Forum Muhasabah

Muhasabah

Muhasabah

by Aprodita Emma Yetti -
Number of replies: 28

Assalamualaikum

Silahkan menjawab pertanyaan diatas, lalu tuliskan pula jawaban assignment anda di forum ini. Terima kasih

Wassalamu'alaikum

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by AFRIYANTI POHAN 1610301019 -

wa'alaikumslam ibu, perasaan saya stlah melakukan sholat tahajud ialah kita sadar sebagai manusia memohon ampun kepada Allah atas dosa" yg tlah kita lakukan, krna pada dasarnya manusia hrus sllu intropeksi diri dgn apa yg tlah di lakukannya baik kepada manusia maupun kepada pencipta manusia itu sendiri karena pada dasarnya kita sebagai hamba Allah tinggal didunia hanya sementara

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by GANDA NURMITASARI 1610301003 -

Wa'alaikumussalam,

Setelah melakukan sholat tahajud hati dan pikiran saya terasa tenang, tentram, nyaman dan damai. Seperti baterai yang sudah dicharge full kembali. Dan merasa lebih dekat dengan Allah. Sholat tahajud seperi komunikasi dengan Allah dengan lebih intens.

Insyaalah saya dapat mengamalkan dan menjaga sholat tahajud saya setiap hari. Semoga Allah memberi hidayah dan menjaga saya dan kita semua untuk senantiasa beramal baik dan dalam kebaik serta Allah jaga ibadah sholat kita baik yg wajib maupun sunnahnya, Aamiin..

Sholat tahajud merupakan salah satu ujung tombak untuk meminta yang terbaik untuk kita, jika memiliki suatu hajad atau keinginan maka sholat tahajud menjadi salah satu bentuk ikhtiar kita dimana doa di 1/3 malah merupakan salah satu waktu yg mustajab. Namun segalanya kita pasrahkan kepada Allah, karena Allah lah yang lebih mengetahui mana yang terbaik untuk hambanya. Barangkali apa yang menurut kita baik belum tentu baik di mata Allah, dengan sholat tahajud kita lebih memasrahkan segalanya kepada allah sehingga hati dan batin kita menjadi lebih ikhlas menerima apapun ketetapan Allah.

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by DWI NANDA PUTRI 1610301016 -
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Melakukan shalat tahajud atau shalat malam dilakukan dalam keadaan yang sunyi sehingga menjadi lebh khusuk dan tenang, setelah itu dilanjutkan dengan berdo'a. Karena menurut HR. Muslim no. 757 "Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do'a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya."
In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by ZASQIA IKHWANI SABRINA 1610301006 -

Waalaikumsalam baik ibu

Sholat tahajud dapat dikerjakan dengan rakaat tak hingga. Waktu yang paling dianjurkan untuk mengerjakan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam, yaitu selepas tengah malam hingga memasuki waktu subuh.hukum mengerjakan sholat tahajud adalah sunnah muakkad, yaitu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk diamalkan.

Sholat tahajud merupakan sholat yang istimewa sehingga terdapat banyak keutamaan dalam mengerjakannya. yang saya rasakan setelah sholat tahajud itu hati merasa tentram damai dan ada banyak manfaat sholat tahajud lainnya adalah sebagai ajang mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapus dosa, menolak penyakit serta pencegah dari dosa.Dosa dosa kecil yang pernah diperbuat menjadi berguguran. Inshallah saya dapat mengamalkan dan menjaga sholat tahajud saya setiap hari.amin😇

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by MELLY RIZYANI 1610301008 -

Tahajud merupakan Sholat Sunah yang dilakukan pada malam hari tepat setelah Sholat Fardu Isha dan setelah bangun tidur.

Bagi saya waktu terbaik dalam mengerjakan Sholat Tahajud pada sepertiga malam.



In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by TRI WIDIYANI 1610301012 -

Alhamdulillah walau berat untuk bangun tengah malam sholat tapi hati tenang dan setelah melakukan tahadjud ada ketenangn sendiri di hati

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by NUR ILMIATI 1610301010 -

Waalaikumsalam ibu

Menurut saya materi ini mengajarkan saya bahwa ketenangan jiwa seorang hamba akan senantiasa menyelimuti hatinya ketika menjalankan kewajibanya sebagai seorang hamba dengan beribah dan mengamalkan perbuatan baik untuk menyimbangkan antara keinginan dunia dan bekal akhiratnya.



