Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

Rr. Sholifah Setiani_QS An-Nahl:69

Rr. Sholifah Setiani_QS An-Nahl:69

by 1710105281 RADEN RARA SHOLIFAH SETIANI -
Number of replies: 1

Assalamu'alaikum

pada kajian al-qur'an tadi terdapat surah yang tercantum di soal yakni QS.An-nahl:69

"kemudian makanlah dari segala macam buah-buahan lalu tempuhlah jalan tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. dari perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Allah bagi orang yang berfikit."

dalam mengamalkan ayat ini saya mengambil tafsir dari kemenag bahwa Allah meminta perhatian kita hambanya untuk memikirkan bagaimana allah telah memberikan kemahiran kepada lebah untuk mengumpulkan makanan dari berbagai macam bunga dan mengubahnya menjadi madu yang kaya manfaat dan bergizi. Intinya bahwa apa yang dikeluarkan lebah adalah madu yang bermanfaat. Ini menjadikan kita merefleksikan diri agar apapun yang kita miliki baik harta, ilmu, pekerjaan dapat bermanfaat bagi oranglain.

Dalam aspek lain mungkin masih banyak lagi, mungkin ada temen-temen yang mau menambahkan :)


In reply to 1710105281 RADEN RARA SHOLIFAH SETIANI

Re: Rr. Sholifah Setiani_QS An-Nahl:69

by 1710105269 ARDHITA PRAMESTI ARUM CAHYANI -

terlepas dari hal itu saya ingin menambahkan jika lebah bukan hanya menjadikan madu sebagai manfaat pada dirinya, namun kita juga bisa melihat  dimana lebah itu biasa menetap untuk hidupnya dan bisa kita amati bahwa lebah sering berada di tempat-tempat bersih atau di tempat yang disediakan manusia dengan kandang. karena lebah memang menyukai hidup ditempat yang bersih. maka, dari hal ini bisa kita ambil hikmahnya bahwa begitulah seharusnya hidup seorang muslim yaitu memiliki kebiasaan hidup di tempat-tempat yang bersih, sehat, dan terjaga serta memelihara kebersihan sebagai amal ibadah.