karena itu sholat sangat membantu saya dalam menghilangkan rasa stress.

biasanya sehabis sholat saya akan mengaji walaupun tidak banyak. keluarga saya rutin melakukan pengajian bersama setiap hari sehabis subuh dan waktu diantara maghrib dan isya. karena yang saya dengan dari ayah saya itu merupakan waktu yang paling bagus untuk mengaji. akan tetapi saya dan keluarga saya biasanya juga selalu menyempatkan mengaji di sehabis sholat lainnya walaupun bacaan ayatnya tidak sepanjang waktu subuh dan maghrib.

In reply to VERGIANA DILFA ADE GUSTANOVA 1610301092

Re: Muhasabah

by VERGIANA DILFA ADE GUSTANOVA 1610301092 -

Izin memberikan jawaban untuk pertanyaan di Assignment

1.      Saya selalu yakin dengan kehadiran Allah yang Maha Esa. Setiap hari saya selalu mencoba sadar diri dan jangan lupa untuk bersyukur dengan apa yang sudah saya dapatkan. Terkadang saya memang lupa akan rasa syukur itu. Seperti yang kebanyakan orang bilang bahwa kadang orang akan merasa lupa sama Allah apabila mereka senang, dan akan ingat pada Allah saat mereka butuh. Dulu waktu saya masih kecil walaupun tidak kecil amat, saya juga pernah mengalami fase tersebut. Sampai pada suatu hari saya pernah sholat sampai saya itu menangis. Saya dulu selalu berfikir “kenapa aku begini?” atau seperti “Kenapa aku malas dalam ibadah?”, karena dulu saya jujur sering pura-pura tidur kalau nenek saya datang yang mana beliau adalah guru ngaji saya. Saya kabur tidak melakukan ibadah. Tapi sekarang saya sudah berubah yang InsyaAllah akan terus berubah menjadi yang lebih baik kedepannya. Saya selalu mencoba untuk sabar dalam menhadapi segala hal karena dulu waktu saya TK katanya saya galak, sekarang banyak orang yang mengira saya anak bungsu karena saya pendiam padahal saya anak sulung. Saya sudah sering punya keinginan untuk bertobat dan mengulang semuanya dari awal. Tapi terkadang ketika niat saya sudah hampir kuat, tiba-tiba saja saya merasa tidak mampu. Saya selalu berdoa kepada Allah agar di bukakan pintu hati saya dan menjauhkan saya dari godaan setan yang terus saja menghasut saya. Semoga saya bisa menjadipribadi yang lebih baik kedepannya, amiin.

2.      Rencana saya untuk memperbaiki diri sendiri:

-          Yang pertama dalam proses perbaikan diri sendiri menurut saya bisa diawali dengan merubah diri sendiri. Misalnya dari konteks berpakaian, atau social media. Saya saat ini sudh mulai dari 2 atau 3 tahun terakhir utuk selalu menutup aurat saat berada di lingkungan sekitar. Caranya adalah dengan tidak pernah lagi menggunakan celana yang terlalu ketat dan kalau bisa sekarang mengguanakn baju gamis yang tertutup. Serta untuk jilbabnya menutupi dada, walaupun dari dulu sata memakai jilababnya tidak pernah seperti maaf orang lain yang menyingsing ujung jilbab ke bahu sehigga tidak menutupi dada. Jujur saya kadang suka jengkel sendiri dengan orang yang bajunya tertutup auratnya tapi jilbabnya masih tidak menutupi dada, tapi saya sadar kalau itu proses mereka untuk merubah diri mereka dan itu tidak gampang. Yang bisa saya lakukan adalah hanya memberi nasihat. Yang kedua terkait social media. Menurut saya hal ini bisa dilakukan dengan car mengurangi intensitas upload foto yang tujuannya hanya untuk pamer atau kesenangan pribadi. Mulainya memposting hal-hal yang berguna yang bersifat mengajak ataupun memberi quote atau lebih bagus lagi jika untuk berbagi ilmu.

-          Yang kedua adalah saya ingin melakukan ibada yang tepat waktu. Misalnya sholat yang selalu tepat waktu dan sehabis sholat itu mengaji. Karena terkadang saya tidak tepat waktu karena beebrapa hal dan ada hari dimana saya tidak bisa mengaji. Jadi sangat di sayangkan sebenarnya oleh karena itu saya ingin memanajemen waktu saya sebaik mungkin.

-          Yang paling penting itu adalah selalu berusaha untuk sabar dan bisa berbuat baik dengan ikhlas. Dan yang paling saya inginkan adalah semoga saja saya memiliki banyak rezeki yang mana nanti saya bisa membantu bagi orang yang tidak mampu. Karena ya terkadang melakukan sedekah itu saya harus mikir dulu dengan keuangan yang ada walaupun untuk bersedekah bukan hanya dengan memberi barang atau uang kepada orang. Tapi setidaknya dalam 1 thun itu saya ada 1x minimal bersedekah berupa makanan atau kebutuhan sehari-hari untuk orang tidak mampu, biasanya pada saat ramadhan atau mau menjelang lebaran. Oleh sebab itu saya selalu meminta kepad Allah di setiap doa saya untuk selalu dimurahkan rezeki saya dan keluarga, supaya kami juga bisa berbagi dengan orang lain dan ini bukan maksud untuk riya, saya hanya menyampaikan isi hati saya.

3.      Saya punya banyak mimpi yang ingin saya capai, saking saya pengennya kadang saya sampai menangis saat berdoa. Daftarnya yaitu:

-          Saya selalu ingin saya dan keluarga saya itu masuk surga. Setiap kali saya sholat setiap kali saya berdoa ini adalah doa utama saya selain meminta dihapuskan dosa dan terhindar dari siksa api neraka dan siksa kubur. Apalagi papa saya yang sudah meninggal, saya selalu berdoa agar beliau di surga dan pada saatnya nanti kami kemabli ke sisi-Nya kami bisa berkumpul bersama kembali. Oelh karena itu saya selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya demi mencapai hal itu.

-          Yang kedua saya selalu ingin menjadi orang yang berhasil. Walau terkadang terkendala karena munculnya rasa  malas tapi saya selalu berharap saya bisa menjadi yang terbaik dan menjadi panutan adik adik saya. Saya selalu berharap saya bisa dengan mudah menerima ilmu dan tidak takut untuk melakukan inovasi di bidang ilmu pengetahuan yang terutama berkaitan dengan pekerjaan dan jurusan saya.

-          Yang ketiga saya dari kecil ingin sekali kuliah ke lur negeri dan kalau bisa memiliki pengalaman kerja disana. Dari dulu sampai sekarang keinginan saya itu yang tidak berubah salah satunya. Yang bisa saya lakukan saat ini hanyalah mengikuti beberapa kelas yang berhubungan dengan luar negeri dengan gratis misalnya kelas bahasa n budaya dan saya iringi dengan belajar mandiri di rumah, serta mencari peluang beasiswa n bertanya kepada orang yang sudah melakukannya, dan terus berdoa kepada Allah.