In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by SILVI ENDARWIGATI 1610301004 -

1. Imanku belumlah tebal, banyak sekali dosa-dosa yang telah aku perbuat. Semoga Allah masih mau membuka pintu taubatnya untukku meski dosaku bagai buih dilautan. Padahal Allah telah banyak memberika kita nikmat rizki dalam segala hal tetapi kadang kita masih selalu lalai. Alhamdulillah puji syukur ya Allah malam ini aku telah dibangunkan untuk bisa bermuhasabah diri melalui kegiatan baitul arqam purna.  Semoga Allah menjadikan aku orang yang sabar dan istiqomah taat kepadaNya.

2. Saya akan bertaubat kepada Allah. Membuang hal-hal yang buruk dan tidak bermanfaat dari dalam hidup saya. Lebih taat kepada Allah. Melandaskan semua kegiatan ikhlas karena Allah taala.

3. Mimpi saya ingin menjadi fisioterapis yang handal dan mendapatkan prospek kerja yang bagus. Saya akan berusaha dengan belajar dan berdoa. Memperdalam ilmu fisioterapi dengan cara mengikuti perkuliahan sebaik baiknya. Lebih banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah bisa dengan solat malam dan  mangamalkan sunah rosulullah.

4. Solat lail

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by DWI MUHARGIANTO 1610301018 -

Walaikumsalam ibu. 

Dengan sholat tajahud di sepertiga malam kita bisa lebih dekat kepda Allah, hati menjadi tenang dan mudah berkomunikasi melalui doa doa yang di panjatkan ke sang Pencipta. 

Keutamaan dari sholat tajahud juga banyak, tidak ada rugi nya kita sholat tahajud di sepertiga malam. Semoga apa yang kita kerjakan selalu mendapatkan amal jariyah nya dan bisa di Terima semua doa doa kita. Aaaminn 

In reply to DWI MUHARGIANTO 1610301018

Re: Muhasabah

by DWI MUHARGIANTO 1610301018 -

Menambai buk, 

3. Mimpi yang ingin saya capai menjadi cukup dengan rezeki yang halal, membahagiakan kedua orang tua dan bisa menjalani hidup dengan apa yang saya inginkan tanpa adanya paksaan. 


In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by RESTY ANDIKA PRATIWI 1610301005 -

alhamdulillah, setelah sholat tahajud hati tenang walaupun tantangan nya susah bangun dan insyallah akan di lakukan setiap hari atau perlahan2. 

manfaat shalat tahajud dalam kesehatan ini sangat penting terutama pada orang lansia dimana manfaat nya itu adalahmampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. Kebiasaan tidur tidak teratur (baik kurang tidur maupun terlalu lama tidur) dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler.


In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by SILVI ENDARWIGATI 1610301004 -

Waalaikumsalam

Ahamdulillah perasaan saya menjadi lebih tenang, tentram karena telah mendekatkan diri kepada Allah. Tidak hanya dengan solat tetapi kita juga bisa berdziki dan membaca Al Quran. Dengan solat lail ini saya juga menjadi bisa bermuhasabah diri atas dosa-dosa yang sudah saya perbuat. Setelah ini insyaallah semoga Allah meridhoi saya untuk terus mengamalkan amalan sunah solat lail disetiap malam.

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by DEVI AMALLIA PUTRI 1610301009 -

Wa'alaikumussalam wr wb,

Perasaan saya setelah melakukan sholat tahajud yaitu hati menjadi lebih tenang dan damai. Semoga kedepannya bisa lebih rutin melaksanakan sholat tahajud. Semoga Allah senantiasa menghapus segala dosa yg dilakukan serta selalu mengabulkan segala doa2.

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by RESQY AMBAR SARASWATI 1610301015 -

waalaikumsalam wr.wb

perasaan saya setelah melakukan shalat tahajud hati dan pikiran menjadi tenang. semakin mendekatkan diri kepada sang pencipta dan membuat motivasi saya dalam beribadah meningkat.

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by NINDY MONETERIA PUTRI 1610301001 -

Waalaikumsalam wr wb

1. Tanpa disadari, setiap harinya saya banyak berbuat dosa entah itu dosa yang saya lakukan kepada diri sendiri (mendzolimi diri) maupun kepada orang lain. Allah Sang Maha Pemaaf menerima taubat semua hambanya yang benar-benar ingin berubah menjadi baik. Oleh karena itu, disetiap sholat baik sholat fardhu maupun sholat sunnah tidak lupa saya harus banyak beristighfar memohon ampunan kepada Allah dengan keyakinan bahwa Allah akan mengampuni dosa-dosa kita. Allah Sang Maha Pengasih dan Penyanyang, Allah senang dengan hambaNya yang banyak berdoa, untuk itu saya senantiasa berdoa memohon sesuatu kepada Allah dan berterimakasih kepadaNya telah memberikan kenikmatan. Semoga saya tetap istiqomah dalam beribadah kepada Allah, memohon ampun, dan berdoa kepadaNya.

