Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

Q.S Al Imran ayat 110

Q.S Al Imran ayat 110

by 1710105274 DIAN NURIANA -
Number of replies: 0

Q.S Al imran Ayat 110 menegaskan bahwa kita umat Islam sudah ditunjuk dan ditentukan oleh Allah Swt. sebagai “umat yang terbaik”. Maka seharusnya dari segi perkataan, perbuatan dan tingkah laku kita juga harus diikuti dengan kata terbaik tersebut. Kalimat selanjutnya dalam ayat tersebut adalah “yang dilahirkan untuk manusia”. Artinya seiring dengan kita ditunjuk sebagai umat terbaik maka ada tugas khusus untuk sesama manusia, yakni melakukan “Amar Ma’ruf, Nahi Munkar”. Yaitu bagaimana umat terbaik tersebut bisa mengajak, mengarahkan, menyeru dan memotivasi pada kegiatan, aktifitas dan tingkah laku yang ma’ruf atau baik, yang hanya diperintahkan dan diatur oleh Allah Swt. dalam Al-Qur’an dan Rasulullah Saw. dalam As-Sunnah.

Di sisi lain, setelah kita mengajak kepada yang ma’ruf maka kalimat selanjutnya adalah “mencegah dari yang mungkar”. Karena tidak dapat dipungkiri maupun tanpa kita menutup mata, kita sering mengetahui atau merasakan kegiatan yang mungkar, kegiatan yang tidak sesuai dengan perintah dan ajaran agama Islam. Kegiatan yang menjurus pada kemaksiatan serta banyak mudharatnya. 

Maka tugas kita sebagai insan terbaik konsekuensinya adalah harus siap mengajak kepada kebaikan dan mencegah keburukan. Apapun posisi kita, apapun kondisi kita dan apapun status kita memiliki tugas yang sama, yaitu tugas yang digariskan dalam Ali Imran Ayat 110.