Forum Muhasabah

Jawaban

Jawaban

by YESI MALINDA 1610201197 -
Number of replies: 1

1.  a.Bagi seorang muslim, yang beriman kepada Allah, tentunya harus senantiasa mengingat Allah. Memperkuat keyakinan bahwa Allah Maha Pencipta dan Maha Pengatur. Segala sesuatu yang Ia ciptakan wajib tunduk pada aturan-Nya.

b. Orang yang bertobat tidak lagi berjalan dalam jalannya sendiri, jalan yang dia suka-suka sendiri, atau jalan semau gue saja. Tetapi harus berjalan dalam jalan yang dikehendaki oleh Tuhan sendiri. Artinya, bila seseorang mau bertobat berarti mengikuti jalannya Tuhan Allahnya. Dan oleh karenanya harus mencari, memahami, menghayati dan melaksanakan apa jalan dikehendaki oleh Tuhan.

c. Begitu banyak ni’mat yang Allah berikan kepada manusia. Diantaranya adalah ni’mat yang nampak seperti harta benda, kekuasaan, ilmu pengetahuan, kekuatan dan lain-lain. Sehingga kita dapat termasuk orang-orang yang mensyukuri ni’mat Allah dan
tidak termasuk orang yang mengkufuri ni’mat-Nya. 

d. Ketika seseorang mampu menjalankan aktivitas ibadahnya dengan cara istiqomah maka ia akan mendapatkan pahala. 

e. Keutamaan dan janji Allah untuk orang yang sabar banyak terdapat di dalam Alquran yaitu kesusahan yang baik, keberuntungan, disukai Allah dan diberi petunjuk.

f. Doa yang baik, meminta ampunan Allah menjadikan hidup tenang dan menjalankan hari2 yang berat dengan ikhlas. 

g. Kadang, kita memang harus percaya doa-doa jauh lebih kuat dari segalanya."


2. a. Terima kritik dengan baik 

b. Bedakan mana yang baik dan buruk

c. Harus sabar jika diberikan cobaan 

d. Shalat tepat waktu

e. Tidak melarikan diri dari masalah


3. Mimpi yang saya inginkan yaitu bisa mandiri tanpa harus menyusahkan orangtua saya dengan usaha sendiri cara yang saya lakukan dari awal sudah niat kuliah dengan baik tidak berfoya2 dengan apa yang sudah ada pada saya. Mulai memikirkan ap saja yang harus saya lakukan setelah lulus nnti sehingga saya dapat mandiri. Dan saya selalu berdoa pada Allah agar selalu dimudahkan dalam segala urusa. Jangan lupa bersedekah


In reply to YESI MALINDA 1610201197

Re: Jawaban

by LUCIA WIDYASTUTI 1610201181 -

Jawaban terakhir no 1. Point terkahir 

Berharaplah kepada Allah maka hidupmu akan bahagia, biarkan aja orang lain berbicara apa tentang mu buktikan bahwa kamu tidak sesuai dengan apa yang dikataan orang lain, menangis lah sepuas mu hingga hati mu tenang setelah itu berdoa lah kepada Allah SWT dengan hati yang tulus, penuh dengn ke khusyuan, maka hati mu akan tenang. (Lucia, 2020)