2. Rencana untuk memperbaiki diri dalam hal tidak bernegatif thinking, meningkatkan kesabaran, lebih ikhlas dalam menerima semua ketentuan Allah walaupun tidak sesuai dengan apa yang saya inginkan. Hal tersebut saya lakukan dengan banyak beristighfar, dzikir, berdoa, lebih mengontrol hati atau diri.

3. Mimpi saya untuk waktu dekat ini adalah bisa ikut wisuda bulan September dan lulus dengan hasil yang membanggakan keluarga. Selanjutnya saya ingin lulus profesi dengan hasil yang memuaskan juga. Setelah profesi, saya bermimpi bisa bekerja sebagai seorang fisioterapis yang amanah dan menghargai setiap pasien. Saya juga bermimpi bisa melanjutkan studi dijenjang yang lebih tinggi. Untuk mencapai semua itu tentu saya lakukan dengan ikhtiar, berusaha, dan selalu memohon kepada Allah.


In reply to NINDY MONETERIA PUTRI 1610301001

Re: Muhasabah

by NINDY MONETERIA PUTRI 1610301001 -

Setelah sholat tahajut, hati saya menjadi tenang, pikiran fresh, lebih siap untuk menjalani kegiatan hari ini. InsyaAllah semoga di hari hari selanjutnya tetap istiqomah menjalankan sholat tahajut

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by ASTI FADILAWATI 1610301020 -

Setelah melaksanakan sholat tahajjud hati menjadi nyaman, tenang, tentram . Sholat tahajjud merupak cara berkomunikasi dengan Allah, dimana insyaallah jika kita berdoa di 1/3 malam ini akan dikabulkan. Dengan sholat tahajjud banyak manfaat yang bisa kita rasakan meliputi hati yang tenang, diangkat derjat oleh Allah, penghapus dosa dan masih banyak lagi. Kedepannya semoga saya bisa menjaga sholat tahajjud ini dan diberikan hidayah untuk tetap istiqomah menjalankan ibadah. 

  •  iman kepada Allah adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaannya, kemudian di akui dengan lisan dan dibuktikan dengan amal perbuatan di dunia nyata. Dengan beriman kepada Allah dapat mendatangkan keuntungan dan kebahagiaan hidup karena orang yang beriman akan selalu mengingat Allah dan dalam hal apapun ia akan selalu bersandar kepada Allah
  • Pertaubatan yaitu dimana seseorang aktivitas menelaah tindakan-tindakan yang pernah diperbuat atau menyesali kesalahan-kesalahan pada masa lampau, yang disertai dengan komitmen untuk berubah menjadi lebih baik. 
  • Hendaknya kita selalu bersyukur atas nikmat yg allah berikan kepada baik itu nikmat iman islam, dll. Sesungguhnya semakin kita bersyukur maka semakin banyak kenikmatan yang allah berikan
  • Dalam hidup cobaan baik itu positif negatif pasti ada didalam hidup. Setiap manusia pasti akan merasakan hal itu, ketika kita diuji tidak hanya kebahagiaan yang akan kita dapatkan tetapi pasti ada lika liku kehidupan, dengaan diberinya cobaan pada saat itulah allah menguji kita yaitu dengan sabar, maka perbanyaklah sabat insyaallah allah akan mengangkat derajat kita.

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by DIVYA BESTARI NOORFARIDA 1610301017 -

Waalaikumsalam.

Perasaan saya setelah melakukan sholat tahajud yaitu menyegarkan pikiran sehingga perasaan pun merasa lebih tenang. Dengan sholat tahajud ini kita bisa memohon ampun keadapa allah SWT berusaha, untuk berbuat kebaikan, menghindari dosa, menyesali perbuatan dosa dan kembali untuk bertaubat.

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by RESTY ANDIKA PRATIWI 1610301005 -

Assignment 
1.      Ya allah terimakasih atas pagi ini dan terimakasih atas nikmatmu yang luar biasa. Maafkanlah hamba mu ini yang masih banyak sekali dosa-dosa yang telah di perbuatkan selama ini, izinkanlah hamba mu ini selalu memperbaiki diri atas segala dosa yang telah diperbuat dan semoga selalu berada di jalan mu Ya allah. Tetapkanlah hati kami dalam taqwa dan istiqomah di jalanmu.
2.      Insyaalah saya akan memperbaiki diri dengan cara meninggalkan perbuatan yang berbau dosa dan meninggalkan kebiasaan yang buruk dalam kehidupan saya. Dan lebih mendekatkan diri ke Allah SWT
3.      Mimpi saya ingin membanggakan ke2 Orangtua saya yg bisa bekerja di tempat atau kantor yg baik, dan bisa menjadi fisioterapis yg handal. Insyallah saya akan berusaha dan belajar lebih baik agar bisa tercapai dan tak lupa untuk berdoa yg paling penting doa ibu dan ayah. Dan bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan selalu melakukan kewajiban Allah terutama shalat.
4.      Shalat lail


