Forum Muhasabah

Solat malam

Jawaban refleksi diri

by MEGAWATI SAHYUB PUTRI 1610201189 -
Number of replies: 0

1. Lima kalimat reflektif

“engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya,rasul-rasul-Nya, hari akhir dan beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk".

Jika kalian melakukan dosa hingga dosa kalian sampai ke matahari, kemudian kalian bertaubat, niscaya Allah SWT akan mengampuni kalian” Hadits diriwayatkan oleh Ibnu Majah 

 “Ketika hati telah istiqomah di atas ma’rifah (pengetahuan) terhadap Allâh, khasyah (takut) kepada Allâh, mengagungkan Allâh, menghormati-Nya, mencintai-Nya, menghendaki-Nya, berharap kepada-Nya, berdoa kepada-Nya, tawakal kepada-Nya, dan berpaling dari selain-Nya; maka semua anggota badan juga istiqomah di atas ketaatan kepada-Nya. Karena hati merupaka raja semua anggota badan, dan semua anggota badan merupakan tentara hati. Maka jika raja istiqomah, tentara dan rakyatnya juga istiqomah”

“Bersyukurlah maka Allah akan menambahkan nikmat mu”

“Bersabarlah dalam segala situasi apapun karena sesungguhnya Allah bersama orang orang yang sabar”

2. Rencana memperbaiki diri

Memperbaiki diri menjadi lebih baik, berarti memperbaiki segala hal yang ada pada diri kita. Baik memperbaiki dalam segi akhlak, memperbaiki diri dalam perihal hati, memperbaiki diri dalam perihal kepribadian dan lain-lainnya.

- Instropeksi diri

- Niat

- Membuat perubahan

- Mendekatkan diri kepada allah, membaca & mengamalkan al-qur’an, istiqomah

-Meninggalkan kebiasaan buruk

- Mau menerima saran orang lain

3. Daftar mimpi dan cara mengabulkannya

Banyak mimpi yg saya miliki. Salah satunya Saya ingin menjadi wanita karir yang sukses, baik sukses dalam pekerjaan maupun sukses dalam kehidupan sehari hari. Untuk mencapainya insya allah saya selalu memohon ridho kepada allah, berdoa agar dimudahkan dan dilancarkan segala urusan, serta diberikan keberkahan.

Biasanya agar doa saya dikabulkan oleh allah swt saya melaksanakan soalt tahajjud, solat dhuha untuk melancarkan rejeki, puasa senin kamis, serta mengamalkan doa2 dan solawat nabi