Sesi 9-Spirit Al Maun
Nasrudin hadir Pak. Spirit yang saya lihat itu semangat menuntut ilmu menuju jalan yang terbaik untuk dunia dan akhirat!
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat malam, Pak.
Saya Adam Fajar Nugraha, S1-Ilmu Komunikasi.
Menurut saya, Spirit Al-Ma'un di era Covid ini sangat melekat di kalangan masyarakat. Khususnya bagi kiprah Muhammadiyah yang mengimplementasikan spirit Al-Ma'un ke dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Salah satu contoh kiprah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah adalah bersinergi dalam membentuk MCCC untuk mengabdikan diri pada negeri untuk menghadapi kasus Covid-19. Bahkan objektivitas ini tidak hanya diperuntukkan bagi satu golongan, namun bagi seluruh kalangan. Respect to Muhammadiyah & 'Aisyiyah!
Terima kasih.
Re: Sesi 9-Spirit Al Maun
Assalamualaikum wr wb
Rangga Riawan
1611001016
Administrasi Publik
Re: Sesi 9-Spirit Al Maun
Azizah Nur Ramadhani
1611001008
Didalam surat al maun allah telah memperingatkan bagi orang-orang yang mendustakan agama dan orang yang menghardik anak yatim dan tidak mendorong memberi makan kepada orang miskin. Maka celakalah bagi orang-orang yang lalai terhadap salatnya, serta yang sering berbuat riya dan enggan untuk (memberikan) bantuan kepada fakir miskin.
bikrul rohmah 1611001003 adm publik
Assalamualaikum Wr Wb
selamat malam
Ismatullah
Administrasi Publik
Magfira/1611001017
Administrasi publik
Re: Sesi 9-Spirit Al Maun
Assalamu'alaikum saya hadir
Tri atmaja cakra
Komunikasi
Mengurut saya spirit adalah kekuatan semangat dalam menjalankan aktifitas
Re: Sesi 9-Spirit Al Maun
Ellyda A. Kun Kharisma (1610901024), Prodi Komunikasi.
Spirit Al Maun yang saya dapatkan adalah berusaha untuk dapat lebih peka dan empati terhadap orang-orang disekitar, memberikan bantuan kepada seseorang yang memang membutuhkan. Di tempat kerja spirit al maun yang dapat dilakukan adalah dengan membangun kerjasama yang baik dengan rekan kerja, agar dapat menghasilkan hal-hal yang lebih bermanfaat dan penuh barokah.
Assalamualaikum
Wina Qurratu A’yun, S1 Administrasi Publik
Assalamualaikum wr. wb
Dwi Puspitasari, S1 Administrasi Publik
Assalamuallaikum
Nofika Idayana
S1 Administrasi Publik
Santi Parianti (1610901021)
Spirit dari surat Al-Maun dalam dunia kerja yaitu kita dapat menjadi hal tersebut sebagai acuan dalam bekerja dalam tim, tidak boleh saling egois dalam keseharian di dunia kerja. Hendaknya saling berbagi ilmu ketika partner kerja ada yang tidak bisa dipahami, dan dapat menguatkan kerja dalam tim
Safrilul Ulum-1611001012
Dalam aspek pembahasan teologi al-ma'un muhammadiyah mempunyai klasifikasi gerakan yaitu trisula baru. Yang mencakup adanya pengoprasian lazismu, gerakan voulenterisme dengan membentuk lembaga penanggulangan bencana, dan pemberdayaan masyarakat.
kaitannya dengan bagaimana kedepannya untuk menerapkan spirit al-ma'un dalam dunia kerja, bagi saya karena pemberdayaan masyarakat adalah bagian integral dari dakwah, yang dimana dakwah itu bukan hanya berbicara mengenai menyampaikan wahyu Tuhan atau mengajak pada ajaran agama saja, melainkan juga saya memahaminya sebagai gerakan liberasi yaitu memanusiakan manusia. intinya dalam bagaimana penerapannya dalam dunia kerja nanti saya lebih melihat dan mengedepankan nilai emansipasi dan liberasi.
Menurut saya MCCC dan MDMC merupakan wujud konkrit Muhammadiyah dalam wilayah spirit al-ma'un gerakan trisula baru muhammadiyah. Salam cerah dan mencerahkan :)
Re: Sesi 9-Spirit Al Maun
1611001002
Gina Marizka Prodi Administrasi Publik
Spirit Al-Maun dalam penanganan bencana Covid-19 ini yang menjadi dasar teologi dalam Bermuhammadiyah, yang hingga kini menjadi ruh Muhammadiyah dalam menghadapi berbagai persoalan ekonomi dan sosial. Hal ini akan mengubah tatanan aktivitas kehidupan umat Islam dari Work From Home, PSBB, hingga memasuki new normal secara otomatis akan berdampak pada tatanan sosial dan ekonomi. Dalam Al-Maun juga mengajarkan umatnya untuk berbagi demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera terbebas dari keterpurukan masalah ekonomi ataupun masalah sosial lainnya. berbagi dan berderma telah sebagaimana telah diajarkan oleh semua Rasul yang wajib diimani.
Assaamualaikum
Nur afni oktavia hadir pak
banyak pelajaran yang dapat kita ambil pada surat al maun diantaranya yaitu orang yang mendustakan agama adalah orang yang menghardik anak yatim dan tidak memberi makan orang miskin, selanjutnya yaitu celakalah bagi orang yang lalai dalam sholatnya, dalam artian orang yang suka mengulur ngulur waktu sholat, bahkan sampai meninggalkan sholat.
spirit dalam surat al -Maun yaitu lebih berempati dan simpati dengan siapapun, tidak riya dengan orang lain.. terutama dengan orang-orang yang lebih membutuhkan contohnya anak yatim. selain itu juga mengingatkan sholat kepada orang lain, agar senantiasa taat beribadah kepada allah SWT agar diberikan kemudahan untuk saling membantu satu sama lain.
dari awal saya yakin sebelum BAP pun sudah pernah ber uang ulang mempelajari al maun, bahkan pak dahlan dulu mengajarkan almaun kepada murid muridnya sampai muridnya bosan hingga terealisasikan muhamadiyah saat ini juga sebagian besar dilandasi dengan almaun.
untuk baru baru ini terjadi wabah covid, berdampak pada ekonomi, banyak orang kesusahan mencari uang, maka dari itu jika memang memiliki rejeki berlebih alangkah baiknya buat "nglarisi dagangane kancane" kalo kata temen saya gitu, menurut saya itu otomati membantu teman dalam hal pekerjaan, itung itung sedekah.
Re: Sesi 9-Spirit Al Maun
Assalamualaikum
Anike Febriyani - Administrasi Publik - 1611001010
Spirit yang saya peroleh dari Q.S Al-Maun khususnya dalam dunia kerja adalah saya lebih harus memperhatikan orang-orang yang terbelakang, tertindas, dan masih dibawah garis kemiskinan. Lebih menghargai sesama manusia dan lebih memanusiakan manusia lainnya. Karena bisa saja orang yang disebut sebagai pendusta agama justru orang yang hanya melakukan sholat tapi abai terhadap anak yatim.
Muhammadiyah pun secara nyata telah memiliki trisula pemberdayaan masyarakat. Yaitu pemberdayaan yang dilakukan melalui pendidikan, kesehatan, dan gerakan sosial ekonomi. Kemudian diabad kedua ini Muhamamdiyah telah memiliki trisula baru yaitu menjalankan Lazismu, kedua menjadi gerakan volunterisme dengan membentuk lembaga penanggulangan bencana, serta yang ketiga bergerak dalam pemberdayaan masyarakat itu sendiri.