In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by FATWANUDIN ARIF SUHARSYAH 1610301002 -

Wa'alaikumussalam

Sholat malam adalah kebiasaannya nabi dan orang orang iman terdahulu maka barangsiapa yang mengerjakankanny maka mencocoki

Yang dikatakan orang iman yang kuat adalah orang iman yang kuat ibadah malam

Waktu ⅓ malam yang akhir merupakan waktu yang mustajab kita dalam berdo'a pun harus yakin bahwa do'a kita akan dikabulkan

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by Yuliana Dewi Nugraheni 201510301153 -

Waalaikumsalam, setelah sholat tahajud saya merasakan damai, tentram dan sangat bersyukur atas rahmat Allah. Sering kali kita menginginkan kegidupan yang sempurna tanpa memahami  bahwa kita perlu untuk merubah diri sendiri dan membuat apa yang kita lakukan dapat lebih bermanfaat. Dengan bersyukur kita bisa mendapatkan itu.

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by GANDA NURMITASARI 1610301003 -

1. Allah baik, Allah maha baik, Allah maha besar. Terkadang saya merasa malu banyak saya meminta namun sedikit amalan yang saya kerjakan namu Allah masih tetap baik padahal saya belum baik. Begitu banyak dosa dosa yang sudah saya perbuat namun Allah masih memberi begitu banyak rahamat, nikmat kepada saya. Saya sangat bersyukur atas segala yang di berikan Allah untuk saya. Meski terkadang syukur saya masih belum sempurna. Semoga allah jadikan saya dan kita semua menjadi mahluk yang oandai bersyukur dan Allah istiqamahkan.

2. Rencana perbaikan diri. Merenungkana apa apa sja yang sudah saya perbuat, merenungkan dosa dosa yang sudah perbuat, mohon ampunan kepada Allah atas gela dosa dan meminta di betikan petunjuk serta hidayahnya, mulai memperbaiki ibadah dengan niat tulus ikhlas karena Allah dan segala sesuatu yng di kerjakan di niatkan karena Allah.

3. Cita cita saya banyak. Keinginan tsrdekat saya yaitu form pengajuan wisuda di simptt saya di centang semua sehingga saya dapat mengikuti wisuda di bulan september ini. Usaha yang saya lakukan slain megerjar syarat syarat widsuda adalah dengan sholat dan berdoa. Sholat tahajud dan doa di 1/3 malam merupakan slah satu waktu yang mustajab. Selain itu saya meminta doa kepada ibu saya kareana doa ibu itu menurut saya sangat ampuh.

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by IMAM SETYAWAN 1610301007 -

Wa'alaikumsalam wr wb

Setelah solat tahajud,  kita manusia berdoa untuk keselamatan di dunia dan akhirat, dijauhkan dari siksa api neraka, 

Merupakan amalan orang-orang shaleh terdahulu, dan merupakan kunci untuk masuk surga 


In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by CINTYA RAMDIASTI SETIAWAN 1610301023 -
Waalaikumussalam,
Setelah melaksanakan sholat tahajud, dibarengi dengan zikir dan membaca al-quran, hati menjadi tenang dan menambah rasa syukur dalam diri ini. Semoga Allah kuatkan hati dalam beristiqomah dijalanNya.

Assigment;

1. Seringkali, Allah melindungi kita dengan cara yang tidak kita duga. Seringkali pula, kita merasa tidak adil atas apa yang terjadi pada diri kita, padahal apa yang terlihat baik belum tentu membawa bahagia, dan apa yang terlihat buruk belum tentu membawa duka. Jika berpijak di dunia terasa berat, Allah sediakan malam untuk kita bersujud, untuk bercengkrama lebih lama, tentang mengadu dan berserah, tentang menjadi manusia bukan hanya perihal dunia, tapi perihal hidup memang hanya sementara dan yang perlu kita kuatkan selain usaha adalah doa.

