Forum Sesi 2

SESI 2 MEMBANGUN KOMITMEN

SESI 2 MEMBANGUN KOMITMEN

by ROBI ATUL ADAWIYAH 1610601015 -
Number of replies: 0

Komitmen diperlukan untuk mencapai tujuan dalam hubungan. Memang tidak mudah untuk memberikan komitmen, tapi Anda perlu memahaminya demi kelangsungan hubungan Anda.

Apa itu komitmen dalam hubungan?

Komitmen dalam hubungan dapat ditunjukkan melalui beberapa aspek berikut:
  • Memberi kebebasan dan kepercayaan kepada pasangan

Jika dilandasi oleh komitmen yang kuat, maka Anda akan memberi kebebasan dan kepercayaan kepada pasangan Anda. Contohnya, Anda tidak ragu untuk memberi kebebasan ke pasangan Anda saat ia ingin pergi bersama teman. Hal ini dapat terjadi karena saling percaya bahwa pasangan kita tidak akan selingkuh atau memberikan hatinya ke orang lain.
  • Menyatukan perbedaan

Perbedaan sering kali menjadi alasan retaknya hubungan seseorang. Namun untuk mengatasinya, kedua pihak perlu menyatukan perbedaan dan berdamai dengan perbedaan tersebut jika ingin selalu bersama. Menyatukan dua isi kepala juga dibutuhkan usaha, tidak hanya dengan kata-kata.
  • Menjadi diri sendiri

Adanya komitmen dalam suatu hubungan artinya keduanya bisa menerima kondisi pasangan apa adanya. Tidak ada salahnya untuk menjadi diri sendiri, jika pasangan Anda memiliki komitmen dengan Anda, maka ia akan menerima segala kelebihan dan kekurangan Anda. Namun, Anda juga perlu berusaha menjadi versi terbaik dari sebelumnya.
  • Usaha untuk menjalin hubungan yang serius

Tidak hanya dengan janji-janji, pasangan yang sudah berkomitmen cenderung akan melakukan usaha nyata untuk mewujudkan hubungannya ke tahap yang lebih serius. Jika setiap pasangan memiliki tujuan serta berkomitmen, maka keduanya akan berusaha untuk membuatnya menjadi nyata dan menjalaninya bersama-sama. Harapan akan menjadi angan semata, jika tidak dilandasi oleh komitmen.
  • Saling melengkapi

Dengan adanya komitmen, suatu hubungan tidak akan menyalahkan perbedaan atau kekurangan satu sama lain. Pasangan yang sudah berkomitmen justru akan saling melengkapi kekurangan dan kelebihan pasangannya. Tidak heran, hubungan dengan komitmen yang kuat akan lebih langgeng.