2. Muhasabah diri dengan belajar dari kesalahan yang telah lalu serta mensyukuri setiap kejadian yang datang.

3. Salah satu mimpi terbesar saya adalah bisa membahagiakan dan memudahkan masa tua kedua orangtua saya. Untuk mimpi yang terlihat sederhana itu, jalan yang sedang dan akan saya tempuh tidak akan mudah. Untuk mimpi yang terlihat sederhana itu, dibutuhkan usaha dan doa yang lebih kuat dari yang sebelumnya. Sebagaimana perkataan Imam Syafi’I "Doa disaat tahajud bagaikan panah yang melesat tepat mengenai sasaran”. Atas mimpi yang terlihat sederhana itu, semoga Allah senantiasa menjadikannya mudah, pun senantiasa memberi kelapangan dalam dada.

4. Sudah melaksanakan sholat lail, semoga Allah mengampuni dosa-dosa dan memberikan ketenangan hati.

 


In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by MUHAMMAD AMRUL HAKIM 1610301014 -

Wa’alaikumsallam. Alhamdulillah perasaan saya menjadi tenang setelah sholat , karena sholat sepetiga malam adalah sholat sunnah yang insyaallah doa akan dikabulkan oleh allah swt, diamana pada waktu ini malaikat diperintahkan oleh Allah untuk turun ke bumi untuk mencatat siapa saja hambanya yang terbangun dan menghadapNya. Untuk diangkat derajatnya setinggi tingginya Insya Allah

Menjawaba ssegment

  1. Kalimat reflektif
  • seluruh makhluk yang ada di alam ini, baik yang sudah ada mauoun yang akan datang. Sudah tentu ada penciptanya yaitu Allah SWT.
  • Bertaubat adalah tindakan dimana seseorang menyadari dan berpaling dari maksiat serta mengakuinya kepada Allah SWT.
  • Rasa syukur seseorang belum mencapai puncaknya jika ia belum bisa berikrar dengan lisan “Al-hamdulillah”
  • Selalu konsisten dalam menjalankan ibadah sholat, meskipun dalam keadaan sulit
  • Orang bersabar akan bersedih secukupnya setelah itu mampu bangkit kembali. 
  • Segala dosa yang pernah diperbuat segera bertaubat kepada allah karena allah maha pengampun. 
  • Setiap yang kita kerjakan dan amalkan senantiasa untuk selalu istiqomah dijalannya. 
  • Setiap musibah atau cobaan yang datang selalu sertakan sabar dan mendekatkan diri pada allah. 

2. Rencana untuk memeprbaiki diri

  • Terima kritik dengan hati terbuka
  • Konsisten menjalankan sholat sunnah
  • Menentukan apa yang harus diubah
  • Menjadi pemaaf
  • Berusaha mengendalikan kemarahan dan iri hati
  • Memaafkan orang lain
  • Sabar
  • Intropeksi diri
  • Memperbanyak baca Al-qur’an
  • Berteman dengan orang sholeh

3. Daftar mimpi yang ingin dicapai

Daftar mimpi yang ingin saya capai adalah dapat wisuda tahun ini,dapat melanjutkan kuliah profesi, dapat bekerja dirumah sakit/klinik, dimudahkan segala urusannya dan membahagiakan orangtua. Cara mencapanya adalah dengan doa, usaha dan mendekatkan diri pada Allah. Mendekatkan diri pada allah agar mimpi tercapai adalah dengan bermuhasabah diri, pendekatkan diri kepada Allah SWT melalui shalat, dzikir, dan ibadah yang lainnya. Insya’allah Allah akan senantiasa menyertai langkah hamba-hambanya yang taat.


In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by AFRIYANTI POHAN 1610301019 -

1. Ya allah terimakasih berkatmu aku bersyukur apapun yg tlat engkau berikan kepadaku. Entah itu yg buruk mnrtku padahal untukmu mngkin saja baik. 

2. Lebih memperbaiki baik di tutur kata, perbuatan dan mempunyai hati yg lapang

3. Mimpi saya ketika yg diingin orgtua dan saya tercapai, intinya membahagiakan orgtua krna smua  nya harapan disaya

In reply to Aprodita Emma Yetti

Re: Muhasabah

by NURUL AULIA POHAN 1610301022 -

waalaikumsalam ibu, diketahui bahwa shalat tajahud dapat mengangkat derajat setiap muslim yaang mengamalkan shalat tahajud, membuat menentramkan hati dan pikiran , dan melaksanakan shalat tahajud yang dilakukan secara istiqomah juga dapat menjaga kesehatan rohani, sehingga dapat menghindari gangguan mental serta efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar  tidak mudah terserang oleh penyakit.

ketika saya menjalankan shalat tahajud, saya merasakan hati yang tenang dan damai. merasa lebih dekat kepada Allah, dan dapat berdoa dengan khusyu' dan fokus. dan Alhamdulillah, saya merasa urusan saya di permudah oleh Allah